PETA SULAWESI – Gamabar, Sejarah, Iklim, Profinsi, Wisata, Pulau

Peta Sulawesi – Sulawesi merupakan salah satu dari 5 pulau besar di Indonesia yang mempunyai bentuk khas, dengan bentuk yang memiliki banyak teluk serta tanjung. Dengan melihat sekilas peta Sulawesi bisa diketahui bentuk unik dari pulau itu seperti jari manusia, berbeda dengan bentuk pulau biasanya.

Hingga saat ini pulau Sulawesi dibagi menjadi 6 provinsi oleh pemerintah negara Indonesia. Populasi yang hidup di pulau Sulawesi yaitu kurang lebih 16 juta jiwa pada sensus tahun 2005, dengan kepadatan penduduk 92 jiwa atau km2. 2 provinsi paling baru di Sulawesi dibentuk pada tahun 2000 dan 2004.

Pulau yang mempunyai julukan lama pulau Celebes ini berada di urutan ke 4 untuk luas wilayah serta jumlah populasinya. Sulawesi mempunyai sejarah tersendiri sehingga diberi julukan pulau Sulawesi yang dihubungkan dengan perdagangan bijih besi, selanjutnya keterangannya.

Gambar Peta Sulawesi

peta sulawesi

Peta Sulawesi Lengkap

peta sulawesi

Peta Buta Sulawesi

peta sulawesi

Sejarah Pulau Sulawesi

sejarah pulau sulawesi

Sulawesi merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan serta Sumatera dengan luas daratan 174. 600 km persegi.

Pulau ini mempunyai bentuk yang unik menyerupai bunga mawar laba – laba atau huruf K besar yang membujur dari utara ke selatan serta 3 semenanjung yang membujur ke timur laut, timur, dan tenggara.

Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat serta terpisah dari Kalimantan dan dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku.

Pulau Sulawesi sendiri berbatasan langsung dengan Borneo di bagian barat, Filipina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara serta Maluku di bagian timur.

Nama Sulawesi sepertinya berasal dari bahasa daerah asli Sulawesi Tengah yakni Sula yang mempunyai makna nusa (pulau) serta wesi yang berarti besi. Hal itu merujuk pada perdagangan bijih besi sebagai hasil tambang sekitar danau Matano yang terjadi di sana.

Sedangkan bangsa Portugis yang pertama menemukan pulau ini menyebutnya Celebes untuk sebutan seluruh daratan Sulawesi. Portugis mendarat pertama di pulau ini pada tahun 1525, dianggap kepulauan sebab bentuknya yang mengerut pada beberapa bagian.

Seorang pelaut dikirim dari Maluku untuk mencari emas di kepulauan yang dianggap berpotensi menghasilkan emas. Setelah itu beberapa negara Eropa berbondong- bondong mendarat di sana serta menyerang kerajaan Gowa yang berkuasa saat itu.

Pada tahun 1669, Laksamana Speelman memaksa Sultan Hasanuddin sebagai penguasa saat itu untuk memberikan control perdagangan ke Hindia Belanda.

Setelah itu pada tahun 1905 Sulawesi menjadi koloni negara Belanda sampai pendudukan Jepang setelah PD II. Pada Desember 1949 Sulawesi menjadi bagian Republik Indonesia Serikat (RIS) serta pada tahun 1950 menjadi bagian dari NKRI.

Geografis Pulau Sulawesi

geografi pulau sulawesi

Fakta geografis Sulawesi yaitu fakta – fakta yang dituangkan pada peta Sulawesi mencakup beberapa berdasarkan kondisi geografis pulau ini. Pulau Sulawesi terletak di Asia Tenggara, dengan koordinat 2 derajat 08 menit LU (lintang utara) dan 120 derajat 17 menit BT (bujur timur).

Termasuk ke dalam Kepulauan Sunda Besar di kawasan kepulauan Nusantara. Pulau yang terletak di urutan ke 4 pulau terbesar di Indonesia ini mempunyai luas wilayah 174. 600 Kilometer persegi.

Mempunyai daerah tertinggi dengan ketinggian mencapai 3. 478 Dpl, puncak tertingginya terdapat di Rantemario. Jika anda kembali mengintip peta Sulawesi maka anda akan dapat menunjukkan daerah – daerah yang membatasi pulau ini, di bawah ini penjelasannya.

Iklim Sulawesi

iklim sulawesi

Karakter topografi Pulau Sulawesi yang terdiri dari pegunungan dengan lereng yang terjal serta adanya lembah dan dataran pantai, berpengaruh kepada perkembangan iklim di pulau ini.

Seperti halnya dengan negara Indonesia, karena Sulawesi merupakan bagian dari Indonesia yang memiliki iklim tropis. Secara umum, Pulau Sulawesi termasuk pada iklim tropis yang teridiri dari 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Geologi Pulau Sulawesi

geologi sulawesi

Pulau Sulawesi ini terbentuk melalui proses lekukan tepi laut dalam yang mengelilinginya hingga wilayah pedalaman yang berupa pegunungan yang tinggi, serta sebagian besar non-vulkanik.

Gunung berapi yang masih aktif ditemukan di Semenanjung Minahasa yang terletak di utara Sulawesi, dan terus membentang ke utara menuju kepulauan Sangihe.

Semenanjung utara Sulawesi merupakan tempat untuk beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti gunung Lokon, gunung Awu, gunung Soputan, serta Gunung Karangetang.

Berdasarkan rekonstruksi lempeng pulau ini diyakini terbentuk melalui proses tumbukan terran antara Lempeng Asia yang membentuk semenanjung barat serta barat daya dan Lempeng Australia yang membentuk semenanjung tenggara dan Banggai.

Dengan busur kepulauan yang sebelumnya berada di Samudera Pasifik dan membentuk semenanjung utara serta timur. Karena ketidakstabilan riwayat tektoniknya berbagai sesar terbentuk, hal ini berakibat pulau ini menjadi rawan bencana gempa bumi.

Pulau Sulawesi berbeda dengan sebagian besar pulau – pulau lainnya di wilayah biogeografis wallacea, tidak sepenuhnya mempunyai sifat samudera, akan tetapi merupakan pulau komposit di pusat zona tabrakan Asia – Australia.

Bagian dari pulau ini dulunya menyatu, entah pada batas benua Asia atau Australia sebelum akhirnya terpisah dari benua asalnya melalui proses vikarian. Di bagian barat dari Sundaland pada zaman Eosen sekitar 45 juta tahun silam.

Di bagian timur pandangan awam tentang tumbukan yang melibatkan beberapa fragmen mikro benua yang terpisah dari pulau Nugini dengan batas volkanik yang masih aktif di Sulawesi barat pada waktu yang berbeda sejak zaman Miosen Awal sekitar 20 juta tahun silam.

Dan baru – baru ini digantikan oleh hipotesis bahwa fragmen tambahan tersebut merupakan hasil dari tabrakan tunggal yang terjadi pada zaman Miosen antara Sulawesi barat denganTitik Sula, yang merupakan ujung barat dari sabuk lipat kuno berasal dari Variskan pada masa Paleozoikum Akhir.

Baca Juga : Peta Lampung

Batas – Batas Pulau Sulawesi

batas pulau sulawesi

Pulau ini mempunyai bentuk yang unik karena kondisi geografisnya yang mempunyai banyak tanjung serta banyak teluk. Dari peta Sulawesi terlihat bahwa pulau ini mempunyai 3 teluk besar yaitu Tomoni, Tolo serta Bone. Adapun batas- atas wilayah kepulauan Sulawesi ialah sebagai berikut :

  • Utara : Berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi
  • Barat : Berbatasan dengan selat Makassar
  • Timur : Berbatasan dengan laut Maluku
  • Selatan : Berbatasan dengan Laut Flores
  • Tenggara : Berbatasan dengan Laut Banda

Itulah batas – batas yang dimiliki oleh pulau Sulawesi, supaya lebih jelas kalian dapat melihat peta Sulawesi secara keseluruhan. Dengan begitu kalian akan dapat melihat sendiri daerah – daerah yang berbatasan langsung dengan Sulawesi.

Setelah mengetahui batas – batas Sulawesi kini saatnya kalian mengetahui daerah di dalamnya ataupun provinsi yang terdapat di pulau Sulawesi.

Provinsi Yang Ada di Pulau Sulawesi

provinsi di sulawesi

Pulau Sulawesi terdiri dari beberapa provinsi yang tergabung dalam satu kepulauan yang ada di Indonesia.

Pada awalnya pulau Sulawesi hanya terdiri dari 4 provinsi yakni Sulawesi Selatan, Utara, Tengah serta Tenggara. Setelah itu pada tahun 2000 ada pemekaran Gorontalo sebagai provinsi baru di Sulawesi, kemudian menyusul provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2004.

Dan sekarang menjadi 6 provinsi yang ada di pulau Sulawesi Berikut ini keterangan untuk masing – masing provinsi yang terdapat di pulau Sulawesi Indonesia.

Provinsi Sulawesi Utara

Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu provinsi yang terdapat di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota berada di kota Manado.

Provinsi Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan Laut Maluku serta Samudera Pasifik di bagian timur, Laut Maluku serta Teluk Tomini di bagian selatan, Laut Sulawesi serta provinsi Gorontalo di bagian barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di bagian utara.

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara ialah 15. 069 km² dengan persentase 0,72% terhadap luas Indonesia yang terdiri dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota. Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (SULUT), antara lain :

  • Kabupaten Bolaang Mangondow
  • Kabupaten Bolaang Mangondow Selatan
  • Kabupaten Bolaang Mangondow Timur
  • Kabupaten Talaud
  • Kabupaten Minahasa
  • Kabupaten Minahasa Selatan
  • Kabupaten Bolaang Mangondow Utara
  • Kabupaten Sangihe
  • Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro
  • Kabupaten Minahasa Tenggara
  • Kabupaten Minahasa Utara
  • Kota Bitung
  • Kota Kotamobagu
  • Kota Tomohon
  • Kota Manado

Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember, 2000 serta memiliki Ibu kota provinsi bernama sama yakni, Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo ini populer dengan julukan “Serambi Madinah”.

Dalam catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Kepala negara RI yang datang dari Suku Gorontalo ialah Presiden Republik Indonesia ke- 3, Profesor. DR. Ing. B. J. Habibie, dari garis keturunan ayahnya yang memiliki marga Habibie, yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie.

Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo, antara lain :

  • Kabupaten Boalemo
  • Kabupaten Bone Bolango
  • Kabupaten Gorontalo Utara
  • Kabupaten Pohuwato
  • Kota Gorontalo
  • Kabupaten Gorontalo

Provinsi Sulawesi Barat

Sulawesi Barat (Sulbar) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdapat di bagian barat Sulawesi. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat ini telah diperjuangkan sejak tahun 1960.

Pada masa itu pulau Sulawesi ditemukan 3 (tiga) Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah serta Provinsi Sulawesi Utara. Akan tetapi, pada tahun 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat merupakan pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Saran pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui oleh Pemerintah Pusat. Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat (SULBAR), antara lain :

  • Kabupaten Mamuju Utara
  • Kabupaten Polewali Mandar
  • Kabupaten Majene
  • Kabupaten Mamasa
  • Kabupaten Mamuju
  • Kabupaten Mamuju Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini ialah Kota Palu. Luas wilayahnya 61. 841, 29 km², dan jumlah penduduknya 3. 222. 241 jiwa pada tahun 2015.

Provinsi Sulawesi Tengah sendiri mempunyai wilayah terluas di antara semua provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, serta juga memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Peta Bali

Gubernur yang menjabat saat ini ialah Drs. H. Longki Djanggola, M. Si. bersama dengan (Alm) Sudarto untuk periode kedua. Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG), antara lain :

  • Kabupaten Morowali
  • Kabupaten Morowali Utara
  • Kabupaten Banggai
  • Kabupaten Banggai Kepulauan
  • Kabupaten Banggai Laut
  • Kabupaten Buol
  • Kabupaten Donggala
  • Kabupaten Parigi Moutong
  • Kabupaten Tolitoli
  • Kota Palu
  • Kabupaten Poso
  • Kabupaten Sigi
  • Kabupaten Tojo Una- Una

Provinsi Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia tepatnya terdapat di bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ibu kota Kendari.

Secara geografis Provinsi Sulawesi Tenggara ini terdapat di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 02°45′– 06°15′ Lintang Selatan serta 120°45′– 124°30′ Bujur Timur dan mempunyai wilayah daratan seluas 38. 140 km²( 3. 814. 000 ha) serta perairan( laut) seluas 110. 000 km² (11. 000. 000 ha).

Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA), antara lain :

  • Kabupaten Bombana
  • Kabupaten Buton
  • Kabupaten Kolaka
  • Kabupaten Kolaka Timur
  • Kabupaten Kolaka Utara
  • Kabupaten Buton Selatan
  • Kabupaten Buton Tengah
  • Kabupaten Buton Utara
  • Kabupaten Wakatobi
  • Kota Baubau
  • Kota Kendari
  • Kabupaten Konawe
  • Kabupaten Konawe Kepulauan
  • Kabupaten Konawe Utara
  • Kabupaten Konawe Selatan
  • Kabupaten Muna
  • Kabupaten Muna Barat

Provinsi Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan salah satu Provinsi yang terdapat di Indonesia, tepatnya terdapat di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya ialah Makassar.

Provinsi ini berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah serta Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat serta Laut Flores di selatan.

Letak wilayah Sulawesi Selatan berada di antara 0o12’– 8’ Lintang Selatan dan 116o48’– 122o36’ Bujur Timur. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mempunyai luas wilayah 46. 717, 48 km2 dengan Jumlah Penduduk pada Tahun 2012+ 8. 214. 779 Jiwa.

Dengan Kepadatan Penduduk 175, 84 Jiwa atau km2 yang tersebar di 24 Kabupaten atau Kota yaitu 21 kabupaten serta 3 kotamadya, 304 kecamatan, dan 2. 953 desa atau kelurahan, yang memiliki 4 suku daerah yaitu suku Bugis, Makassar, Mandar serta Toraja.

Berikut ini merupakan Kota atau Kabupaten yang terdapa di Provinsi Sulawesi Selatan (SULSEL), antara lain :

  • Kabupaten Bone
  • Kabupaten Bulukumba
  • Kabupaten Bantaeng
  • Kabupaten Barru
  • Kabupaten Enrekang
  • Kabupaten Gowa
  • Kabupaten Luwu Timur
  • Kabupaten Luwu Utara
  • Kabupaten Jeneponto
  • Kabupaten Kepulauan Selayar
  • Kabupaten Luwu
  • Kabupaten Maros
  • Kabupaten Pangkajene serta Kepulauan
  • Kabupaten Soppeng
  • Kabupaten Takalar
  • Kabupaten Pinrang
  • Kabupaten Sidenreng Rappang
  • Kabupaten Sinjai
  • Kabupaten Tana Toraja
  • Kota Palopo
  • Kota Parepare
  • Kabupaten Toraja Utara
  • Kabupaten Wajo
  • Kota Makasaar

Kepulauan Kecil Yang Ada di Sulawesi

kepulauan di sulawesi

Ada beberapa kepulauan kecil yang terdapat di Sulawesi, seperti kepulauan Selayar membentuk  semenanjung  yang membentang ke selatan dari bagian barat daya Sulawesi hingga ke Laut Flores, dan secara administrasi termasuk ke dalam bagian Sulawesi Selatan.

Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud yang membentang ke utara dari ujung timur laut Sulawesi, sedangkan pulau Buton dan pulau – pulau tetangga lainnya berbatasan dengan semenanjung tenggara.

Kepulauan Togean yang terletak di tengah teluk Tomini serta pulau Peleng dan kepulauan Banggai, yang membentuk sebuah gugusan pulau antara Sulawesi dan Maluku.

Semua pulau yang di disebutkan diatas serta pulau – pulau yang lebih kecil secara administratif, termasuk bagian dari 6 provinsi yang ada di Sulawesi.

Baca Juga : Peta Topografi

Taman Nasional dan Cagar Alam

cagar alam di sulawesi

Pulau Sulawesi mempunyai 6 taman nasional serta 19 cagar alam. Selain itu juga mempunyai 3 kawasan lindung lautan. Dan akhir – akhir ini banyak taman nasional di pulau Sulawesi yang terancam penebangan, penggundulan hutan untuk digunakan sebagai lahan pertanian serta penambangan illegal.

Sampai di sini dulu ulasan seputar peta Sulawesi,iklim, nama provinsi semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply