peta yordania

PETA YORDANIA : Sejarah, Geografis, Demografis, Budaya, Agama

Peta Yordania – Yordania atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Jordan merupakan sebuah negara Monarki yang terdapat di kawasan Timur Tengah benua Asia.

Negeri yang dalam bahasa Arab disebut dengan“ Al Mamlakah al Urduniyah al Hashimiyah” merupakan sebuah kerajaan yan g masuk kawasan Asia serta berada di Tepi Barat Sungai Yordan. Yordania secara astronomis terletak diantara 29°- 34° LU dan 34°- 40° BT.

Negara- negara yang berbatasan dengan Yordania antara lain adalah Saudi Arabia di bagian Timur serta Tenggara, Irak di bagian Timur laut, Suriah disebelah Utara serta Israil di bagian Baratnya.

Yordania dibangun pada tahun 1921, serta diakui oleh Liga Bangsa – Bangsa sebagai sebuah negara di bawah mandat Britania pada tahun 1922 yang dikenal sebagai Emirat Transyordania.

Pada tahun 1946, Yordania menggabungi Perserikatan Bangsa – Bangsa sebagai negara merdeka yang secara sah dikenal sebagai Kerajaan Hasyimiyah Yordania.

GAMBAR PETA YORDANIA

peta yordania

PETA YORDANIA LENGKAP

peta yordania lengkap

PETA BUTA NEGARA YORDANIA

peta buta yordania

PETA YORDANIA HITAM PUTIH

peta yordania hitam putih

SEJARAH NEGARA YORDANIA

sejarah negara yordania

Pada zaman dulu, kawasan yang sekarang bernama Yordania merupakan jantung peradaban kuno yang diuntungkan oleh letak geografisnya di kawasan Bulan Sabit Subur yang mencakup Babilonia serta Kanaan.

Kemudian, Yordania menjadi rumah untuk beberapa kerajaan kuno meliputi: Kerajaan Edom, Moab, Ammon, serta kerajaan Nabath yang menonjol: Petra. Tetapi, melewati berbagai era sejarah yang berbeda- beda.

Beberapa kawasan negeri ini menjadi berada di bawah kendali beberapa kekuatan tetangga, seperti Mesir Kuno pada era peperangannya dengan Babilonia serta Hittit, dan pada beberapa periode yang berlainan oleh Bani Israil yang diambil pada masa penawanan Babilonia.

Yang kemudian dikalahkan oleh Bani Moab seperti yang tercatat dalam Batu Moab. Lebih jauhnya, dan karena lokasinya yang strategis di pertengahan dunia kuno, Yordania juga di bawah kendali kekaisaran- kekaisaran kuno Yunani, Persia, Romawi, serta yang berikutnya oleh Bizantium.

Sedangkan, orang Nabath mendirikan kerajaan merdeka yang mencakup beberapa besar kawasan Yordania modern dan kawasan lain yang berdekatan, selama beberapa abad, saat sebelum akhirnya dikalahkan oleh Kekaisaran Romawi.

Tetapi, terpisah dari Petra, orang Romawi menjaga kemakmuran sebagian besar kota- kota kuno di Yordania yang menikmati otonomi negara- kota yang singkat di bawah payung aliansi Dekapolis.

Dengan mundurnya Kekaisaran Romawi, Yordania menjadi berada di bawah kendali kerajaan Arab Ghassan. Pada abad ke- 7, dan karena kedekatannya dengan Damaskus, Yordania jadi salah satu ranah penting untuk Kekhalifahan Islam – Arab.

Dan oleh karenanya pula mengamankan beberapa abad kestabilan dan kemakmuran, yang memperbolehkan bergulirnya identitas Arab Islam terbaru.

Pada abad ke- 11, Yordania menyaksikan sebuah fase ketidakstabilan, karena beliau jadi salah satu zona inti Perang Salib yang berakhir pada kegagalan oleh Bangsa Ayyubiyah.

Baca Juga : Peta Asia Tenggara

KONDISI GEOGRAFIS YORDANIA
kondisi geografis yordania

Dengan luas 96. 082 km2, wilayah Yordania terbentang pada garis lintang 29°- 34° dan garis bujur 35° – 40 (PPI Yordania 2013).

Kondisi alam Yordania disusun oleh dataran tandus di bagian timur, irigasi oleh oasis danair sungai musiman, dataran tinggi di sisi barat, dan tanah yang subur serta hutan cemara khas Mediterania di berbagai wilayahnya.

Beribukotakan Amman dengan batas negara Suriah di utara, Arab Saudi di tenggara, Irak di timur laut, serta Israel di barat (Perhimpunan Pelajar Indonesia Yordania 2013).

Yordania unik karena tergolong relatif stabil meskipun berbatasan langsung dengan wilayah rentan konflik antara Israel dan Palestina yang begitu menarik perhatian masyarakat global.

Cuaca di Yordania (British Broadcasting Company 2011) berupa iklim semi kering di musim panas dengan suhu rata – rata 30° C (86° F) dan relatif dingin pada musim dingin dengan suhu rata – rata 13° C (55° F).

Kondisi ini sesuai dengan kecenderungan iklim di kawasan Mediterania, di mana semakin jauh lokasi sesuatu tempat dari sungai Mediterania, semakin besar pula kontras antara suhu serta tingkat curah hujan antar musim di kawasan tersebut.

Lokasi terendah di Yordania adalahLaut Mati (Dead Sea) yang terletak pada 408 m di bawah permukaan laut.

Sedangkan lokasi paling tinggi adalah di Jabal Umm Ad-Dami yang terletak pada ketinggian 1.854 m di atas permukaan laut (Central Intelligence Agency 2013). Secara keseluruhan, ada 12 divisi administratif yang disebut governorates.

KONDISI DEMOGRAFIS YORDANIA

demografi yordania

Mayoritas masyarakat Yordania merupakan etnis Arab, mencapai 98% dari keseluruhan populasi, sementara lebihnya terdiri atas kelompok etnis Armenia serta Sirkasia yang terdiri atas masing – masing 1% dari keseluruhan populasi (Central Intelligence Agency 2013).

Dengan tingkat perkembangan populasi yang terbilang kecil, yakni sebesar 0, 965% pada tahun 2012, total masyarakat Yordania saat ini yaitu sebesar 6. 482. 081 jiwa (Central Intelligence Agency 2013).

Konstelasi agama di Yordania( Central Intelligence Agency 2013), sama halnyadengan banyak negeri Timur Tengah lain, didominasi oleh Islam Sunni yang dianutoleh 92% masyarakat sekaligus diakui sebagai agama resmi Negara.

DIsusul oleh Kristen sebesar 6% dengan mayoritas kelompok Ortodoks Yunani disusul oleh denominasi Katolik Roma, Katolik Yunani, Ortodoks Suriah, Ortodoks Koptik, Ortodoks Armenia, serta Protestan dan kelompok Islam Syiah serta Druze yang melengkapi sisa 2% daritotal populasi.

Pun bahasa yang biasa digunakan oleh penduduk Yordania yaitu bahasa Arab, walaupun bahasa Inggris juga cukup terkenal di kalangan warga kelas atas dan menengah.

Dengan kelompok usia muda mendominasi populasi sesuai diagram di bawah, Yordania berhasil menjadi negara yang berkembang dengan signifikan dibandingkan Negara – negara Timur Tengah yang lain.

Kondisi yang stabil juga memicu tingginya angka harapan hidup di Yordania, mencapai maksimal 80 tahun (CentralIntel ligence Agency 2013); jauh di atas rata – rata untuk kawasan Timur Tengah.

Baca Juga : Peta Yunani

EKONOMI NEGARA YORDANIA

ekonomi negara yordania

Ekonomi Yordania dianggap sebagai emerging market. Perdagangan serta jasa keuangan merupakan penghasil sepertiga dari produk domestik bruto Yordania( PDB), sedangkan transportasi, komunikasi, layanan publik dan arsitektur menyumbang seperlima dari keseluruhan PDB.

Selebihnya dari pertambangan serta manufaktur. Sementara itu, pengiriman uang dari orang Yordania yang bertugas di luar negeri merupakan sumber devisa utama.

Pada pertengahan tahun 1990- an, perekonomian Yordania pernah diliputi oleh berbagai permasalahan ekonomi semacam resesi, utang yang menunggak, tingkat pengangguran yang besar, pangsa pasar yang kecil, fluktuasi produksi pertanian.

Serta minimnya modal dan banyaknya pengungsi yang masuk ke negeri ini. Akan tetapi, setelah Raja Abdullah II naik tahta pada tahun 1999, kebijakan ekonomi liberal sukses mendorong perkembangan ekonomi sampai tahun 2009.

Yordania telah meningkatkan sektor perbankan yang menarik penanam modal berkat kebijakan bank konservatif yang sanggup membuat negeri tersebut bertahan dari krisis finansial global pada tahun 2009.

Ekonomi Yordania sendiri berkembang dengan rata- rata 7% sejak Raja Abdullah naik tahta pada tahun 1999 sampai tahun 2008. Pada tahun 2005, Yordania mempunyai PDB sebesar $37, 6 miliyar dan merupakan ekonomi terbesar ke  89 di dunia

POLITIK 

politik di yordania

Di bidang politik negara Yordania telah memperbolehkan perdagangan bebas dengan Amerika Serikat yang telah berlaku pada sejak bulan Desember 2001.

Isi dari kesepakatan itu ialah menghapus segala macam pungutan untuk semua komoditas di antara kedua negara. Selain itu juga, Yordania sudah jadi negeri maju atau terdepan di Uni Eropa sejak bulan Desember 2010 dan menjadi anggota perdagangan bebas Eropa – Timur Tengah.

Tidak cuma itu saja, Yordania juga menjadi negara Pro– Barat serta menjalin kerja sama antara Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris serta jadi sekutu utama (bukan anggota NATO) Amerika Serikat sejak tahun 1996.

Yordania juga jadi salah satu pendiri Liga Arab, Organisasi Kerja Serupa Islam (OKI), anggota Perdagangan Dunia (WTO) serta masih banyak lagi.

BAHASA DAN AGAMA

bahasa dan budaya yordania

Penduduk di negeri yang beribu kota di kota Amman ini menggunakan bahasa Arab untuk bahasa resminya. Sedangkan untuk kepentingn de facto perdagangan serta perbankan dan pendidikan, negeri ini memakai bahasa universal, yakni bahasa Inggris.

Masyarakat di Yordan sebagian besar menganut agama Islam dan hampir 90% nya berpedoman pada ajaran agama Islam Sunni.

Tetapi sebagian masyarakat disini ada juga yang menganut agama Kristen. Kelompok- kelompok itu di antaranya angota Gereja Kuno dari Timur, Gereja Ortodoks Yunani Yerussalem, dan lain – lain.

BUDAYA

budaya yordania

Yordania merupakan bagian tak terpisahkan dari negeri Arab serta dengan demikian berbagi tradisi adat ke wilayah tersebut. Keluarga sangat penting untuk kehidupan Yordania.

Walaupun jumlah mereka telah turun karena banyak yang sudah menetap dan mengadopsi adat urban, masyarakat Badui pedesaan masih mengikuti cara hidup yang lebih tradisional, melestarikan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Kehidupan pedalaman berputar di sekitar keluarga besar, pertanian, serta perhotelan; modernitas hanya terdapat dalam bentuk alat transportasi bermotor untuk transportasi.

Orang Yordania yang tinggal di perkotaan, di bagian lain, menikmati semua aspek adat modern, populer, dari produksi teater serta konser musik hingga opera dan pagelaran balet. Sebagian besar kota besar mempunyai bioskop yang menawarkan film Arab serta asing.

Anak-anak muda Yordania kerap mendatangi kafe internet di ibu kota, di mana espresso disajikan di terminal komputer. Masakan negara menyuguhkan hidangan menggunakan kacang, minyak zaitun, yogurt, serta bawang putih.

Masakan paling terkenal di Negara Yordania yaitu masakan domba ataupun kambing dan nasi dengan saus yoghurt, serta mansaf, ayam yang dimasak dengan bawang, yang keduanya dihidangkan pada hari libur dan pada acara keluarga khusus.

Harga tiap hari termasuk khubz (roti datar) dengan saus sayuran, daging panggang, serta semur, dihidangkan dengan teh manis ataupun kopi yang dibumbui dengan kapulaga.

Hari raya yang dirayakan di kerajaan termasuk hari kelahiran Nabi Muhammad, 2ʿīds (festival; ald al- Fiṭr sertaʿĪd al- Aḍḥā), dan festival Islam besar lainnya, bersama dengan acara sekuler semacam Hari Kemerdekaan dan ulang tahun almarhum Raja Ḥussein.

Yordania mempunyai banyak museum, khususnya di Amman. Ibu kota merupakan rumah untuk museum yang didedikasikan untuk koin, geologi, perangko, Islam, cerita rakyat Yordania, serta militer.

Galeri Seni Rupa Nasional Yordania mempunyai koleksi lukisan kontemporer Arab dan Muslim dan patung serta keramik. Reruntuhan kuno di Petra, QaṣrʿAmrah, serta Umm al- Rasass dekat Mādāba, Semuanya telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

KARYA SENI

karya seni yordania

Upaya baik swasta ataupun pemerintah telah dilakukan untuk mendorong seni lewat bermacam pusat budaya, terutama di Amman serta Irbid, dan melalui pembuatan pergelaran seni serta adat di semua negeri.

Modernitas telah melemahkan perintah Islam tradisional terhadap penggambaran pandangan manusia serta hewan, dengan begitu, di sisi arsitektur tradisional, konsep dekoratif, serta bermacam kerajinan tangan.

Adalah mungkin untuk menemukan bentuk- bentuk non – utilitarian dari lukisan dan patung representasional serta abstrak. Konsep kaligrafi dan geometris yang rumit sering meningkatkan naskah dan masjid.

Seperti di wilayah lain, tradisi lisan muncul dalam ekspresi sastra. Penyair Yordania yang sangat populer, Muṣṭafā Wahbah al-Ṭāl, berada di antara penyair besar Arab pada abad ke- 20.

Setelah Perang Dunia II beberapa penyair serta pengarang prosa penting muncul, meskipun cuma sedikit yang telah mencapai reputasi internasional.

Seni visual tradisional bertahan dalam karya- karya permadani, bordir, kulit, tembikar, serta keramik, dan dalam pembuatan karpet wol serta bulu kambing dengan garis- garis varicoloured; bernyanyi juga penting, seperti mendongeng.

Masyarakat desa mempunyai lagu – lagu khusus untuk kelahiran, khitanan, pernikahan, pemakaman, serta panen.

Beberapa jenis dabkah( jenis tari golongan yang ditandai dengan ketukan kaki di lantai untuk mengenali irama) menari pada acara- acara meriah, sedangkan sahjah merupakan tari Badui yang populer.

Minoritas Sirkasia mempunyai tarian pedang dan beberapa tarian Cossack yang lain. Sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan seni pertunjukan lokal, pemerintah menyubsidi rombongan nasional yang secara teratur ditampilkan di program radio dan tv negara.

Yordania mempunyai industri film kecil, dan situs di dalam negeri, semacam Petra serta lembah Ramm, telah berguna sebagai lokasi untuk produksi asing utama, seperti sutradara David Lean Lawrence of Arabia tahun (1962) serta Indiana Jones karya Steven Spielberg dan Perang Salib Terakhir pada tahun (1989).

FAKTA UNIK YORDANIA

fakta unik yordania

  • Terdapat saksi kekayaan Kerajaan Nabath berupa situs terbesar yakni Kota Petra yang masuk kedalam 7 Keajaiban Dunia Baru serta telah tercatat di UNESCO. sebutan Petra berawal dari bahasa Yunani yang artinya batu.
  • Petra mempunyai setidaknya 800 patung individu termasuk makam, bangunan, kuil, jalanan serta lain sebagainya. Untuk membangun semua bangunan yang ada di Kota Petra, batu–batu tersebut dilunakan menggunakan garam yang berasal dari Laut Mati.
  • Dulu Kota Petra mempunyai persediaan air yang cukup untuk dipakai oleh penduduknya sebanyak 30.000 jiwa.
  • Selain Petra, ada pula bekas peradaban lain semacam Hellenistik serta Romawi yang meninggalkan reruntuhan kota–kota Dekapolis Umm Qais, Amman, Jerash, Kapitolias, Rafana, serta situs Bizantium Umm ar-Rasas.

Terdapat sisa kerajaan gurun semacam Qasr al Hallabat, Qasr Mshatta, Qasr Amra dan semunya telah terdaftar sebagai situs warisan dunia.

  • Sebagian besar kawasan yang terletak di Yordania modern digolongkan sebagai negara dengan tingkat pembangunan manusia tinggi berdasarkan Informasi Pembangunan Manusia pada tahun 2010.
  • masyarakat Yordania terdiri atas etnik Arab, Kirkasia serta Armenia.
  • Terdapat makam Nabi Musa di Gunung Nebo serta Merupakan tempat Laut Mati berada.
  • Terdapat suatu situs pembabtisan di Sungai Yordan berdasarkan salah satu temuan arkeologi bibel modern. Situs itu diyakini sebagai tempat pembabtisan Yesus Kristus.
  • Ibu Kota Yordania, Amman merupakan kota yang melintasi 7 bukit atau Jabal. Saat ini ini kota Amman sudah mencakup 19 bukit serta tidak mempunyai sisi barat maupun sisi timur.

Semua bangunan yang ada di Kota Amman berasal dari batu atau batu bertingkat, tidak mempunyai ruang kosong serta rata–rata bentuk bangunan sama.

  • Bangsa Yordania sangat ramah dengan pengunjung, tidak haran mereka juga akan menyediakan secangkir kopi untuk para wisatawan dan orang asing.
  • Yordania mempunyai bunga nasional yang bernama Irish Hitam. yang termasuk bunga langka serta hanya tumbuh di Wadi Rum di musim semi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *