Peta Jawa Timur

Peta Jawa Timur – Peta Jawa Timur merupakan peta di Pulau Jawa yang mempunyai wilayah yang sangat luas. Wilayah ini meliputi wilayah Jawa bagian Timur yang terkenal mempunyai banyak pemandangan alam yang eksotis.

bagian barat Jawa Timur berbatasan dengan Jawa Tengah  bagian timurnya berbatasan dengan Pulau Bali, bagian utaranya Laut Jawa, serta bagian selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia.

Luas wilayah Peta Jawa Timur ini yaitu kurang lebih 47. 922 km² dengan jumlah penduduk berdasarkan sensus tahun 2017 yaitu 42 juta lebih.

Provinsi ini memiliki ibukota yakni kota Surabaya yang juga merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, dengan Luas wilayahnya 47. 922 km², dengan jumlah penduduknya kurang lebih 38. 847. 561 jiwa (tahun 2015).

Wilayah Provinsi Jawa Timur meliputi Pulau Bawean, Pulau Madura, Pulau Kangean serta juga beberapa pulau – pulau kecil yang lain yang terletak di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu dan Nusa Barung).

Secara administratif Provinsi Jawa timur terbagi atas 29 kabupaten dan 9 kota. Seperti di lansir oleh wikipedia Pemerintahan kabupaten serta kota Provinsi Jawa Timur terdiri dari 637 kecamatan serta 8. 418 kelurahan.

Peta Jawa Timur mempunyai berbagai hal berkaitan yang menunjukkan bagaimana karakteristik peta tersebut, antara lain yaitu sejarahnya, komponen- komponennya, serta Kota atau Kabupaten terkenal yang terdapat di dalamnya.

Semua hal tersebut akan dipelajari lebih dalam beserta bagian- bagiannya pada artikel ini. Berikut dijelaskan satu per satu tentang pokok- pokok pembahasan tersebut.

Gambar Peta Jawa Timur

peta jawa timur

Peta Jawa Timur Lengkap

peta jawa timur

Peta Buta Jawa Timur

peta jawa timur

Peta Provinsi Jawa Timur

peta jawa timur

Peta Jawa Timur Hitam Putih

peta jawa timur

Sejarah Dibentuknya Peta Jawa Timur

peta jawa timur

Sejarah terbentuknya Peta Jawa Timur berhubungan dengan pembuatan Peta Jawa pertama kali oleh Sebastian Munster pada tahun 1540 serta setelah itu ditulis oleh Guillaume Le Testupada dalam laporannya pada tahun 1555 sebagai Pulau Terbesar.

Pada saat itu Pulau Jawa dikenal dengan julukan Java la Gandre( Java Major ataupun Great Java). Pada tahun 1570, Abraham Ortellius membuat sebuah peta dengan berjudul Indiae Orientalis yang menggambarkan salah satunya, yaitu Pulau Jawa.

Bentuk Pulau Jawa saat itu yakni bulat dan belum utuh sepenuhnya. Selanjutnya pada tahun 1580, bagian- bagian selatan Pulau Jawa teridentifikasi serta dibuatlah Peta Jawa baru oleh Francis Drake.

Peta Jawa terus mengalami perkembangan hingga akhirnya bisa diidentifikasi gambaran peta yang lebih benar serta detail oleh Henri Chatelain pada tahun 1718 M.

Pada saat itu, Peta Pulau Jawa sudah diperinci dengan nama kota, gunung, karakteristik khas dataran, serta lain sebagainya. Demikian Peta Jawa Timur, telah banyak daerah- daerah baru yang bisa teridentifikasi beserta komponen- komponen alam yang terdapat di dalamnya.

Iklim Jawa Timur

peta jawa timur

Provinsi Jawa Timur memiliki iklim tropis basah. Bila kita bandingkan dengan wilayah Pulau Jawa bagian barat, Jawa Timur pada umumnya memiliki curah hujan yang cenderung lebih sedikit. Curah hujan rata – ratanya 1. 900 milimeter per tahun, dengan musim hujan selama 100 hari.

Suhu rata – ratanya berkisar di antara 21 hingga 34°Celcius. Suhu pada wilayah pegunungan lebih rendah, bahkan di kawasan Ranu Pani (yakni lereng Gunung Semeru), suhu bisa mencapai minus 4°Celcius, yang mampu menyebabkan turunnya salju lembut.

Suku di Jawa Timur

peta jawa timur

Mayoritas penduduk Jawa Timur adalah suku jawa, tetapi etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen. Suku Jawa hampir menyebar di seluruh wilayah daratan Jawa Timur. Namun ada juga suku lain seperti suku Madura yang mendiami pulau Madura serta daerah Tapal Kuda (Jawa Timur bagian timur).

Terutama di daerah pesisir utara serta selatan, di wilayah Tapal Kuda suku Madura bahkan hampir mayoritas, hampir di seluruh kota di Jawa Timur ada minoritas Suku Madura, umumnya bekerja di sector informal.

Terdapat juga suku Bawean yang mendiami Pulau Bawean di bagian utara Kabupaten Gresik. Suku Tengger, konon merupakan keturunan pelarian Kerajaan Majapahit yang tersebar di pegunungan Tengger dan sekitarnya.

Suku Osing yang tinggal di sebagian wilayah Kabupaten Banyuwangi. Orang Samin yang tinggal di sebagian pedalaman Kabupaten Bojonegoro. Selain penduduk asli Jawa Timur juga merupakan tempat tinggal buat para pendatang.

Orang Tionghoa merupakan minoritas yang cukup signifikan serta mayoritas di beberapa tempat. Disusul dengan Arab dan India, kebanyakan mereka tinggal di perkotaan, suku Bali juga tinggal di sejumlah desa di Banyuwangi.

Dan akhir – akhir ini banyak ekspatriat yang tinggal di Jawa Timur, terutama di kota Surabaya serta sejumlah kawasan industry lainnya.

Baca Juga : Peta Jawa Tengah

Kesenian Jawa Timur

peta jawa timur

Jawa Timur mempunyai sejumlah kesenian khas. Ludruk adalah salah satu kesenian jawa timuran ayng cukup terkenal. Yaitu seni panggung yang umumnya diperankan oleh laki – laki, berbeda dengan ketoprak yang menceritakan kehidupan istana.

Ludruk menceritakan kehidupan sehari-hari kehidupan rakyat jelata. Dan seringkali dibumbui dengan humor serta kritik social.

Kesenian Reog yang sempat di klaim sebagai tarian dari Malaysia, kesenian ini merupakan khas Ponorogo yang sudah dipatenkan sejak tahun 2001. Reog kini juga menjadi icon kesenian Jawa Timur.

Dalam pementasannya Reog disertai dengan jawan kepang (kuda lumping) yang kental dengan suasana supranatural, serta masih banyak lagi kesenian Jawa Timur yang cukup terkenal dan menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur.

Bahasa

peta jawa timur

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang berlaku secara nasional. Namun demikian Bahasa Jawa dituturkan oleh sebagian besar Suku Jawa sebagai bahasa sehari – hari. Dialek bahasa Jawa Timur dikenal dengan bahasa jawa timuran yang dianggap bukan sebagai bahasa jawa baku.

Ciri khas bahasa jawa timuran yaitu egaliter secara blak –blakan serta seringkali mengabaikan tingkatan bahasa layaknya bahasa jawa baku. Sehingga bahasa ini terkesan agak kasar, namun demikian penutur bahasa ini dikenal cukup fanatic serta bangga dengan bahasanya.

Bahasa Madura dituturkan oleh Suku Madura, di pulau Madura maupun di mana pun mereka tinggal bahasa Madura juga dikenal tingkatan bahasa bahasa seperti halnya dengan bahasa jawa. Dialek Sumenep dipandang sebagai dialek yang paling halus, sehingga dijadikan sebagai bahasa standart yang diajarkan di sekolah.

Di wilayah tapal kuda sebagian besar penduduknya menguasai 2 bahasa daerah yaitu bahasa jawa dan bahasa Madura.

Suku tengger memakai bahasa tengger yang lebih dekat dengan bahasa jawa kuno. Suku osing banyuwangi yang memakai bahasa osing. Penggunaan bahasa daerah kini mulai di promosikan kembali.

Sejumlah stasiun televise lokal yang kembali memakai bahasa daerah sebagai bahasa pengantar pada beberapa acaranya, terutama pada acara berita dan talk show. Contohnya JTV yang mempunyai program berita menggunakan boso suroboyoan, bahasa Madura serta bahasa Jawa Tengahan.

Agama

peta jawa timur

Mayoritas penduduk Jawa Timur memeluk agama Islam dan sebagian lainnya memeluk agama Kristen, Hindu, Katolik,dan Budha. Dan sebagian masyarakat suku Jawa juga masih memegang teguh kepercayaan Kejawen.

Suku Madura umumnya beragama Islam serta terkenal sangat taat dalam menjalankan agama Islam. Suku Osing juga mayoritas beragama Islam, sedangkan Suku Tengger menganut agama Hindu.

Orang Tionghoa umumnya memeluk agama Budha, Katolik, Kristen,Konghucu, serta sebagian kecil lainnya menganut agama Islam, bahkan masjid Cheng Ho di kota Surabaya dikelola oleh orang tionghoa serta mempunyai arsitektur layaknya sebuah kelenteng.

Komponen – Komponen Peta Jawa Timur

peta jawa timur

Peta Jawa Timur mempunyai berbagai komponen yang menunjukkan ciri – ciri dari Jawa Timur itu sendiri. Apabila kita membahas tentang seluruh komponennya, maka akan sangat panjang. Sehingga akan lebih singkat bila mangulas sebagian komponen yang mencolok pada Peta Jawa Timur.

Kota – kota di Jawa Timur sangat banyak. Pada umumnya, kota – kota di Jawa Timur disebut sebagai Kota Pendidikan serta Pariwisata. Hal ini disebabkan banyak sektor pendidikan yang maju di daerah tersebut dan wisata – wisata alam yang menarik buat dikunjungi.

Sama seperti provinsi – provinsi lain yang terdapat di negara Indonesia Jawa Timur juga banyak mempunyai tempat wisata yang sudah terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Misalnya Gunung Bromo serta Gunung Semeru, Kawasan wisata di kota Malang dengan Kota Batu sebagai pusatnya yang populer dengan udaranya yang sejuk.

Terdapat juga air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Taman Safari Indonesia 2 di Prigen Pasuruan, Situs Trowulan yang terdapat di Kabupaten Mojokerto, yang menurut sebagian informasi dulunya merupakan pusat dari Kerajaan Majapahit, serta masih banyak lagi yang lain.

Gunung Di Jawa Timur

peta jawa timur

Jawa Timur mempunyai banyak gunung yang cukup populer. Berikut disajikan nama- nama gunung beserta deskripsinya :

  • Gunung Bromo

Gunung Bromo dikenal mainstream oleh kalangan anak muda dengan tantangan yang minim. Akan tetapi jangan salah, justru karena itulah Bromo bisa dikunjungi oleh semua orang sebab kemudahan aksesnya. Bromo terdapat di antara kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, serta Lumajang dengan ketinggian 2.392 mdpl.

  • Gunung Semeru

Gunung Semeru terdapat di selatan Gunung Bromo dengan jarak yang berdekatan. Keistimewaan gunung ini yaitu pada danau Ranu Kumbolo yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. lokasi Gunung Semeru yakni di antara Malang, Pasuruan, serta Lumajang dengan ketinggian 3. 676 mdpl.

  • Gunung Ijen

Gunung Ijen mempunyai ciri khas berbentuk api biru fenomenal yang dibentuk dari gas belerang di kawahnya. Ketinggian gunung ini yaitu 2. 443 mdpl dan berada di antara Banyuwangi, Situbondo, serta Bondowoso.

  • Gunung Argopuro

Gunung Argopuro terkenal dengan mitos setempat tentang hilangnya Dewi Rengganis serta dayang – dayangnya. Letak gunung ini yaitu di antara Probolinggo, Lumajang, Malang serta Bondowoso dengan ketinggian mencapai 3. 088 mdpl.

  • Gunung – Gunung lainnya

Tidak hanya gunung- gunung tersebut, Jawa Timur juga dikenal dengan beberapa gunung lainnya seperti Gunung Kawi, Gunung Kelud, Gunung Raung, Gunung Lawu, Gunung Ngliman, Gunung Arjuno serta gunung – gunung kecil yang lain. Semua gunung itu tersebar di daerah Jawa Timur dengan keindahan yang berbeda – beda.

Baca Juga : Peta Pulau Jawa

Pantai di Jawa Timur

peta jawa timur

Pantai – pantai di Jawa Timur sangatlah indah serta eksotis. Berikut disajikan nama – nama pantai beserta deskripsinya :

  • Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma mempunyai ciri khas berupa 7 batu karang besar yang megah di daerah tepi pantai serta dengan pasir putih yang menawan.

Tidak heran jika pantai ini merupakan salah satu destinasi buat foto prewedding serta tempat untuk berbulan madu. Letak dari pantai Papuma ini sendiri yaitu di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

  • Pantai Klayar Pacitan

Wilayah selatan Pulau Jawa diperindah dengan pantai yang mempunyai air laut berwarna biru hingga hijau toska yang dipadukan dengan putihnya pasir pantai seperti susu. Ada banyak batu karang yang megah dan kokoh di sepanjang pantai. Pantai ini terdapat di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

  • Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Banyak orang yang menginginkan untuk duduk – duduk bersantai serta menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai ini. Sehingga banyak yang mengatakan Pantai Pulau Merah sebagai Kuta- nya Jawa Timur. Pantai ini terdapat di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

  • Pantai G Land Banyuwangi

Masih di Banyuwangi, terdapat pantai yang mempunyai gulungan ombak hingga mencapai 4 – 6 m serta dikenal sebagai tempat yang apik untuk surfing. Pantai ini terdapat di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

  • Pantai – Pantai Lainnya

Masih banyak pantai – pantai eksotis yang lain yang tidak bisa disebutkan satu – persatu. Sebagian diantaranya yaitu Pantai 3 Warna Malang, Pantai Gua Cino Malang, Pantai Banyu Tibo Pacitan, serta pantai – pantai yang lain yang tersebar di Jawa Timur.

Kuliner Khas Jawa Timur

peta jawa timur

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki makanan khas yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Begitu juga layaknya dengan Jawa Timur yang mempunyai makanan terkenal  yang berasal dari masing – masing daerah di Jawa Timur diantaranya yaitu :

  • Kota Surabaya

Yang terkenal akan makanan khasnya rujak cingur, semanggi, lontong balap, lontong kupang, dan sate kerang.

  • Kota Malang

Kota Malang serta kota Batu telah terkenal akan  berbagai olahan berbahan dasar buah terutama apel, bakpao telo, keripik tempe, bakso malang, cwie mie, dan rawon.

  • Kota Madiun

Yang terkenal akan nasi pecel madiun, nasi jotos, serta sebagai penghasil brem.

  • Bondowoso

Kota ini terkenal sebagai penghasil tape yang sangat manis.

  • Tuban

Kota yang terkenal dengan legen serta buah siwalan dan juga makanan khas sego becek serta kare rajungan yang terkenal akan rasanya yang pedas.

  • Ponorogo

Mempunyai makanan khas yaitu sate ponorogo, tiwul goring serta jenang mirah.

Dan masih banyak lagi makanan – makanan khas jawa timur yang popular, yang tidak akan ditemui di kota – kota lain dengan cita rasa yang khas masing – masing daerah.

Baca Juga : Peta Bali

Kawasan Suaka Alam

peta jawa timur

Kawasan ini meliputi cagar alam dan suaka margasatwa. Saat ini di Jawa Timur terdapat 17 cagar alam serta 2 suaka margasatwa. Suaka Margasatwa dataran tinggi yang berada di Malang, Probolinggo, Pasuruan, Banyuwangi, Lumajang, dan juga suaka margasatwa pulau bawean yang berada di Gresik.

Kawasan Pelestarian Alam

peta jawa timur

Kawasan pelestarian alam di Jawa Timur meliputi taman nasional, taman hutan raya (tahura), serta taman wisata alam diantaranya yaitu :

1. Kawasan Taman Nasional yang berada di Jawa Timur antara lain :

  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggi.
  • Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi.
  • Taman Nasional Meru Betiri yang berada di Jember dan Banyuwangi
  • Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi

2. Kawasan Hutan Raya yaitu Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang terletak di sebagian wilayah Malang, kota Batu, Mojokerto, Pasuruan dan Jombang.

3. Taman Wisara Alam diantaranya meliputi Taman Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi dan Bondowoso serta Taman Wisata Alam Gunung Baung di Pasuruan.

Kota atau Kabupaten Terkenal Di Jawa Timur

peta jawa timur

Membahas mengenai tiap-tiap Kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Timur tentu sangat panjang. Maka dalam ulasan kali ini akan lebih singkat dengan kota atau kabupaten yang terkenal saja diantaranya sebagai berikut :

  1. Kota Surabaya

Semua tentu telah mengenal Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini. Tidak hanya sebagai kota metropolitan, Surabaya juga dikenal sebagai kota pendidikan yang sangat maju dengan melahirkan banyak perguruan tinggi terkenal. Kota Surabaya terdapat di antara Kota Sidoarjo, Kota Gresik, serta Pulau Madura.

  1. Kota Malang

Kota Malang dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak wisata favorit, sebut saja Balekambang, Jatim Park, serta Batu Night Spectacular. Suhu di kota ini relatif dingin karena dikelilingi oleh gunung – gunung terkenal di sekelilingnya. Kota Malang terletak di antara Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Pasuruan, serta Kota Lumajang.

  1. Kota Banyuwangi

Kota Banyuwangi juga populer dengan pariwisatanya. Selain itu, sejarahnya yang melekat mengenai kisah Damarwulan masih diingat hingga saat ini. Banyuwangi berbatasan dengan Kota Situbondo, Kota Jember, serta Pulau Bali.

  1. Kota Kediri

Kediri juga tak kalah menariknya dengan kota – kota sebelumnya, yaitu terdapat Monumen Simpang 5 Gumul yang mirip dengan Arc de Triomphe Paris. Letak Geografis Kota Kediri yaitu diantara Kota Nganjuk, Kota Jombang, Kota Blitar, serta Kota Tulungagung.

  1. Kota – Kota Lainnya

Masih terdapat kota – kota besar yang lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, seperti Kota Sidoarjo, Kota Ponorogo, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Sampang, serta kota – kota yang lain. Secara keseluruhan, kota – kota di Jawa Timur bercirikan pendidikan serta pariwisata yang begitu kentara.

Itulah hal- hal yang bisa dipelajari berhubungan dengan Peta Jawa Timur. Terdapat sejarah yang melatarbelakangi dibentuknya peta itu. Selain itu, komponen- komponen yang menonjol bila kita lihat dalam peta yaitu gunung dan pantai yang mempunyai nama serta perbedaan masing – masing.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply