Seni Rupa 2 Dimensi Lengkapi Dengan Contoh, Unsur, Tokoh, Teknik

Seni Rupa 2 Dimensi –  Manusia hidup memerlukan suatu seni supaya tidak terasa hambar serta monoton sehingga merasa cepat jenuh. Suatu karya seni yang indah tentu dapat membuat perasaan senang serta merubah mood seseorang yang tadinya jenuh jadi bersemangat.

Sebagai contohnya yaitu hasil – hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai artistik yang sangat tinggi.

Pengertian dari seni rupa 2 dimensi sendiri merupakan sebuah karya seni rupa yang hanya mempunyai 2 sisi saja, yakni sisi lebar serta sisi panjang.

Sehingga seni rupa jenis ini tidak mempunyai ruang karena tidak adanya unsur ketinggian atau ketebalan. Jadi hasil karya seni yang ini hanya dapat dinikmati melalui satu arah saja.

Membahas dan mengapresiasi suatu karya seni rupa tentu tidak lepas dari hal – hal penting yang menjadi prinsip dasarnya.

Karena seni rupa termasuk salah satu dari bermacam cabang seni yang hasil karyanya dapat dinikmati oleh indera penglihatan serta perabaan.

Karya seni rupa biasa juga disebut visual art yaitu karya seni yang bisa dilihat serta memiliki bentuk nyata.

Baca Juga : Seni Rupa Terapan

Teknik – Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 Dimensi

Karya seni rupa mempunyai fungsi guna menunjang kebutuhan hidup sehari – hari manusia. Oleh sebab itu dalam cara pembuatannya jenis seni rupa yang satu ini membutuhkan teknik – teknik khusus. Berikut merupakan beberapa teknik yang bisa digunakan dalam rangka pembuatan seni rupa 2 dimensi :

  1. Teknik Plakat

Jenis teknik yang satu ini merupakan yang sangat sering dipakai pada saat melukis. Teknik plakat ini biasanya memakai cat poster serta cat minyak akrelik dengan cara digoreskan agak tebal. Sehingga warna yang diperoleh benar – benar bagus sangat padat serta pekat.

  1. Teknik Kolase

Merupakan teknik melukis yakni caranya dengan memotong kertas setelah itu kertas tersebut ditempelkan pada obyek tertentu sehingga membentuk gambar.

Dengan cara ini bisa menghasilkan lukisan yang abstrak ataupun realis dari potongan kertas yang tadi ditempelkan. Hasil dari karya seni rupa yang menggunakan cara ini sering disebut dengan mozaik.

  1. Teknik Transparan

Teknik transparan ini merupakan cara yang seringkali digunakan pada saat melukis ataupun menggambar. Pada teknik ini biasanya memakai cat air namun hanya digoreskan secara tipis – tipis saja jadi menghasilkan tekstur yang begitu transparan.

  1. Teknik Melipat, Menggunting, Serta Merekat (3 M)

Cara yang satu ini merupakan cara manipulasi beberapa lembaran kertas yang dirangkai sedemikian rupa sampai membentuk sebuah karya seni rupa 2 dimensi. Jadi untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah serta disukai banyak orang tentu membutuhkan keterampilan serta teknik – teknik khusus.

Sebuah karya seni tidak akan berarti apa – apa bila didalamnya tidak memiliki nilai yang artistik. Karena itu sebelum membuat suatu karya seni hendaknya terlebih dahulu memperhatikan teknik – tekniknya.

Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 Dimensi

Bila dilihat secara keseluruhan terdapat banyak tokoh seni rupa yang sudah menciptakan karya- karya seni yang sangat indah.

Tokoh – tokoh itu ada yang berasal dari dalam negeri  maupun luar negeri. Tetapi terdapat 2 tokoh lokal serta internasional yang sampai saat ini paling terkenal serta disegani, yaitu :

  • Raden Saleh Sjarif Boestaman

Merupakan tokoh seni rupa yang lahir di Semarang pada tahun 1807 kemudian tutup usia tahun 1880 di Bogor Jawa Barat.

Bakatnya telah terlihat dari beliau masih kecil sampai kemudian bakatnya diasah dan didampingi pelukis keturunan Belgia bernama, A. A. J. Payen. Dibawah didikan gurunya ini kemampuan melukis Raden Saleh semakin bertambah.

  • Vincent Van Gogh

Termasuk salah satu pelukis terbesar di dalam sejarah kesenian bangsa Eropa. Vincent ini lahir pada 30 Maret 1853 dan meninggal pada 29 Juli 1890. Banyak dari hasil karyanya yang bagus – bagus serta dikenal luas di daratan Eropa

Dengan adanya 2 tokoh seni rupa yang berdedikasi tinggi dalam kesenian ini membuat seni rupa tidak dipandang sebelah mata.

Karena hasil karya seni rupa telah terbukti mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam sendi – sendi kehidupan manusia. Dengan adanya karya seni rupa hidup manusia menjadi lebih berarti serta bermanfaat.

Baca Juga : Unsur Seni Rupa

Unsur – Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi bisa menjadi karya seni yang sangat indah karena terbentuk dari beberapa unsur. Berikut adalah penjelasannya yaitu :

  • Titik

Titik merupakan unsur dasar seni rupa 2 dimensi yang paling dasar atau paling kecil. Semua bentuk karya seni rupa 2 dimensi berasal dari titik.

Akan tetapi, titik juga bisa menjadi perhatian tersendiri jika berkumpul dan mempunyai warna yang berbeda-beda dari yang lainnya.

  • Garis

Garis merupakan goresan yang dibuat dan bertujuan untuk memberikan batas terhadap warna, ruang, bidang, tekstur, dan yang lainnya.

Garis sendiri mempunyai dimensi panjang dengan arah tertentu dan memiliki sifat seperti memanjang, vertical, horizontal, tebal, tipis, miring, melengkung, bergelombang dan sebagainya.

  • Bidang

Bidang merupakan kombinasi yang dibuat dari berbagai garis. Garis-garis tersebut kemudian akan membentuk bidang yang mempunyai dimensi panjang, lebar, serta tinggi.

Bidang dibagi menjadi 4 jenis yaitu bidang geometris, bidang biomorfosis atau organis, bidang bersudut, dan bidang tegak beraturan.

  • Bentuk

Secara bahasa bentuk mempunyai pengertian bentuk plastis (form) atau bangun  (shape).

Plastis merupakan gambaran dari bentuk sebuah benda yang bisa dilihat serta dirasa karena adanya nilai dalam benda tersebut. Contohnya lemari, meja, kursi, dan yang lainnya.

Sedangkan bangun adalah gambaran benda yang polos dimana hanya memiliki bentuk bulat, panjang, kotak, lonjong, dan yang lainnya.

  • Tekstur

Tekstur merupakan sifat dari suatu permukaan benda. Tekstur dari sebuah benda mempunyai kesan yang berbeda-beda seperti, licin, kasar, halus, dan sebagainya.

  • Warna

Warna adalah suatu unsur visual yang berhubungan dengan bahan yang dipakai dimana keberadaanya ditentukan oleh pigmenya

  • Gelap Terang

Gelap terang memperlihatkan perbedaan sisi antara yang gelap dengan sisi yang terang sebuah benda yang dilukiskan atau digambarkan.

  • Ruang

Ruang sendiri dalam karya seni 2 dimensi  bisa di kata semu atau maya karena hanya didapatkan dari kesan yang ingin disampaikan oleh dari pembuat gambar dan gradasi warna suatu karya seni.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Hasil karya seni rupa sekarang ini dengan mudah serta banyak sekali dapat kita jumpai dimana – mana. Hasil karya tangan-tangan yang penuh kreatif serta imajinatif ini dapat dijadikan sebagai lahan untuk menambah pendapatan. Berikut ini contoh hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi, yaitu :

  1. Gambar

Seni rupa 2 Dimensi

Perwujudan dari gambar sendiri lebih menekankan pada unsur bentuk, garis, serta aspek manfaat tanpa menggunakan ekspresi.

Jadi hasil karya seni rupa dalam bentuk gambar ini terlihat lebih nyata untuk dinikmati. Sebagai contohnya yaitu seperti gambar arsitektur, gambar ilustrasi, dekorasi, desain dan lain sebagainya.

  1. Lukisan

Seni Rupa 2 Dimensi

Merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat dengan memakai media seperti kain kanvas, dinding sampai kertas.

Cara pembuatan dari lukisan itu sendiri adalah dengan memoleskan cat dengan memakai pisau palet, kuas lukis, dan peralatan jenis lain. Semua itu dilakukan di atas media lukis sampai menciptakan sebuah gambar yang diinginkan.

Satu hal yang menarik dari sebuah lukisan yaitu nilai yang terdapat didalam lukisan tersebut. Hingga dalam pembuatannya diperlukan imaginasi yang tinggi dan skill atau keahlian yang mahir supaya menelurkan lukisan yang luar biasa.

  1. Seni Grafis

Seni Rupa 2 Dimensi

Seni grafis sendiri termasuk salah satu cabang seni rupa yang mana dalam teknik pembuatannya memerlukan alat bantu.

Sebagai contohnya yakni seni fotografi karena dalam pengerjaannya fotografi memerlukan alat bantu kamera. Dengan kamera ini akan menghasilkan foto – foto yang sangat bagus dan sama persis dengan obyeknya.

  1. Kaligrafi

Seni Rupa 2 Dimensi

Termasuk sebuah karya seni artistik dalam bahasa arab dengan memakai berbagai alat seperti kertas, kain kanvas, kayu, dinding ataupun kuningan.

Baca Juga : Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatannya seni kaligrafi ini merupakan bentuk ekspresi dalam hal keagamaan dan budaya Islam. Hasil karya seni kaligrafi ini sering kita jumpai di masjid-masjid serta yang sangat populer adalah kaligrafi sufi.

  1. Seni Fotografi

Seni Rupa 2 Dimensi

Fotografi ini termasuk kedalam seni grafis yang mana dalam perkembangannya semakin banyak digemari orang. Hal ini tentu saja karena semakin canggih serta semakin mudahnya alat bantu yang digunakan yakni kamera.

Terlebih saat ini ini nyaris semua hp telah dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih. Sehingga dimanapun serta kapanpun orang dapat mengekspresikan diri dengan menggunakan kamera tersebut. Dengan tidak sadar mereka itu telah menghasilkan suatu karya seni yaitu seni fotografi.

  1. Seni Mozaik

Seni Rupa 2 Dimensi

Merupakan jenis karya seni rupa yang pembuatannya dengan metode menyusun suatu benda sampai menciptakan bentuk tertentu.

Bentuk benda ini tentu saja memiliki nilai estetis tinggi dan memerlukan bahan – bahan tertentu. Sebagai bahan utama dapat memakai pecahan kaca, kulit telur, keramik, serta serpihan kayu.

  1. Poster

Seni Rupa 2 Dimensi

Pembuatan poster ini biasanya diatas kertas serta menciptakan suatu bentuk yang dapat memberikan suatu informasi.

Data yang diberikan ini dapat berupa suatu ajakan atau pesan propaganda. Poster termasuk seni rupa 2 dimensi yang sangat efektif sebagai iklan dalam menaikkan suatu produk.

Seiring dengan perkembangan zaman yang modern perkembangan seni rupa 2 dimensi saat ini mengalami kemajuan. Terlebih dengan dukungan teknologi yang canggih yang mampu menghasilkan alat – alat bantu sehingga mempermudah para seniman dan pertumbuhannya jauh lebih mudah.

Hal ini tentu menggemberikan sekali terutama buat para pecinta seniman. Sederhana apapun bentuk sebuah karya seni rupa pasti mempunyai nilai estetis tersendiri.

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya menjadi kewajiban kita untuk terus melestarikan serta mengembangkan seni rupa tersebut. Baik dari karya seni rupa lokal maupun internasional harus sama-sama kita jaga dan lestarikan keberadaannya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply