Pengertian, Sejarah, Unsur, Jenis dan Manfaat Seni Musik

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kini seni musik berkembang sangat pesat. Hal ini tampak pada banyaknya jenis musik yang terus mengalami improvisasi seiring munculnya musisi-musisi baru yang handal dan profesional.

Di dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mempelajari musik lebih dalam.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

1. Aristoteles

Suatu luapan tenaga dan kemampuan yang berasal dari gerakan rasa yang berada di dalam sederet nada yang berirama.

2. Adjie Poetra

Musik merupakan bunyi yang memiliki sifat teratur, moral normatif dan oleh ahli fisika diakui selaras.

3. Banoe

Seni musik berhubungan erat dengan berbagai jenis suara dengan pola yang bisa dimengerti manusia.

4. Jamalus

Alunan lagu yang mengungkapkan perasaan dan fikiran lewat berbagai unsur seperti irama melodi, bentuk, harmoni, lagu  dan ekspresi.

5. Sylado

Bentuk nyata dari berbagai ilusi dan alunan suara yang menciptakan alunan musik dan nada sehingga mampu menggerakkan isi hati orang yang menikmatinya.

Sejarah Seni Musik

sejarah seni musik

1. Zaman Prasejarah

Zaman prasejarah, yaitu ada sejak 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Pada zaman tersebut muncul alat musik bernama flute yang mana dibuat menggunakan tulang paha beruang. Anda juga dapat menjumpai musik tertua berupa prasasti yang di dalamnya memuat lagu Hurrian yang dibuat tahun 1400 SM.

2. Abad Pertengahan

Abad pertengahan yaitu sekitar tahun 476 hingga 1572 M. Pada abad ini agama Kristen banyak menggunakan seni musik. Selain itu, pada tahun 1500 – 1600 M musik banyak dimanfaatkan untuk percintaan.

3. Zaman Barok dan Rakoko

Zaman ini berada di tahun 1600 hingga 1750 M dengan tokoh yang populer adalah Johan Sebastian Bach. Beliau menciptakan musik koral dan lagu-lagu instrumental. Jenis musiknya diberi nama musik Barok dan Rakoko. Musik Barok digunakan secara spontan, sedangkan musik Rakoko dicatat dan ada aturannya.

4. Zaman Klasik

Zaman klasik berada di tahun 1750 hingga 1820 M. Pada zaman ini, musik sangat berkembang. Hal ini tampak pada dinamikanya semakin lembut dan semakin cepat temponya.

5. Zaman Romantik

Zaman romantik berada di tahun 1810 hingga 1900 SM. Musik pada zaman ini mengutamakan perasaan dan sifat subjektif. Di akhir zaman ini, berkembang orkestra di masyarakat Urban. Selain itu, juga terjadi perkembangan musik teater, misalnya operet, musik komedi dan masih banyak lagi lainnya.

6. Zaman Modern

Zaman ini dimulai sejak abad ke-20. Zaman mulai berkembang, yaitu nampak pada munculnya radio sebagai alat untuk mendengarkan musik. Selain itu, juga muncul alat yang dapat digunakan untuk merekam suara dan mengolah musik. Hal ini melahirkan genre musik klasik baru.

Macam – Macam Seni Musik

macam macam seni musik

1. Musik Tradisional

Musik ini diwariskan oleh leluhur dan menjadi identitas suatu daerah. Instrumen dan bahasa yang digunakan berbeda-beda. Musik ini memiliki irama dengan tempo yang santai dan lambat. Misalnya lagu Apuse yang berasal dari daerah Papua.

2. Musik Modern

Musik modern memiliki sifat dinamis dan selalu berkembang mengikuti zaman. Hal ini tampak pada perubahan tempo dan instrumennya yang telah mendapatkan sentuhan teknologi. Musik jenis ini dapat dinikmati oleh semua kalangan usia.

3. Musik Keroncong

Keroncong adalah penamaan untuk instrumen musik yang jenisnya seperti ukulele. Jenis musik ini mempunyai hubungan dengan jenis musik Portugis bernama fado. Contohnya adalah Selendang Sutra buah karya Ismail Marzuki.

Baca Juga : Seni Tari

Jenis-jenis Seni Musik

jenis jenis seni musik

1. Pop

Pop merupakan musik populer yang berkembang di tahun 1950-an. Musik pop juga menjadi bentuk modern dari musik rock dan roll. Jika Anda melihat sejarahnya, jenis musik ini lahir pada tahun 1918.

Musik pop ini dipopulerkan oleh seorang musisi bernama Lawrence Allowaym. Beliau mendapatkan inspirasi dari gerakan seni rupa yang terdapat di Amerika.

Dahulu, musik pop digunakan untuk mengiringi tarian tango saja. Musik tersebut memiliki nada minor dan melankolis. Di tahun 1940, musik pop mulai terkenal hingga ke seluruh dunia dan mulai menggunakan ritme dan irama seperti rhumba.

2. Rock

Musik rock populer sejak tahun 1960-an. Musik tersebut lahir dari akulturasi berbagai genre musik seperti rhytmhm dan blues, country, jazz serta musik klasik.

Ciri khusus dari musik ini adalah menggunakan instrumen dan vokal berupa drum, gitar, keyboard dan lain-lain.

Banyak sub-genre yang telah dihasilkan hanya dalam beberapa waktu saja. Contohnya adalah punk rock, soft rock dan hard rock. Beberapa band yang menggunakan jenis musik ini antara lain The Beatles, Dream Theater dan lain-lain.

3. Dangdut

Genre musik dangdut asli dari Indonesia. Dalam prakteknya, musik dangdut dimainkan memakai alat musik tradisional. Seiring dengan berjalannya waktu kini jenis musik dangdut mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kemajuan zaman menjadikan musik dangdut mulai dipadukan dengan berbagai jenis alat musi modern. Contohnya adalah gitar, bas, drum dan alat musik lainnya. Tokoh yang terkenal pada genre musik dangdut di Indonesia antara lain adalah Iis Dahlia dan Roma Irama.

4. RnB

RnB merupakan salah satu genre musik yang terkenal pada tahun 1940 di Afrika dan Amerika. Pada umumnya, dalam sebuah band RnB membutuhkan perlengkapan seperti dua gitaris, saxophone, drum, vokalis dan bass.

5. Hip Hop

Hip hop merupakan jenis musik yang di dalamnya mengandung perpaduan musik rapp. Musik ini mulai ada sejak tahun 1970-an dan dipopulerkan oleh masyarakat Afro-Amerika serta Amerika Latin.

Pencetus musik hip hop adalah Disk Jockey. Pada mulanya, Jockey memutar disk untuk menghasilkan nada dan ritme. Lalu, unsur seni rapping ditambahkan sebagai vokalnya dan seni tari yang digunakan berupa gerakan patah-patah.

Beberapa musisi yang terkenal pada genre musik hip hop antara lain Ludacris, Snoop Dogg dan Nate Dogg.

6. Country

Di dalam musik country terdapat perpaduan unsur-unsur musik dari Amerika Selatan. Musik ini mulai dikenal masyarakat secara luas sejak abad ke 19. Salah satu ciri khas dari genre musik ini adalah memakai instrumen string dan koboi.

7. Jazz

Musik jenis ini berasal dari Amerika Serikat dan lahir sejak awal abad ke-20. Pada umumnya, musik ini menggunakan beberapa alat musik berupa piano, bass, trombone, biola, terompet, saksofon, gitar dan harmonika. Musik tersebut tergolong dalam musik papan atas tak heran jika banyak orang yang berminat dan menyukai jenis musik ini.

8. Blues

Musik instrumental ini asli dari Amerika. Penamaan genre blues ini bersumber pada perasaan frustasi dan melankolis.  Selain itu, musik ini juga dibuat berdasarkan musik pujian dan spiritual dari masyarakat bekas budak Afrika yang tinggal menetap di Amerika.

Ada empat macam musik blues, yaitu:

  • Chicago Blues

Jenis blues ini mengenalkan bagian vokal menggunakan mikrofon, instrumen dan amplifier pada bagian suara blues.

  • Delfa Blues

Jenis blues ini asalnya dari Mississipi.

  • Blues Rock

Jenis blues ini mengakulturasi jenis blues Chicago dan Delfa. Ada pun musisi yang terlibat mengembangkan blues rock antara lain Rolling Stones, Creedence Clearwater dan lain-lain.

  • Texas Blues

Jenis blues ini instrumennya hampir sama dengan Chicago blues.

Unsur-Unsur Seni Musik

unsur unsur seni musik

1. Melodi

Melodi adalah tinggi rendahnya serta panjang pendeknya suatu nada. Suatu melodi dikatakan baik apabila memiliki kriteria yaitu sedang, tidak tinggi sekali maupun tidak rendah sekali. Melodi terdiri atas 3 hal penting, yaitu durasi, pitch dan tone. Melodi dihasilkan memakai berbagai instrumen seperti piano, perkusi, gitar dan masih banyak lagi.

2. Irama atau ritme

Irama adalah sebuah gerakan yang teratur dan memiliki sifat mengalir. Hal ini dikarenakan dijumpai aksen yang tetap. Di dalam musik, irama menentukan sebuah ketukan. Anda dapat mendengarkan lagu berulang-ulang agar bisa merasakan ritme.

3. Birama

Birama merupakan sebuah ketukan secara berulang dengan teratur yang dilakukan pada waktu yang sama. Birama dinyatakan dalam bentuk angka pecahan. Ada dua macam birama, yaitu birama ternair dan birama bainar.

Birama ternair merupakan birama yang dinyatakan dalam angka ganjil, contohnya adalah 3/4. Sedangkan, birama bainar dinyatakan dalam angka genap, contohnya adalah 4/3 dan lain-lain.

4. Harmoni

Harmoni adalah keselarasan bunyi yang dimainkan untuk mengiringi musik. Elemen harmoni terdiri atas aktor dan interval. Aktor berfungsi mengiringi melodi. Sedangkan, interval adalah susunan nada yang terdengar harmonis jika Anda bunyikan secara bersamaan.

5. Tangga nada

Ada dua macam tangga nada yang kita kenal, yaitu tangga diatonik dan tangga pentatonik. Perbedaan dua tangga nada tersebut adalah pada tangga nada diatonik terdapat tujuh nada pokok yang mana terdapat dua jarak, yaitu 1 dan 1/2. Sedangkan, tangga nada pentatonik terdapat 5 nada pokok dengan interval tertentu.

6.  Tempo

Dalam sebuah musik, tempo berkaitan dengan cepat lambatnya garak lagu. Apabila temponya semakin besar maka lagunya akan semakin cepat. Tempo diukur dengan sebuat alat yang disebut dengan Metronome Malzel yang mana terbagi menjadi 3, yaitu tempo cepat, sedang dan lambat.

Ada 8 macam tempo yang kita kenal, yaitu Allergo (tempo cepat), Vivace (temponya lebih cepat), Presto (tempo sangat cepat), Moderato (tempo sedang dan sedikit lebih  cepat), Andante (tempo sedang), Andagio (tempo lambat), Lento (tempo lebih lambat), dan Largo (tempo sangat lambat).

7. Dinamik

Dinamik merupakan sesuatu yang berhubungan dengan keras lembutnya lagu beserta perubahannya. Dinamik terbagi menjadi 3 bagian, pertama dinamik lembut yang dapat Anda jumpai pada piano.  Kedua, dinamik sedang yang ditandai dengan mezzo piano. Ketiga,  dinamik keras yang ditandai dengan forte.

8. Timbre

Timbre adalah kualitas serta warna bunyi pada suatu musik.  Timbre dipengaruhi oleh sumber suara serta bagaimana cara suatu instrumen bergetar. Beda alat musik yang dimainkan maka timbre yang dihasilkan pun berbeda. Contohnya adalah terjadi perbedaan timbre yang dihasilkan oleh gitar dan seruling.

9. Ekspresi

Ekspresi adalah suatu bentuk ungkapan dari perasaan hati yang diluapkan lewat mimik wajah. Perasaan yang diungkapkan dapat berupa kegembiraan, kesedihan, cinta, kekecewaan dan lain-lain. Oleh karena itu, seorang penyanyi harus mampu mengekspresikan pesan yang ingin disampaikan pada sebuah lagu.

Baca Juga : Seni Lukis

Fungsi Seni Musik

unsur unsur seni musik

1. Sebagai media untuk mengekspresikan diri

Anda dapat menggunakan musik sebagai media untuk mengutarakan dan mengekspresikan perasaan di dalam jiwa. Pada umumnya, seseorang akan mengekspresikan rasa bahagianya menggunakan irama musik yang menggebu-gebu dengan tempo yang cepat. Namun, jika musik yang diekspresikan sedih maka irama yang digunakan pelan dan halus.

2. Bernilai Komersial

Anda dapat menghasilkan uang dengan musik. Hal ini dikarenakan hasil karya musik dapat diperjual belikan, yaitu dalam wujud baik fisik atau pun digital.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penghasilan dengan melakukan kontrak kerja bersama suatu management perusahaan. Nantinya, hasil karya musik akan dipakai untuk iklan maupun soundtrack film.

3. Sebagai media hiburan

Anda dapat menggunakan musik sebagai sarana hiburan. Hal ini dikarenakan Anda dapat melepas penat dengan mendengarkan berbagai jenis musik yang Anda sukai. Beberapa jenis musik dapat membuat orang yang mendengarkannya menjadi bahagia.

4. Sarana Berkomunikasi

Musik dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan Anda dapat meluapkan isi hati dan perasaan lewat musik. Musik di dalamnya terdapat ritme yang biasanya memiliki maksud dan tujuan tertentu. Salah satu contohnya adalah alunan musik yang dipakai untuk acara pernikahan.

5. Sarana untuk mengasah kreativitas

Musik menjadi salah satu alat yang dapat digunakan oleh seseorang untuk mengasah daya kreativitasnya. Hal ini dikarenakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang menjadi sebuah musik yang indah itu tidak mudah. Anda harus berpikir keras agar musik tersebut disukai banyak orang sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

6. Sebagai alat untuk terapi

Di dalam dunia medis, musik dapat dijadikan sebagai media atau alat untuk terapi. Hal ini dikarenakan bisa membuat jiwa maupun perasaan seseorang menjadi lebih tenang.

Contoh penerapannya adalah saat pasien akan melakukan operasi. Biasanya pasien diminta mendengarkan musik dengan tujuan agar bisa fokus sehingga merasa nyaman saat operasi.

Musik juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan otak Anda rileks. Hal ini bertujuan untuk melepas penat seseorang setelah seharian bekerja. Selain itu, agar seseorang tidak merasa jenuh dan bisa mengembalikan pikiran menjadi lebih fresh.

7. Media untuk pendidikan

Pembelajaran di sekolah juga mengajarkan tentang musik kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan daya kreativitas siswa. Dengan demikian, diharapkan siswa bisa memahami musik berdasarkan genrenya.

8. Digunakan dalam upacara

Musik juga banyak digunakan untuk mengiringi berbagai upacara. Misalnya upacara adat, upacara keagamaan dan upacara kenegaraan. Selain itu, dalam pernikahan maupun upacara kematian juga sering menggunakan musik sebagai iringan.

9. Untuk mengiringi tarian

Berbicara mengenai tarian maka hal yang terbesit di benak Anda adalah musik. Pada umumnya, gerakan tari dilakukan dengan diiringi suatu musik. Beda gerakannya maka beda juga jenis musik yang mengiringinya.

Baca Juga : Seni Grafis

Manfaat Seni Musik Bagi Anak

 

unsur unsur seni musik

  1. Meningkatkan kepekaan anak sehingga lebih tanggap terhadap lingkungan di sekelilingnya.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
  3. Menumbuhkembangkan emosional anak dan sisi kognitifnya.
  4. Meningkatkan laju perkembangan intelektual pada anak.
  5. Membantu meningkatkan kesehatan mental anak.

Informasi di atas dapat menambah wawasan dan mempermudah Anda untuk memahami seni musik lebih dalam. Banyak sekali genre musik yang dapat Anda pelajari dan semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Musik juga memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply