PETA TURKI

PETA TURKI : Sejarah, Letak Geografis, Geologis, Astronomi, Iklim

Peta Turki – Turki merupakan salah satu negara yang terdapat di Benua Asia, tepatnya terletak di wilayah Asia Barat. Berikut kita tampilkan Peta negara Turki. Negara ini berbatasan langsung dengan Negara Bulgaria di bagian barat laut, Yunani di bagian barat, Iran di Timur serta Irak di Tenggara.

Negara Turki mempunyai luas wilayah kurang lebih sekitar 783. 562 km2 dengan keseluruhan jumlah penduduk mencapai lebih dari 77 juta jiwa. Ibu kota Turki yaitu kota Ankara, sedangkan kota terbesarnya ialah Istanbul.

Negara Turki melewati 2 benua, Asia dan Eropa. Karena lokasinya itu, Turki telah memainkan peran penting baik dalam sejarah Asia ataupun Eropa. Selama kurang lebih 600 tahun, Turki merupakan pusat Kekaisaran Ottoman besar.

Pada puncak kekuasaannya, kekaisaran ini membentang dari Eropa tengah bagian timur sampai ke Asia Barat Daya serta Afrika Utara. Republik Turki modern, dibangun pada tahun 1923, hanya mempertahankan sebagian kecil kawasan Kekaisaran Ottoman yang dahulu begitu luas.

Namun Turki masih merupakan negara yang cukup besar, ukurannya seimbang dengan gabungan negara bagian Utah, Arizona, serta Nevada di Amerika Serikat. Turki telah menjadi anggota asosiasi Uni Eropa sejak 1963.

Namun negeri ini tidak diundang untuk mengajukan permohonan keanggotaan penuh hingga tahun 1999. Sejak saat itu, Turki dan Eropa membahas permasalahan penting mengenai identitas nasional Turki: Apakah Turki termasuk bagian Eropa ataupun bagian dari Timur Tengah?

Kali ini admin akan membagikan informasi menganai peta turki. Berikut adalah beberapa gambar peta turki.

GAMBAR PETA TURKI

peta turki lengkap

GAMBAR PETA TURKI LENGKAP

gambar peta turki lengkap

PETA BUTA TURKI

peta buta turki

PETA TURKI HITAM PUTIH

peta turki hitam putih

SEJARAH TURKI

sejarah turki

Turki Usmani atau lebih dikenal Kesultanan Usmaniyah pernah menjadi kekuatan utama di dunia. Kecuali benua Amerika, wilayah kekuasaan kesultanan Turki Usmani yang resminya bernama Negara Agung Usmaniyah itu meliputi sebagian daratan Eropa, Asia, dan Afrika.

Pendiri kesultanan ini adalah Usman Bey (berasal dari suku Turki) pada tahun 1299 – 1326 M. Saat itu pemerintahannya masih berbentuk kekaisaran. Semula di Sogut, lalu pindah ke Bursa, Adrianopel.

Hingga pada akhirnya menetapkan Konstantinopel ibu kota dari Byzantium, yang kemudian berubah menjadi Istanbul. Kesultanan Turki Usmani mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Sulaiman Agung pada abad ke-16 dan 17.

Masa kejayaan Turki Usmani mulai berkurang saat perang Rusia pada tahun 1877 – 1878. Turki mengalami kekalahan dalam perang, akibatnya wilayah Rusia pun lepas.

Pada tahun 1914, gerakan nasional Turki yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha atau Mustafa Kemal Ataturk mampu menggulingkan pasukan kesultanan Turki Usmani dalam perang kemerdekaan. Kemudian Kemal Ataturk lalu membubarkan kesultanan pada tahun 1 November 1922.

Hal itu mengakibatkan Sultan terakhir bernama Mahmud VI meninggalkan negaranya. Republic Turki kemudian berdiri pada 29 Oktober 1923 dengan Kemal Ataturk sebagai presiden. Praktis keputusan berdirinya Republik Turki mengakhiri masa kesultanan atau kekhalifahan di Turki.

Kemal Ataturk juga membubarkan kekhalifahan Turki Usmani pada 3 Maret 1924. Dan sejak saat itu pula ibu kota Turki pindah dari Istanbul ke Ankara.

Kehidupan agamis masyarakat Turki juga berubah  menjadi sekuler, yakni memisahkan urusan agama serta masalah kenegaraan atau pemerintahan, walaupun 90 % penduduknya beragama Islam.

Meski ibu kota Turki ada di Ankara, kota Istanbul yang juga merupakan nama provinsi tersebut, sampai saat ini tetap menjadi kota tebesar dengan jumlah penduduk kurang lebih  22 juta orang dari seluruhnya sekitar 80 juta warga Turki.

Beberapa jejak sejarah kebesaran kesultanan Turki Usmani yang masih tetap kokoh berdiri hingga sekarang di Istanbul, diantaranya yaitu:

  • Istana Topkapi
  • Galata Tower
  • Istana Baylerbeyi

LETAK ASTRONOMIS

letak astronomis turki

Turki dalam bahasa Inggris adalah “Turkey” yakni Negara yang berada di kawasan Eurasia. Negara ini berada di benua Eropa dan Benua Asia, tidak heran jika Negara Turki disebut dengan Negara Trans-kontinental atau Transbenua berikut adalah letak astronomis Turki :

  • Dari segi garis lintangnya Turki berada di 33 derajat Lintang Utara hingga 43 derajat Lintang Utara.
  • Dari segi garis bujurnya, Turki berada di 25 derajat Bujur Timur hingga 45 derajat Bujur Timur.

LETAK GEOGRAFIS

letak geografis turki

Turki mempunyai wilayah yang cukup luas yakni dengan luas wilayah mencapai 783.562 km2. Untuk system pemerintahan yang ada di Turki yakni menganut Republik Parlementer dimana kepala negaranya adalah seorang presiden, dan untuk kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Tercatat penduduk Turki untuk saat ini adalah 80.274.604 jiwa dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Berikut adalah letak Gegrafis Negara Turki yaitu :

  • Di bagian barat daya, Negara Turki berbatasan langsung dengan Bulgaria
  • Di bagian barat Negara Turki berbatasan langsung dengan Negara Yunani dan Laut Aegea
  • Di bagian selatan Negara Turki berbatasan langsung dengan Laut Mediterania
  • Di bagian timur dan timur laut, Negara Turki berbatasan langsung dengan Negara Irak dan Negara Suriah
  • Di bagian Utara Negara Turki berbatasan langsung dengan laut Hitam.

baca Juga : Peta Negara Indonesia

LETAK GEOLOGIS

letak geologis turki

Wilayah Turki sendiri terbentang luas mulai dari semenanjung Anatolia di bagian Asia Barat Daya, hingga wilayah Balkan di benua Eropa bagian Tenggara. Berikut ini hal penting mengenai letak Geologis Turki yaitu :

  • Turki kawasan Asia serta Turki kawasan Eropa terpisah oleh Laut Marmara, selat Bosporus serta selat Dardanella
  • Kondisi alam di Turki sendiri mayoritas berupa pegunungan dimana terdapat 2 pegunungan utama yang melintas dari timur ke barat. Pada bagian utara terdapat Pegunungan Anatolia Utara yang mengikuti kawasan pantai Laut Hitam.

Sedangkan di bagian selatan terdapat Pegunungan Taurus dimana mengikuti pantai Laut Mediterania.

  • Di Turki juga terdapat dataran tinggi yang utama yaitu dataran tinggi Anatolia dimana letaknya ialah di antara Pegunungan Taurus serta Pegunungan Anatolia Utara.
  • Terdapat beberapa sungai yang populer di Turki yaitu sungai Sakarya dan Sungai Kizil Irmak dimana mengalir melalui Turki Asia menuju ke Laut Hitam.
  • Di Turki juga terdapat beberapa danau terbesar yang banyak dikunjungi turis yakni Danau Van serta juga Danau Tuz dimana keduanya merupakan danau asin.

KEUNTUNGAN LETAK GEOGRAFIS

keuntungan letak geografis turki

Berdasarkan letak astronomis, geografis serta juga geologis dari negara Turki, berikut ini beberapa keuntungannya untuk negara Turki adalah sebagai berikut :

  1. Sebagian negeri Turki terdapat di benua Asia serta sebagian lagi terdapat di benua Eropa sehingga menghasilkan perdagangan di Turki sangat meningkat karena dapat memiliki pasaran di 2 benua.
  2. Laut Marmara, selat Bosporus serta selat Dardanella menjadi pemisah bagian Turki di 2 benua dimana wilayah ini merupakan jalur laut tersibuk serta juga potensial untuk jalur dagang dunia.

IKLIM TURKI

iklim turki

Pantai selatan dan pantai barat mengalami iklim khas Laut Tengah, tanpa suhu dingin ataupun suhu panas yang ekstrem, serta dengan curah hujan yang sedang.

Akan tetapi, pantai utara dan barisan pegunungan menerima banyak hujan pada musim panas dari angin utara yang berhembus melewati Laut Hitam. Hujan turun begitu angin naik ke Pegunungan Pontia, akibatnya plato tengah tetap kering.

Wilayah ini juga kering dalam musim dingin, karena udara dingin membuat angin taufan yang bergerak ke arah timur berbelok ke utara serta selatan. Curah hujan rata- rata di wilayah plato ini hanya sekitar 300 mm per tahun.

Musim panas di plato tersebut sangat panas serta musim dingin sangat dingin. Wilayah yang bergunung- gunung di pucuk timur menerima lebih banyak hujan daripada wilayah plato, terutama di musim dingin; namun perbandingan suhu antarmusim di sini lebih ekstrem.

Lapisan salju yang menutupi wilayah ini selama 4 bulan, setelah mencair bisa menyediakan air untuk tanaman budidaya ataupun rerumputan di padang penggembalaan sepanjang musim semi serta pada awal musim panas.

Istanbul terkenal karena banyak dilalui angin, yang bisa berubah dari hari ke hari, serta mengakibatkan pergantian suhu secara mendadak.

Di sepanjang Selat Karadeniz bogazi (Borporus), angin Poyraz yang menyegarkan berhembus ke arah timur laut. Sedangkan angin Lados yang panas berhembus dari arah barat daya.

Baca Juga : Peta Malaysia

SUMBER DAYA ALAM

sumber daya alam turki

Sumber daya alam yang terdapat di Turki seperti Batubara, tembaga, serta bijih besi telah ditambang di Turki sejak zaman kuno. Kromium, boron, serta beberapa minyak bumi juga diproduksi.

Deposit minyak bumi Turki hanya menyuplai sebagian kecil kebutuhan dalam negeri, dan selebihnya harus diimpor.

Satu mineral khas Turki yaitu meerschaum, dipakai dalam pembuatan sejenis pipa rokok. Sumber daya mineral yang lain belum sepenuhnya dikembangkan di negara ini.

PENDUDUK

penduduk turki

Penduduk terpusat di bagian Thrace timur serta sekitar Selat Borporus, khususnya di Istanbul (5. 858. 000). Wilayah pantai utara, lembah- lembah di bagian barat, serta Dai taran Cilicia juga padat penduduknya.

Walaupun arus urbanisasi terus berjalan, kurang lebih 47 persen penduduk masih bermukim di desa- desa. Desa Macan di Kota Kayseri, Turki Tengah, mayoritas rumah penduduk terbuat dari batu cadas. Masyarakat negara ini sebagian besar termasuk kelompok etnis Turki.

Di antara kelompok etnis minoritas (Kurdi, Arab, Armeania, Yunani, dan lain- lain), kelompok paling besar ialah orang Kurdi, yang berjumlah sedikitnya 5, 8 juta orang, serta orang Arab, yang berjumlah kurang lebih 886. 000.

Sebagian besar masyarakat Turki menggunakan bahasa Turki, bahasa resmi di negara ini. Sedang di antara bahasa – bahasa yang dipakai kelompok – kelompok etnis minoritas, yang terutama adalah bahasa Kurdi (terutama dibagian timur serta tenggara) dan bahasa Arab (terutama di Anatolia tenggara).

Di kota- kota besar terdapat juga kelompok – kelompok kecil yang memakai bahasa Yunani, Armenia, dan bahasa – bahasa yang lainnya.

PEMERINTAHAN

pemerintahan turki

Sistem pemerintahan di Turki didasarkan pada Konstitusi 1983, yang disahkan melalui pemungutan suara rakyat. Kepala negaranya ialah presiden yang dipilih oleh Majelis Agung Nasional untuk masa bakti 7 tahun tanpa kemungkinan dipilih kembali.

Roda pemerintahan dijalankan oleh Dewan Menteri yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Kuasa legislatif berada di tangan Majelis Agung Nasional, namun presiden berkuasa membuat hukum yang disusun oleh badan tersebut.

Di negara ini berdiri sebagian partai politik, di antara lain yang terbesar adalah Partai Tanah Air serta Partai Kerakyatan Sosial.

EKONOMI

ekonomi turki

Ekonomi negara  Turki, yang terbesar di Timur Tengah, terdapat dalam urutan dua puluh besar di dunia. Meliputi beberapa bidang, sebagai berikut yaitu :

  1. Jasa

Sektor jasa mempekerjakan kurang lebih 38 persen dari keseluruhan angkatan kerja. Di antara para pekerja ini merupakan bankir, broker real estate, tenaga pemasaran, guru, serta pegawai pemerintah.

Pariwisata merupakan bagian yang sangat penting dari perekonomian. Sektor jasa yang terkait pariwisata mempekerjakan kurang lebih 3 juta orang.

  1. Manufaktur

Didorong oleh investasi pemerintah, industri Turki telah tumbuh secara pesat dalam beberapa tahun terakhir, serta ekspor barang – barang industri telah melampaui angka ekspor dari pertanian.

Industri ini mempekerjakan kurang lebih 14 persen dari angkatan kerja. Tekstil dan pakaian merupakan produk paling penting, diikuti makanan olahan, mobil, kayu,  baja, dan kertas.

  1. Pertanian

Sekitar 40 persen dari angkatan kerja bergerak di bidang pertanian. Gandum, yang tumbuh terutama di dataran tinggi Anatolia, merupakan tumbuhan penting. Sereal penting lainnya ialah jagung, barley, dan juga beras.

Tanaman ekspor utama adalah kapas, tumbuh di pantai Mediterania, serta tembakau, yang tumbuh di pantai Aegea dan laut Hitam. Tumbuhan komersial yang lain meliputi tomat, buah ara, buah zaitun, kismis, hazelnut, kacang pistachio, dan juga buah jeruk.

Kawasan Turki yang luas, terutama di dataran tinggi Anatolia, hanya dipakai sebagai ladang penggembalaan. Meningkatnya populasi domba serta kambing merupakan bagian penting dari perekonomian di Turki.

Domba merupakan sumber daging yang utama di Turki. Susu kambing dipakai untuk membuat keju. Wol domba dipakai dalam pabrik tekstil, serta bulu kambing dibuat menjadi mohair.

KOTA KOTA BESAR TURKI

kota besar turki

Istanbul terletak di kedua sisi Bosporus, di Eropa serta di Asia. Ini merupakan kota terbesar di Turki. Selama kurang lebih 470 tahun, Istanbul menjadi ibu kota Turki. Meski saat ini Istanbul tidak lagi jadi ibukota, kota ini tetap jadi pelabuhan utama serta pusat komersial yang sangat penting di Turki.

Dulu disebut Byzantium, Istanbul menjadi ibu kota Kekaisaran Bizantium (Kekaisaran Romawi Timur) pada tahun 330 M. Sebutan “Byzantium” kemudian diubah menjadi Konstantinopel untuk menghormati kaisar Romawi, Konstantinus Agung.

Turki Ottoman menaklukkan kota itu pada tahun 1453 serta mengubah namanya menjadi Istanbul. Ankara merupakan ibu kota Turki serta kota terbesar kedua di negeri itu. Dulu dikenal sebagai Angora, kota ini terdapat di bagian tengah dataran tinggi Anatolia.

Bagian tua kota merupakan pusat perdagangan kuno, sedangkan bagian kota yang baru dibangun oleh Kemal Atatürk pada tahun (1881- 1938), presiden pertama Republik Turki. Di luar kota baru terdapat monumen megah yang menjadi tanda tempat permakaman Atatürk.

Izmir (Smyrna) terdapat di Laut Aegea. Ini merupakan kota pelabuhan yang sangat penting kedua di Turki, yang mengekspor terutama produk pertanian, seperti tembakau serta kapas. Adana merupakan pusat industri kapas, yang terdapat di Sungai Seyhan di bagian selatan Turki Asia.

WARISAN BUDAYA

warisan budaya turki

Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel (yang kini Istanbul) merupakan pusat kebudayaan Kekaisaran Romawi Timur. Setelah Turki merebut kota ini pada tahun 1453, wilayah yang saat ini menjadi Turki tersebut,  jatuh di bawah pengaruh Turki Utsmani.

Selama berabad – abad seniman Turki telah menggunakan desain geometris untuk membuat pahatan kayu, logam, karpet, keramik, serta ubin mereka yang populer. Musik serta arsitektur memperlihatkan pengaruh Eropa yang kuat, walaupun mereka telah mempertahankan karakter nasional.

WISATA TURKI

wisata turki

Negara yang satu ini selalu menjadi pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan mancanegara. Bangunan – bangunan di Turki memiliki keunikan tersendiri dari hasil perpaduan antara Eropa dan Asia. Banyak diantaranya menyimpan sejarah tentang Islam.

Keunikan inilah yang menjadikan Turki sebagai negara yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Diantaranya destinasi wisata yang terdapat di Turki yaitu :

  • Blue Mosque

Merupakan masjid megah yang ada di Turki dan memiliki keunikan serta keindahan yang menakjubkan. Masjid ini memiliki enam buah menara yang konon katanya Sultan Ahmed 1 sempat mendapat kritikan.

karena jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Makkah. Lalu untuk mengatasinya keudian Sultan Ahmed 1 menyumbang biaya untuk pembuatan menara yang ke 7 di Masjidil Haram.

  • Galata Bridge

Merupakan salah satu tempat wisata di Turki yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ketika anda melewati jembatan ini anda akan melihat pemandangan yang menyuguhkan 2 sisi berbeda yaitu bangunan yang bergaya Asia dan Eropa.

  • Cappadocia

Cappadocia menyuguhkan pemandangan lembah, ngarai, dan juga perbukitan mendominasi tempat wisata yang ada di Turki.

  • Konya

Kota ini merupakan pusatnya kebudayaan Turki dan juga sangat populer dengan kereligiusannya.

  • Topkapi Palace

Tempat ini dulunya merupakan tempat tinggal sultan yang dibangin tahun 1459, dan didalamnya terdapat banyak fasilitas yang dulunya digunakan sebagai rumah sakit, asrama, sekolah, perpustakaan, dan masjid.

  • Pamukkale

Di sini akan disuguhkan pemandangan kolam yang sekilas terlihat seperti salju, tetapi warna putih yang ada ternyata merupakan logam kalsium yang mengeras.

  • Blue Lagoon

Di Blue Lagoon ini anda akan disuguhkan pemandangan yang tenang serta pemandangan laguna yang indah dan menakjubkan.

Serta masih banyak lagi wisata – wisata yang terdapat di Turki lainnya.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai peta turki yang memang perlu kita ketahui serta beberapa ulasan lain mengena negara dengan kekayaan alam yang dimiliki.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *