Ini Dia Penjelasan Terlengkap tentang Seni Teater

Seni Teater – Sudahkah Anda mendengar tentang seni teater? Ya, pertunjukkan yang satu ini memiliki berbagai cerita yang bertujuan untuk menghibur.

Biasanya pertunjukan teater ditampilkan pada berbagai acara yang membutuhkan hiburan, seperti pada saat acara kelulusan, pentas seni sekolah, pada saat wisuda, dan lain sebagainya.

Namun, sudahkah Anda memahami tentang seni teater? Artikel ini akan menjelaskan seluk beluk tentang teater secara lengkap.

Dengan hal ini, Anda akan lebih mudah mengerti tentang teater mulai dari sejarah hingga contoh dari seni teater itu sendiri. Ingin tahu lebih detail? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Sejarah Seni Teater

Sejarah seni teater

Sejarah teater tidak diketahui asal mulanya, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa terdapat 3 asal mula pertunjukan teater.

Penelitian ini tentu dilakukan oleh para ahli di bidangnya yang mengatakan bahwa teater pertama kali muncul dari upacara agama primitive yang di dalamnya memiliki kisah yang diceritakan.

Kedua berawal dari nyanyian untuk menghormati para pahlawan, dalam setiap upacara tersebut dipertunjukkan kisah riwayat hidup sang pahlawan yang telah gugur.

Tentunya berbagai aspek kehidupan dari sang pahlawan tersebut diceritakan dalam berbagai aspek seperti perburuan, percintaan, dan lain sebagainya.

Ketiga yaitu berawal dari kesenangan manusia pada saat mendengarkan cerita yang terdiri dari kisah yang memberikan inspirasi, kisah mellow, maupun yang menegangkan. Kisah seperti ini akan menjadi salah satu bahan pembicaraan sehari-hari yang menyenangkan.

Salah satu naskah teater tertua yang ditemukan di Mesir pada tahun 2000 yang ditulis oleh I Kher-nefert. Naskah ini termasuk dalam naskah tertua di dunia yang telah diteliti bahwa naskah ini digunakan untuk pertunjukan teater di Kota Abydos. Naskah ini berisi tentang pertarungan antara dewa yang baik dan dewa yang jahat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli juga ditemukan bahwa dalam pertunjukan teater Abydos terdapat beberapa unsur seperti naskah, jalan cerita, pemain, musik, dialog, tarian, nyanyian, dan berbagai property yang digunakan sebagai proses berjalannya teater ini.

Baca Juga : Seni Tari

Pengertian Seni Teater

pengertian seni teater

Teater merupakan sebuah kata dari Bahasa Indonesia yang mengadopsi dari kata teater dalam Bahasa Inggris, yaitu theater atau theatre. Sedangkan jika ditelisik lebih jauh, teater pada awalnya merupakan Bahasa Yunani yang memiliki arti tempat menonton.

Arti kata teater berdasarkan istilah merupakan semua hal berkaitan dengan tempat pertunjukan yang didedikasikan untuk hiburan. Dalam hal ini, teater merupakan sebuah pertunjukan atau drama yang berisi budaya seperti lenong, ludruk, dan lain sebagainya.

Sedangkan artu teater ini merupakan sebuah pertunjukan drama yang dipertunjukkan untuk orang banyak. Dapat diartikan bahwa drama dan teater merupakan dua hal yang berkaitan dan tidak dapat dilepaskan.

Meski begitu, keduanya memiliki 2 pengertian yang berbeda, teater adalah pertunjukan dan drama adalah naskah yang ditampilkan.

Sehingga dalam hal ini, bentuk visual dari drama yang memiliki iringan lagu, puisi, dan lain sebagainya ini merupakan salah satu sarana hiburan bagi masyarakat.

Unsur Seni Teater

unsur seni teater

Sebagai sebuah seni, teater juga memiliki beberapa unsur yang melekat di dalamnya. Beberapa unsur ini harus ada dan tidak bisa dihilangkan.

Hal ini juga berpengaruh terhadap berlangsungnya sebuah teater, jika ada salah satu unsur yang hilang maka pertunjukan tidak akan berjalan dengan maksimal.

  1. Naskah

Naskah atau yang bisa disebut scenario merupakan salah satu unsur utama pertunjukan teater. Hal ini karena dalam sebuah pertunjukan pasti terdapat beberapa tokoh yang memiliki peran tertentu. Dalam sebuah peran tersebut terdapat dialog antar pemain yang dapat memberikan kesan mendalam pada saat ditampilkan.

Namun, terdapat juga para pemain teater yang sudah berpengalaman, menjalankan teater tanpa adanya naskah. Spontanitas para pemain pada saat berdialog di depan panggung merupakan salah satu pertunjukan tanpa naskah yang dapat memberikan kesan yang mendalam pula.

  1. Pemain

Pemain atau yang disebut sebagai pemeran tokoh pada saat panggung teater dimulai ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis pemain ini terdiri dari peran utama, peran pembantu, dan peran figuran. Jenis kelamin pada pemain ini juga dibedakan penyebutannya, jika pemain laki-laki disebut aktor, maka pemain perempuan disebut sebagai aktris.

Pemain ini merupakan unsur yang penting setelah naskah. Dengan adanya pemain, maka dapat melengkapi unsur seni teater yang lain, yaitu suara dan gerak.

Keduanya merupakan hal yang dapat memberikan cerita yang ditampilkan lebih menarik dan tampak lebih nyata. Penonton dapat menyelami cerita dengan penghayatan para pemain pada saat pertunjukan teater.

  1. Sutradara

Sutradara berfungsi sebagai pengatur jalan cerita yang akan ditampilkan pada saat seni teater. Sutradara ini juga merupakan unsur yang penting, dimana selain dapat mengatur jalannya cerita, sutradara juga dapat menjadi koordinator dalam pentas teater.

Sutradara juga bertugas mencari pemain yang sesuai dengan jalan cerita dan memiliki ekspresi yang bagus.

Sutradara juga berperan penting dalam semua aspek pertunjukan teater. Dimana mulai dari tata rias, tata letak, dan desain juga merupakan arahan dari sutradara. Dapat dikatakan bahwa sukses atau tidaknya sebuah pertunjukan teater juga berpengaruh dari siapa sutradara yang memimpin.

  1. Staf produksi

Staf produksi juga merupakan unsur yang bertugas pada sebelum pertunjukan hingga setelah pertunjukan. staf produksi bertugas untuk menjaga orang-orang yang berpartisipasi dalam pertunjukan, berkaitan dengan program kerja, fasilitas, anggaran, dan lain sebagainya.

Staf produksi ini bertugas untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan produksi. Dimana di dalam proses produksi pasti terdapat berbagai hal yang dibutuhkan. Dalam hal ini, pihak yang bertugas untuk mengatur adalah staf produksi.

  1. Desainer

Desainer dapat disebut juga sebagai tim desain. Jika dalam fikiran Anda tim desainer ini merupakan tim yang membuat baju, tentu tidak.

Karena tim ini merangkap berbagai hal, tidak hanya dalam dunia tata busana namun juga tata suara, property, pencahayaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan dekorasi.

  1. Crew

Crew merupakan salah satu bagian dari desainer yang juga memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan desainer. Namun, tugas crew ini memiliki tugas pokok yang tentunya harus dilaksanakan sebagai cew. Beberapa divisi yang dipegang oleh crew tentu tidak dapat dihilangkan dan harus dilaksanakan.

  1. Property

Anda tentu sudah tahu bukan tentang property? Ya, property merupakan semua benda yang dibutuhkan untuk berjalannya suatu teater. Berbagai benda yang tergolong dalam property ini tentunya harus sesuai dengan pertunjukan yang ditampilkan. Berbagai cerita mulai dari percintaan, bahkan kekerasan harus menggunakan property yang aman.

Baca Juga : Seni Patung

Jenis Seni Teater

jenis seni teater

Sebagai salah satu seni, teater juga dibagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, teater dikelompokkan berdasarkan 6 jenis di bawah ini :

  1. Teater dramatik

Teater drama ini menampilkan kisah yang sangat nyata dialami dalam kehidupan sehari-hari. Jenis teater ini tidak memiliki improvisasi sehingga drama yang ditampilkan menonjolkan detail tempat dan latar belakang cerita sehingga tampak lebih nyata.

  1. Teater boneka

Biasanya teater boneka ini disenangi oleh anak-anak, dimana terdapat boneka yang menjadi pemeran utamanya. Dalam cerita teater boneka ini, terdapat beberapa tokoh boneka mulai dari boneka tali, boneka tangan, boneka kayu, dan lain sebagainya.

  1. Teater gerak

Jenis teater ini merupakan salah satu jenis teater yang unik, dimana dalam penampilannya yang ditonjolkan adalah gerak dan mimik wajah. Dalam jenis teater ini bahkan tidak memiliki dialog karena yang ditampilkan adalah gerakan saja namun memiliki jalan cerita juga.

  1. Drama musikal

Drama musikal merupakan salah satu jenis seni teater yang digemari oleh semua kalangan. Hal ini karena drama musikal sangat menyenangkan untuk ditonton. Selain memiliki jalan cerita yang bagus, drama ini juga menampilkan musik dan tarian.

  1. Teatrikal puisi

Jenis pertunjukan ini sangat kaya dengan seni, dimana keduanya disatukan dalam sebuah panggung. Teatrikal puisi ini menampilkan pembacaan puisi diiringi dengan ekspresi dan tingkah laku para pemain. Isi dari sebuah puisi tersebut akan diwakili secara langsung oleh pemain untuk disampaikan kepada penonton.

  1. Teater wayang kulit

Wayang kulit merupakan tontonan pada zaman dahulu yang menampilkan berbagai macam peran menggunakan wayang kulit.

Wayang kulit merupakan benda yang terbuat dari kulit dan berbentuk manusia yang didesain sebagai tokoh yang diinginkan. Dalam pertunjukan ini, wayang kulit menggunakan layar yang tipis sehingga memberi kesan bayangan dalam penampilannya.

Fungsi Seni Teater

fungsi seni teater

Sebagai sebuah seni, teater juga memiliki fungsi. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi saat ini, teater juga mengalami pergeseran.

Pada awalnya, teater digunakan sebagai upacara, pendidikan, dan sarana hiburan. Ketiga hal ini sangat penting dalam kehidupan karena dapat memberikan pemahaman nilai tanpa menghakimi atau dalam bentuk pertunjukan.

Fungsi teater sebagai upacara merupakan sebuah persembahan yang dilakukan oleh masyarakat Yunani untuk menyembah Dewa yang dipercayai.

Dewa ini bernama Apollo dan Dyonesos. Sedangkan upacara yang dilakukan di Indonesia menggunakan teater merupakan jenis tradisional yang dikhususkan untuk ibadah agama Hindu atau Budha.

Teater dapat juga menjadi sarana pendidikan karena di dalam cerita yang ditampilkan pasti terdapat nilai atau moral baik yang disampaikan. Sehingga teater juga dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan yang lembut dan tidak menghakimi.

Teater juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan ekspresi. Dalam hal ini, bagi Anda yang memiliki minat dan bakat di bidang seni yang menggunakan peran dan naskah dapat mengikuti teater.

Para pemain yang selanjutnya disebut seniman ini akan bebas mengekspresikan diri bahkan berimprovisasi untuk bermain di atas panggung.

Tidak hanya itu, teater juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi Anda yang memiliki jenis kepribadian introvert.

Anda dapat memiliki kesempatan untuk bertemu orang baru dan saling bertukar informasi sehingga akan mengasah kemampuan bersosialisasi bagi Anda.

Baca Juga : Seni Movie

Contoh Seni Teater

contoh seni teater

Contoh seni teater ini dilihat berdasarkan jenis dari teater itu sendiri. Dimana setiap jenis pasti memiliki contoh yang tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran bagi Anda.

Contoh dari drama musikal sebagai salah satu jenis teater ini adalah opera dan cabaret. Beberapa pementasan opera dan cabaret ini juga ditampilkan di Indonesia dan dinikmati oleh banyak orang.

Adapun jenis teater yang lain yaitu wayang kulit merupakan sarana Sunan Kalijaga pada zaman dahulu untuk menyebarkan pendidikan agama kepada masayarakat.

Teater ini ditampilkan secara bagus dengan iringan lagu serta nada percakapan yang bervariasi. Sehingga menyenangkan untuk ditonton.

Sekian penjelasan tentang seni teater ini, semoga dapat memberikan informasi terlengkap kepada Anda. Tentunya fakta yang dijelaskan di atas terkait dengan teater memiliki berbagai macam informasi menarik yang tentunya belum Anda ketahui.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply