Mengupas Tuntas tentang Seni Kontemporer

Seni Kontemporer – Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang seni kontemporer sebelumnya? Jika iya, sudahkah Anda memahami dan mengetahui semua hal tentangnya? Tentu berbagai hal yang melekat dalam kesenian sangat menarik untuk diketahui lebih dalam. Adapun penjelasan tentang salah satu jenis seni rupa ini adalah sebagai berikut.

Sejarah Seni Kontemporer

sejarah kontemporer

Dalam perkembangannya, seni kontemporer memiliki sejarah yang lumayan panjang di Indonesia. Meskipun dalam perkembangan secara universal kontemporer muncul sejak tahun 1960-an di wilayah internasional, namun kesenian ini mulai muncul di Indonesia sejak tahun 1970-an.

Tokoh yang memberikan nama untuk salah satu karya seninya dengan seni kontemporer adalah Gregorius Sidharta Soegijo.

Dimana sejak saat itu, nama seni ini menjadi salah satu nama karya seni yang juga digunakan oleh seniman patung di Asia lainnya dan berkembang digunakan oleh berbagai seniman pada saat ini.

Gregorius merupakan salah satu seniman Indonesia yang menghasilkan karya patung dan telah diakui secara internasional.

Sejak saat itu, penggunaan nama seni kontemporer mulai sering digunakan untuk berbagai karya seni dengan jenis yang sama, yaitu berbagai jenis karya seni yang mengikuti perkembangan zaman.

Pengertian Seni Kontemporer

pengertian seni kontemporer

Seni kontemporer merupakan salah satu jenis dari seni rupa yang terakhir setelah seni rupa tradisional dan seni rupa modern.

Kontemporer dalam bahasa dapat disebut sebagai masa kini dimana dalam setiap hasil kesenian yang diperoleh tidak terikat oleh zaman dahulu dan merupakan dampak dari berkembangnya modernisasi saat ini.

Jika dikupas secara rinci, kontemporer ini terdiri dari 2 kata, Co dan Tempo. Co memiliki arti bersama, sedangkan tempo memiliki arti waktu.

Keduanya jika disatukan dapat diartikan sebagai pada saat ini. Dimana di dalamnya kesenian yang dihasilkan mengikuti trend pada saat ini.

Baca Juga : Seni Tari

Ciri-Ciri Seni Kontemporer

ciri ciri seni kontemporer

Seperti seni yang lainnya, kontemporer juga memiliki beberapa aspek yang dapat membedakannya dengan jenis seni lainnya.

Berbagai ciri tersebut tentu memberikan penjelasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Karakteristik kontemporer akan dijelaskan lebih rinci dengan beberapa aspek yang dapat dikupas tuntas dalam setiap cirinya.

Ciri yang pertama adalah tidak terikat peraturan apapun, baik pada zaman dahulu hingga zaman sekarang. Para seniman kontemporer dapat berkarya dengan bebas tanpa perlu mengkhawatirkan suatu batasan apapun.

Sedangkan pada zaman dahulu para seniman dibatasi berdasarkan peraturan yang terkadang mengekang kreativitas para seniman.

Dari adanya ciri yang pertama tersebut sehingga melahirkan ciri seni kontemporer yang kedua, yaitu tidak membuat batas antar bidang seni.

Dalam hal ini, ketika menciptakan kesenian dengan jenis kontemporer maka Anda tetap dapat menggunakan berbagai jenis kesenian yang lain. Hal ini dikarenakan kesenian kontemporer tidak memiliki batasan berekspresi.

Ciri yang ketiga adalah jenis kesenian ini berkembang sesuai zaman, sehingga menjadi salah satu kesenian yang digemari masyarakat bahkan media.

Terkadang kesenian ini digunakan untuk membangun sebuah wacana tertentu yang lebih melekat pada orang yang melihatnya. Sehingga kesenian ini efektif digunakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Jenis Seni Kontemporer

jenis seni kontemporer

Seni kontemporer juga memiliki berbagai jenis yang dapat dikategorikan berdasarkan tema kesenian yang diusung. Tentunya jenis seni ini dapat membantu Anda untuk mengkategorikan beberapa pengelompokan suatu seni yang diciptakan pada saat ini. Beberapa jenis kesenian ini akan dijelaskan lebih rinci di bawah ini.

  1. Seni rupa pertunjukan

Seni rupa ini mulai ada sejak tahun 1960 dan telah berkembang pesat hingga saat ini. Dalam pertunjukan yang ditampilkan disini memiliki berbagai karya yang berhubungan dengan ekspresi, bunyi, dan gerakan yang tentunya menghasilkan pertunjukan yang indah. Pertunjukan dalam bentuk seni rupa juga lebih bisa dimengerti dari jalan ceritanya.

Kesenian ini dapat ditemukan dalam berbagai aspek, diantaranya actions, body art, feminist art, dan happenings. Elemen yang terdapat pada seni kontemporer ini juga meliputi tari, musik, teater, dan video yang memiliki keunikan dari pembawaan pertunjukan masing-masing. Selain itu, pertunjukan ini juga identik dengan improvisasi.

  1. Seni rupa lingkungan

Seni lingkungan berkembang sejak tahun 1960 sampai 1970 dimulai dari sebuah gerakan peduli terhadap lingkungan.

Sehingga seni yang dihasilkan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar dan menonjolkan penolakan terhadap penjualan dalam bentuk eksploitasi seni. Seni ini terbuat dari bahan alami yang ada di sekitar dan memang difungsikan untuk menciptakan seni.

Seni rupa lingkungan ini dapat berupa plastik, dimana plastik merupakan salah satu bahan yang susah diurai dalam tanah.

Sehingga keberadaannya tentu berpengaruh buruk terhadap lingkungan. Dengan adanya seni lingkungan ini, pembuatan piramida menggunakan plastik akan menjadi salah satu bentuk gerakan untuk melawan penggunaan plastik.

  1. Seni rupa instalasi

Seni rupa instalasi ini merupakan salah satu jenis seni kontemporer yang memiliki kreativtas tinggi. Dimana bentuk seni yang diciptakan tergantung dari kumpulan orang yang memiliki pemikiran lain terhadap suatu hal. Adapun kesenian instalasi yang diciptakan bergantung dari tema atau dari sebuah gagasan.

Seni instalasi ini sudah berkembang sejak tahun 1970 dan telah berkembang pesat hingga di Indonesia. Kesenian ini dapat juga menjadi sebuah gerakan atau menciptakan kesenian berdasarkan penolakan terhadap suatu kebijakan pemerintah.

Salah satu contoh seni rupa instalasi adalah menanam 1000 pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan di Indonesia.

Baca Juga : Seni Ukir

  1. Seni rupa video

Video merupakan salah satu hasil dari penggunaan teknologi dimana di dalamnya terdapat beberapa aspek seni yang dapat ditampilkan.

Seiring perkembangannya di dunia internasional sejak tahun 1960, kini seni rupa video juga diterima baik dan berkembang pesat di Indonesia. Tidak hanya untuk media berekspresi, seni rupa video juga dapat dinikmati masyarakat.

Seni rupa video ini dapat ditonton secara online maupun offline, sehingga dapat menjadi salah satu bentuk seni paling efisien bagi Anda.

Video ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu proses pendidikan yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Contohnya pembelajaran yang kini juga dapat diajari oleh guru yang berada di wilayah yang berbeda dalam bentuk video.

Contoh Seni Kontemporer

contoh seni kontemporer

Beberapa seni kontemporer yang berada di kancah internasional maupun di nasional tentu menarik untuk diketahui. Berbagai jenis seni yang diciptakan tentu memiliki makna dan tujuan tersendiri, sehingga dapat memberikan penjelasan yang berbeda.

  1. Lukisan berjudul “The Dream”

Salah satu jenis seni kontemporer yang dinikmati oleh masyarakat adalah lukisan. Berbagai pelukis tentu memiliki karakter yang berbeda dalam menghasilkan karya. Lukisan berjudul The Dream ini dilukis oleh Pablo Picasso yang tergolong dalam seni rupa murni.

Lukisan ini memiliki ciri khas menggunakan cat berwarna cerah dalam setiap goresannya. Dengan gambar berbentuk wanita cantik dengan mata tertutup yang sedang menyentuh toples berisi cahaya.

Adapun alat yang digunakan untuk menghasilkan karya lukisan ini adalah kuas, cat, dan palet.

Lukisan ini memiliki arti bahwa seorang wanita yang tergambar di lukisan tersebut sedang mencari jati diri. Hal ini tentu saja digambarkan dalam lukisan dan telah menjadi salah satu lukisan yang memiliki nilai estetika yang tinggi.

Hasil lukisan ini biasanya digunakan sebagaian besar orang untuk dipertontonkan kepada para tamu sehingga memberikan kesan elegan.

  1. Lukisan berjudul “Sunrise”

Lukisan karya Claude Monet merupakan salah satu jenis lukisan yang menggunakan teknik improvisasi di dalamnya. Dimana dalam pengerjaan lukisan ini menggunakan teknik cepat dan terdapat beberapa objek yang tidak realistis atau digambar dengan kurang jelas. Lukisan ini tergolong dalam jenis seni rupa fine art karena pelukis menggambar sesuai keinginan sendiri.

Dalam pengerjaannya, lukisan ini membutuhkan alat seperti kanvas, cat, kuas, dan palet yang biasanya digunakan untuk melukis.

Pada dasarnya lukisan ini memiliki gambar yang elegan dengan warna yang senada. Sehingga lukisan ini dapat dinikmati oleh orang-orang yang bahkan tidak mengerti tentang makna dari sebuah lukisan.

Bagi Anda penikmat lukisan yang elegan dan memiliki makna yang dalam pasti menyukai lukisan ini. Hal ini karena semua gambaran yang terdapat pada lukisan berjudul Sunrise ini memiliki objek dengan realita yang berbeda dengan yang ada sesungguhnya. Sehingga dapat memberikan imajinasi yang berbeda bagi Anda.

  1. Patung berjudul “Ice of Telephone”

Patung ini terbuat dari es yang diciptakan oleh Mark Jenis. Peralatan yang digunakan sangat sederhana, terdiri dari es batu besar dengan alat pemahat es batu itu sendiri.

Patung es ini berbentuk seseorang yang menggunakan telepon umum. Patung ini berbentuk 3 dimensi dan dapat dinikmati dari semua sudut sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi Anda yang menikmatinya.

Patung ini termasuk dalam seni rupa fine art, dimana pembuatan karya seni patungnya berdasarkan keinginan senimannya.

Oleh karena itu, meskipun bersifat 3 dimensi, namun patung ini juga memiliki jenis dan bentuk yang berbeda sesuai dengan keinginan seniman tersebut. Hal ini tentu berpengaruh pada hasil akhir patung yang memiliki keunikan sehingga membedakan dengan jenis patung yang lainnya.

Sayangnya, karya ini banyak menuai kritik karena letak patung dengan tempat telepon yang tidak memiliki kecocokan.

Kecocokan dalam arti yaitu mulai dari letak patung, ukuran patung, dan lain sebagainya yang dianggap tidak senada. Hal ini tentu merupakan salah satu kewajaran karena karya ini dihasilkan berdasarkan keinginan dari senimannya.

  1. Seni berjudul “Air Polutio”

Karya berjudul Air Polutio ini merupakan salah satu contoh kesenian yang terbuat dari knalpot motor oleh Made Wianta.

Karya ini merupakan salah satu bentuk gerakan dari banyaknya jumlah motor yang ada di Indonesia sehingga menyebabkan dampak negatif baik bagi pengguna maupun masyarakat. Hal ini disebabkan karena maraknya penjualan motor dengan harga yang murah tanpa batasan jumlah.

Padahal Pemerintah memiliki andil untuk menekan jumlah penjualan kendaraan bermotor yang ada di Indonesia sehingga dapat mencegah permasalahan yang ditimbulkan.

Salah satu contohnya adalah adanya polusi udara, dimana pada saat ini semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka polusi udara akan semakin meningkat dan mengganggu alat pernafasan masyarakat Indonesia.

Karya indah ini terbuat dari knalpot yang dikeringkan kemudian ditumpuk dalam jumlah banyak yang diwarnai dengan warna senada, yaitu coklat.

Baca Juga : Seni Movie

Semua knalpot ini menjulur ke atas dan membentuk sebuah tumpukan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Ternyata di balik karya indah tersebut terdapat perlawanan terhadap para pengguna motor yang ada di Indonesia.

Penjelasan tentang seni kontemporer di atas merupakan salah satu informasi yang berguna bagi Anda baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dari segi pengetahuan.

Tentunya, berbagai seni yang mengandung perkembangan zaman akan selalu baru dan memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga dapat dinikmati oleh semua usia.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply