Kumpulan Sketsa Batik

Sketsa Batik – Batik merupakan salah satu warisan nusantara yang dimiliki oleh Indonesia. Batik sendiri sudah di resmikan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan yang di resmikan pada tanggal 2 Oktoer 2009.

Banyak ragam dan jenis batik yang bisa kita jumpai di Indonesia seperti yang terkenal jensi batik mega mendung, pekalongan, cirebon, solo dan lain – lain.

Untuk sekarang batik sudah mulai mendunia dan sudah banyak yang memakai batik yang mana awalnya batik hanya digunakan untuk keluarga keraton saja.

Nah untuk kali ini admin akan mengulas sedikit tentang sketsa gambar batik yang bisa anda tiru dan jadikan sebagai karya baik nantinya di gambarkan pada kertas atau langsung praktek di kain. Yuk intip pembahasan berikut.

Sejarah Batik

sejarah batik

Batik sendiri dimulai pada abad ke – 17 masehi. Batik sendiri pada mulanya masih di tulis dan dilukis pada daun lontar dan papan rumah adat.

Batik sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu nikit dan amba. Orang – orang yang membuat batik sendiri hanya mengisi kegiatan pada waktu luang saja.

Pada masa kerajaan Majapahit barulah kesenian batik ini baru dikenal dan mulai dituliskan pada kain yang mana di buat untuk pakaian.

Mulanya baju batik hanya digunakan oleh keluarga keraton. Batik sendiri merupakan peninggalan leluhur masyarakat jawa.

Macam – Macam Contoh Sketsa Batik

Sketsa Batik Pekalongan

Sketsa Batik Pekalongan

Batik pekalongan baru berhasil di ciptakan oleh para pengrajin yang ada di pekalongan dan mulai dikenal karena langsung dijual pada pengusaha dari Belanda.

Adapun beberapa ciri dari batik pekalongan adalah :

  • Mempunyai warna yang cenderung cerah
  • Mempunyai motif yang dipenuhi dengan garis serta titik
  • Kebanyakan motif adalah bunga
  • Meempunyai motif jlamprang
  • Memiliki motif khas dengan keturunan tiongkok

Tidak hanya sampai disitu batik pekalongan sendiri mempunyai beberapa jenis yang dimiliki seperti motif batik semen, jlamprangan, sawat dan motif batik liong.

Sketsa Batik Mega Mendung

Sketsa Batik Mega Mendung

Batik megamendung merupakan salah satu jenis batik yang terkenal dari Indonesia. Batik ini merupakan salah satu batik dari cirebon.

Motif mega mendung sendiri menggambarkan bentuk dari awan yang ada dilangit.

Cerita yang beredar, motif mendung ini lahir pada saat seseorang melihat bentuk langit dengan awan yang di lihat dari genangna air hujan.

Dengan keratifitas yang dimiliki munculaah ide untuk membuat model batik dengan nama mega mendung dengan warna yang tegas.

Adapun warna yang tegas dari motif ini juga mempunyai filosofi yang mana melambangkan seorang pemimpin yang harus mengayomi masyarakat atau warganya.

Sketsa Batik Flora

Sketsa Batik Flora

Sketsa batik dengan motif flora sendiri sering dikenal dengan pola bunga, tumbuhan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan tanaman.

Motif ini biasanya di gunakan untuk pakaian yang sifatnya informal yang menggabungkan ornamen maupun komposisi tertentu sehingga menghasilkan motif yang indah.

Adapun jensi flora khas Nusantara antara lain Batik kembang bali, bunga tilip, bunga akar merah, batik selendan gendongan tradisional, kembang putih manggis dan beberapa jenis lainya.

Sketsa Batik Flora

Baca Juga : Sketsa Pemandangan

Sketsa Batik Hewan

Sketsa Batik Hewan

Banyak motif atau sketsa yang bisa dibuat menjadi batik yang dibuat dengan menggunakan kain atau pada media lainya.

Salah satunya adalah motif atau sketsa dengan jenis hewan karena jenis ini mendapat banyak perhatian dari khalayak umum dan pastinya para pecinta batik.

Hewan sendiri memang tidak asing lagi untuk kita, pasalnya setiap hari pastilah kita menemukan yang namanya hewan sehingga tidak jarang banyak orang yang menggambarkan atau membuat sketsa batik dengan tema hewan.

Adapun jenis yang sering kita temui untuk batik salah satunya adalah motif batik dengan tema kupu – kupu, kelelawar dan beberapa jenis lainya.

Sketsa Batik Hewan

Sketsa Batik Berwarna

Sketsa Batik Berwarna

Seperti yang kita ketahui batik merupakan salah satu ciri khas pakaian adat dari indonesia yang sudaah mendunia.

Tidak jarang banyak orang yang menjadikan pakaian batik ini sebagai pakaian yang wajib di pakai baik waktu acara formal seperti acara kantor, seragam kantor, kondangan atau acara yang nonformal lainya.

Banyak sketsa yang bisa dibuat untuk motif batik salah satunya adalah batik dengan sketsa berwarna. Untuk moif tentunya sesuai dengan selera masing – masing karena mamang menjadi kesukaan masing – masing pengguna.

Sketsa Batik Berwarna

Sketsa Batik Cirebon

Sketsa Batik Cirebon

Salah satu jenis batik yang mempunyai banyak peminat serta terkenal baik nasional maupun mancanegara.

Batik cirebon ini merupakan hasil peran dari salah satu murid Sunan Gunung Jati yaitu Ki Gede Trusmi yang mana sekarang di jadikan sebagai nama desa di Cirebon.

Sejarah yang panjang tentunya tidak lepas dari orang hebat yang membawa nama cirebon menjadi salah satu kota yang terkenal dengan batinya.

Banyak sekali motif yang dihasilkan mulai dari yang paling terkenal seperti batik mega mendung, paksinaga liman, singa payun dan beberpa jenis batik cirebon lainya.

Sketsa Batik Solo

Sketsa Batik Solo

Tidak kalah dengan cirebon, solo juga menjadi salah satu kota yang mempunyai batik dengan ciri khas sendiri.

Motif dari solo sendiri merupakan motif yang diproduksi secara turun temurun dan sampai sekarang peminat batik solo juga tidak kalah dengan batik dari cirebon.

Banayk motif yang dihasilkan dari solo ini salah satunya motif parang, kawung, sawat dan beberapa motif lainya.

Sketsa Batik Jambi

Sketsa Batik Jambi

Batik merupakan kerajinan khas jawa yang diwarikan secara turun temurun dari nenek moyang. Namun perlu diketahui bahwasanya batik dengan perkembanganya ini sudah mulai merambah ke seluruh wilayah di Indonesia.

Salah satunya dengan jambi yang mempunyai batik dengan ciri khas tersendiri.

Batik jambi sendiri mempunyai motif dengan patola serta motif yang mengusung pada flora pada lingkungan sekitar yang ada di jambi.

Adapun jenis sketsa batik jambi yang bisa anda buat salah satunya adalah batik bungo durian, bungo melati, dan kapal sanggat.

Gambar Sketsa Batik Bunga

Gambar Sketsa Batik Bunga

Ada lagi nih sketsa batik yang sangat terkenal dan juga banyak orang mencari yaitu batik motif bunga.

Banyak jenis yang bisa dikembangkan saat membuat batik dengan motif ini seperti motif bunga rumput, kembang kantil, kenanga, krisan dan beberapa motif lainya.

Untuk membuat batik dengan motif ini pun tentunya tidak perlu khawatir karena kami telah menyiapkan beberapa contoh yang bisa anda buat dan tiru.

Gambar Sketsa Batik Sederhana

Gambar Sketsa Batik Sederhana

Sketsa Batik Modern Nusantara

Sketsa Batik Modern Nusantara

seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa indonesia merupakan negara dengan keberagaman dan kekayaan yang sangat banyak.

Salah satunya adalah pakaian adat serta model batik. Banyak motif batik modern yang sudah mulai dikembangkan seperti batik aceh, batik bali dan beberapa batik dari daerah lainya.

Sketsa Batik Kawung

Sketsa Batik Kawung

Selanjutnya yang tidak kalah populer dan terkenal dikalangan masyarakat indonesia adalah batik kawung atau batik yang paing tua di jaw yang mana sering dikaitkan dengan kehidupan keluarga pada zaman kerajaan.

Batik kawung sendiri merupakan salah satu jenis yang paling dilarang pada masa itu atau pada masa kerjaan.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa motif batik ini sudah ada sejak abad ke – 9. Waaah sudah sangat lama ya teman – teman.

Pada awalnya batik ini dikeanl sejak abad ke – 18 atau sejak masa kesultanan Ngayogyokarto Hadiningrat.

Teknik Membatik

Di Indonesia sendiri hampir setiap wilayah mempunyai ciri khas batik sendiri dengan simbol dan teknik membuatnya. Berikut ini akan kita ulas tentang teknik membatik yang baik dan benar berikut ada 5 teknik yang sering digunakan untuk membatik.

Baca Juga : Sketsa Hewan

  • Teknik Canting Tulis

Teknik Canting Tulis

Canting merupakan alat yang tidak lepas dengan batik. Canting sendiri merupakan alat yang digunakan untuk membaut motif batik dari Jawa.

Secara sederhananya canting ini berfugsi untuk menggambar atau bisa dikatakan sebagai pengganti bolpoin.

Teknik canting tulis ini merupakan teknik yang hampir 100% menggunakan cara yang masih tradisional serta manual.

Menggunakan canting ini akan membuat batik yang dihasilkan meemiliki aroma khas. Hal ini dikarenakan pewarnaan yang digunakan adalah pewarnaan yang masih alami seperti kulit kayu, daun tom, kulit kayu inti atau kayu jambal.

Semua bahan kayu tersebut memiliki kegunaan tersendiri dan hasil warna yang berbeda – beda tentunya.

  • Teknik Cap

Teknik Cap

Teknik cap sendiri merupakan teknik yang menggunakan alat canting cap timbul. Cara menggunakan alat ini adalah dengan cara di celukan pada cairan malam lalu di cap ke bagian kain yang akan dibuat.

Untuk motifnya sendiri dibuat dengan menggunakan lempengan besi dengna ukuran dan pola yang sudah di tentukan tentunya.

  • Teknik Celup Ikat

Teknik Celup Ikat

Diantara teknik teknik yang lain teknik ini merupakan teknik yang tergolong mudah untuk dibuat.

Cara membuat motif batik dengan menggunakan teknik ini adalah dengan cara menggunakan kain yang diikan dan dicelupkan pada bahan perwarna yang sudah dibuat.

Untuk motif yang dihasilakan tentunya tergantung dengan kreasi pada ikatan yang anda buat. Teknik ini sering dikenal dengan nama teknik jumputan, tritik atau teknik pelangi.

  • Teknik Printing

Teknik Printing

Teknik membatik selanjutnya adalah teknik printing. Teknik ini merupakan teknik modern karena sudah menggunakan alat yang canggih.

Teknik ini merupakan teknik dengan produksi yang cenderung cepat dan effisien karena tidak perlu repot – repot menggambar hanya menggunakan alat printing saja.

Pewarnaan yang digunakanpun juga menggunakan pewarnaan kimia jadi jangan heran jika batik dengan teknik tidak mmpunyai aroma khas.

  • Teknik Colet

Teknik Colet

Teknik ini merupakan hasil dari perkembangan bahan pewarnaan kimia. Cara membuat motif dengan menggunakan ini adalah dengan mengoleskan pewarna kain dengan kuas atau kapas.

Pola yang digunakan sendiri biasanya menggunakan coretan malam yang mana berfungsi sebagai pembatas warna sehingga ketika membuat pola warna tidak meluber kemana – mana.

Cara Membuat Motif Batik Tulis

Cara Membuat Motif Batik Tulis

  • Membuat Desain Batik

Cara pertama yang perlu anda lakuakan adalam membuat molani atau yang sering dikenal dengan desain batik.

Untuk membaut desain tentunya bisa dubuat dengan sesuka hati anda. Namun anda bisa menggunakan desain atau sketsa motif batik yang sudah kami jelaskan di atas agar lebih mudah dan tidak perlu memikirkan motif ribet – ribet.

  • Melukis Pada Media Kain

Agar karya berhasil anda releasiskan yaitu membuat lukisan pada kain yang sudah anda sediakan diawal. Anda bisa meenggunakan bahan lilin atau bahan lainya. Nah pada tahapan ini anda perlu menggunakan canting sebagai alat untuk melukisnya.

  • Menutupi Kain Putih

Langkah selanjutnya adalah menutupi bagian putih yang sempit yang mana untuk bagian ini anda bisa menggunakan canting. Sementara untuk bagian yang luas anda bisa menggunaan kuas atau alat lainya.

  • Lakukanlah Pewarnaan

Pewarnaan pada langkah ini adalah pewarnaan yang pertama. Caranya adalah mencelupkan pada pewarnaan yang sudah anda tentukan. Namun perlu diketahui sebelum melakukan pewarnaan anda harus menetupi baigan yang tidak boleh terkena warna dengan menggunakan lilin.

Setelah sudah selesai mencelupkan anda bisa meenjemur. Tujuan ini adalah langkah yang harus dilakukan.

  • Melukis Kembali Dengan Canting

Bukan berarti setelah di keringkan proses selesai ya. Hehehe

Untuk langkah selanjutnya adalah melukis kembali kain yang sudah anda gambar tadi dengan mengguakan canting.

Tujuanya adalah agar warna yang dihassilkan bisa di pertahankan dan tidak mudah pudar setelah selesai kembal celup kembali pada pewarnaan atau bisa di bilang melakukan perwarnaan kedua.

  • Menghilangkan Lilin

Cara selanjutnya yaitu menghilangkan lilin. Setelah pewarnaan kedua anda lakukan dan sudah dirasa kering anda bisa melakukan cara ini yaitu menghilangkan lilin yang menempal pada kain.

Caranya seperti apa ? nah caranya yaitu dengan menccelupkan kaain pada air panas.

Baca Juga : Sketsa Kupu – Kupu

  • Membatik Lagi

Masih ada lagi nih tahapanya yaitu tahapan membatik lagi setelah kain dirasa bersih dan sudah kering.

Tujuan ini adalah agar warna pada pewarnaan pertama dan kedua bisa bertahan dan tidak mudah pudar.

  • Ngorot

Ngorot sendiri adalaah tahapan untuk mereuh kain yang sudah berubah warna dengan menggunakan air panas.

Tujuan dari ngorot ini adalah menghilangkan lilin agar motif yang sudah berhasil anda buat di awal bisa terlihat dengan jelas.

  • Mencuci Kain Batik

Ini merupakan tahapan terakhir. Anda bisa mencuci kain dan setalah itu dijemur dan setelah kering anda sudah bisaa menggunakan kain batik yang anda buat tadi.

Demikian tadi beberapa pembahasan mengenai sketsa batik lengkap dengan langkah membuat serta caranya. Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan anda terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply