PETA THAILAND

PETA THAILAND : Bentang Alam, Budaya, Geografis, Astronomis

Peta Thailand – Thailand merupakan negara di kawasan Asia Tenggara dengan masyarakat mayoritas memeluk agama Buddha. Thailand beribukota di Bangkok, dengan populasi kurang lebih 69 juta penduduk. Luas negeri ini adalah 513. 115 km persegi. Negara ini mempunyai mata uang Baht.

Thailand merupakan negara di Benua Asia dengan luas wilayah 513. 120, 00 km2, dimana 0, 43% merupakan perairan serta 510. 890, 00 km2 ialah daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke- 52 di dunia atau kurang lebih 3 kali ukuran Florida.

Koordinat geografisnya adalah 15 00 N, 100 00 E dan Bangkok adalah ibukota nya. Nama Thailand berawal dari kata” Land of the Tai People”(Tanah Rakyat Tai). Kode ISO- nya ialah TH.

Thailand mempunyai panjang garis perbatasan 5. 673, 00 kilometer, dimana dengan Laos (1. 845 kilometer), Kamboja (817 kilometer), Burma (2. 416 kilometer), serta Malaysia (595 kilometer).

Konflik di Thailand kerap terjadi di provinsi bagian Selatan yang melibatkan kawasan Melayu – Muslim berbatasan dengan Malaysia.

Thailand atau dalam bahasa aslinya disebut Mueang Thai ialah salah satu negara di Asia Tenggara yang populer dengan julukan negeri gajah putih. Negara Thailand berbentuk kerajaan dengan sistem pemerintahan yang dianut, ialah monarki konstitusional.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai peta thailand,

GAMBAR PETA THAILAND

PETA THAILAND

GAMBAR PETA THAILAND LENGKAP

GAMBAR PETA THAILAND LENGKAP

PETA BUTA THAILAND

PETA THAILAND

PETA THAILAND HITAM PUTIH

PETA THAILAND HITAM PUTIH

SEJARAH SINGKAT THAILAND

SEJARAH THAILAND

Sejarah negara Thailand diawali disaat berdirinya Kerajaan Lan Na (1292 – 1775) di Chiang Mai. Kerajaan yang dipimpin oleh Raja Meng Rai itu menguasai Thailand bagian utara pada saat itu. Di bagian tengah Thailand juga berdiri Kerajaan Ayutthaya (1351 – 1767).

Pada abad ke- 16 Ayutthaya dikenal sebagai kota terbesar serta paling kaya dan menjadi pusat perdagangan di dunia timur. Raja Narai (1656 – 1688) bahkan menjalin hubungan yang sangat dekat dengan Raja Louis XIV dari Prancis.

Akan tetapi, pada akhirnya Ayutthaya hancur pada tahun 1767 di saat Kerajaan Burma menaklukkan Chiang Mai serta merampok emas dari kota tersebut. Periode sejarah selanjutnya disebut sebagai periode Thon Buri terjadi sekitar tahun 1767 – 1772 yang dipimpin oleh Raja Taksin.

Selanjutnya Raja Taksin digantikan oleh Raja Rama I yang memindahkan ibukota Siam dari Thon Buri ke Bangkok. Perpindahan ini memulai berdirinya Periode Ratanakosin yang dipimpin oleh Dinasti Chakri.

Selama berabad- abad dinasti ini mampu menjaga Siam dari invasi asing. Sejarah singkat berdirinya negara Thailand dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional diawali pada tahun 1932, pada saat negeri ini berganti dari sistem monarki absolut.

Tahun 1947 menjadi tahun bersejarah di mana militer melakukan kudeta serta memegang kekuasaan negara sampai tahun 1973. Di tahun 2001, Thailand mempunyai perdana menteri yang cukup terkenal yakni bernama ThaksinSinawatra.

Satu dekade kemudian, terjadi penggulingan kekuasaan yang akhirnya mengangkat YingluckSinawatra sebagai perdana menteri menggantikan kakaknya.

Baca Juga : Peta Singapura

LETAK ASTRONOMIS

LETAK ASTRONOMI THAILAND

Sesuai dengan peta thailand diatas, Negara Thailand lokasinya sangat strategis, sama dengan Indonesia. Bahasa yang digunakan penduduk di kesehariannya adalah bahasa Thai. Meski seperti itu di beberapa wilayah juga sering menggunakan bahasa Cina dan Inggris. Letak astronomis Thailand adalah:

  • Pada garis lintang letaknya ada di 5 derajat Lintang Utara hingga 21 derajat Lintang Utara.
  • Pada garis bujurnya, Thailand ada di 97 derajat Bujur Timur hingga 106 derajat Bujur Timur.

Karena letak astronomis ini, maka iklim yang ada di Thailand ialah iklim tropis sama seperti Indonesia.

KONDISI GEOGRAFIS

KONDISI GEOGRAFIS THAILAND

kawasan di Thailand mayoritas ialah dataran tinggi. Sebagian besar Thailand utara terdiri dari pegunungan. Dataran rendah terdapat pada daerah di dekat aliran sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand.

Terdapat teluk Bangkok di sebelah selatannya. Gunung paling tinggi di Thailand adalah gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2. 565 m diatas permukaan laut.

Pemerintah membagi Thailand menjadi 6 kawasan geografis. Keenam kawasan geografis berbeda dalam hal populasi, sumber daya alam, kontur alam, serta tingkat pembangunan sosial dan ekonomi. Secara politis, Thailand terdiri dari 77 provinsi termasuk Bangkok.

penyebutan provinsi disesuaikan dengan nama ibukota provinsi masing- masing. Luas Thailand mencapai 513. 120 km persegi. Menjadikannya sebagai negara terluas ke- 51 di dunia. Sedikit lebih kecil dari Yaman serta sedikit lebih luas dari Spanyol.

Thailand mempunyai panjang negara 1. 609 kilometer serta luas 805 kilometer. Thailand berbatasan dengan Laos dan Myanmar di bagian utara, dengan Malaysia di selatan, serta dengan Laos dan Kamboja di timur. kawasan Thailand memanjang hingga ke semenanjung Malaya.

BENTANG ALAM

BENTANG ALAM THAILAND

Peta Thailand terletak di pusat Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Myanmar, Laos, Kamboja, serta Malaysia. Negara ini terdiri atas 4 bidang wilayah yang berbeda. Wilayah daratan tengah yaitu wilayah yang paling padat penduduknya serta produktif di negara ini.

Wilayah barat laut bergunung – gunung serta meliputi sebagian besar hutan tropis di negara itu. Titik tertinggi di Thailand, berada di Doi Inthanon (2. 576 m), terdapat di sana.

Kawasan timur laut, atau Dataran Tinggi Khorat, mempunyai tanah yang kurang baik yang tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. Wilayah selatan yaitu jalur sempit tanah di Semenanjung Malaya, yang merupakan milik Thailand serta Malaysia. Wilayahnya terdiri atas pegunungan berhutan lebat.

BUDAYA

BUDAYA THAILAND

Budaya Thailand tercipta dari kombinasi bermacam suku bangsa serta etnis yang pindah ke negara ini. Kebudayaan Thailand dipengaruhi oleh faktor Hindu dan Budha dari India dalam hal agama serta mitologi yang bercampur dengan adat budaya lokal.

Thailand mempunyai olahraga asli yaitu bela diri Muay Thai. Gerakan- gerakan Muay Thai dipusatkan pada tulang siku serta kaki yang mengadaptasi dari gerakan gajah pada saat merasa terancam.

Budaya Thailand juga bisa Kalian lihat dalam Festival Songkrang yaitu perang air yang diadakan pada tanggal 13- 15 April setiap tahun. Dalam festival ini, juga ada kegiatan lain semacam persembahan kepada Bhikshu, memandikan patung Buddha, dan melepaskan ikan serta burung.

Thailand juga memiliki tarian- tarian tradisional yang khas yaitu lakhonlek, li- khe, ram wong, kon, serta lakhon. Busana penari biasanya didominasi warna emas dan perak dengan sayap yang besar.Budaya Thailand juga terlihat dari cara bersikap, berteman, serta berbicara orang Thailand itu sendiri.

Salah satu budaya yang wajib diketahui serta dipatuhi wisatawan adalah dilarang mengenakan pakaian terbuka semacam celana pendek atau singlet pada saat bertamu ke tempat – tempat suci.

Baca Juga : Peta Myanmar

BAHASA

BAHASA THAILAND

Bahasa resmi yang dipakai di negara Thailand adalah Bahasa Thai. Akan tetapi di Bangkok serta daerah – daerah wisata, masyarakat setempat dapat berbicara dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Thai dipakai oleh kurang lebih 20% dari 60 juta masyarakat sebagai bahasa awal. Bahasa daerah di Thailand sendiri terdapat sekitar lebih dari 74 bahasa.

Cara pengucapan kosakata dalam Bahasa Thai menggunakan intonasi semacam Bahasa Mandarin yaitu intonasi datar, rendah, tinggi, naik, serta turun. Bentuk huruf Thai hampir sama seperti huruf Lao dan Kamboja, namun susunan bahasanya seperti dengan Bahasa Indonesia.

SUKU ASLI THAILAND

SUKU ASLI THAILAND

Masyarakat pribumi Thailand adalah suku asli yang disebut chaokao yang berarti orang dataran tinggi. Mereka hidup di kawasan utara serta barat daya Thailand dan masih mempunyai populasi yang terbilang minoritas hingga saat ini.

Sementara itu, suku yang tinggal di sepanjang pantai dan kepulauan di Laut Andaman disebut Chao Le atau orang laut. Bagian selatan, ialah Phuket ditempati oleh masyarakat asli dari suku Urak Lawoi dan bagian utara Phuket ditempati suku Moken serta Moklen.

Salah satu suku yang juga populer di Thailand adalah Suku Karen yang menempati Baan Tong Luang. Mereka mempunyai budaya yang khas berupa perhiasan cincin kawat kuningan yang dililit pada leher, akibatnya leher mereka menjadi panjang.

Menurut keyakinan mereka, semakin banyak kalung, kecantikan mereka akan bertambah. Suku ini sebenarnya berawal dari Tibet yang menyebar ke Thailand serta Myanmar.

AGAMA

AGAMA THAILAND

Mayoritas orang Thailand beragama Budha. Seluruh negara dihiasi dengan ribuan candi Budha yang disebut wat. Setiap pria Thailand diharapkan dapat melayani di wat selama minimal 3 bulan.

Setiap hari saat fajar, para biksu Budha pergi di antara beberapa orang untuk menerima makanan. Pada hari – hari suci serta sepanjang festival, orang- orang membawa makanan untuk wat. Hampir 5 persen dari populasi Thailand adalah Muslim.

EKONOMI

EKONOMI THAILAND

Sejak tahun 1960, kebijakan pemerintah telah mengonversi Thailand dari negara pertanian ke negara industri. Antara tahun 1985 dan 1995, Thailand mempunyai salah satu tingkat perkembangan ekonomi tertinggi di dunia. Negeri ini terutama didorong oleh pembuatan barang untuk di ekspor.

Barang ini meliputi pakaian, sirkuit terpadu, mainan, serta bagian alat elektronik. Tetapi, setelah tahun 1997, perekonomian menyusut. Banyak perusahaan yang bangkrut serta pengangguran bertambah.

Untuk merangsang pertumbuhan industri di selatan, pemerintah Thailand, bersama dengan pemerintah Malaysia, mendirikan jaringan pipa gas sepanjang 375 km.

Proyek yang dimulai pada tahun 2003 ini berakhir pada tahun 2007. Sektor ekonomi Thailand dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Jasa

Jasa menyumbang kurang lebih 50 persen dari perekonomian Thailand. Sektor ini meliputi jasa individu serta bisnis, perdagangan grosir dan eceran, keuangan, asuransi, real estate, transportasi, utilitas, serta komunikasi.

  • Manufaktur

Manufaktur menyumbang 35 persen dari perekonomian Thailand. Item yang diproduksi meliputi tekstil dan pakaian, minuman, produk tembakau, semen, serta perhiasan. Barang- barang manufaktur yang lain adalah peralatan dan komponen listrik, komputer dan bagian- bagian komputer, furnitur, sirkuit terpadu, serta plastik.

  • Pertanian

Ekonomi Thailand tidak lagi berbasis pertanian. Namun, lebih dari separuh penduduknya masih terlibat dalam beberapa kegiatan pertanian. Thailand tetap menjadi salah satu eksportir utama dunia dari produk- produk pertanian, seperti beras, karet,  singkong, kedelai, serta buah- buahan.

GDP( PPP) Thailand adalah$1,160,000,000,000,00 (USD) dengan GDP per kapita. $16, 800. 00( USD). Hal ini menjadikannya negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-20 di dunia, dan warganya paling kaya ke- 96 di dunia. Mata uang Thailand ialah Baht (THB).

Mitra ekspor utamanya ialah negara Amerika Serikat, Cina, serta Jepang. Ekspor utamanya adalah mobil serta suku cadang, komputer serta suku cadang, perhiasan dan batu mulia, dan polimer.

Mitra impor utamanya adalah Cina, Jepang, serta Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi mesin, minyak mentah, serta bahan kimia.

SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM THAILAND

Tanah yang subur merupakan sumber daya alam utama Thailand. kawasan daratan tengah merupakan salah satu wilayah yang sangat produktif di dunia untuk menanam padi. Perairan pantai Thailand kaya akan kehidupan laut, meskipun sudah habis dalam beberapa tahun terakhir.

Timah merupakan mineral yang sangat penting serta ekspor utama di negara ini. Thailand merupakan produsen tungsten terbesar ke-2 serta produsen timah terbesar ke-3 di dunia. Deposit mineral yang lain meliputi gas alam, batu bara muda (brown coal), serta gipsum.

Hutan menjadi sumber dari kayu jati dan kayu bernilai yang lainnya. Tetapi penebangan serta pertanian telah secara ekstrem kurangi wilayah hutan negara. penebangan dilarang pada tahun 1989, serta hutan hujan Thailand yang tersisa menjadi sumber obat- obatan yang semakin berguna.

PENDIDIKAN

PENDIDIKAN DI THAILAND

Sistem sekolah Thailand mempunyai 3 tingkatan utama diantaranya yaitu  pendidikan dasar, menengah (termasuk sekolah menengah), serta pendidikan tinggi. Di masa lalu, hanya terdapat  pendidikan dasar yang diwajibkan. Akan tetapi, sejak tahun 1997 pendidikan sampai sekolah menengah (selama 2 belas tahun) wajib dan juga gratis.

Negara Thailand mempunyai banyak universitas. Yang paling tua serta paling bergengsi adalah Chulalongkorn dan Thammasat, keduanya berada di Bangkok. Rasa hormat orang Thai pada pendidikan terlihat dalam tingkat melek huruf negara yang tinggi, berada di atas 90 persen.

KOTA KOTA BESAR

KOTA KOTA BESAR DI THAILAND

Bangkok merupakan ibu kota, kota terbesar, pelabuhan utama, serta pusat ekonomi dan budaya Thailand. Bangkok juga merupakan salah satu kota besar di Asia Tenggara.

kawasan metropolitan Bangkok, yang meliputi bagian dari beberapa kota yang berdekatan – Nonthaburi, Samut Prakan, Pathum Thani, serta Nakhon Pathom- mempunyai populasi kurang lebih 12 juta. Nama Thai untuk kota Bangkok adalah Krung Thep, ataupun“ City of Angels.”

Orang – orang dari semua negara datang untuk bekerja, belajar, serta berwisata, ataupun beribadah di banyak kuil Budha yang indah. Kota penting yang lain ialah Chiang Mai, pusat budaya serta agama di bagian utara.

Ratusan kuil Budha membuat kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat penting di wilayah itu. Songkhla, di semenanjung, merupakan pusat perdagangan serta pelabuhan.

Nakhon Si Thammarat, juga di semenanjung, merupakan salah satu pusat Budha tertua di Thailand. Serta Nakhon Ratchasima, di timur, ialah pusat perdagangan dan industri.

PEMERINTAHAN

PEMERINTAHAN THAILAND

Sampai tahun 1932, Thailand merupakan sebuah monarki absolut. Pada tahun 1932, setelah revolusi tak berdarah, pemerintah menjadi monarki konstitusional. Raja saat ini menjabat sebagai kepala negara tetapi mempunyai sedikit kekuatan politik.

Raja Thailand saat ini ialah Bhumibol Adulyadej (Rama IX), yang menduduki tahta sejak tahun 1946. beliau merupakan raja terlama yang masih hidup di dunia.

Lembaga legislatif merupakan Majelis Nasional yang terdiri atas 2 kamar, Senat serta Dewan Perwakilan Rakyat. Senator, sebelumnya ditunjuk oleh raja, telah dipilih sejak tahun 2000 untuk periode jabatan 6 tahun.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun. Perdana menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, wajib menjadi anggota DPR serta dipilih oleh badan itu.

WARISAN BUDAYA

WARISAN BUDAYA THAILAND

Warisan budaya merupakan peninggalan dari nenek moyang kita terdahulu. Adapun bentuk – bentuk warisan budaya yang ada di Thailand di bagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  1. Musik

Musik rakyat populer dengan mayoritas orang Thai, terutama di timur laut. Tetapi banyak orang Thai mendengarkan musik pop dan musik rock.

Musik klasik Thai, dulu terbatas pada istana, juga terkenal. Musisi kerap ditampilkan dengan ansambel yang disebut piphat. Piphat meliputi simbal, drum, gong, serta alat musik tiup lainnya seperti  oboe.

  1. Seni

Seni tradisional Thailand sifatnya relijius dan meliputi patung, gambar, serta arsitektur candi. Pengrajin Thai dikenal karena tekstil mereka yang menarik, terutama sutra, dan furnitur bambu serta rotan.

  1. Sastra

Sastra paling awal Thailand ditulis pada tahun 1200- an. Sastra itu kerap menampilkan tema yang berkaitan dengan agama ataupun raja. Penulis modern Thailand yang tersohor misalnya Dok Mai Sot, Si Burapha, Kukrit Pramoj, serta Jit Phoumisak.

  1. Teater dan Tari

Bentuk paling populer dari teater tradisional Thailand adalah khon. Khon yaitu sebuah drama koreografis yang didasari pada tema Hindu.

Pagelaran ini dilakukan oleh para penari dengan kostum serta masker yang rumit. Bentuk lain dari teater ini ialah lakhon dan likay, yang lebih informal. Teater ini juga mendramatisir suatu tema.

DESTINASI WISATA
WISATA DI THAILAND

Setiap negara tentu memiliki tempat – tempat indah dan menarik untuk destinasi wisata. Berikut adalah beberapa tempat destinasi wisata di Thailand yaitu :

  • The Grand Palace, Bangkok

Dikawasan komplek bangunan ini, juga terdapat kuil Budha yang terkenal Temple of The Emerald Budha atau Wat Phra Kaew. Temapt ini merupakan salah satu tujuan wisata religi, maka untuk memasukinya wisatawan harus memakai pakian yang sopan.

  • Pattaya, Kota Wisata Lengkap

Jika kalian ingin berlibur dengan wisata yang komplit dari rekreasi, religi hingga edukasi, maka tempat ini wajib dikunjungi jika berkunjung ke Thailand. Selain itu Pattaya juga terdapat wisata lain seperti Kuil Wat Khao Phra Bat,Pattaya Park Tower dan The sanctuary of Truth.

  • Pantai Railay

Pantai yang terletak di provinsi Krabi, sekitar 800 km dari kota Bangkok. Merupakan pantai yang sangat indah dengan pasir putih bersih dan air biru yang jernih, serta banyak tebing – tebing kapur yang biasa digunakan untuk panjat tebing.

  • Koh Phi Phi

Merupakan sebuah kepulauan kecil yang terdiri dari enam pulau dengan pantai – pantai yang menawan.

  • Koh Chang

Pulau ini masih cenderung sepi dikunjungi para wisatawan serta memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah indah dengan wisata di tempat – tempat lain di Thailand

  • Siam Ancient City

Untuk kalian penikmat sejarah, tempat ini merupakan tempat yang wajib anda kunjungi. Siam Ancient City adalah peninggalan arsitektur Thailand yang bersejarah dan disebut – sebut sebagai museum luar ruangan terbesar di dunia.

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai peta thailand, letak astronomis dan beberapa penjelasan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *