PETA MALAYSIA : Letak Geografis, Iklim, Kekayaan Alam, Kota Besar

Peta Malaysia – Malaysia merupakan salah satu negara yang terdapat di wilayah Asia Tenggara. Negara yang satu ini ialah salah satu negara tetangga Indonesia. Pada peta Malaysia kalian akan melihat wilayah negara Malaysia dibagi dalam 2 bagian.

Bagian pertama terdapat pada bagian utara pulau Sumatera, sedangkan bagian kedua terdapat pada bagian utara pulau Kalimantan. Ibukota negara Malaysia ialah Kuala Lumpur, sebuah pusat administratif dari Malaysia. Negara Malaysia diketahui sebagai negara Melayu.

Hal ini disebabkan kebanyakan dari masyarakat Malaysia merupakan suku Melayu. Bila melihat kenyataan ini, maka masyarakat Malaysia pula hampir serupa seperti masyarakat pulau Sumatera. Negara Malaysia merupakan negara yang bertabiat federal bukan sama seperti Indonesia yang berupa republik.

Malaysia mempunyai kekerabatan yang erat dengan Indonesia. Hal ini disebabkan banyak wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Letak Negara Malaysia ini juga dekat dengan Indonesia.

GAMBAR PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA LENGKAP

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA BUTA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA NEGARA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

MalaysiaVacationGuide.com

PETA MALAYSIA HITAM PUTIH

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

LETAK NEGARA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

Bila kalian mencari negara yang sangat dekat jaraknya dengan Indonesia, hingga jawabannya merupakan Negara Malaysia. Pada peta Malaysia, negara ini tepat berada di bagian utara Indonesia.

Untuk mengenali lokasi negara Indonesia ini, kalian wajib mengenali letaknya secara astronomis serta juga geografis. Selanjutnya ini akan disajikan mengenai informasi letak dari negara Malaysia:

  1. Letak Secara Astronomis

Secara astronomis Malaysia terdapat pada garis 1ᵒLU hingga 7ᵒLU dan 100ᵒBT sampai 119ᵒBT. Dari posisi astronomis ini kita dapat mengenali jika seluruh bagian wilayah Malaysia terdapat di bagian lintang utara. Malaysia ialah negara yang mempunyai iklim tropis.

Hal ini disebabkan daerahnya yang tidak jauh dari jalur lintas garis khatulistiwa.

  1. Letak Secara Geografis

Bila ditinjau dari geografis, Malaysia berbatasan dengan sebagian negara Asia Tenggara yang lain seperti Indonesia, Singapore serta Brunei Darussalam. Malaysia juga berbatasan dengan laut Cina Selatan serta juga laut Sulu dan laut Sulawesi. Letak geografis Malaysia ini dibagi. jadi 2 bagian.

Bagian Malaysia yang terletak di utara pulau Sumatera berkaitan langsung dengan wilayah Singapore. Sedangkan bagian negara Malaysia yang terletak di utara pulau Kalimantan langsung berbatasan dengan Brunei Darussalam serta juga Indonesia.

Letak secara astronomis dan geografis Malaysia ini jelas mempengaruhi keadaan bentangan alam yang terdapat di Malaysia. keadaan bentangan alam Malaysia lumayan baik dan menghijau. Terdapat banyak hutan serta perkebunan di negara ini. Di Malaysia sendiri terdapat banyak kota besar yang populer.

Baca Juga : Peta Benua Asia

SEJARAH

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

Negara Malaysia merupakan sebuah Negara federal yang terdiri dari 13 negara bagian dan 3 negara persekutuan yang termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara, dengan luas wilayahnya kurang lebih 329.847 km2.

Yang beribukotakan kuala lumpur, sedangkan putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk Malaysia saat ini lebih dari 27 juta jiwa.

Negara ini dipisahkan dalam 2 kawasan yaitu meliputi kawasan Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur oleh kepulauan Natuna,Wilayah Indonesia di laut Cina selatan. Serta Negara Malaysia ini berbatasan langsung dengan Negara Thailand, Singapura, Filipina, Indonesia, dan Brunei.

Negara Malaysia ini berada di dekat Khatulistiwa serta beriklim Tropis. Kepala Negara Malaysia ialah yang di Pertuan Agung dan pemerintahannya di kepalai oleh seorang Perdana Menteri.

Sebelumnya, sekumpulan koloni didirikan oleh Britania Raya pada akhir abad ke 18 dan separoh Barat Malaysia modern yang terdiri dari beberapa kerajaan yang terpisah – pisah.

Kumpulan dari wilayah jajahannya di kenal dengan Malaya Britania hingga pembubarannya pada tahun 1949, ketika kumpulan itu disusun kembali sebagai Uni Malaya. Di tahun 16 september 1963 sesuai  dengan Resolusi Majelis Umum PBB 1514 dalam proses dekolonialisasi.

Singapura, Sarawak, Borneo Utara atau yang saat ini lebih dikenal sebagai Sabah berubah menjadi Negara bagian dari federasi bentukan baru yang bernama Malaysia. Bangsa – bangsa di Asia Tenggara mengalami ledakan ekonomi serta menjalani perkembangan yang cepat di penghujung abad ke 20.

Sebenarnya sejarah Malaysia ada keterkaitan dengan sejarah Indonesia, Malaysia berdiri dengan kerajaan induk yang tertua yaitu Malaka, sedangkan pendiri dari Malaka adalah seorang pangeran dari Sumatra Sriwijaya.

Semenanjung Malaysia berkembang sebagai pusat perdagangan yang utama di kawasan Asia Tenggara, karena berkembangnya perdagangan Cina dan India serta Negara – Negara lainnya melalui selat Malaka.

Pada awal abad ke 15 kesultanan Malaka yang didirikan oleh dinasti yang dimulai oleh pangeran berasal dari Palembang. Dengan Malaka sebagai ibukota Kesultanan ini mengontrol wilayah yang sekarang adalah semenanjung Malaysia.

Kerajaan ini berlangsung selama kurang lebih satu abad, dan dalam masa tersebut menyebarkan Islam ke seluruh Kepulauan Melayu.  Pada tahun 1511 Portugal membuat Malaka menjadi koloni dengan kekuatan militer dan mengakhiri Kesultanan Malaka.

Tetapi, Sultan yang terakhir melarikan diri ke Kampar di Sumatra dan meninggal di sana. Salah satu anaknya pergi ke bagian utara Semenanjung Malaysia lalu mendirikan Kesultanan Perak dan anak yang lainnya pergi ke selatan semenanjung dan membuat ibu kotanya di sana.

Kerajaan ini merupakan kerajaan kelanjutan dari kesultanan Malaka tua, tetapi sekarang di kenal dengan nama kesultanan Johor yang masih ada hingga sekarang.

KOTA BESAR POPULER DI MALAYSIA

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

Terdapat beberapa kota besar yang populer di Malaysia, Kota- kota besar ini dapat kalian lihat langsung pada peta Malaysia. Seluruh kota- kota yang terdapat di negara Malaysia mempunyai karakter yang berbeda- beda.

Di bawah ini akan disajikan informasi tentang kota- kota besar yang terdapat di negara Malaysia. Berikut ini nama- nama kota itu:

1. Kuala Lumpur

Kota yang sangat populer di Malaysia ialah Kuala Lumpur. Hal ini lumrah karena Kuala Lumpur merupakan ibukota negara dari Malaysia. Kuala Lumpur dapat dibilang sebagai kota pusat dari negara ini. Kota yang satu ini mengalami kemajuan yang cepat dibandingkan kota- kota yang yang lain yang terdapat di Malaysia.

Sebagai kota yang menarik, wajar bila Kuala Lumpur jadi destinasi utama wisatawan yang datang ke Malaysia. Seluruh kantor parlemen Malaysia pula terdapat di kota Kuala Lumpur. Akses menuju kota ini juga dipermudah dengan terdapatnya Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

2. Johor Bahru

Johor Bahru juga populer dengan julukan kota Tanjung Puteri. Kota yang satu ini merupakan kota kedua yang sangat besar di Malaysia. Johor Baru populer sebagai wilayah yang banyak akan keragaman budayanya. Bila kalian ingin melihat keragaman budaya yang terdapat di Malaysia, maka Johor Baharu merupakan tujuan utama yang bagus.

Di kota ini kalian juga dapat menemukan banyak tempat liburan. Beberapa tempat liburan yang populer di Johor Baru ialah tempat liburan sejarahnya. Kota ini merupakan kota yang dekat sekali jaraknya dengan laut. Hal ini sebab letak kota ini memang terdapat di bagian semenanjung Malaysia atau bagian selatan Malaysia.

3. Shah Alam

Kota Shah Alam dahulunya populer dengan julukan kota Batu 3. Shah Alam populer dengan luasnya perkebunan sawit yang ada di wilayah ini. Hal ini tidak mengherankan mengingat Malaysia memang populer dengan perkebunan sawitnya.

Shah Alam dipimpin oleh seorang walikota. Terdapat banyak industri yang bertumbuh di kota ini. Industri yang paling berkembang di kota ini pastinya industri kelapa sawit. Malaysia memberikan kepedulian khusus pada kota Shah Alam. Hal ini disebabkan potensi yang dipunyai oleh wilayah ini.

4. Subang Jaya

Subang Jaya terdapat pada wilayah lembah Kelang. Di Malaysia, Subang Jaya merupakan kota yang kemajuannya sangat bagus. Tentu saja kemajuan ini didorong dengan kekayaan alam yang terdapat pada wilayah Subang Jaya.

Bahkan masyarakat yang terdapat di kota ini tidak kalah banyak dengan masyarakat yang terdapat di kota Kuala Lumpur. Kota yang satu ini mempunyai sarana yang sangat lengkap.

fasilitas serta infrastruktur pendidikan dan kesehatan yang terdapat di kota ini terbilang komplit. Hal inilah yang membuat warga di kota Subang Jaya dapat hidup sejahtera.

5. Alor Setar

Kota terbesar yang terdapat di Malaysia berikutnya ialah Alor Setar. wilayah kota ini terletak di kawasan Kedah. Kota Alor Setar ialah kota yang maju akan industrinya di Malaysia. Alor Setar ialah kota yang memang luasnya tidak sebesar kota Kuala Lumpur.

Tetapi bisa dibilang jika kota ini mempunyai kontribusi yang besar untuk Malaysia. Itulah nama- nama kota besar yang terdapat di Malaysia. Apabila kalian ingin mengenali secara komplit mengenai posisi kota ini, kalian dapat melihat langsung di peta Malaysia.

Pada peta Malaysia posisi kota- kota ini kelihatan sangat jelas. Bentangan alam yang terdapat di Malaysia juga lumayan menakjubkan.

Baca Juga : Peta Indonesia

KEKAYAAN ALAM

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

Kenampakan alam di negara Malaysia sangat bermacam- macam. Malaysia ialah negara yang kaya akan bentangan alamnya. Terdapat banyak kenampakan alam di Malaysia. Berikut ini sebagian kenampakan alam yang indah di Malaysia:

  1. Gunung

Malaysia mempunyai kenampakan alam berupa gunung- gunung. Terdapat banyak gunung yang populer di Malaysia. Beberapa gunung itu antara lain, Gunung Ledang, Gunung Highlands, Gunung Jerai serta Gunung Kinabalu.

  1. Sungai

Negara Malaysia juga mempunyai banyak kenampakan alam berupa sungai. Sebagian sungai yang terdapat di Malaysia merupakan sungai Negeri 9, Lata Kinjang serta sungai- sungai yang lain. Secara umum kenampakan sungai ini dapat dibilang hampir serupa dengan yang terdapat di Indonesia.

  1. Pantai

Malaysia juga negara yang berbatasan langsung dengan laut, jadi tidak mengherankan jika negara yang satu ini mempunyai banyak pantai yang bagus. Sebagian pantai yang populer di Malaysia adalah

Pantai Cahaya Bulan, Pantai Merdeka serta Pantai Morib.

Kenampakan alam yang terdapat di Malaysia membuat negeri ini jadi negeri yang sejahtera serta juga kaya akan keragaman hayati. Malaysia merupakan negara yang sejahtera serta juga sangat strategis letaknya. Hal ini jelas menguntungkan negara ini.

Untuk mengenali lebih mendalam mengenai negara Malaysia, kalian juga dapat langsung mengamati gambar peta Malaysia. Negara ini merupakan negara besar yang menjadi tetangga yang baik bagi Indonesia. Ada banyak kerjasama yang dijalin Malaysia dengan Indonesia.

IKLIM

PETA MALAYSIA

PETA MALAYSIA

Malaysia memiliki iklim laut khatulistiwa dengan hujan yang lebat dan suhu yang senantiasa tinggi, serta dipengaruhi oleh pembalikan arah angin sesuai dengan musim. Oleh karena pengaruh kepulauan, suhu rata-rata di Malaysia Barat dan Timur dapat mencapai kira-kira 27°C dengan penggeseran kurang dari 2°C.

Suhu ini jauh berkurang di daerah pegunungan.

Tanah Tinggi Cameron (Malaysia Barat) yang mencapai ketinggian sekitar 1.450 m, memiliki suhu rata-rata sekitar 18°C, sama seperti di daerah-daerah pegunungan, misalnya di Melalap, Sabah, Malaysia Timur.

Variasi curah hujan jauh lebih besar. Meskipun hampir semua tempat menerima curah hujan 2500 – 5000 mm pertahun, besarnya tergantung pada ketinggian dan pada kemungkinan masing-masing tempat untuk menerima pengaruh angin musim.

Gunung Hijau di negara bagian Perak, daerah yang paling banyak menerima curah hujan, kerap kali menerima lebih dari 4.450 mm pertahun. Dan di Long Anak, daerah pedalaman Sarawak yang bergunung-gunung, curah hujan mencapai 5.000 mm per tahun.

Sedangkan daerah-daerah bayangan hujan, seperti Kuala Klawang di daerah bayangan hujan dari Banjaran Besa (Malaysia Barat), jarang memiliki curah hujan lebih dari 1.500 mm per tahun.

Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Maret, ketika angin musim timur laut yang mengandung uap air melintasi Malaysia.

Bagian-bagian yang terbuka di Semenanjung Malaya Timur dan Sarawak selatan menerima tidak kurang dari 500 mm curah hujan dalam bulan Januari, ketika angin musim berada pada puncaknya.

Pengaruh angin musim barat daya (dari bulan April sampai bulan September) menjadi berkurang karena terhalang oleh P. Sumatera dan P. Jawa. Sebagian besar Wilayah Malaysia menerima 125 – 250 mm curah hujan setiap bulan selama musim ini.

Dalam hal Ini, Malaysia Barat menerima curah hujan lebih sedikit daripada Malaysia Timur.

Masjid di Pulau Langkawi, negara bagian Perlis (Malaysia), di kelilingi pohon kelapa dam di belakang masjid tumbuh vegetasi yang khas Semenenjung Malaya.

Demikian artikel mengenai peta Malaysia semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca sekian dan terimakasih.

Peta Malaysia

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply