PETA PERANCIS : Sejarah, Letak Geografis, Iklim, Kekayaan Alam, Kota

Peta Perancis – Republik Prancis ataupun Perancis (dalam bahasa Perancis: Republique francaise) merupakan suatu Negara yang area metropolitannya terdapat di Benua Eropa dan pula memiliki bermacam pulau serta area seberang laut yang terdapat di daratan lain.

Perancis Kota besar memanjang dari Laut Mediterania sampai Selat Inggris, Laut Utara, serta dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis kerap mengatakan Perancis Kota besar bagaikan Lhexagone (Heksagon) sebab bentuk dari geometris teritorinya.

Perancis merupakan suatu Republik kesatuan semi-Presidensial. Ideologi utamanya terdaftar dalam Deklarasi Hak Asas Orang serta Warga Negeri.

Perancis berbatasan dengan Luksemburg, Belgia, Swiss, Jerman, Italia, Andorra, Monako serta Spanyol.

Sebab mempunyai departemen seberang laut, Perancis pula berbagi perbatasan tanah dengan Brasil serta Suriname, berbatasan dengan Guyana Prancis, serta Sint Maarten berbatasan dengan Saint-Martin.

Dar Peta Perancis pula tersambung dengan Britania Raya (Inggris) oleh terowongan Channel, yang terletak di bawah Selat Inggris. Perancis sudah menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia semenjak pertengahan era ke 17.

Pada era ke 18 serta 19, Perancis membuat salah satu kekaisaran kolonial terbanyak dikala itu, membentang sejauh Afrika Barat serta Asia Tenggara, mempengaruhi politik wilayah serta budaya.

Perancis merupakan Negara maju, dengan ekonomi terbesar ke 6 (PDB nominal) ataupun ke 8 (PPP) terbesar di dunia. Perancis adalah Negara yang sangat banyak didatangi di dunia, menerima 82 juta wisatawan asing per tahunnya.

Tercantum turis bidang usaha, namun bukan tercantum orang menetap kurang dari 24 jam di Prancis. Perancis merupakan salah satu Negara penggagas Uni Eropa, serta mempunyai area terbanyak dari semua anggota.

Perancis pula negara penggagas Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta Badan Francophonie, NATO, G8 serta Uni Latin.

Perancis adalah salah satu dari 5 badan permanen Badan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, juga kekokohan nuklir yang besar dengan 360 hulu yang ledak aktif serta 59 generator listrik tenaga nuklir.

GAMBAR PETA PERANCIS

PETA PERANCIS

GAMBAR PETA PERANCIS VERSI GOOGLE EART

PETA PERANCIS GOOGLE EARTH

PETA PERANCIS LENGKAP

PETA PERANCIS LENGKAP

PETA BUTA PERANCIS

PETA BUTA PERANCIS

PETA PULAU PERANCIS

PETA PULAU DI PERANCIS

PETA PERANCIS HITAM PUTIH

PETA PERANCIS HITAM PUTIH

ETIMOLOGI

ETIMOLOGI NEGARA PERANCIS

Nama France berawal dari Francia Latin, yang berarti tanah bangsa Frank ataupun Frankland. Ada bermacam filosofi asal nama Frank.

Salah satunya berasal dari kata Proto Jermanik Frankon yang dimaksud bagaikan javelin ataupun lance sebab kapak buang Frank yang diketahui bagaikan francisca.

Etimologi yang lain merupakan bahwa dalam suatu bahasa Jermanik kuno, Frank berarti leluasa yang merujuk pada budak.

Kata ini masih dipakai dalam bahasa Perancis bagaikan franc, dan digunakan sebagai penerjemahan Frank serta julukan mata uang lokal, sampai pemakaian euro pada tahun 2000 an.

Dalam bahasa Jerman, Perancis masih disebut dengan Frankreich, yang berarti Kerajaan Bangsa Frank. untuk membedakannya dari kekaisaran Frank Charlemagne, Perancis Modern disebut dengan Frankreich, sedangkan Kerajaan Frank disebut dengan Frankenreich.

Kata Frank sudah dipakai semenjak kejatuhan Roma sampai Era pertengahan, dari penaikan Hugh Capet bagaikan Raja Frank (Rex Francorium) menjadi biasa merujuk pada Kerajaan Francia, yang setelah itu menjadi Perancis.

Raja Capetia menyusut dari Robertine, yang mempunyai 2 Raja Frank, serta tadinya menggenggam titel Duke of the Franks (dux Francorum).

Tanah Frank mencakup beberapa Perancis Utara modern namun sebab kewenangan raja dilemahkan oleh pangeran regional gelar ini setelah itu diresmikan pada demesne kerajaan bagaikan tangan pendek.

Sampai kesimpulannya julukan ini diambil untuk semua Kerajaan bagaikan kekuasan sentral yang diresmikan buat semua kerajaan.

Baca Juga : Peta Dunia

SEJARAH

SEJARAH PERANCIS

Sejarah Perancis diawali pada Zaman Besi. Yang menjadi tanah Perancis dikala ini adalah tanah yang pada era itu diucap oleh Bangsa Romawi bagaikan Galia.

Para penyair Romawi menulis bahwa ada 3 golongan etno-linguistik penting di wilayah Galia adalah golongan Aquitani, golongan Gaul serta golongan Belgae. Golongan Gaul adalah golongan terbanyak yang setelah itu bahasa mereka dipakai oleh banyak orang Kelt.

Bangsa Romawi serta Kartago membuat koloni yang terdapat di tepi laut Mediterania serta pulau-pulau di lepas pantai sekelilingnya selama milenium ke 1 saat sebelum Masehi.

Republik Romawi setelah itu mengutip wilayah Gaul komponen selatan serta menjadikannya provinsi Gallia Narbonensis di akhir era ke 2 SM.

Setelahnya, pasukan Romawi di dasar arahan Julius Caesar menaklukkan sisa wilayah Gaul dalam Perang Galia yang terjalin pada tahun 58-51 SM. Setelahnya timbul budaya Gallo-Romawi serta wilayah Gaul terus menjadi berintegrasi pada Kekaisaran Romawi.

Di akhir kewenangan Kekaisaran Romawi, wilayah Gaul setelah itu diserbu serta jadi tempat evakuasi oleh Suku Franka Jerman.

Raja Clovis I setelah itu memadukan beberapa besar Gaul di bawah kekuasaannya di akhir abad yang ke 5, yang menimbulkan berakhirnya kekuasaan kalangan Franka di wilayah ini sepanjang ratusan tahun.

Kewenangan Kaum Franka mencapai puncaknya di bawah arahan Charlemagne. Setelah itu pada era pertengahan timbul Imperium Carolingian Charlemagne di bagian barat, serta menggapai pucuk kejayaannya di dasar peraturan yang dibuat oleh Hugh Capet pada tahun 987.

GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS PERANCIS

Sedangkan Perancis Metropolitan terdapat di Eropa Barat, Perancis pula mempunyai beberapa area di Amerika Utara, Amerika Selatan, Kariba, selatan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, serta Antartika.

Area ini mempunyai bermacam rupa pemerintahan mulai dari departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut.

Prancis Metropolitan menempati area seluas 547.030 Km² (211.209 sq mi), wilayah Negara terluas di antara seluruh badan Uni Eropa serta sedikit lebih besar dari Spanyol.

Perancis mempunyai bermacam berbagai lanskap, mulai lapangan tepi laut di utara serta barat sampai jejaring pegunungan Alpen di tenggara, Massif Central di tengah selatan serta Pyrenees di barat daya.

Di ketinggian 4.807 m, di berdasarkan permukaan laut, titik paling tinggi di Eropa Barat, Mont Blanc, terdapat di Alpendi yang berbatasan dengan Perancis serta Italia.

Perancis Metropolitan pula mempunyai skema sungai yang panjang semacam Loire, Seine, Garonne serta Rhone, yang membelah Massif Central dari Alpen serta mengalir ke Laut Mediterania di Camargue, titik terendah di Perancis 2 meter atau 6. 5 ft di bawah permukaan laut.

Corsica terdapat di merdeka tepi laut Mediterania. Total luas tanah Perancis, dengan departemen serta teritori seberang lautnya tidak termasuk di Darat Adelie, merupakan 674.843 Km², 0.45% dari luas bumi.

Namun, Perancis mempunyai Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terbesar kedua di dunia ini, dengan luas 11.035.000 Km² , sekitar 8% dari total permukaan semua di ZEE dunia, sehabis Amerika Serikat luasnya mencapai 11.351.000 Km² serta sebelum Australia luasnya mencapai 8.232.000 km².

IKLIM PERANCIS

IKLIM PERANCIS

Perancis terletak di antara 41° serta 51° sebelah Utara, di bagian barat Eropa, serta terdapat di zona beriklim utara.

Area utara serta barat laut mempunyai iklim sedang, sementara kombinasi akibat pengaruh laut, garis lintang serta ketinggian menciptakan bermacam iklim di semua Perancis Metropolitan.

Di tenggara iklim Mediterania terjadi di barat, iklim yang didominasi laut dengan curah hujan yang tinggi, masa dingin adem sampai masa panas hangat. Di darat iklimnya lebih kontinental dengan badai musim panas, musim dingin yang lebih dingin serta minimnya hujan.

Iklim Alpen serta area pegunungan yang lain, dengan jumlah hari dengan temperatur di bawah nol yang hampir 150 per tahunnya serta salju menutupi sampai 6 bulan.

Baca Juga : Peta Belgia

POLITIK

POLITIK PERANCIS

Republik Perancis merupakan suatu republik semi-presidensial uniter dengan adat-istiadat demokratis yang kokoh.

Konstitusi Republik Kelima disetujui lewat referendum pada tanggal 28 September 1958.Alhasil menguatkan wewenang administrator dengan parlemen.

Cabang eksekutif itu sendiri mempunyai 2 cabang yaitu Kepala Negara Republik, adalah Kepala Negara serta dipilih langsung oleh hak pilih yang universal orang dewasa untuk kedudukan sepanjang 5 tahun (sebelumnya 7 tahun).

Serta Pemerintahan, yang dipimpin oleh Kesatu Menteri yang ditunjuk Kepala Negara. Parlemen Perancis merupakan suatu tubuh legislatif bikameral yang terdiri dari Badan Nasional (Assemblee Nationale) serta Badan legislatif.

Delegasi Badan Nasional menggantikan konstituensi lokal serta tersaring langsung sepanjang 5 tahun. Badan mempunyai kewenangan buat membubarkan dewan menteri, serta kebanyakan badan Badan memutuskan opsi pemerintahan.

Senator diseleksi oleh badan pemilih untuk jabatan 6 tahun (sesungguhnya 9 tahun), serta separuh bangku dimasukkan dalam penentuan tiap 3 tahun yang diawali pada September 2008.

Kewenangan legislatif Badan legislatif terbatas dalam penentangan antara kedua pihak, Badan Nasional mempunyai perkataan terakhir, melainkan buat hukum konstitusional serta lois organiques (hukum yang diadakan langsung oleh konstitusi) dalam sebagian perihal.

Penguasa mempunyai akibat kokoh dalam pembuatan skedul Parlemen. Politik Perancis diisyarati oleh 2 pengelompokkan yang saling menentang dengan cara politik yang pertama sayap kiri, dipusatkan di dekat Partai Sosialis Perancis, serta yang lain sayap kanan.

Tadinya dipusatkan pada Rassemblement Pour la Republique (RPR) serta saat ini Persatuan Untuk Gerakan Orang( UMP). Agen administrator mayoritas terdiri dari anggota UMP.

MILITER

MILITER PERANCIS

Angkatan bersenjata Perancis dibagi menjadi 4 cabang

  1. Armee de Terre (Angkatan Darat)
  2. Marine Nationale (Angkatan Laut)
  3. Armee de l’Air (Angkatan Udara)
  4. Gendarmerie Nationale (suatu gerombolan tentara yang berfungsi sebagai Polisi Pedesaan Nasional serta bagaikan polisi tentara buat semua tentara Perancis)

Semenjak Perang Aljazair, konskripsi sudah dikurangi serta dihapus tahun 2001 oleh Jacques Chirac. Jumlah semua personel tentara merupakan 359. 000 orang.

Perancis menghabiskan 2 6% PDB nya pada pertahanan, sedikit lebih banyak dari Britania Raya atau Inggris (2. 4%), serta ialah yang paling tinggi di Uni Eropa di mana pengeluaran pertahanan biasanya minim dari 1 5% PDB.

Bersama- sama adalah 40% dari pengeluaran pertahanan UE. Dekat 10% pemasukan pertahanan Perancis masuk ke force de frappe, ataupun senjata nuklir. Beberapa perlengkapan tentara Perancis di buat di Perancis.

Ilustrasinya pesawat tempur Rafale, kapal bawa pesawat Charles de Gaulle, peluru kendali Exocet, serta peluru kendali Leclerc. Sebagian senjata, semacam E- 2 Hawkeye ataupun E- 3 Sentry dibeli dari Amerika Serikat.

Daripada keluar dari proyek Eurofighter, Perancis aktif berinvestasi  dalam proyek bersama Eropa semacam Eurocopter Tiger, Kapal perang kecil serbaguna, demonstrator UCAV nEUROn serta Airbus A400M.

Perancis merupakan pedagang senjata besar sebab mayoritas konsep arsenalnya ada buat pasar ekspor dengan dispensasi perlengkapan berenergi nuklir. Sebagian perlengkapan ciptaan Prancis didesain spesial buat ekspor semacam kapal selam kategori Scorpene Prancis-Spanyol.

Beberapa perlengkapan Perancis sudah dimodifikasi buat penuhi persyaratan Negara Sekutu semacam kapal selam kategori berat (bersumber pada kategori La Fayette) ataupun kapal selam kategori Hashmat (bersumber pada kapal selam kategori Agosta).

DEMOGRAFI

DEMOGRAFI PERANCIS

Dengan sekitar 64.5 juta jiwa, Perancis merupakan Negara terpadat ke 19 di dunia. Kota terbanyak di Perancis merupakan Paris, Lyon, Marseille, Lille, Toulouse, Bordeaux, Strasbourg, Nice, Nantes serta Rennes.

Pada tahun 2003, perkembangan masyarakat natural Perancis ( tidak tercantum imigrasi) menyumbang hampir semua perkembangan masyarakat natural di Uni Eropa.

Tahun 2004, perkembangan penduduknya merupakan 0.68% serta setelah itu tahun 2005 jumlah kelahiran serta kesuburan terus bertambah.

Kenaikan kelahiran natural berdasarkan kematian bertambah sampai 299.800 pada tahun 2006. Tahun 2004, 140. 033 orang pindah ke Perancis. Di antara lain, 90.250 berawal dari Afrika serta 13.710 dari Eropa.

Pada tahun 2005, tingkatan imigrasi turun sedikit sampai 135. 890. Perancis merupakan suatu Negara dengan bermacam berbagai etnik. Bagi Institut Nasional Perancis buat Statistik serta Penataran Ekonomi, Negara ini mempunyai 4.9 juta orang imigran yang lahir di luar negara.

2 juta di antara lain sudah mencapai kebangsaan Perancis.Perancis merupakan Negara tujuan proteksi penting di Eropa Barat dengan dekat 50.000 orang pada tahun 2005 (penyusutan 15% dari pada tahun 2004).

Uni Eropa membolehkan pergerakan leluasa antara Negara badan. Sedangkan Britania Raya bersama Irlandia bukan meresmikan larangan  itu, Perancis melaksanakan ketentuan buat membatasi migrasi Eropa Timur.

Suatu permasalahan politik sejauh tahun merupakan depopulasi pedesaan. Sepanjang rentang waktu 1960-1999, 15 departement pedesaan hadapi penyusutan jumlah masyarakat. Dalam permasalahan yang sangat hebat, populasi Creuse menurun sampai 24%.

BAHASA

BAHASA PERANCIS

Menurut artikel 2 Konstitusi, Bahasa Perancis merupakan bahasa sah ePrancis semenjak tahun 1992. Ini menghasilkan Perancis salah satunya Negara di Eropa Barat (tidak tercantum Negara mikro) yang mempunyai satu bahasa sah yang diakui.

Namun 77 bahasa wilayah pula dipakai di Perancis Metropolitan pula di departemen serta teritorial seberang laut.

Sampai baru-baru ini, penguasa Perancis serta skema sekolah Negara meragukan pemakaian bahasa- bahasa itu, namun mereka saat ini mengajarkannya sampai bermacam kadar di sebagian sekolah.

Bahasa yang lain, semacam Italia, Portugis, Arab Maghrebi serta sebagian bahasa Berber dikatakan oleh imigran.

AGAMA DI PERANCIS

AGAMA DI PERANCIS

Perancis merupakan suatu Negara sekuler sebab independensi berkeyakinan merupakan hak konstitusional, walaupun sebagian badan religius semacam Scientology, Children of God, Unification Church, serta Instruksi of the Solar Temple dikira bagaikan penyembahan.

Menurut dari jajakan pendapat Januari 2007 oleh Catholic World News sebesar 51% orang Perancis berkeyakinan Kristen, 31% agnostik ataupun ateis.

Telaah opini lainnya nmembagikan ateis persentase 27%, 10% dari agama lain ataupun tanpa opini, 4% Muslim, 3% Protesan, 1% Yahudi.

Bagi Eurobarometer Poll terkini tahun 2005, 34% masyarakat Perancis merespon bahwa mereka menyakini terdapatnya Tuhan, sedangkan 27% menanggapi mereka yakin ada sesuatu ruh ataupun kekuatan hidup.

Serta 33% melaporkan bahawa mereka bukan yakin terdapatnya sesuatu jenis ruh, Tuhan, ataupun kekuatan hidup. Satu survey lain melaporkan 32% masyarakat di Perancis ateis, serta 32% yang lain meragukan adanya Tuhan namun bukan ateis.

Jumlah komunitas Ateis di Perancis menggapai 600.000 bagi World Jewish Congress serta yang terbanyak di Eropa. Ditaksir jumlah muslim di Perancis senantiasa berbagai macam.

Bagi sensus Perancis tahun 1999, ada 3.7 juta orang dengan kemungkinan keyakinan Muslim di Perancis mencapai 6 3% dari keseluruhan populasi. Tahun 2003, Departemen Dalam Negara Perancis berspekulasi jumlah Muslim menggapai 5-6 juta.

Konsep Laicite terdapat di Perancis serta sebab ini, semenjak 1905, penguasa Perancis dengan cara legal menolak pengakuan agama apapun  melainkan peraturan semacam ulama tentara serta Alsace- Moselle.

Sedangkan itu, Perancis membenarkan badan religius, setimpal patokan hukum resmi yang bukan memakai ajaran keimanan. Kebalikannya, badan religius wajib mengulang dari campur tangan dalam pembuatan kebijaksanaan.

Ketegangan kerap terjalin hal pembedaan dakwaan kepada kalangan minoritas, spesialnya kepada Muslim  (amati Islam di Perancis).

LOKASI PENTING PERANCIS

LOKASI PENTING DI PERANCIS

Alps, Baide de Dournenez, Baie de la Seine, Baie de Bourgneuf, Bay Of Biscay, Terusan Inggris, Dordogne River, Golfe du Morbihan, Golfe du Lion, Sungai Gironde, Lac D’Annecy, Golfe du Morbihan, Golfe de St. Mola, Sungai Loire, Sungai Marne, Sungai Lot, Lac du Bourget, Lac de Serra Poncon,  Laut Mediterania, Sungai Rhone, Sungai Seine, Sungai Moselle, Selat Dover, Pegunungan Ural, dan Pegunungan Pyrenees.

KOTA KOTA DI PERANCIS

KOTA KOTA DI PERANCIS

Bayeux, Basel, Amiens, Angers, Besanoon, Bayonne, Bordeaux, Avignon, Brest, Bourges, Chambery, Caen, Cannes, Cherbourg, La Rochelle, Chermont Ferrand, Chalons Sur Marne, Dijon, Dax, Le Havre, Grenoble, Lourdes, Loriant, Marseille, Lyon, Lille, Le Mans, Mets, Limoges, Nimes, Nice, Nantes, Paris, Orleans, Nancy, Mullhouse, Montpellier, Pau, Saint Nazaire, Rouen, Perpignan, Toulon, Tours, Poitiers, Troyes, Reims, Port Bou, Valenciennes dan Toulouse.

BAHAYA ALAM

BAHAYA ALAM DI PERANCIS

Negara Perancis mempunyai banyak bahaya alam Natural Hazard, beberapa diantaranya adalah tanah longsor, banjir, kekeringan, badai angin musim semi, dan kebakaran hutan yang sering kali terjadi di bagian selatan dekat Mediterania.

SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM DI PERANCIS

Negara Perancis mempunyai sumber mineral yang meliputi seng, biji besi, bauksit, fluorospar, gypsum dan feldspar. Berbagai sumber daya alam dari Negara Perancis yang meliputi arsenik, kalium, antimon, uranium, ikan, kayi serta batubara.

Demikian tadi pembahasan mengenai Peta perancis serta iklim, sejarah, bahasa dan pembahasan lenkap yang lainya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih 🙂

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply