PETA YUNANI

PETA YUNANI : Sejarah, Budaya, Iklim, Geografis,Kekayaan Alam

Peta Yunani – Yunani mempunyai Ibu Kota Yunani bernama Kota Athena dengan Motto negara yang merdeka atau mati. Yunani merupakan sebuah negara kecil yang berada di Eropa Tenggara, dimana salah satu peradaban besar dunia yang berkembang kurang lebih 2000 tahun yang lalu.

Pada saat itu sebagian besar Benua Eropa berada dalam kegelapan budaya, dramawan Yunani menulis drama masih ada sampai saat ini. Pembangunan dan pematung Yunani menciptakan kuil-kuil dan patung-patung yang indah dan tidak tertandingi.

Pemikir Yunani meletakkan dasar-dasar filsafat modern serta ilmu pengetahuan, dan di Yunani kuno tersebut ada ide demokrasi, ataupun pemerintahan oleh rakyat. Yunani akhirnya ditaklukkan oleh kekuatan yang lebih besar daripada Yunani.

Namun demikian, peradaban Yunani menyebar luas kes semua Eropa serta sebagian Asia. Setelah perjuangan yang panjang melawan pemerintahan asing. Yunani muncul sebagai negara yang merdeka pada tahun 1.800 an, dengan warisan kuno dan budaya yang sangat dilestarikan oleh Yunani.

Yunani dalam bahasa Inggris disebut dengan Greece merupakan sebuah negara yang berada di semenanjung Balkan, bagian tenggara dari Benua Eropa.

Negara yang disebut sebagai lahirnya budaya dunia di bagian barat yang pernah dikuasai oleh Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah dari abad yang ke 14 sampai abad ke 19.

Yunani mencapai kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman melalui penandatangan di Kota London Protocol pada tanggal 3 Februari tahun 1830.

Namun Yunani menetapkan tanggal 27 Maret tahun 1821 adalah hari pecahnya pemberontakan nasional Yunani yang menentang Kekaisaran Ottoman yang sebagai hari nasional. Nah agar anda lebih paham dan lebih tehu tentang yunani mari lihat penjelasan mengenai peta yunani dan lain – lain berikut ini.

GAMBAR PETA YUNANI

PETA YUNANI

PETA YUNANI LENGKAP

PETA YUNANI LENGKAP

PETA BUTA YUNANI

PETA BUTA YUNANI

PETA PULAU YUNANI

PETA PULAU YUNANI

PETA YUNANI HITAM PUTIH

PETA YUNANI HITAM PUTIH

ETIMOLOGI

ETOMOLOGI YUNANI

Warga Yunani menyebut Negara Yahudi adalah Hellas, dalam lafal modern disebut dengan Ellas. Dalam bahasa sehari-seharinya adalah bentuk Ellada yang dipakai.

Nama Greece dalam bahasa Inggris serta bentuk-bentunya yang sama dalam beberapa bahasa eropa yang lainnya, di ambil dari nama dalam bahasa latin adalah Graecia yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang berada di sebelah utara Negara Yunani serta dihuni oleh orang Graekos.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia juga dikenal dengan istilah Gerika, terutama dalam bahasa Gerika yang menyebut bahasa Yunani, yang diturunkan dari kata tersebut.

Sedangkan etimologi dari kata Yunani dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, yang pada waktunya mengambil nama Ionia. Ionia merupakan pesisir barat Negara yang sekarang disebut dengan Turki.

Baca Juga : Peta Dunia

SEJARAH

SEJARAH YUNANI

Sejarah Yunani meliputi sejarah wilayah yang sekarang adalah bagian dari Negara Yunani, serta sejarah bangsa Yunani serta daerah yang pernah mereka kuasai. Persebaran permukiman Yunani adalah berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Suku yang berbahasa Proton Yunani pertama, yang kemudian dikenal dengan Mykenai, yang diduga tiba di wilayah Yunani pada akhir abad yang ke 3 sebelum masehi serta awal pertengahan abad yang ke 2 sebelum masehi.

Kemudian sekitar pada tahun 1900 sampai 1600 sebelum masehi. Sebelumnya, daerah tersebut dihuni oleh penduduk asli yang tidak berbasa Yunani serta bertani.

Pada puncak kejayaan Yunani, peradaban Yunani yang membentang dari Yunani sampai Mesir sampai ke pegunungan Hindu Kush yang berada di Afganistan.

Semenjak itu, minoritas Negara Yunani yang telah berasimilasi dengan berbagai masyarakat di dunia, seperti Australia, Amerika Serikat dan lain-lain.

Kini sebagian orang Yunani bermukim di negara modern Yunani serta Sipurs. Di wilayah Yunani adalah kebudayaan Eropa pertama kali muncul, dimulai degan peradaban Cycladic di Kepulauan Laut Aegae sekitar 3.000 SM.

Peradaban Minoan di Pulau Kreta pada tahun 2.700-1.500 SM serta beradaban Mycenaean Greece berada di tanah utama tahun 1.900-1.100 SM.

Periode antara 1.200 dan 800 SM dikenal sebagai Greek Drak Ages yang diperkirakan sesudah serang orang di Doria, yang diakhiri dengan zaman Mycenaean. Dua karya sastra Yunani yang terkenal adalah Odyssey dan Illiad karya dari Homer, ditulis dalam zaman ini.

Di akhir zaman kegelapan Yunani, muncullah berbagai negara serta kota-negara di seluruh peninsula Yunani sampai ke pantai Anatolia (Asia Minor atau Asia Kecil) serta Laut Hitam, Magna Grecia di Italia Selatan

Yang mencapai tingkat kemakmuran yang sangat tinggi dengan perkembangan budaya  yang sangat pesat, seperti ilmu, drama serta filsafat yang dipelihara dalam wilayah demokrasi.

Baca Juga : Peta Jerman

GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS YUNANI

Negara Yunani merupakan sebuah negara yang berada di Eropa Selatan. Negara Yunani berbatasan dengan Republik Makedonia, Bulgaria serta Albania di sebelah utara, Laut Libya, Laut Aegea serta Turki timur di sebalah selatan dan Laut Ionia di sebelah barat.

Negara Yunani terletak di 35  ͦ LU sampai 42  ͦLU serta 19  ͦ BT sampai 28  ͦ BT. daratan utama dari negara Yunani adalah sebuah semenanjung yang bergunung-gunung yang berada di ujung selatan Balkan.

Terdapat dua semenanjung kecil yang bercabang dari daratan utama di Yunani, adalah semenanjung Peloponnesos serta Khalkidiki. Di negara Yunani juga mempunyai banyak pulau.

Pulau-pulau yang terbesar di wilayah Yunani adalah pulau Lesbos, Euboea, Kreta, Korfu, Rhodes, Kafelonia, serta Chios, sementara beberapa contoh kepulauan yang kecil yaitu Kepulauan Kyklades serta Kepulauan Dodecanese.

Negara Yunani memiliki garis pantai yang terpanjang ke 11 di dunia, memiliki panjang mencapai 13.676 Km (8498 mil), dengan banyak kepulauan mencapai 1.400, yang dimana 277 sudah di huni, termasuk pulau The Dodecanese, The Cyclades, Kreta serta kepulauan Lonia.

80% tanah Yunani terdiri dari pegunungan, gunung yang tertinggi di Yunani adalah Gunung Alympus dengan ketinggian mencapai 2.917 meter atau 9.570 kaki.

IKLIM

IKLIM YUNANI

Yunani mempunyai iklim Mediterania yang khas, dengan musim dingin yang berhujan, musim panas yang kering dan ringan. Secara umum, suhu yang menurun dari selatan menuju ke utara, dan surah hujan yang berkurang dari barat menuju ke timur.

Kecuali untuk daerah pegunungan pedalaman, semua wilayah yang berada di Yunani dekat dengat laut, yang berperan untuk menjaga suhunya. Untuk Yunani Utara mempunyai suhu yang lebih ekstrim dikarenakan pengaruh dari benua.

Di bulan Januari biasanya adalah bulan yang terdingi, tetapi suhu di bawah titik beku hanya umum di tempat pegunungan.

Untuk dataran rendah, suhu rata-rata pada buan Januari mencapai 7  ͦC, dengan sesekali terjadilah pembekuan, salju yang langkah di Yunani, kecualai di pegunungan. tetapi untuk musim dingin bisa membawa curah hujan mencapai 500 milimeter ataupun lebih ke daratan.

Untuk suhu di daratan rendah biasanya mencapai 27  ͦC selama bulan Juli, kecuali beberapa badai, hampir tidak ada hujan untuk musim panas.

EKONOMI

EKONOMI YUNANI

Negara Yunani mempunyai sebuah ekonomi kapilatis campuran dengan sektor publik yang menyumbang sekitar setengah dari PDB. Tempat wisatan mempunyai peran yang sangat penting, dan menyediakan posir yang besar dari GDP serta pendapatan dari penukaran mata uang asing.

Yunani adalah pimpinan dunia pertama dalam kepemilikan kapal serta dalam registrasi dalam urusan bendera. Ekspor dari barang produksi, perangkat lunak dan keras, bahan makanan, termasuk juga telekomunikasi serta bahan bakar yang menjadi bagian besar dalam pemasukan dari Yunani.

Negara Yunani mempunyai standar hidup yang sangat tinggi, berada di urutan yang ke 24 dalam indeks pembangunan manusia pada tahun 2005 serta yang ke 22 dalam indeks kualitas hidup dunia pada tahun 2005 untuk versi The Economist.

Di Yunani ekomoni semakin meningkat dalam tahun-tahun belakangan ini, sejalan dengan pemerintah yang mengetatkan kebijakan fiskal dalam rangka kemasukan Yunani ke dalam Zona Euro pada tanggal 1 Januari tahun 2001.

Pendapatan per kapita rata-rata pada tahun 2004 diperkirakan mencapai AS $22.000. Negara Yunani juga melakukan impor tenaga kerja , kebanyakan dari Timur Tengah, Eropa Timur, Afrika serta Pakistan.

PEMERINTAHAN

PEMERINTAHAN YUNANI

Di sebagian besar dari sejarah medernnya, Negara Yunani merupakan Kerajaan atau Monarki. Raja yang terakhir diasingkan yang menyusul kudeta militer pemerintahan pada tahun 1967 serta Mornarki dihapus pada tahun 1973.

Ketika pemerintahan sipil mulai dikembalikan pada tahun 1974, warga Yunani menolak kembalinya raja dalam sebuah refrendum rakyat. Sebuah Republik yang secara resmi didirikan di bawah konstitusi yang baru dan mulai berlaku tahun 1975.

Sekitar 300 anggota legislatif satu rumah dengan Yunani, Parlemen atau Vouli ton Ellinon, yang dipilih untuk masa jabatan selam 4 tahun. Parlemen yang memilih presiden adalah Kepala Negara untuk masa jabatan selama 5 tahun.

Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintahannya. Perdana Menteri biasanya pemimpin partai politik yang memenangkan serta mayoritas lebih dari setengah kursi di parlemen dalam pemilu tersebut.

DEMOGRAFI

DEMOGRAFI YUNANI

Menurut sensu pada tahun 2004, Negara Yunani mempunyai populasi sebanyak 10.964.020 jiwa atau 58.8% di antaranya berada di daerah perkotaan, sisanya mencapai 28.4% berada di pedesaan. Populasi di 2 kota terbesar Yunani adalah Tesalonika dan Athena yang hampir menyampai 4 juta orang.

Meskipun populasi Negara Yunani terus berkembang, Yunani tetap saja menghadapi masalah demografis yang sangat serius. Pada tahun 2002 merupakan tahun yang pertama dimana jumlah angkah kematian yang lebih besar daripada jumlah kelahirannya.

Jumlah imigran yang sudah menetap di Yunani pada saat ini diperkiran mencapai 1.000.000 jiwa. Sebanyak 65% datang dari negara Albania yang mengundang konflik karena berbatasan Yunani dengan Albania dibuka tanpa adanya persetujuan dari pemerintahan negara Yunani.

Sedangkan orang Albania seringkali diekploitasi dan dilecehkan di negara Yunani. Belakangan ini meraka juga mendapatkan reputasi sebagai pelaku tindakan kejahatan dan pembuat onar yang terbanyak.

Akan tetapi, pada saat ini banyak orang dari kalangan Yunani yang mau mengakui kontribusi mereka untuk perekonomian negara.

Selain dari Albania, ada juga sejumla kecil imigran yang berasal dari Serbia, Bulgaria, Pakistan, Rumania, Polandia, Belarusia, Ukraina, Palestina, Mesir, Georgia, Tiongkok, Bangladesh, serta Etiopia. Jumlah pastinya tidak diketahui karena sudah banyak yang menetap secara ilegal.

Baca Juga : Peta Perancis

AGAMA

AGAMA YUNANI

Konstitusi Yunani yang menjamin kebebasan yang mutlak dalam beragama, negara Yunani juga menyatakan bahwa setiap orang yang bermukim di wilayah Yunani akan menikmati perlindungan yang penuh akan dari kepercayaan mereka.

Sebagai tambahannya, setiap aktivitas yang berhubungan dengan pembangunan tempat ibadah resmi haruslah disetujui terlibih dahulu oleh Gereja Ortodoks. Nyatanya, agama mayoritas yang berada di Yunani adalah agama Gereja Ortodoks Timur mencapai 94%.

BAHASA

BAHASA YUNANI

Bahasa Yunani atau  Bahasa Gerika dalam bahasa aslinya disebut dengan Ellenika adalah anak cabang yang tersendiri dalam rumpun bahasa Indonesia-Eropa. Bahasa tersebut telah bertambah selama lebih ribuan tahun serta sudah dituliskan selama lebih dari 3.500 tahun.

Bahasa Yunani juga dianggap sebagai salah satu bahasa yang tertua yang bertahan sampai saat ini dengan jumlah kata kurang lebih 600.000 kata. Pada saat ini bahasa Yunani terutaman dipertuturkan oleh bangsa Yunani di Siprus dan Yunani.

BUDAYA

BUDAYA YUNANI

Orang-orang di Negara Yunani berpakaian model ala Eropa. Pakaian tradisional yang cantik dan beragam dari satu distrik menuju ke distrik lainnya. Pakaian adat tersebut tetap dipakai di acara perayaan festifal jeruk atau festifal jeruk serta kadang-kadang pesta tarian desa.

Salah satu pakaian tradisional yang masih ada dan tetap dipakai hingga sekarang adalah seragam Evzones atau disebut dengan pakaian pengawal presiden.

KOTA PENTING DI YUNANI

PETA YUNANI

Alexandroupolis, Agrinio, Aharnes, Argostolion, Amphissa, Drama, Corinth, Athina atau Athena, Arta, Edhessa, Gianitsa, Florina, Edirne, Greyena, Kerkia, Katerina, Kavala, Kallithea, Iraklion, Kalabaka, Ioannina, Igoumenitsa, Levkas, Levadhia, Lamia, Larisa, Komotini, Kozani, Kilkis, Khios, Kifissia, Khalkis.

Patrea, Orestias, Mitilini, Navplion, Mesolongion, Messolongi, Mandra, Megara, Rodos, Ptolemaida, Rethimnon, Preveza, Pirgos, Poliyiros, Piralevs, Piraeus, Tripolis, Tirnavos, Trikala, Sparta, Salonica, Thivai, Samos, Serrai, Sitia, Salamina, Yithion, Veroia dan Xanthi.

LOKASI STRATEGIS YUNANI

LOKASI STRATEGIS YUNANI

Laut Lonia, Limni Himaditida, Amvrakikos Kolpos, Laut Aegean, Pegunungan Oros Taigetos Mountains, Pegunungan Pindos Oros, Sungai Strimonas, Laut Kreta, Thermaikos Kolpos, Sungai Struma, Sungai Vjose dan Sungai Vardar.

SUMBER DAYA ALAM YUNANI

SUMBER DAYA ALAM YUNANI

Negara Yunani mempunyai sumber daya alam yang terbatas, hanya sekitar seperlima dari luas wilayahnya yang sangat cocok untuk pertanian, dan banyak sekali wilayah yang bisa digunakan untuk pertanian yang mempunyai tanah yang terlalu kering dan buruk untuk ditanami tanpa adanya irigasi.

Kecuali pohon cemara dan pohon pinus yang tersebar, dataran rendah yang berada di Yunani mempunyai beberapa pohon seperti poplar, willow, serta plane yang tumbuh di sepanjang sungai. Lereng yang lebih rendah dari pegunungan dan dihiasi dengan semak-semak yang hijau kering.

Aleppo dan Pinus diantara lereng berbatu telanjang, yang lebih tinggi, bukit-bukit yang mempunyai pepohonan, beech dan kastanye. Pohon cemara dan pohon pinus tumbuh di wilayah pegunungan tinggi.

Banyak pulau-pulau dan laut di sekitar daratan Yunani secara tradisional yang telah menjadi sumber ikan yang sangat penting, baik untuk ekspor dan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Negara Yunani mempunyai berbagai sumber daya mineral.

Walaupun kebanyakan ditemukan dalam jumlah yang kecil. Mineral yang utama di Yunani adalah bijih aluminium (bauksit), batu bara cokelat kelas rendah (lignit), minyak bumi dan magnesit. Mineral yang paling penting adalah batu kapur dan marmer.

DANAU, SUNGAI DAN PERAIRAN

DANAU, SUNGAI DAN PERAIRAN

Yunani dikelilingi oleh tiga sisi oleh tiga kelompok yang berbeda, yaitu adalah Laut Aegea di sebelah timur, Laut Mediterania dan Laut Ionia di sebelah barat, dan Laut Kreta di sebelah selatan. Tidak ada bagian dari Negara Yunani yang berjarak lebih dari 150 Km dari laut.

Tidak ada juga sungai yang besar bersumber di wilayah Yunani. Kebanyakan sungai yang berada di Yunani adalah sungainya deras dan pendek. Sungai—sungai tersebut akan meluap pada saat musim dingin serta mengering pada musim panas.

Hal tersebut dikarenakan Yunani mempunyai sedikit curah hujannya, serta hujan datang sekaligus pada saat musim dingin. Sungai yang berada di dalam Yunani meliputi Achelous, Pinios, serta Aliakmon.

Sungai-sungai yang permanen dan besar berada di utara Yunani yang bersumber di luar negeri, diantaranya adalah Sungai Struma, Sungai Vardar serta Sungai Maritsa.

Dataran yang berada di Yunani dulunya adalah rawa-rawa dan sekarang sebagian besar telah dikeringkan untuk lahan pertanian. Danau yang cukup besar yaitu Danau Joannina dan prespa di sepanjang perbatasan utara.

Danau Trichonis berada di Yunani tengah. Danau Koronia dan Vegoritis berada di Makedonia.

Demikian tadi pembahasan mengenai peta yunani dan beberapa penjelasan pelengkap, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terimakasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *