PETA SINGAPURA : Sejarah, Letak Geografis, Geologis, Bendera, Iklim

Peta Singapura – Dalam peta dunia, negara Singapura terletak di dalam Peta benua Asia  atau lebih khususnya berada di Peta Asia Tenggara dengan ibukota Singapura. Luas Wilayah Singapura sekitar 697.00 km2 dimana 1.43% (10.00 km2) terdiri atas perairan dan 687.00 km2 merupakan daratan.

sehingga menjadikannya negara terkecil ke-19 di dunia. Singapura memiliki ketinggian rata-rata 0 m di atas permukaan laut dan memiliki iklim tropis. Wilayah Singapura pada umumnya merupakan dataran rendah

GAMBAR PETA SINGAPURA

GAMBAR PETA SINGAPURA

PETA SINGAPURA LENGKAP

PETA SINGAPURA LENGKAP

PETA NEGARA SINGAPURA

PETA NEGARA SINGAPURE

PETA BUTA SINGAPURA

PETA BUTA SINGAPURA

PETA NEGARA SINGAPURA HITAM PUTIH

PETA SINGAPURA HITAM PUTIH

SEJARAH SINGAPURA

SEJARAH SINGAPURA

Singapura berawal dari kata sansekerta, yakni Singa serta Pura. Pura Berarti kota. Singapura berarti kota singa. Dalam bahasa inggris, singapura dikenal dengan sebutan Lion City. Pada zaman dulu, kota Singa ini dikenal dengan julukan kota Tumasik.

Kota ini juga merupakan kawasan bagian dari negara Sriwijaya yang terdapat di Palembang. Singapura ialah negara yang sangat maju di antara negara– negara kecil di dunia. Negara Singapura yang terdapat di ujung paling selatan dari Semenanjung Malaka ini, dibangun oleh Sir Stamford Rafles.

Dengan melihat potensi yang luar biasa dari Singapura, kemudian Rafles melaksanakan kerja sama dengan Sultan Husein Shah. Sultan Husein Shah ialah wakil dari The British East India Company.

Kerja sama itu dimaksudkan untuk membuat Singapura sebagai tempat perdagangan serta pemukiman. Berkat jasa Rafles tersebut, kemudian Rafles dikenal sebagai pendiri serta sekaligus peletak dasar– dasar negara Singapura.

Singapura pernah diduduki oleh Jepang dan sekaligus dijadikan sebagai pusat strategi invasi Jepang ke kawasan Pasifik. Peristiwa tersebut berlangsung pada Perang Dunia II. Hingga sampai saat ini, peninggalan era kolonial Jepang itu masih bisa ditemukan di Pulau Sentosa.

kemudian, pada tahun 1959, negara Singapura berdiri sebagai sebuah negara yang berada di bawah pemerintahan Kerajaan Inggris. Pada tahun 1963, Singapura jadi negara republik, setelah mendapatkan kemerdekaan dari Inggris.

Tidak hanya itu, pada tahun 1963 tersebut, negara Singapura bersekutu dengan Malaya, Sabah, serta Serawak untuk mendirikan Negara Aliansi Malaysia.

pada tahun 1965, negara Singapura mulai menarik diri dari aliansi serta mendirikan negara yang terpisah. Singapura menjadi negeri independen yang dipimpin oleh Perdana Menteri pertama bernama Lee Kuan Yew. Beliau juga, dikenal sebagai seseorang pelopor pembangunan negara Singapura modern.

Negara yang dibentuk tahun 1819 ini, oleh Thomas Stanford Raffles, untuk dijadikan sebagai kota pelabuhan kecil. Akan tetapi, saat ini negara Singapura dinyatakan sebagai pelabuhan laut terbesar didunia. Pelabuhan yang terdapat di Singapura sering disinggahi oleh kapal – kapal dagang.

Baca Juga : Peta Myanmar

SOSIAL BUDAYA

SOSIAL BUDAYA SINGAPURA

Sebagai negara yang mempunyai kepadatan penduduk yang paling tinggi di dunia. Jumlah masyarakat yang dimiliki oleh negeri Singapura mencapai 4. 608. 167 jiwa pada tahun 2008. Angka perkembangan penduduk di negara Singapura mencapai 1, 08%.

Perkembangan masyarakat tersebut membuktikan bahwa negara Singapura mempunyai populasi yang meningkat dengan pesat. Ciri– ciri penting dari penduduk Singapura adalah support ratio.

Yang berarti jika rasio yang digunakan untuk membandingkan antara orang– orang yang dinilai produktif dan orang yang dinilai tidak produktif secara ekonomi. Sebagian besar masyarakat di Singapura berusia produktif.

Tidak hanya itu, masyarakat yang berada di Singapura sebagaian besar merupakan pendatang. Etnis kebanyakan yang menduduki wilayah Singapura, adalah etnis Cina, kurang lebih 77, 3%. Sedangkan, etnis lain yang ikut menduduki wilayah Singapura, ialah etnis Melayu kurang lebih 14, 1%, etnis India serta etnis Pakistan sekitar 7, 3%, dan etnis yang lain sebesar 1, 3%.

  • Kaum Tionghoa atau Etnis Cina

Kelompok etnis ini merupakan yang paling besar di Singapura, hampir tiga seperempat penduduk Singapura di dominasi oleh etnis Tionghoa. Kebanyakan kaum Tionghoa yang pergi ke Singapura adalah untuk melarikan diri dari kehidupan keras di negara asalnya.

Selain itu, juga untuk mengadu nasib menjadi kuli, buruh, serta menjadi pengusaha yang terkenal dan sukses.

  • Kaum Eurasia

Kelompok ini terdiri atas individu – individu yang memadukan garis keturunan antara Eropa dan Asia, karena orang Eurasia merupakan campuran antara orang Eropa dan Asia, maka sisi Eropa mereka adalah bangsa Portugis, Inggris, atau Belanda, sedangkan sisi Asia mereka berasal dari Tiongkok, India, dan Melayu.

  • Etnis India

Orang yang datang ke Singapura merupakan komunitas India yang paling besar di luar negeri.

Sebagai negara maju, Singapura mempunyai pemasukan perkapita yang sangat besar yakni sebesar USD. 94. 100,- dengan Pendapatan Domestik Bruto nominal( PDB Nominal) sebesar USD. 528, 1 miliyar. Pemasukan Perkapita itu membuat Singapura sebagai salah satu negara paling kaya di Dunia.

Tulang punggung perekonomian Singapura adalah pengolahan barang impor serta ekspor terutama pada industri manufakturing seperti  pengerjaan minyak bumi, bahan kimia, elektronik, perkapalan, pengolahan karet serta pengolah makanan.

Tidak hanya industri manufakturing, Industri- industri lain yang penting untuk perekonomian Singapura yaitu jasa finansial dan perbankan, reparasi kapal, pariwisata dan perdagangan entrepot( pelabuhan perlintasan kapal).

Pelabuhan Barang Singapura yang melayani perdagangan entrepot ini merupakan salah satu pelabuhan barang tersibuk di dunia. Perkembangan ekonomi Singapore pada tahun 2017 yaitu sekitar 3, 6%.

LETAK ASTRONOMI

LETAK ASTRONOMI SINGAPURA

Negara Singapura sama- sama terletak di kawasan negara tropis yang mempunyai 2 musim, baik Indonesia ataupun Singapura mempunyai kesamaan, sebab terdapat di kawasan astronomi yang hampir sama.

Yang berbeda hanya di garis lintangnya, dimana Indonesia juga terdapat di kawasan lintang selatan. Indonesia merupakan satu- satunya negara di ASEAN yang berada di garis lintang Selatan, sedangkan negara lain semuanya terdapat di kawasan lintang utara. Berikut ini merupakan letak astronomis Singapura :

Singapura terletak pada garis 1°15 Lintang Utara( LU)– 1°30 Lintang Utara( LU). Sedangkan untuk garis bujur, karena sama- sama terletak di wilayah tropis maka Singapura juga berada di kawasan garis bujur Timur, yaitu 103 derajat 38 Bujur Timur( BT)– 104 derajat Bujur Timur( BT).

Baca Juga : Peta Indonesia

LETAK GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS SINGAPURA

Yang disebut dengan letak geografis merupakan posisi atau lokasi suatu kawasan tertentu ataupun negara yang dilihat dari permukaan bumi. Singapura tentu saja mempunyai kondisi geografis yang berbeda dengan Indonesia.

Berdasarkan letak geografisnya, letak geografis Singapura dapat digambarkan seperti berikut :

  • Di bagian utara, negara Singapura berbatasan langsung dengan Johor ataupun Malaysia.
  • Di bagian Selatan, negara Singapura berbatasan dengan selat Malaka serta Indonesia yang juga dipisahkan oleh Selat Singapura.
  • Di bagian Timur Singapura berbatasan dengan Laut Cina Selatan serta kawasan negara Malaysia.
  • Pada bagian barat, Singapura juga berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Samudera Hindia.

LETAK GEOLOGIS

LETAK GEOLOGIS

Letak Geologis Negara Singapura sedikit berbeda dengan negara Indonesia yang mempunyai karakteristik geologis yang cukup bervariasi, karakteristik geologis negara Singapura tidak begitu bervariasi. Singapura sendiri terletak di kawasan lempeng Eurasia.

Tidak seperti di Indonesia yang dilewati oleh rangkaian jalur pegunungan muda, maka Singapura tidak. Letak paling tinggi di Singapura saja hanya berada di ketinggian 166 m, yakni berada di bukit Timah.

KEUNTUNGAN LETAK GEOGRAFIS

KEUNTUNGAN LETAK GEOGRAFIS SINGAPURA

Tidak seperti Indonesia yang terdapat di kawasan Geografis yang dapat memberikan sumber daya alam yang berlimpah, Singapura bahkan tidak mempunyai kondisi geografis yang dapat menghasilkan sumber daya alam.

Akan tetapi meskipun begitu, Singapura sangat diuntungkan dengan letak geografisnya yang terletak di jalur perdagangan internasional, tepatnya di Selat Malaka. Nah, berikut ini merupakan keuntungan letak geografis Singapura yang terletak di jalur perdagangan adalah sebagai berikut :

  1. Jalur Perdagangan yang Ramai Menjadi Sumber Ekonomi

Kapal dagang dari berbagai negeri telah menjadikan Singapura sebagai pelabuhan singgah. Karena itulah ekonomi di Singapura juga bergantung pada aktivitas ekspor dan pengolahan barang- barang impor.

  1. Destinasi Wisata yang Bervariasi

Walaupun tidak mempunyai kawasan geografis yang bermacam- macam seperti di Indonesia, akan tetapi Singapura juga tidak kalah mempunyai destinasi wisata yang bermacam- macam.

Hal itu karena kawasan Singapura yang terdiri dari pulau- pulau kecil serta pulau buatan juga memberikan potensi destinasi wisata yang berbeda untuk para wisatawan.

Setiap negara di dunia tentu mempunyai karakteristik yang berbeda- beda, bahkan meskipun terletak di satu kawasan. Serupa seperti negara Singapura.

IKLIM SINGAPURA

IKLIM SINGAPURA

Singapura merupakan Negara yang dikenal nyaman dan bersih untuk berlibur, Cuaca di Singapura yang tropis membuat para wisatawan dari barat gemar berjemur serta jalan- jalan di Singapura. Kondisi cuaca di Singapura umumnya panas dan lembab, dengan sedikit variasi sepanjang tahun.

Temperatur udara rata- rata pada siang hari adalah 31 derajat Celcius( 88F) turun menjadi 24 derajat Celcius pada malam hari( 75F).

Dalam sistem klasifikasi iklim Köppen, Singapura mempunyai iklim tropik khatulistiwa tanpa musim yang nyata berbeda, kesamaan dalam temperatur, kelembaban yang tinggi, serta curah hujan yang berlimpah.

Pada umumnya kelembaban relatif berkisar antara 90% di pagi hari serta 60% di sore hari. Pada cuaca hujan yang berkepanjangan, kelembaban relatif bisa mencapai 100%.[12] Suhu terendah serta paling tinggi yang tercatat pada sejarah maritim yaitu 19. 4°C( 66, 9°F) dan 35. 8°C( 96, 4°F).

Pada bulan Mei dan Juni merupakan bulan terpanas, sedangkan November dan Desember adalah musim Munson. Dari bulan Agustus sampai Oktober, seringkali terdapat kabut, sering- kali cukup mengganggu sampai pemerintah mengeluarkan peringatan kesehatan pada masyarakat.

Hal ini dikarenakan kebakaran semak- belukar di negara tetangga Indonesia. Jarak waktu hari hampir sama sepanjang tahun disebabkan posisi negara yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.

Kurang lebih 23% kawasan Singapura adalah hutan serta reservasi alam. Perkotaan telah menghapus banyak wilayah yang dulunya adalah hutan tadah hujan, tinggal meninggalkan kawasan penting di wilayah Bukit Timah Nature Reserve. berbagai macam taman telah dilindungi, seperti Singapore Botanic Gardens, dan yang lainnya.

BENDERA NEGARA SINGAPURA

BENDERA NEGARA SINGAPURA

Warna bendera negara Singapura, merah serta putih yang serupa dengan warna bendera negara Indonesia. Tetapi terdapat perbedaannya, yakni di bendera di Singapura ada gambar bulan sabit dan bintang.

Kesamaan warna tersebut karena merah dan putih merupakan lambang bendera dari kerajaan Majapahit pada zaman dulu. Hal ini dikarenakan, pada zaman Majapahit, kedua kawasan ini, yakni Indonesia serta Singapura merupakan negara yang terletak dalam satu kesatuan wilayah.

Akibatnya, kedua negeri tersebut mempunyai kecenderungan yang sama dalam memilah warna bendera. Adapun arti yang tersirat dari bendera negara Singapura, adalah sebagai berikut :

  • Warna merah yang ada dalam bendera menandakan tentang persaudaraan.
  • Warna putih yang ada dalam bendera menandakan kesucian.
  • Gambar bulan sabit yang ada dalam bendera melambangkan tentang Singapura merupakan negara baru yang terus tumbuh dan berkembang.
  • Gambar 5 bintang yang ada dalam bendera melambangkan tentang demokrasi, perdamaian, keadilan, kemajuan, serta persamaan hak.

Bendera negara Singapura ini menggantikan Union Jack yang sudah berkibar di negeri tersebut mulai tahun 1819 – 1959 atau kurang lebih 140 tahun.

Bendera yang diciptakan oleh sebuah komite yang pada saat itu diketuai oleh Wakil Perdana Menteri pada masa itu, Dr. Toh Chin Chye, mulai diperkenalkan ke penduduk Singapura pada tanggal 3 Desember 1959.

Pada saat bendera negara Singapura tersebut dipublikasikan ke masyarakat, saat itu tengah diadakan pelantikan Encik Yusof bin Ishak. Bendera negara Singapura tersebut hingga saat ini masih digunakan.

KEUNIKAN NEGARA SINGAPURA

KEUNIKAN NEGARA SINGAPURA

Sebagai negara yang sangat maju di dunia dalam sektor industri serta dengan julukannya yang khas, yakni negara Macan Asia. Berikut ini dijelaskan mengenai kelebihan yang dimiliki oleh negara Singapura, diantaranya Adalah sebagai berikut :

  • Memenangkan gelar sebagai kota terbaik dari berbagai media massa dan lembaga peringkat di dunia sebagai kota bisnis yang terbaik serta kota eksekutor kegiatan konvensi yang terbaik.
  • Pengelolaan dengan memakai manajemen modern yang efisien, dapat mendorong perkembangan ekonomi yang cukup signifikan.
  • Kehidupan yang harmonis, diantara ketiga suku yang hidup di negara Singapura, adalah suku Cina, suku Melayu, serta kaum India. Suku– suku tersebut bisa hidup dengan cara menjaga nilai– nilai serta kekayaan adat yang dimiliki oleh masing– masing suku.
  • Singapura sebagai melting pot antar budaya. Dinyatakan seperti itu karena adanya kedamaian unsur budaya yang jadi satu dengan budaya barat yang modern serta kosmopolit. Bahkan, semuanya bisa hidup secara berdampingan dan harmonis.
  • Singapura ialah surga berbelanja untuk para wisatawan. Pusat perbelanjaan yang populer di dunia, ialah Orchard Road. Ditempat ini terdapat bermacam produk, mulai dari barang– barang elektronik hingga produk pakaian jadi.
  • Singapura mempunyai sarana pendidikan yang lengkap serta berstandar internasional, muali dari pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi.
  • Singapura mempunyai 10 institusi kelas dunia, antara lain INSEAD, MIT, serta Chichago Graduate School of Business.
  • Negara Singapura diketahui sebagai pusat kesehatan dengan menggunakan standar internasional.
  • Bandara Changi sebagai bandara yang populer di seluruh dunia karena efisiensinya.
  • Singapura mempunyai tempat untuk menggelar pertemuan dan konvensi yang infrastrukturnya berstandar dunia.
  • Sistem transportasi yang terdapat di negara Singapura bisa dibilang modern.

Walaupun Singapura menerapkan peraturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penduduknya. Tetapi, Singapura sangat menjamin kesejahteraan masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Bahkan, negara ini mempunyai strategi untuk manajemen bencana.

EKONOMI

EKONOMI SINGAPURA

Singapura mempunyai ekonomi pasar yang sangat maju, yang secara historis berputar di sekitar perdagangan entrepôt. Bersama Hong Kong, Korea Selatan serta Taiwan, Singapura merupakan satu dari 4 Macan Asia.

Ekonominya sangat bergantung pada ekspor serta pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur yang mewakili 26% PDB Singapura tahun 2005 dan meliputi sektor elektronik, bahan kimia, pengolahan minyak Bumi, cara mekanik serta ilmu biomedis.

Tahun 2006, Singapura memproduksi kurang lebih 10% keluaran wafer dunia. Singapura mempunyai salah satu pelabuhan tersibuk di dunia serta merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia sesudah London, New York dan Tokyo.

Bank Dunia menempatkan Singapura pada tingkatan hub logistik paling atas dunia. Ekonomi Singapura termasuk di antara 10 negara paling terbuka, kompetitif[68] serta inovatif di dunia.

Dianggap sebagai negara paling ramah bisnis di dunia, ratusan ribu ekspatriat asing bekerja di Singapura di berbagai industri multinasional. Ada juga ratusan ribu pekerja manual asing.

Letak Singapura yang sangat strategis membuat sektor perdagangan serta pelayanan bertumbuh sangat cepat, bahkan terbesar di Asia Tenggara.

Singapura menyediakan bermacam fasilitas penerbangan serta pelabuhan laut dengan lengkap, sehingga menjadikannya sebagai tempat singgah sementara( transit) kapal- kapal ataupun pesawat dari berbagai maskapai yang akan melanjutkan perjalanannya.

keadaan politik dan keamanan yang stabil membuat Singapura sebagai tujuan investasi, khususnya bagi negara- negara Barat atau Eropa yang akan memperluas pasarnya di wilayah Asia.

Demikian tadi pembahasan tentang peta singapura lengkap dengan penjelasan mengenai iklim, letak geografis, sejarah dan lain sebagainya, semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply