PETA JERMAN

PETA JERMAN : Sejarah, Iklim, Letak Geografis, Bahasa, Agama

Peta Jerman – Republik Federal Jerman dalam bahasa Jerman adalah Bundesrepublik Deutschland, merupakan negara yang berbentuk federasi di Benua Eropa Barat. Negara ini mempunyai posisi ekonomi serta politik yang amat berarti di Eropa ataupun di Peta dunia.

Peta Jerman Dengan besar 357.021 Km², kurang lebih 2 separuh kali pulau Jawa serta masyarakat sekitar mencapai 82 juta jiwa, Negara dengan 16 Negara bagian Bundesland, jamak Bundeslander ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa.

Walaupun negara bangsa Jerman modern terkini tercipta pada tahun 1871 seusai Perang Perancis Prusia, satuan-satuan politik di area ini sudah lamban memainkan posisi penting dalam masa Monarki di Eropa.

Semenjak kemampuan oleh Kekaisaran Romawi menjelang masa modern sampai berakhirnya Perang Napoleon.

Penyatuan area Eropa Tengah pada era Karl Yang Agung (Charlemagne), atasan Kerajaan Franka, pada abad ke 8 menjadi rintisan terjadinya sesuatu kekaisaran konfederatif yang berusia nyaris 1000 tahun yang diketahui bagaikan Kekaisaran Romawi Suci.

Kekaisaran ini amat memberi warna adat foedal di semua Eropa dan menjadi pusat Pembaruan gereja kristen pada abad ke 16 yang melahirkan Protestantisme.

Kala Kekaisaran Romawi Suci dibubarkan pada tahun 1806, dampak keretakan yang ditimbulkan oleh perang Napoleon, sudah berkembang rasa satu kebangsaan bagaikan warga berbicara yang serupa (bahasa Jerman).

Tetapi, Negara modern yang tercipta setelah itu bukan mampu memadukan keinginan kebangsaan itu sebab Austria membuat kawan bersama Hungaria menjadi Negara terpisah dari negeri Jerman modern.

Pada tahun 1949, Jerman, dengan area yang jauh menurun dampak 2 perang besar di Eropa, dibagi menjadi 2 Negara terpisah menjadi Jerman Barat serta Jerman Timur.

Pembelahan ini selesai 3 Oktober 1990, menjadi hari nasional Jerman saat ini, kala Jerman Timur secara sah memadukan diri dengan Jerman Barat.

Berikut ini adalah pembahasan tentang peta jerman lengkap dengan gambarnya.

GAMBAR PETA JERMAN

PETA JERMAN LENGKAP

GAMBAR PETA JERMAN VERSI GOOGLE EART

PETA JERMAN VERSI GOOGLE

PETA JERMAN LENGKAP

PETA NEGARA JERMAN LENGKAP

PETA BUTA JERMAN

PETA BUTA JERMAN

PETA JERMAN HITAM PUTIH

PETA HITAM PUTIH JERMAN

ETIMOLOGI

ETIMOLOGI JERMAN

Sebab posisinya yang terletak di tengah-tengah Eropa serta asal usul panjangnya bagaikan puak-puak yang berbeda saat sebelum kesimpulannya bersuatu, Jerman mempunyai banyak julukan gelar.

Nama Jerman yang digunakan dalam bahasa Melayu diambil dari julukan bahasa Inggris German yang berarti orang Jerman ataupun bahasa Jerman.

Julukan negeri ini dalam bahasa Inggris, Germany, berawal dari julukan Latin yang dipakai oleh banyak orang Romawi untuk area di dekat Sungai Rhein, adalah Germania semenjak era ke 3 SM.

Tidak jelas etimologinya, namun terdapat kemungkin orang Romawi mengadopsi dari gelar orang Kelt di Galia untuk warga di sana yang berarti tetangga.

Allemania dengan variasinya, digunakan misalnya dalam bahasa Prancis, Spanyol, serta Arab, Saksa digunakan dalam bahasa Finlandia, Tedesco digunakan dalam bahasa Italia.

Deutsch dengan variasinya, digunakan misalnya dalam bahasa Jerman, Swedia,Belanda, serta Niemcy dalam bahasa Polandia dan variasinya di sebagian tetangganya merujuk pada puak-puak bangsa Germanik yang berbeda- beda, sekalian membuktikan beragamnya asal usul orang Jerman.

Deutsch (baca atau doitʃ) berawal dari tutur Jerman Asal Kuno diutisc yang ada juga satu puak Germanik di yang bermukim di komponen utara (Semenanjung Jutland) yang bernama Teuton.

Allemani merupakan puak yang bermukim di bagian selatan. Sakson (Sachsen) merupakan puak yang sempat bermukim di bagian hilir Jerman saat ini, keturunannya menyebar pulau ke Belanda serta Inggris. Puak Nemeti pernah menghuni area yang saat ini diketahui bagaikan Alsace.

Baca Juga : Peta  Belanda

SEJARAH

SEJARAH JERMAN

Sejarah Jerman bagaikan sesuatu negara-bangsa dimulai dari terjadinya Konfederasi Jerman pada tahun 1815 yang dimotori oleh Kerajaan Prusia.

Tetapi, penghunian area perbatasan timur sungai Rhein, yang saat ini jadi lokasi beberapa besar Negara Jerman, sudah berjalan semenjak era prasejarah, jauh sampai ke Zaman Batu Tua (Zaman batu tua).

Di tempat- tempat dekat gerakan sebagian sungai besar yang berbukit-bukit (misalkan Rhein serta sungai Neckar) semenjak ratusan ribu tahun telah menjadi tempat tinggal berbagai macam warga.

Fosil Homo Heidelbergensis serta Homo Neanderthalensis ditemui di tempat sejenis ini. Pada rentang waktu yang lebih modern ditemukan aset dari orang Cro-Magnon dari Zaman Es terakhir.

Peninggalan-peninggalan peradaban Zaman Batu Baru (Neolitikum) serta Era Perundagian (baik dari Zaman Perunggu serta Zaman Besi) pula ditemui di banyak tempat.

Diakibatkan oleh wilayahnya yang subur, bermacam kaum pendatang menghuni area ini. Peninggalan peradaban pertama berawal dari warga Kelt dari era milenium terakhir saat sebelum masa modern(Masehi) yang tiba dari timur.

Banyak orang Slavia pula menghuni bagian timur dekat sungai Elba. Setelah itu tiba kalangan Germanik dari utara yang menghuni area yang serupa serta lambat-laun menekan kalangan Kelt ke arah barat mengarah ke Perancis serta Inggris.

Walaupun pernikahan campur di antara kedua golongan berbeda bahasa ini diperkirakan luas terjalin. Kala orang Romawi mulai melebarkan ke utara pada era terakhir saat sebelum Masehi muncullah catatan-catatan yang tertulis mengenai area ini.

Catatan yang tertulis mengenai wilayah saat ini disebut dengan Jerman (masa protosejarah) diawali semenjak terdapat laporan-laporan tercatat Romawi serta Yunani mengenai kalangan Barbar, berarti biadab yang berumah di bagian utara Pegunungan Alpen.

Periode ini biasanya disebut oleh sejarawan sebgai Periode Antik. Pada masa menjelang perluasan Romawi, area Jerman ditempati oleh bermacam puak Germanik yang silih bersaing satu serupa lain.

Kelemahan ini digunakan oleh orang Romawi buat menaklukkan area timur sungai Rhein serta mendirikan Provinsi Germania Magna.

Baca Juga : Peta Belgia

LETAK GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS JERMAN

Negara Jerman terdapat di Eropa bagian tengah serta berbatasan langsung dengan 9 Negara. Di sisi barat berbatasan dengan Belanda, Luksemburg, Belgia, serta Prancis. Di sisi selatan berbatasan dengan Swiss serta Austria.

Di sisi timur berbatasan dengan Ceko serta Polandia, serta di sisi utara berbatasan dengan Denmark. Apabila tetangga di seberang laut (Laut Baltik) pula dihitung, hingga Jerman pula bertetangga dengan Swedia.

Negara ini memiliki besar keseluruhan 357021 Km² (137847 sq mi), terdiri dari luas daratan 349223 Km² (134836 sq mi) serta besar lautan 7798 Km² (3011 sq mi). Negara Jerman adalah  terluas ketujuh di Eropa serta ke 62 di dunia.

Wilayah Negara ini saat ini merupakan perolehan dari Perang Dunia ke II serta tadinya mempunyai jangkauan yang jauh lebih besar, melingkupi bagian dari Ceko, Polandia, dan Kaliningrad ataupun Konigsberg, saat ini dipahami Rusia.

Wilayahnya sempat juga terpecah secara politik semenjak tanggal 7 Oktober 1949 sampai bertepatan pada tanggal 3 Oktober 1990.

Dikala bagian timur Negara ini dipahami oleh pemerintahan komunis serta bernama Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur, ataupun Deutsche Demokratische Republik disingkat DDR).

IKLIM

IKLIM DI JERMAN

Secara umum iklim di Jerman merupakan iklim sedang dengan musim panas yang hangat serta musim dingin. Iklim di Jerman bermacam-macam dengan 4 masa serta menawarkan musim dingin yang bisa sangat dingin sampai masa panas.

Tetapi dikala musim dingin salju dalam durasi lamban tidak sering terjalin. Di Jerman hujan turun sepanjang tahun. Temperatur siang pada bulan Januari rata-rata merupakan 3  ͦ Celcius ataupun 38  ͦ Fahrenheit serta suhu siang pada bulan Juli yaitu 22  ͦ Celcius ataupun 72  ͦ Fahrenheit.

suhu yang ekstrim di Jerman sering kali bisa mencapai -10  ͦ Celcius ataupun 5  ͦ Fahrenheit pada musim dingin serta 35  ͦ Celcius ataupun 95  ͦFahrenheit pada musim panas.

Cuaca serta iklim di Jerman komponen barat laut seringkali terpengaruh oleh Atlantik dengan hujan serta musim panas yang lumayan hangat. Sering kali terdapat angin besar sesekali pada musim gugur.

Semakin ke selatan serta timur, musim panas di Jerman terus menjadi hangat serta terus menjadi kerap terjalin cuaca ekstrim.

Sepanjang bulan Mei – September, area di Laut Utara serta pantai Laut Baltik suhunya lebih hangat. Suhu rata-rata di tempat ini antara 21  ͦ– 28   ͦ Celcius. Pada bulan-bulan itu liburan pantai disini akan terasa hangat.

Tempat– tempat yang terletak di dekat Laut Baltik Jerman biasanya beriklim lebih kontinental. Di area itu musim panas sedikit lebih pendek dengan suhu yang lebih ringan. Sedangkan di wilayah pegunungan suhunya kira- kira lebih berimbang apalagi di pertengan musim panas.

Oleh sebab itu cuaca serta iklim di Jerman di pegunungan mengundang untuk mendaki serta aktivitas luar ruangan yang lainnya. Di Pegunungan Alpen Jerman spesialnya di bagian selatan negara Jerman diketahui dengan berolahraga musim dingin, umumnya dari bulan Desember sampai Februari.

TOPOGRAFI

PETA TOPOGRAFI NEGARA JERMAN

Secara umum, topografi Jerman merupakan dataran rendah di sebelah utara serta area berbukit-bukit di bagian selatan. Puncak tertingginya merupakan Zugspitze setinggi 2.962 m dpl adalah bagian dari skema Pegunungan Alpen di pinggiran dengan Austria.

Titik terendah Jerman merupakan Wilstermarsch (Rawa Wilster), dekat Steinburg di bagian utara, adalah 3.54 m dpl. Pegunungan di Jerman pada umumnya berketinggian menengah hingga agak tinggi, antara 500-1000 m.

Sebagian yang berarti merupakan Pegunungan Alpen, Schwarzwald (Rimba Gelap), Pegunungan Erz, Rhoen, Rothaargebirge (Pegunungan Rothaar), Pegunungan Rhein (yang melingkupi area Perbukitan Eifel, Bergisches Land, Sauerland, Siegerland, Westerwald, serta Taunus.

Thuringischer Wald, serta Pegunungan Harz. Sungai-sungai yang mengalir cukup besar alhasil sebagian bisa dilayari oleh kapal yang berukuran besar sampai jauh ke hulu, semacam sungai Rhein, sungai Elbe, sungai Weser, sungai Donau, serta sungai Bermain.

Danau yang terluas terletak di selatan, adalah danau Konstanz (Bodensee) dengan 3 pulau kecil yaitu Mainau, Reichenau, serta Lindau. Tidak hanya itu ada banyak situ yang lain, semacam Chiemsee serta Situ Mueritz.

Negara Jerman mempunyai pantai yang berdekatan dengan Laut Baltik di timur serta Laut Utara di bagian barat. Di pantai bagaian barat ada padang gumuk (sand dune) yang luas dan yang aman oleh Kepulauan Frisia Utara serta Kep. Frisia Timur yang tidak hanya itu ada pulau darmawisata Helgoland.

Sebagian pulau kecil di lepas pantai laut timur menjadi tempat wisata, semacam Pulau Ruegen, Pulau Fehmarn, serta Pulau Usedom. Sumber daya alam yang banyak ditemui merupakan biji besi, batu kobaran, kusen, lignit, uranium, gas alam, tembaga, nikel, serta air.

PEMBAGIAN ADMINISTRASI

PEMBAGIAN ADMINISTRASI JERMAN

Dengan cara administrasi, Jerman merupakan Negara federasi (Bundesland) dengan 13 Negara bagian (Flachenland adalah Baden Wurttemberg, Freistaat Bayern ataupun Bavaria, Brandenburg, Hessen, Mecklenburg Vorpommern, Niedersachsen, Nordrhein Westfalen, Rheinland Pfalz, Saarland, Freistaat Sachsen, Sachsen Anhalt, Schleswig Holstein, serta FreistaatThuringen).

Serta 3 kota setingkat Negara bagian (Stadtstaaten ataupun Stadtlander, adalah Berlin, Bremen, serta Hamburg).

Negara-Negara bagian ini dibangun dengan cara berangsur-angsur dari berakhirnya Perang Dunia ke II bagaikan penyederhanaan berdasarkan garis batasan Negara bagian aset era Reich Jerman yang lebih bersifat feodalistik.

Negara bagian yang diperintah oleh seseorang perdana menteri (Ministerprasident) komplit dengan kabinetnya. Ada juga parlemen tingkatan Negara bagian. Tiap Negara komponen mengirim wakil- wakil (anggota kabinet, bukan diseleksi langsung) ke Bundesrat.

Bagian kesatuan komunitas terendah (aras pertama) merupakan Gemeinde, yang bisa adalah gabungan dari beberapa desa ataupun kota kecil.

Sebagian Gemeinde hendak membuat dasar komunitas lebih besar yang disebut dengan Kreis (diterjemahkan sebagai distrik) bagaikan aras kedua. Beberapa Kreis membentuk Negara bagian, namun di Bayern ada dasar komunitas aras ketiga yang dikenal sebagai Bezirk.

Untuk melancarkan administrasinya, pemerintahan di banyak Negara bagian untuk membentuk Regierungsbezirk untuk menolong tata laksana administrasi. Di Negara bagian kota (Stadtlander), pembagian wilayah cuma bersifat administratif, tidak perwakilan warga.

DEMOGRAFI

DEMOGRAFI

Dengan keseluruhan masyarakat sekitar 81,7 juta orang pada tahun 2009, Jerman merupakan negara ke 15 paling banyak penduduknya di dunia. Semenjak tahun 2003 keseluruhan masyarakat Jerman berkurang secara lambat walaupun negara ini sedang menyambut imigran.

Keengganan keluarga Jerman buat mempunyai anak serta menaiknya nilai kematian jadi karena yang kerap ditunjuk buat kondisi ini.

Jerman mempunyai banyak kota besar, sebagian di antara lain sudah berumur lebih dari 2 ribu tahun. Tetapi cuma 3 kota yang mempunyai masyarakat lebih dari satu juta orang. Berlin dengan 3,4 juta orang, Hamburg 1 8 juta, serta München 1,4 juta.

Fokus masyarakat paling tinggi terdapat di area cekungan Ruhr (Ruhrgebiet ataupun Ruhrbecken, didapat dari julukan bengawan yang mengalir di situ) di negara bagian Nordrhein Westfalen.

Yang ditempati dekat 20 juta orang serta jadi salah satu kawasan megapolitan paling banyak penduduknya di bumi.

Area ini menghimpun kota-kota semacam Bochum, Dortmund, Duisburg, Essen, serta Gelsenkirchen, alhasil efisien orang tidak melihat batasan di antara kota-kota itu.

Kota besar serta berarti yang lainnya yaitu Duesseldorf, Frankfurt am Bermain, Bremen, Hannover, Karlsruhe, Koeln, Nuernberg, serta Stuttgart.

Baca Juga : Peta Perancis

AGAMA

AGAMA DI JERMAN

Jerman merupakan tempat kelahiran reformasi Gereja yang diawali oleh Martin Luther pada awal era ke 16. Pada awal abad ke 16, Protestan (paling utama di utara serta timur) terdiri dari 33% populasi serta Khatolik (paling utama di selatan serta barat) pula 33%.

Keseluruhan terdapat sekitar 55 juta orang berkeyakinan Kristen. Mayoritas Protestan Jerman adalah anggota dari Gereja Evangelikal Jerman. Gereja bebas terdapat dalam kota besar ataupun kecil. Paus emeritus Katolik Roma, Paus Benediktus XVI, pula adalah orang Jerman.

Tidak hanya itu terdapat sebagian dupa ribu penganut Ortodoks (paling utama Yunani serta Serbia), 400.000 anggota Gereja Kerasulan yang terbaru, lebih dari 150.000 anggota Saksi Yehuwa, serta sebagian tim kecil yang lain.

Di area bekas Jerman Timur, kehidupan keagamaan minim bertumbuh dibanding dengan di eks Jerman Barat.

Akibat rezim komunis yang menyuruh tadinya kurang memberikan atensi pada kehidupan keagamaan. Sekitar 30% dari populasi Jerman membenarkan tidak mempunyai agama. Di Timur nilai ini bisa lebih besar.

Agama terbanyak kedua merupakan Islam dengan 3.800.000-4. 300. 000 pengikut diperkirakan(4.6% menjadi 5.2%), diikuti oleh Buddhisme dengan 250.000 serta Yudaisme dengan sekitar 200.000 pengikut (0.3%), Hindu mempunyai sebagian pengikut 90.000 (0.1%).

Seluruh komunitas agama lain di Jerman mempunyai kurang dari 50. 000 pengikut. Dari sekitar 4 juta Muslim, mayoritas Sunni serta Alevites dari Turki, namun terdapat beberapa kecil Syiah serta denominasi yang lain.

Jerman Eropa ketiga adalah Yahudi terbanyak populasi (sehabis Perancis serta Britania Raya) sekitar 50% dari pemeluk Buddha di Jerman merupakan imigran Asia. Jerman tanpa disiplin agama melaporkan membentuk 34.1% dari populasi, paling utama di Timur, bekas Jerman serta area.

BAHASA

BAHASA DI JERMAN

Bahasa resmi adalah bahasa Jerman. Bentuk bakunya dikenal sebagai bahasa Jerman Dasar (Hochdeutsch ataupun Standarddeutsch). Pembaku bahasa ini merupakan Martin Luther pada era ke 16, alhasil beliau diketahui juga sebagai (Bapak Bahasa Jerman).

Bahasa Jerman Dasar dipelajari di sekolah alhasil seluruh orang Jerman praktis menguasainya. Bahasa ini pula digunakan di Austria, Luksemburg, Swiss serta Lichtenstein sebagai bahasa pengantar sah sehingga masyarakat negara ini bisa saling berkomunikasi dengan baik satu sama yang lainnya. Bahasa Jerman adalah bahasa yang sangat bagus didengar di semua Eropa.

Tidak hanya itu, dikatakan juga bermacam dialek lokal yang terutama di antara lain merupakan dialek Bavaria, Alemania (dikatakan di Baden, Swabia, serta bermacam tempat di Swiss), Koeln, Berlin Brandenburg, dan aksen Saksen.

Kehadiran dialek lokal ini terus menjadi terdesak oleh pemakaian bahasa baku ataupun versi tidak baku (kolokial ataupun Umgangsprache).

Bahasa Sachsen Ambang ataupun Plattdeutsch, yang dikatakan di bagian barat laut, saat ini dianggap sebagai bahasa tertentu serta versi dari bahasa Jerman Hilir.

Di bagian ujung timur negara Sachsen ada komunitas berbahasa Sorbia yang bukan bahasa Germanik melainkan Slavik. Bahasa minoritas lain merupakan bahasa Denmark yang dikatakan di bagian perbatasan dengan Denmark.

Bahasa Frisia di perbatasan utara dengan Belanda, bahasa Turki sebagai bahasa imigran dari Turki, bahasa Rusia yang dibawa oleh imigran dari kalangan Jerman Etnik dari Rusia, serta sebagian bahasa kalangan imigran minoritas yang lain diantaranya Italia, Vietnam, Arab, serta negara- negara Balkan.

67% masyarakat Jerman berkata kalau mereka bisa berbicara minimun satu bahasa asing serta 27% masyarakat berkata mereka bisa berbicara dengan 2 bahasa asing lain tidak hanya bahasa Jerman.

KOTA PENTING DI JERMAN

KOTA PENTING DI JERMAN

Beberapa Kota penting dan besar di Negara Jerman diantaranya adalah Aachen, Bonn, Berlin, Bremen, Braunschweig, Am Main, Bielefeld, Augsburg, Chemnitz, Bremerhaven, Dormund, Dessau, Dresden, Darmstadt, Cottbus, Flensburg, Essen, Furth, Erfurt, Freiburg, Duisburg, Halle, Gottingen, Heilbronn, Hannover, Gera, Gorlitz.

Jena, Hof, Kobienbz, Kiel, kassel, Hamburg, Munchen (Munich), Leipzig, Konstanz, Kaiserslautern, Partenkirchen, Mainz, Magdeburg, Lubeck, Postdam, Remagen, Salzburg, Regensburg, Wolfsburg, Ulm, Siegen, Wiesbaden, Saarbrucken, Zwickau, dan Stuttgart.

LOKASI STRATEGIS JERMAN

LOKASI STRATEGIS DI JERMAN

Laut Baltik, Pegunungan Alpen Bavaria, Allgauer Alpen, Ammersee, Sungai Elbe, Sungai Danube, Chiemsee, Sungai Fulda, Sungai Ems, Sungai Havel, Grosser Ploner See, Danau Constance, Kummerewer See, Sungai Isar, Sungai Inn, Sungai Moselle, Malchiner See, Sungai Lech.

Plauer See, Parsteiner See, Laut Utara, Sungai Neckar, Selenter See, Schweriner See, Schaalsee, Sungai Rhine, Steinhuder Meer, Stranberger See, Sungai Spree, Werbellinsee, Unterueckersee, Tegernsee, Tollensesee, Sungai Werra serta Sungai Weser.

SUMBER DAYA ALAM DI JERMAN

SUMBER DAYA ALAM JERMAN

Negara Jerman kaya akan sumber daya alamnya, khususnya sumber daya bahan bakarnya seperti gas alam, batubara, lignut, dan uranium.

Ada juga sumber daya mineral seperti tembaga, bijih besi, serta nikel, material konstruksi, kayu serta tanah yang subur juga ada beberapa sumber daya yang unggulan di Negara Jerman ini.

MASALAH LINGKUNGAN

PETA JERMAN

Negara Jerman mempunyai sejumlah masalah lingkungan seperti industri batubara dan polusi udara karena emisi peralatan. Hasil dari emisi sulfur dioksida merupakan hujan asam yang bisa merusak hutan.

Terjadi juga polusi di Laut Baltik karena akibat limbah mentah, serta juga di sungai-sungai Jerman Timur karena akibat limbah industri. Pemerintahan Negara Jerman sudah membuat komitmen untuk mengakhiri penggunaan tenaga nuklir selama 15 tahun kedepannya.

Mereka juga bekerja sama untuk memenuhi komitmen Uni Eropa dalam hal untuk mengidentifikasi kawasan pelestarian alam, yang sejalan dengan peraturan Fauna, Flora, dan Habitat dari Uni Eropa.

Demikian tadi pembahasan lengkap tentang peta jerman lengkap dengan penjelasan mengenai iklim, letak geografis dan lain – lain – Peta Jerman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *