PETA MYANMAR : Sejarah, Iklim, Geografis, Bendera, Lambang, Kota

Peta Myanmar – Dalam peta dunia, negara Myanmar atau di kenal juga dengan sebutan Burma terdapat di Benua Asia lebih tepatnya di Asia Tenggara dengan ibukota Naypyidaw.

Luas wilayah Myanmar kurang lebih 676, 578. 00 km2 dimana 3. 41%( 23, 070. 00 km2) merupakan perairan serta 653, 508. 00 km2 ialah daratan, maka menjadikannya negara terbesar ke- 39 di dunia.

Myanmar mempunyai ketinggian rata- rata 702 meter di atas permukaan laut, mempunyai iklim tropis berupa musim hujan serta musim panas. Wilayah Myanmar( Burma) pada umumnya merupakan dataran rendah serta hanya beberapa ialah dataran tinggi.

Gambar peta negara Myanmar lengkap yang diberikan dibawah ini merupakan dalam pernyataan kecil, silahkan klik gambar itu supaya memperoleh tampilan peta Myanmar yang lebih jelas. Untuk informasi peta- peta yang lain berdasarkan benua serta negara secara terperinci silahkan lihat.

Berdasarkan peta Myanmar diatas maka secara umum bisa diketahui batasan wilayah negara Myanmar ialah sebagai berikut:

  • bagian Utara: Berbatasan dengan Cina, Bangladesh serta India
  • bagian Timur: Berbatasan dengan Laos dan Thailand
  • bagian Selatan: Dibatasi oleh Teluk Martaban serta Laut Andaman
  • bagian Barat: Dibatasi oleh Teluk Benggala

GAMBAR PETA MYANMAR

GAMBAR PETA MYANMAR

GAMBAR PETA MYANMAR

PETA MYANMAR LENGKAP

PETA NEGARA MYANMAR

PETA MYANMAR LENGKAP

PETA NEGARA MYANMAR

PETA NEGARA MYANMAR

PETA NEGARA MYANMAR

PETA MYANMAR HITAM PUTIH

PETA MYANMAR HITAM PUTIH

PETA MYANMAR HITAM PUTIH

SEJARAH MYANMAR

SEJARAH MYANMAR

SEJARAH MYANMAR

Negara Burma (Myanmar sejak 12 Juni 1989) yang baru didiami pendatang dari Cina dan Tibet menjelang abad ke 8 yang semula dikuasai oleh raja – raja kecil. Sampai pada akhirnya dikuasai oleh Raja Anarutha Agung pada sekitar abad ke 11.

Setelah ditaklukkannya Kubilai Khan pada abad ke-13 negeri ini kembali terpecah belah sampai dipersatukan kembali oleh Raja Tabinshweti pada abad ke-16.

Kemudian Inggris berhasil membuat negeri ini menjadi sebuah koloni. Akan tetapi pada tahun 1937 Burma diberi pemerintahan sendiri di bawah gubernur Inggris dan pada akhirnya menjadi sebuah Negara demokrasi parlementer sendiri di bawah Perdana Menteri U Nu (tahun 1948 – 1962).

U Nu berhasil di gulingkan oleh Brigjen Ne Win, yang kemudian memegang jabatan sebagai seorang Presiden, dan sejak tahun 1972 juga menjabat sebagai ketua Partai Program Sosialis Burma.

Ne Win, yang berusaha menumpas kaum separatis serta berbagai kelompok minoritas di Negara tersebut. Lalu di gantikan oleh San Yu sebagai Presiden pada tahun 1987 dan pada akhirnya terpaksa mundur dari jabatan ketua partai di tahun 1988, menyusul pergolakan yang ditimbukan kalangan oposisi.

Baca Juga : Peta Asia Tenggara

LETAK ASTRONOMI MYANMAR

LETAK ASTRONOMI MYANMAR

LETAK ASTRONOMI MYANMAR

Letak astronomis suatu area tidak akan terlepas dari 2 garis maya, yakni garis lintang serta garis bujur. Seluruh kawasan di lapisan atmosfer bumi secara harfiah selalu mempunyai letak astronomis, begitu juga dengan negara Myanmar.

Myanmar secara astronomis terdapat diantara 10° Lintang Utara hingga 29° Lintang Utara, dan 92° Bujur Timur hingga 101° Bujur Timur. Dengan letak astronomis tersebut, Myanmar mempunyai iklim tropis yang menyebabkan negara ini mempunyai 3 musim, yakni musim hujan, musim kemarau sejuk dan musim kemarau panas.

LETAK GEOGRAFIS DAN BATAS WILAYAH

LETAK GEOGRAFIS MYANMAR

LETAK GEOGRAFIS MYANMAR

Letak geografis negara Myanmar di batasi dengan negara yang berbeda serta berbagai kondisi alam. Berdasarkan dengan letak geografisnya, Myanmar terdapat di teluk Benggala.

Negara ini secara letak geografis ialah negara asia tenggara yang terletak di kawasan paling utara serta berbatasan langsung dengan negara asia timur dan asia selatan. Berikut ini merupakan batas- batas wilayah geografis negara Myanmar :

  • Sebelah barat daya : Bagian Chittagong( Bangladesh) serta Mizoram, Manipur, Nagaland dan Arunachai Pradesh( India).
  • Sebelah barat : Teluk Benggala
  • Sebelah timur : Cina( RRC)
  • Sebelah tenggara : Laos dan Thailand
  • Sebelah utara : Cina( RRC) serta wilayah otonomi Tibet
  • Sebelah selatan : Laut Andaman

KOTA PENTING

KOTA PENTING MYANMAR

KOTA PENTING MYANMAR

Sebagian kota – kota penting dan besar di Myanmar antara lain yaitu Dawei, Hinfhada, Amarapura, Bago, Bhamo, Chauk, Mawlamyine, Meiktila, Laza, Magway, Naungpale, Pathein, Phyarpon, Hopin, Insein, Labutta, Man Aung, Mandalay, Moulmeingyun, Namtu, Mu Se, Mogok, Mong Pan.

Dan juga Monywa, Mudon, Myeik, Myingyan, Pakokku, Shingbiyang, Tangyan, Taro, Taunggyi, Paletwa, Myitkyina, Pyin U Lwin, Pyinmanaa, Pinleibu, Putao, Pye, Pyu, Shwebo, Thingangyun, Warazup Thongwa, Taungoo, Tazungdam, Sittwe( Akyab), Thaton, Thayet, Thandwe, Toungoo dan juga Yangon.

LOKASI STRATEGIS MYANMAR

LOKASI STRATEGIS MYANMAR

LOKASI STRATEGIS MYANMAR

Berikut merupakan beberapa tempat atau lokasi strategis yang berada di Myanmar diantaranya adalah Laut Andaman, Andrew Bay, Teluk Bawmi, Arakan Yoma, Bago Yoma, Ayeyarwady, Teluk Bengal, Rentang Bilauktaung, Selat Cheduba, Bukit Chin, Sungai Chindwin.

Teluk Combermere, Teluk Danson, Teluk Martaban, Teluk Gwa, Sungai Nmai, Patkai Range, Hunters Bay, Kumon Range, Bentang Mangin, Mulut Ayeyarwady, Sungai Myitha, Teluk Ngayok, Sungai Salween, Range Tanen serta Range Taungnyo.

BENDERA DAN LAMBANG

BENDERA DAN LAMBANG MYANMAR

BENDERA DAN LAMBANG MYANMAR

Bendera Kebangsaan Myanmar yang resmi saat ini merupakan bendera baru yang dipublikasikan tanggal 21 Oktober 2010. Bendera baru ini menggantikan bendera sosialis Myanmar yang sebelumnya dipakai tahun 1974.

Bendera Myanmar yang baru terdiri dari 3 warna yang disusun secara horizonta, yakni kuning, hijau, merah. Di tengah- tengah bendera terdapat sebuah bintang segilima bewarna putih.

Sedangkan simbol Negara Myanmar merupakan 2 ekor chinthe( singa mitos) yang saling membelakangi, peta negara Myanmar terletak di tengah- tengahnya dan diapit oleh susunan ranting zaitun.

Pola motif tradisional Birma menghiasi simbol negeri ini. Terdapat mahkota berupa bintang dipuncaknya dan memakai 2 warna yakni kuning keemasan serta merah. simbol negara Myanmar ini ialah simbol negeri baru yang diresmikan pada tahun 2008, tepatnya melalui referendum konstitusional Myanmar tahun 2008.

Baca Juga : Peta Malaysia

LAGU KEBANGSAAN

LAGU KEBANGSAAN MYANMAR

LAGU KEBANGSAAN MYANMAR

Setiap suatu negara pasti memiliki lagu kebangsaan sendiri begitu juga dengan Myanmar, Lagu kebangsaan Myanmar adalah Kaba Ma Kyei yang memiliki makna sampai akhir dunia. Lagu ini ditulis oleh Saya Tin serta diadopsi jadi lagu kebangsaan Myanmar pada tahun 1947.

Pembukaan lagu kebangsaan ini mempunyai gaya musik tradisional Myanmar kemudian terdapat transisi ke suatu musik orkestra bergaya Barat.

SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM MYANMAR

SUMBER DAYA ALAM MYANMAR

Pada umumnya setiap negara pasti memiliki sebuah sumber daya alam yang  utama, sebagai pemasukan untuk negara tersebut. Begitu juga dengan Negara Myanmar yang kaya akan sumber daya alam.

khususnya sumber daya alam logam semacam timah, antimon, seng, tembaga serta tungsten. Sumber daya alam yang lain adalah minyak bumi, batu kapur, kayu, batubara, marmer, batu permata, gas alam serta hydropower( tenaga air).

SISTEM HUKUM

SISTEM HUKUM MYANMAR

SISTEM HUKUM MYANMAR

Sistem hukum Burma terutama memakai hukum umum serta hukum tradisional. pada 1885 Inggris menyatakan Burma sebagai koloni mereka dan melakukan hak hukum umum.

Mulai disaat ini, negara kita tengah berolahraga sebagai hukum undang- undang.

Juga Myanmar, adat- istiadat mereka dipraktikkan sebagai Hukum Myanmar Tradisional. Setelah itu 2 kategori praktik hukum sebagai hukum positif dengan menulis, revisi, menyelesaikan serta berkembang pada saat ini.

Tidak hanya itu, pemerintah SPDC membuat UU banyak dan hukum jika mereka bermaksud untuk membatasi orang.

Sesudah itu, pemerintah SPDC menyatakan” Myanmar merupakan Bangsa kedaulatan independen serta kekuasaan Kedaulatan Uni berawal dari warga negara serta menegakkan di semua negeri” namun mereka mengatur kekuasaan dan membatasi citizens.

Generally, sistem hukum wajib memisahkan, periksa dan menyeimbangkan 3 tipe kekuasaan seperti legislatif, kekuasaan eksekutif, serta yudikatif.

Pada bagian Konstitusi 2008 Birma 11( a), 3 cabang kekuasaan kedaulatan ialah kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif serta kekuasaan yudikatif terpisah, sejauh mungkin, serta melaksanakan pengawasan timbal balik, mengecek serta menyeimbangkan.

Di Burma, pengadilan dibentuk seperti mahkamah agung Perhimpunan bahwa U merupakan keadilan kepala Union, pengadilan Tinggi Daerah, pengadilan Tinggi Negara( mempunyai keadilan aparat yaitu 2 hingga 6 orang).

Pengadilan Diri- Divisi Diperintah, Pengadilan Zona Diri Administered, Township Pengadilan serta yang lain dibentuk oleh hukum, Pengadilan Distrik, Majelis Pengadilan Militer serta Konstitusi Perhimpunan( U TheinSoe merupakan pimpinan pengadilan itu).

Pada tahun 2008 bagian konstitusi( 19)( a),( b) dan( c),” untuk menegakkan keadilan secara independen menurut hukum, untuk menegakkan keadilan di pengadilan terbuka kecuali dinyatakan dilarang oleh hukum serta untuk menjamin dalam seluruh perkara hak pembelaan dan hak- hak banding menurut hukum.

MILITER DAN PERTAHANAN MYANMAR

MILITER DAN PERTAHANAN MYANMAR

MILITER DAN PERTAHANAN MYANMAR

Militer Tentara Myanmar diucapkan adalah komponen tanah Militer Myanmar. Angkatan Myanmar merupakan cabang terbesar dari Angkatan Bersenjata Myanmar serta mempunyai tanggung jawab penting melaksanakan darat operasi militer.

Angkatan Myanmar menjaga kekuatan aktif terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Angkatan darat Vietnam. Tentara Myanmar mempunyai kekuatan pasukan kurang lebih 492. 000.

Tentara mempunyai pengalaman tempur yang luas dalam memberantas gerilyawan di medan agresif, mengingat telah melaksanakan non- stop operasi kontra- pemberontakan melawan pemberontak etnik serta politik sejak didirikan pada tahun 1948.

Pasukan ini dipimpin oleh Panglima Jenderal Soe Win disaat Letnan dengan Jenderal Min Aung Hlaing sebagai Panglima.

Kedudukan paling tinggi di Angkatan Darat Myanmar merupakan Senior Umum, sepadan dengan posisi Field Marshal di semesta alam barat serta diselenggarakan oleh jenderal senior than shwe pada tahun 2011.

Sesudah pergantian dari pemerintah junta militer untuk pemerintahan parlementer sipil, Tentara Myanmar berlaku draf militer untuk seluruh penduduk negara, seluruh pria dari umur 18 hingga 35 serta semua umur perempuan antara 18 dan 27 tahun.

Bisa direkrut menjadi wajib militer selama 2 tahun sebagai pribadi terdaftar pada saat kondisi darurat nasional. Umur untuk para profesional yang sampai 45 buat laki- laki serta 35 buat wanita selama 3 tahun sebagai layanan perwira bintara serta non.

Sebuah publikasi resmi telah mengatakan bahwa hampir seperempat dari anggaran nasional yang baru Myanmar akan dialokasikan untuk pertahanan Pemerintah.

EKONOMI

EKONOMI MYANMAR

EKONOMI MYANMAR

Ekonomi Burma berlandaskan pertanian serta fungsi terutama pada kas dan sistem tukar barang. Industri khususnya dikontrol oleh militer yang diatur perusahaan- perusahaan negara.

Setiap aspek kehidupan ekonomi diserap oleh pasar gelap, di mana respon harga meroket pada control harga resmi sejak tahun 1989, SPDC kebijakan ekonomi pasar terbuka sudah membawa banjir penanaman modal asing di minyak serta gas( oleh perusahaan- perusahaan Barat.

Dan dalam kehutanan, pariwisata, serta pertambangan( oleh perusahaan- perusahaan Asia). Dentuman yang diperoleh dalam perdagangan dengan Cina telah mengubah Burma kurang berkembang menjadi pusat bisnis yang bertumbuh cepat.

Suatu program pemberantasan narkotika sudah dimulai di perbatasan timur laut negara bagian, yang menyumbang kurang lebih 60% dari heroin dunia, dengan mendesak petani untuk menanamkan tumbuhan pangan bukan poppies.

Beberapa konsep terdapat untuk sektor manufaktur, serta ketergantungan pada impor Myanmar, negara bersumber harga mahal, menderita control ketat dari penguasa kebijaksanaan ekomoni yang tidak efisien, serta kekurangan rural.

Warga Myanmar bernama Junta(seorang aktivis Myanmar) mengutip langkah- langkah pada awal 1990an untuk melepaskan ekonomi setelah berdekadedekade mengalami kegagalan di bawah“ Burmese Way to Socialism,” namun upaya itu terhalang, serta sebagian aksi liberalisasi ditunda.

Myanmar tidak mempunyai stabilitas moneter maupun fiskal, Akhirnya ketidakseimbangan situasi makroekonomi termasuk inflasi, nilai tukar resmi fluktuasi tidak sesuai dengan nilai kyat Myanmar, serta suku bunga pemerintahan yang bukan jelas.

Sebagian besar dorongan pembangunan terhalang setelah Junta mulai menekan pergerakan kerakyatan di 1988 dan menolak menyambut hasil pemilihan legilatif pada tahun 1990.

Sebagai respon kepada penyerangan Myanmar di Mei 2003 kepada Aung San Suu Kyi serta pendukungnya, AS mendesakkan sanksi ekonomi baru kepada Myanmar termasuk larangan memasukkan produk Myanmar dan larangan memberpelayanan financial oleh personel AS.

Iklim penanaman modal yang buruk juga memperlambat arus nilai tukar asing. Sector yang sangat produktif hanya di industri ekstaktif, khususnya minyak serta gas, penambangan serta kayu mentahArea lain, seperti industri dan lain- lain.

AGAMA DAN KEPERCAYAAN

AGAMA DAN KEPERCAYAAN MYANMAR

AGAMA DAN KEPERCAYAAN MYANMAR

Burma( juga dikenal sebagai Myanmar) merupakan dominan dari adat- istiadat Theravada, dipraktikkan oleh 89. 8% dari populasi negara ini merupakan negara Buddhis yang sangat religius dalam hal nisbah biksu dalam populasi serta proporsi penghasilan yang dihabiskan untuk agama.

Pengikut yang sangat mungkin ditemui di antara etnik Bamar dominan( atau Burma), Shan, Rakhine( pawai), Senin, Karen, serta Cina yang terintegrasi dengan baik ke penduduk Burma. Para bhikkhu, yang dikenal sebagai Sangha, merupakan bagian dihormati dari penduduk Burma.

Di antara banyak golongan etnik di Myanmar, termasuk Bamar serta Shan, Theravada Buddhisme dipraktikkan dalam hubungannya dengan ibadah nat, yang mengaitkan placation roh yang bisa bersyafaat dalam hal duniawi.

Bersamaan dengan” kesejahteraan” dalam pengertian Buddha, terdapat 3 jalur utama di Burma Buddhisme: pelayanan pembuatan, vipassana( pengetahuan meditasi), serta jalur weizza( bentuk esoterik agama Buddha yang menyertakan okultisme). Agama Kristen kurang lebih 6. 2%, rata- rata dianut di wilayah Chin, Kayah, serta Kachin.

FLORA DAN FAUNA

FLORA DAN FAUNA MYANMAR

FLORA DAN FAUNA MYANMAR

Tumbuhan yang tumbuh di wilayah Myanmar ialah hutan hujan tropis. hutan hujan tropis ini banyak membentang jauh sampai dengan ngarai sungai Salween di plato shan, serta hutan yg lebih rimbun.

Pada umumnya ada di bagian yang lebih rendah, di pegunungan banyak terdapat hutan subtropis serta hutan iklim sedang yang di tumbuhi pohon- pohon pinus serta beraneka ragam tanaman paku, serta biasanya terdapat pada ketinggian di atas 1. 000 meter, sedangkan fauna yang hidup di Myanmar gajah, harimau, kerbau liar, ular dan rusa.

BAHASA

BAHASA MYANMAR

BAHASA MYANMAR

Bahasa yang dipakai oleh masyarakat mynmar ialah Birma, Masyarakat Myanmar berasal dari multietnis dengan bermacam macam adat serta bahasa daerahnya.

Tetapi yang dipakai sebagai bahasa nasional yaitu bahasa Myanmar. Kebanyakan warga Myanmar merupakan pengikut agama Buddha yang taat. Tidak hanya itu juga masih memegang teguh adat dan adat- istiadat.

PERMASALAHAN LINGKUNGAN

PERMASALAHAN LINGKUNGAN MYANMAR

PERMASALAHAN LINGKUNGAN MYANMAR

Setiap negara pasti memiliki permasalahan lingkungan yang berbeda beda begitu juga dengan negara Myanmar, yang mempunyai permasalahan lingkungan seperti halnya dengan Negara – Negara lain, seperti pencemaran udara, tanah, serta air.

Dan terjadi juga sanitasi yang tidak memadai serta pengolahan air yang kurang baik. Isu lingkungan yang lain untuk negara ini merupakan deforestasi.

Demikian artikel tentang peta Myanmar dan seputar Negara Myanmar semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi pembaca, sekian dan terimakasih.

Peta Myanmar

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply