PETA PAPUA : Barat, Timur, Iklim, Sejarah, Adat, Kuliner, Wisata Lengkap

Peta Papua – Jika dilihat dari peta Papua, pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling luas di Indonesia. Pulau papua menempati deretan kedua sebagai pulau terluas di dunia setelah“ GreenLand”.

Luas wilayah pulau papua kurang lebih 808. 105 persegi. Dengan populasi penduduk kurang lebih 13 juta jiwa serta kepadatan penduduk mencapai 17 atau km2. Peta Papua bila dilihat dari peta Indonesia secara keseluruhan berada di bagian paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari peta Papua juga kita bisa menegtahui batas – batas dari pulau ini. Dimana bagian utaranya berbatasan dangan negara Australia serta di bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini. Di pulau papua juga terletak gunung tertinggi di Indonesia yakni Gunung Jaya Wijaya.

PETA PAPUA BARAT

Peta Papua Barat

PETA PAPUA TIMUR

peta papua timur

PETA PAPUA LENGKAP

peta papua lengkap

GAMBAR PETA PAPUA

gambar peta papua

SEJARAH PAPUA

sejarah papua

Sejarah nama pulau Papua ini memiliki perjalanan yang panjang, seiring berjalannya dengan sejarah hubungan antara bangsa asing dengan penduduk Papua, termasuk juga dengan bahasa – bahasa lokal dalam memaknai nama Papua.

Provinsi Papua, sebelumnya meliputi semua wilayah Indonesia di Pulau Papua. Akan tetapi, pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda atau Nederlands Nieuw Guinea ataupun Dutch New Guinea.

Setelah resminya bergabung dengan Negeri Kesatuan Republik Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1963 – 1973. Setelah itu namanya diubah menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport.

Nama yang tetap dipakai secara resmi sampai terbitnya UU Nomor. 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Papua mengamanatkan nama provinsi ini untuk diganti menjadi Papua.

Pada tahun 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah serta Papua Timur), Papua dibagi jadi 2 provinsi oleh pemerintah Indonesia, bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat( setelah itu menjadi Papua Barat).

Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua saat ini. Nama Papua Barat ini masih sering digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang merupakan suatu gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia serta membentuk negara sendiri.

ASAL USUL PAPUA

asal usul papua

Dalam peta Papua dahulunya tidak tertulis kata Papua tetapi Irian dan berkembang menjadi Irian Jaya hingga menjadi Papua kembali. Berikut asal usul nama pulau Papua :

  1. Papa-Ua

Pada tahun 1646 Kerajaan Tidore menyebutnya dengan sebutan Papa-Ua. mempunyai makna tak menyatu atau tidak bergabung dalam bahasa Tidore. Sedangkan bila diartikan dalam bahasa melayu memliki makna berambut keriting.

Sebagian lainnya, mengatakan papua sebagai bahan olokan yang berarti tertinggal ataupun bodoh. Padahal kata tersebut sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan makna tersebut. Hal itu ternyata hanya anggapan sebagian penduduk yang ingin menghina.

  1. Nieuw Guinea

Sekitar tahun 1511 seorang pelaut dari Antonio d’Arbau menyebutnya dengan nama“ Os Papuas” atau juga llha de Papo. Tahun berikutnya pada 1528 pimpinan armada laut Spanyol yang bernama Alvaro de Savedra, mengatakan pulau Papua sebagai Isla de Oro yang memilki makna Pulau Emas.

Setelah itu berlanjut pada tahun 1545, Inigo Ortiz de Retes pelaut  dari Spanyol menyebutnya dengan Nueva Guinee. Nama tersebut bertahan selama 2 abad.

Kemudian Belanda datang di Indonesia  berganti menjadi Nieuw Guinea. Kemudian sekitar tahun 1956, nama Nieuw Guinea dirubah kembali oleh Belanda menjadi Nederlands Nieuw Guinea.

  1. Irian

Sekitar tahun 1950, seorang Residen JP Van Eechoud mendirikan sekolah Bestuur. Tujuan dibentuknya sekolah Bestuur ialah untuk meneliti budaya serta sejarah Papua. Sekolah Bestuur di ketuai oleh Frans Kaisepo.

Dalam suatu rapat, Frans mengubah nama menjadi Irian. Irian berasal dari 2 kata yaitu “Iri” yang mempunyai makna tanah serta “an” yang memilki makna panas.

  1. Papua

Saat Pemerintahan Reformasi nama Irian Jaya yang telah diresmikan oleh pemerintah orde baru kembali diubah.

1 Januari tahun 2000 dalam acara menyambut tahun baru, Presiden Abdurrahman Wahid secara resmi mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua. Nama itu diambil berdasarkan pemberian dari kerajaan Tidore pada tahun 1800-an serta masih digunakan sampai saat ini.

Baca Juga : Peta Indonesia

LETAK GEOGRAFIS PAPUA

letak geografis papua

Jika kita lihat dari Peta Indonesia Provinsi Papua ini terdapat di antara 130°– 141° Bujur Timur serta 2°25′– 9° Lintang Selatan.

Provinsi Papua berbatasan dengan Negara Papua New Guinea (Papua Nugini) di bagian Timurnya, sedangkan disebelah Baratnya berbatasan dengan Provinsi Papua Barat. bagian Utara Provinsi Papua yaitu Samudera Pasifik serta Di bagian Selatannya yaitu Laut Arafura.

Provinsi Papua mempunyai luas kurang lebih 421. 981 km2, pulau Papua terletak di ujung timur dari wilayah Indonesia, dengan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis serta strategis, dan telah mendorong bangsa – bangsa asing untuk menguasai pulau Papua.

Kabupaten Pucuk Jaya merupakan kota paling tinggi di pulau Papua, sedangkan kota yang terendah ialah kota Merauke.

Sebagai daerah yang tropis serta daerah kepulauan, pulau Papua ini mempunyai kelembapan udara yang relative lebih tinggi, apabila dihitung dalam persentase berkisar antara 80 – 89% kondisi geografis yang bervariasi ini mempengaruhi kondisi penyebaran penduduk yang tidak merata.

Pada tahun 1990 penduduk di pulau Papua ini berjumlah 1. 648. 708 jiwa serta mengalami peningkatan pada tahun 2006 kurang lebih 2, 8 juta jiwa. Dengan ketinggian 4. 884 meter, Puncak Jaya merupakan pucuk paling tinggi di Indonesia sekaligus di Oseania.

IKLIM DI PAPUA

iklim papua

Provinsi Papua ini mempunyai curah hujan berkisar antara 45  – 255 mm atau thn dengan jumlah hari hujan rata – rata yang bervariasi antara 148 – 175 hari hujan atau thn. Suhu pada umumnya 29° C– 31, 8° C.

Musim hujan serta musim kemarau tidak teratur. Kelembaban udara rata – rata bermacam – macam berkisar 79%– 81% baik dilingkungan perkotaan ataupun di pinggiran kota.

TOPOGRAFI PAPUA

topografi papua

Topografi wilayah Papua ini cukup bervariasi, mulai dari dataran hingga landai dan gunung atau bukit± 700 m di atas permukaan air laut.

Kota Jayapura dengan luas wilayah 94. 000 Ha yang terdiri dari 4 (empat) Distrik yaitu Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura serta Muara Tami. Sebesar± 30% tidak layak huni, sebab tediri atas perbukitan yang terjal, rawa – rawa serta hutan lindung.

BATAS WILAYAH PAPUA

batas wilayah papua

Berikut ini merupakan Batas – Batas Wilayah Provinsi Papua, antara lain :

  • Bagian Utara : Berbatasan dengan Samudra Pasifik
  • Bagian Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia, Laut Arafuru, Teluk Carprntaria, dan Australia
  • Bagian Timur: Berbatasan dengan Papua Nugini
  • Bagian Barat : Berbatasan dengan Papua Barat dan Kepulauan Maluku

RUMAH ADAT PAPUA

rumah adat papua

Rumah adat Papua adalah Rumah Honai. Honai berukurang sangat kecil dengan diameter 5 m dengan tinggi 3 m. Akan tetapi, rumah Honai dapat memuat 5 sampai 10 orang. Honai dibuat dari bahan alam- alam murni tanpa jendela dengan satu pintu di bagian depan.

Bentuk Rumah Honai seperti jamur, setiap rumah memilliki 2 lantai didalamnya. Lantai satu beralas tanah langsung yang biasa dipergunakan sebagai tempat melepas lelah. Pada lantai kedua dipakai untuk makan, bermusyawarah serta beraktivitas pada siang hari.

Lantai satu dan lantai 2 dihubungan dengan sebuah kayu yang digunakan sebagai tangga. Dibagian tengah rumah honai digunakan untuk membuat api unggun dari setumpuk kayu bakar yang diperoleh dari hutan. Api unggun dipakai sebagi pencahaya dan penghangat di malam hari.

PAKAIAN ADAT PAPUA

pakaian adat papua

Pakaian adat laki- laki di Papua terdiri dari kalung yang berasal dari gigi ataupun tulang binatang, hiasan rambut, kalung yang dibuat dari kerang, ikat pinggang dan sarung yang berumbai- umbai.

Sedangkan pakaian ada perempuan papua terdiri dari pakaian berumbai, kalung yang dibuat dari kerang serta gigi binatang dan aksesoris lainnya. Pakaian adat Papua secara khusus terdiri dari 2 yaitu :

  • Penutup kemaluan yang dipakai oleh kaum laki- laki di Papua disebut Koteka. Koteka terbuat dari labu yang sengaja dikeringkan tanpa isi setelah itu dibentuk selongsong dengan sebuah kerucut menancap ke depan.

Nama lain koteka ialah hilon, harim atau bobbe. Koteka harus dikenakan sehari- hari terutama disaat perayaan upacara adat. Cara memakainya adalah dengan mengikatkan seutas tali pada bagian ujung koteka mengarah ke atas.

  • Rok rumbai. Berbeda dengan koteka, rok rumbai merupakan pakaian adat papua untuk para perempuan. Rok rumbai dibuat dari daun sagu kering yang disusun menjadi satu. Tujuan hampir sama dengan koteka yakni untuk menutupi bagian kemaluan bawah.

Rok rumbai juga bisa dipakai oleh para pria pada beberapa kegiatan jika diperlukan. Tidak hanya itu, terdapat tambahan berupa sebuah hiasan yang melengkapi rok rumbai. Hiasa tersebut terbuat dari bulu burung kasuari bisa juga dari daun sagu yang dianyam.

Baca Juga : Peta Surabaya

TARIAN ADAT PAPUA

tarian adat papua

Indonesia memang kaya akan budayaanya seperti contohnya  tarian, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai tarian khas sendiri – sendir, berikuti beberapa tarian adat dari papua diantaranya yaitu :

  1. Tari Musyoh

Tari Musyoh yaitu tarian adat papua yang dipakai dalam acara sakral. Biasanya tarian ini dilakukan apabila anak sanak saudara yang wafat dalam kondisi tidak wajar. Sehingga perlu dilakukan tarian musyoh supaya arwah yang wafat bisa tenang.

  1. Tari Sajojo

Tarian ini menandakan budaya masyarakat papua yang suka bergaul. Ditarikan oleh jumlah penari yang banyak tanpa ada batasan dan tanpa menghiraukan tipe kelamin dan usia. Tarian sajojo sudah dilakukan sejak tahun 1990an, digerakkan dengan lincah diman arti tarian ini ialah kegembiraan.

  1. Tari Yospan

Tari Yospan juga ditarikan dengan lincah serta energik. Biasanya tarian ini ditarikan dalam acara – acara resmi seperti, upacara adat serta beberapa kegiatan resmi kesenian budaya. Tarian ini merupakan penyatuan dari 2 tarian yakni Tari Pancar dan Tari Yosim.

  1. Tari Perang

Tarian ini mempunyai makna tentang kepahlawanan. Arti yang tersirat dari tari perang yaitu jiwa keberanian seoran anak muda yang gagah perkasa. Tari Perang dibawakan oleh pria dengan perlengkapan senjata untuk perang.

SENJATA TRADISIONAL PAPUA

senjata tradisional papua

Senjata Tradisional Papua yang sering dipakai yaitu pisau belati. Bahan asal pisau belati adalah tulang burung kasuari. Tidak hanya itu ada juga Busur dan panah yang terbuat dari bambu dan rotan. Biasanya busur serta panah dipakai sebagai alat untuk berburu.

SUKU PAPUA

suku papua

Dalam peta papua jumlah suku Papua sangatlah bermacam – macam. Yang sangat populer yaitu suku Asmat serta suku Dani. Suku – suku yang lain antara lain : Ansus, Amungme, Muyu, Nafri, Tobati, Waropen serta Wamesa

BAHASA DAERAH PAPUA

bahasa daerah papua

Sama seperti halnya suku di pulau Papua, bahasanya juga banyak sekali penyebutannya. Akan tetapi banyak orang mengatakan secara ringkas dengan bahasa papua. Bentuk peta Papua secara kasat mata berbentuk seperti burung cendrawasih.

Dimana bila dihubungkan dengan keanekaragaman papua yang banyak akan keindahan alam salah satunya burung cendrawasih itu sendiri. Papua merupakan pulau yang kaya akan kandungan alamnya begitu pula sumber daya alam.

KOTA ATAU KABUPATEN DI PAPUA

kota dan kabupaten di papua

Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang terdapat di Provinsi Papua, antara lain:

  • Kabupaten Asmat
  • Kabupaten Biak Numfor
  • Kabupaten Boven Digoel
  • Kabupaten Deiyai
  • Kabupaten Dogiyai
  • Kabupaten Intan Jaya
  • Kabupaten Jayapura
  • Kabupaten Jayawijaya
  • Kabupaten Keerom
  • Kabupaten Mimika
  • Kabupaten Nabire
  • Kabupaten Yalimo
  • Kabupaten Nduga
  • Kabupaten Paniai
  • Kabupaten Pegunungan Bintang
  • Kabupaten Puncak
  • Kabupaten Kepulauan Yapen
  • Kabupaten Lanny Jaya
  • Kabupaten Mamberamo Raya
  • Kabupaten Mamberamo Tengah
  • Kabupaten Mappi
  • Kabupaten Merauke
  • Kabupaten Puncak Jaya
  • Kabupaten Sarmi
  • Kabupaten Supiori
  • Kabupaten Yahukimo
  • Kota Jayapura
  • Kabupaten Tolikara
  • Kabupaten Waropen

MAKANAN KHAS PAPUA

makanan khas papua

Papua yang terletak di bagian timur Indonesia ini mempunyai daya tarik sendiri, keeksotisan budaya serta pemandangannya juga tak kalah dari spot wisata lain.

Sama halnya dari sisi kuliner, banyak sekali makanan khas Papua yang sedikit kita ketahui selama ini, tetapi memiliki cita rasa yang luar biasa lezat. Diantaranya adalah :

  • Kue Lontar

Kue ini merupakan kuliner khas papua, dengan bentuk yang mirip dengan pie susu atau cheesetart yang lagi hits saat ini. Papua sudah lebih dulu membuatnya dengan olahan susu dan gula.

  • Ikan Bakar Manokwari

Makanan ini adalah makanan khas Manokwari. Menu ini biasa di temukan di warung – warung pinggir jalan, dimana ikan tongkol yang di beri sambal khas Papua yang pedas menjadi ciri khas dari makanan tersebut.

  • Sagu Lempeng

Makanan ini sangat umum ditemukan di daratan Papua, bahkan bisa di jumpai di setiap sisi kota. Biasanya dinikmati dengan secangkir kopi atau the hangat sambil bersantai di sore hari.

  • Papeda

Makanan satu ini begitu digemari oleh warga sekitar dan membuat wisatawan penasaran karena tampilannya yang kental dan unik. Makanan ini terbuat dari tepung sagu sehingga tak heran jika memiliki takstur yang kental.

  • Sarang Semut

Sesuai dengan namanya makanan ini memiliki bentuk mirip dengan sarang semut yang biasa kita jumpai di sela–sela bebatuan. Sarang semut merupakan sebuah tanaman yang banyak di cari oleh wisatawan karena kandungannya yang menyehatkan dan sebagai obat.

  • Sate Ulat Sagu

Makanan ini bisa dibilang ekstrim karena berasal dari ulat sagu, namun biarpun begitu kandungan dari makanan ini amat sehat. Makanan ini bisa meningkatkan energi dengan kadar kolesterol yang rendah.

  • Sambal Colo–Colo

Sebenarnya asal sambal ini berasal dari kota Ambon dan Manado, namun sambal ini sangat familiar di Papua dan banyak yang mencarinya di sini. Karena memiliki rasa pedas yang khas dan mempunyai rasa asam dari kandungan jeruk nipis.

Baca Juga : Peta Jakarta

WISATA DI PAPUA

wisata di papua

Papua menyimpan ragam keindahan yang memesona, baik itu yang terletak di darat ataupun di laut. Karena beberapa tempat wisata di Papua hingga saat ini masih sangat alami dan terjaga. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Papua yang wajib di kunjungi diantaranya yaitu :

  • Lembah Baliem

Terletak di sekitar pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem ini di tinggali oleh tiga suku asli Papua yaitu suku Lani, suku Dani, dan suku Yali.

Sehingga jika berkunjung ke sini, anda akan menjumpai warga Lembah Baliem yang masih mengenakan pakaian tradisional Papua, yaitu mengenakan koteka dan rumbai. Setiap tahunnya akan ramai dikunjungi wisatawan saat festival adat yang berlangsung setiap bulan Agustus.

  • Raja Ampat

Pesona Raja Ampat memang sudah sangat popular di kalangan wisatawan, baik dari Indonesia maupun dari mancanegara. Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus – gugus pulau kecil dan besar yang terbentang memperelok keindahannya.

  • Teluk Cendrawasih

Merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1993. Teluk ini memiliki luas sekitar lebih dari 1,4 juta hektar dengan 90% wilayahnya berupa air. Karena luasnya tersebut Teluk Cendrawasih sempat dinobatkan sebagai kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia.

  • Desa Sauwandarek

Desa ini masih ditempati oleh suku asli pesisir Papua yang bisa dikunjungi. Di sini pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk setempat dan bisa juga membeli kerajinan asli penduduk berupa tas dan topi yang terbuat dari daun pandan laut.

  • Danau Sentani

Danau ini merupakan danau terluas di Papua dengan luas mencapai 9.000 H. danau ini memiliki keindahan yang sangar memesona dan menarik untuk dikunjungi, dengan pemandangan pulau berwarna hijau muda yang mengelilingi Danau Sentani.

Itulah merupakan penjelasan mengenai provinsi Papua yang meliputi peta Papua, Geografis, Iklim dan seputar Papua semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply