Pengertian Seni : Definisi, Tujuan, Fungsi, Macam Seni !

Pengertian Seni – Seni merupakan salah satu unsur yang banyak seklai dapat kita jumpai di dunia ini, termasuk di Indonesia.

Seni sendiri bisa dilihat dari segi estetika atau keindahannya. Semakin indah karya seni yang diciptakan oleh seorang seniman, maka semakin berharga pula seni tersebut.

Sekarang sudah banyak seniman-seniman yang menghasilkan karya yang luar biasa, mulai dari zaman dahulu hingga sekarang.Contohnya saja Leonardo Da Vinci yang tentu terkenal dengan lukisan Monalisanya, hingga Pablo Piccaso yang terkenal dengan lukisan Guernicanya.

Tidak hanya seniman dari Internasional, seniman-seniman indonesia juga tidak kalah eksis di dunia seniman dengan karya-karyanya yang tidak kalah indah dibanding dengan seniman Internasional.

Sebut saja seniman patung dari Bali I Nyoman Nuarta yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali dan Monumen Jalesveva Jayamahe yang ada di Surabaya.

Seni itu sendiri tidak hanya berbentuk lukisan atau patung. Tetapi semua karya yang mengahsilkan keindahan dan membuat orang yang menikmatinya dapat mengapresiasi karya yang telah dibuat.

Contohnya seperti musik, karya seni ini merupakan seni yang dapat kita dengar karyanya. Ada juga seni teater yang dapat kita nikmati dengan mata bagaimana seorang seniman menghasilkan sebuah cerita yang seru dan menarik untuk kita nikmati.

Namun seni yang pertama kali dibuat dan pertama kali ditemukan di dunia ini yaitu seni rupa berupa sebuah lukisan tangan, gambar babi rusa, dan beberapa binatang yang hanya ada di Sulawesi ditemukan di suatu gua di Maros Sulawesi Selatan yang setelah ditelusuri berusia 40.000 tahun lamanya.

Pada artikel kami akan menjelaskan beberapa pengertian senisecara umum, secara bahasa, dan menurut beberapa para ahli.

Pengertian Seni Secara Umum

pengertian seni

pengertian seni

Seni merupakan suatu ekspresi yang  muncul dari perasaan manusia serta memiliki unsur keindahan di dalamnya dan seni diungkapkan melalui suatu media yang sifatnya nyata, baik itu dalam bentuk gerak, syair, nada , dan rupa, serta dapat dirasakan oleh panca indera manusiadan memunculkan rasa bahagia bagi yang memandangnya.

Dalam pengertian lain dikatakanseni ialah segala hal yang telah diciptakan oleh manusia itu sendiri dan mengandung unsur keindahan serta dapat mempengaruhi perasaan orang lain yang menikmatinya.

Sedangkan menurut pendapat yang lain seni dikatakan sebagai jenis keahlian membuat suatu karya yang memiliki mutu, seni dapat dinilai dari aspek estetika terlebih dahulu dibanding aspekek gonomisnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa seni adalah suatu ekspresi perasaan yang dikeluarkan oleh seorang seniman yang membuat seni tersebut, dengan tetap memperhatikan aspek estetika atau aspek keindahannya.

Pengertian Seni Secara Bahasa

pengertian seni

pengertian seni

Seni secara bahasa berasal dari kata sanskerta yaitu “sani” yang mempunyai arti persembahan,pemujaan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian.

Sedangkan, Menurut Padmapusphita, kata seni berasal dari bahasa Belanda“genie” yang apabila ditelusuri lebih lanjut bahasa itu berasal dari bahasa Latin yang disebut “genius”, kata tersebut mempunyai arti yaitu kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir , menurut kajian-kajian ilmu yang dilakukan di eropa mengatakan “ART” yang berarti artivisual yaitu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Kemudian ada yang berpendapat juga bahwa seni berasal dari bahasa Melayu Riau yaitu “sonik” yang berasal dari kata ‘so’ atau ‘se’ yang artinya adalah ‘satu’, kemudian berasal dari bahasa Sanskerta ‘swa’ (satu), yang digabung dengan kata ‘nik’ yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik/sonit/seni berarti suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa seni secara bahasa yaitu sebuah kemampuan seseorang yang dituangkan lewat suatu media untuk mengungkapkan perasaan seorang seniman dengan mengutamakan unsur estetika atau unsur keindahanya.

PengertianSeni Menurut Para Ahli

pengertian seni

pengertian seni

Leo Tolstoy

Menurut seorang novelis legendaris Leo Tolstoy, seni merupakan sebuah ungkapan perasaan yang dirasakan pencipta yang kemudian diungkapkan kepada orang lain dengan harapan agar orang lain tersebut dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Everyman Encyclopedia

Menurut sebuah buku yang diterbitkan oleh Joseph Dent pada tahun 1913yaitu Everyman Encyclopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang, namun bukan berdasarkan pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan, tau juga kebutuhan spiritual.

Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Berdasarkan pendapat oleh seorang penulis buku wayang dari Indonesia Prof.Drs. Suwaji Bastomi beliau mempunyai pendapat tentang seni yang beliau artikan sebagai aktivitas batin yang melibatkan pengalaman-pengalamn estetis si pembuatseni yang kemudian diungkapkan dalam sebuah bentuk karya agung, yang kemudian mampu membangkitkan rasa haru dan takjub bagi siapa saja yang menikmatinya.

Ki Hajar Dewantara

Menurut Bapak Pendidikan Indonesia sekaligus pendiri Yayasan Taman Siswa Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang dikenal Ki Hajar Dewantara, beliau berpendapat seni adalah hasil dari keindahan yang kemudian dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya.

Oleh karenanya, perbuatan manusia itu bisa mempengaruhi dalam menumbuhkanperasaan yang indah itulah sebuah seni menurut Ki Hajar Dewantara.

Drs. Sudarmaji

Menurut seorang pelaku seni yaitu Drs. Sudarmaji, ia berpendapat bahwa seni adalah segala bentuk manifestasi atau pendapat batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis,tekstur, warna volume, dan lain sebagainya.

Seni juga bisa berarti sebuah ungkapan perasaan sang pembuat seni yang disampaikan melalui suatu media kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apayang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

Harry Sulastianto

Menurut salah satu dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) HarrySulastianto, ia berpendapat senia adalah suatu keahlian yang dimiliki seseorang dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika, termasuk dalammewujudkan segala kemampuan dan imajinasi pandangan tentang sebuah benda atausuatu suasana, atau juga sebuah karya yang dapat menumbuhkan rasa indahsehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju dan modern.

Ira Adriati, M.Sn

Menurut pendapat seorang dosen Institut Teknologo Bandung (ITB) IraAdriati, M.Sn, seni merupakan sebuah proses dan produk dalam memilih mediumatau perantara, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satuset nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dan tepat untukdikirimkan melalui ekspresi lewat medium tersebut, untuk menyampaikan baik itusensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

Ahdian Karta Miharja

Menurut sastrawan dan juga penulis Indonesia Ahdian Karta Miharja,menurutnya seni ialah segala bentuk aktifitas yang bersifat rohani yang dapat merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya seni, dimana bentuk dan isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa bagi siapasaja yang menikmatinya.

Jadi menurut beliau yang disebut seni ialah segala bentuk karya yang membangkitkan keindahan bagi siapapun yang menikmatinya.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat seni merupakan suatu kompleks atau gabungan dariide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks atau gabungan dari aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil ciptaan manusia.

Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si

Oleh seorang dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan UniversitasPadjajaran (UnPad) Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si, ia menuturkan bahwa seni merupakan suatu kemampuan atau kemahiran yang dimiliki seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang mempunyai  sangkut paut dan berkaitan dengan tugas serta fungsinya sebagai seniman.

Berdasarkan beberapa pengertian dari seni diatas kita dapat menyimpulkan bahwa para ahlipun memiliki pendapatnya masing-masing tentang pengertian seniitu sendiri. Ternyata tidak hanya hasil karyanya saja yang beragam, tetapi seni juga memiliki pengertian yang beragam.

Aristoteles

Menurut aristoteles, seni adalah nentuk dari ungkapan yang didamnya berbentuk penampilan dan tidak menympang dari kenyataan, seni itu meniru alam.

Plato

Menurut plato seni adalah hasil dari tiruan alam dan segala yang ada di alam (ars imitator naturm)

Herbert Read

Menurut Herbert read seni adalah ekspresi atau pikiran yang dihasilkan dari perenungan maupun pengamatan serta dari pengalaman yang didalamnya dikaitkan dengan perasaan dan aktivitas yang menjadikan suatu bentuk karya.

Thomas Murno

Menurut Thomas murno, seni adalah sebuah alat yang dibuat oleh manusia yang akan menimbulkan efek – efek psikologis bagi orang yang menikmati atau melihatnya.

Hilary Bel

Menurut hilary bel, seni adalah istilah yang hanya dipaki untuk semua karya yang bisa menggugat hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

Macam-macam Seni

pengertian seni

pengertian seni

Kemudian pada artikel ini juga kami coba menjabarkan berbagai macam-macam dari seni, antara lain :

1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan salaha satu karya seni tertua yang berhasil ditemukan oleh para ahli, yang diketahui sampai sekarang seni rupa tertua yang berhasil ditemukan di Maros Sulawesi Selatan berupa gambar telapak tangan dan beberapa hewan endemik atau hewan khas dari Sulawesi Selatan yang berusia 40.000 tahun.

Pengertian seni rupa adalah sebuah karya seni yang dibuat dan dapatdinikmati melalui indra penglihatan atau visual art. Seni rupa hanya fokus kepada bentuk karya yang memiliki wujud dan rupa, yang kemudian diekspresikan dalam bentuk lukisan, patung, dan kerajinan tangan serta sebuah seni modern berupa multimedia.

2. Seni Musik

Musik adalah suatu karya yang bisa dinilai paling dicari dan diapresiasi oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena musik dapat dinikmati dengan cara yang mudah dan tidak sulit.

Sedangkan pengertian seni musik ialah karya seni yang dapat dinikmatimenggunakan indra pendengaran yaitu telinga dan menggunakan bunyi sebagai unsur utamanya. Jadi semua seni musik pasti memiliki bunyi. Seni musik bisa berasaldari alat-alat musik dan bisa juga berasal dari manusia seperti beatbox.

Biasanya musik dijadikan pengiring untuk suatu tarian atau juga untuk mengiringi sebuah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi.

3. Seni Tari

Tarian menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia, karena Indonesia memiliki banyak macam tarian daerah, setiap provinsi di Indonesiamemiliki tariannya masing-masing.

Seni Tari merupakan karya seni yang dapat dinikmati melalui indra penglihatan yaitu mata yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Yang unik dari seni tari ialah dari gerakan-gerakan yang dibawakan penari memiliki makna dan arti tersendiri.

4. Seni Sastra

Sastra biasanya dibuat untuk menyampaikan perasaan hati si pembuat dan memberikan pesan-pesan yang terkandung di dalam sastra tersebut.

Seni sastra dapat diartikan sebagai karya seni yang dapat dinikmaimelalui indra penglihatan dan pendengaran. Contohnya saja puisi yang dapat dinikmati melalui indra pendengaran dan sastra berupa kaligrafi yang dapat dinikmati dengan menggunakan indra penglihatan.

5. Seni Teater

Seni teater merupakan semau karya seni yang berkaitan dengan adegan peranyang kemudian dipertunjukkan didepan orang banyak. Contoh dari seni teater sendiri tidak hanya berupa drama atau sejenisnya tapi juga bisa berupa sulap dan akrobat atau semua seni yang berkaitan dengan adegan peran.

Fungsi Seni

pengertian seni

pengertian seni

Setalah diatas kita membahas tentang definisi, macam macam seni belum lengkap kalau belum ada pembahasan tentang fungsi dari seni. Pada bagian ini kita akan membahas tentang fungsi dari seni.

Fungsi dari seni sendiri selain sebagai sebuah karya juga punya fungsi lain baik untuk individu maupun sosial budaya. Karena, dengan seni sebagai media atau jembatan untuk mengeluarkan potensi dalam berseni yang ada dalam pikiranya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari seni :

  • Fungsi Seni Secara Sosial

Seni memiliki fungsi untuk sosial, karena kebutuhan sosial yang ada sekarang lebih mengarah ke seni, seperti seni musik, seni tari, seni rupa dan seni – seni yang lain. Dengan seni musik sekarang banyak masyarakat yang memebentuk sebuah comunitas pecinta musik dengan di buatnya komunitas seperti itu sosial dari masyarakat akan lebih banyak.

  • Fungsi keagamaan

Selain berfungsi sebagai sosial, seni juga bisa berfungsi sebagai keagamaan dengan isi seni di dalamnya memberikan kesan religi. Contohnya, seni rupa yang berbentuk kaligrafi. Seni ini biasanya adalah tulisan atau kutipan ayat – ayat Al – Qur’an yang di tulis dengan seni.

Kaligragi biasanya digunakan sebagai keindahan pada ruangan maupun tempat ibadah seperti masjid atau mushola. Contoh selanjutnya adalah seni musik yang didalamnya mengandung unsur religi seperti lagu sholawat yang di padukan dengan musik – musik modern.

  • Fungsi Hiburan

Fungsi selanjutnya dari seni adalah sebagai hiburan. Dewasa ini banyak seniman – seniman yang menghasilkan banyak seni yang bisa mengundang banyak orang karena sangat menghibur. Bahkan kebanyakan para pelaku seni ini menyalurkan ide yang ada kedalam sebuah seni seperti musik, drama, komedi dan lain – lain.

  • Fungsi Pendidikan

Fungsi selanjutnya dari seni dalah sebagai pendidikan. Contoh sederhananya adalah musik yang dipakai untuk sarana pendidikan. Selain musik ada juga seni lukisan yang biasanya terdapat pada buku – buku pelajaran sekolahan.

  • Fungsi Komunikasi

Media komunikasi seperti pagelaran wayang kulit, teather. Kesemuanya tadi itu adalah seni yang berfungsi sebagai komunikasi karena didalamnya terdapat kritik maupun hikmah yang bisa diambil dan bisa dijadikan sebagai pesan sosial.

  • Fungsi Keindahan

Dalam karya seni juga berfungsi sebagai media untuk memperindah kebutuhan rumah tangga dengan melalui furnitur atau kebutuhan rumah tangganya.

  • Fungsi Artistik

Dalam memanfaatkan sebuah karya seni yang digunakan untuk pribadi seni juga bisa berfungsi sebagai media untuk para seniman menunjukan karya seninya. Contohnya pertunjukan tarian kontemporer, yang mana seni itu hanya bisa di nikmati oleh sesama seniman atau yang satu komunitas.

Demikian beberapa penejabaran artikel ini tentang seni, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Dan semoga kita masyarakat Indonesia dapat selalu melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Negeri ini sebagai wujud kita cinta terhadap tanah air.

Baca Juga : Pengertian Apresiasi Seni

Pengertian Seni

 

 

Show Comments

Leave a Reply