Sketsa Gambar Apel

Sketsa Gambar Apel –  apel merupakan buah yang sangat kaya akan manfaat, nutrisi, mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dan paling terkenal dari kandungan buah apel adalah  vitamin A yang  baik untuk mata.

Buah apel banyak disukai oleh orang, buah yang memiliki warna merah dan hijau ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Selain rasanya, buah ini juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan mempunyai khasiat untuk menangkal berbagai jenis penyakit.

Buah yang memiliki bentuk bulat dan ukuran tidak terlalu besar, apel tumbuh subur di daerah yang memiliki suhu sejuk atau dataran tinggi.

Hampir semua bagian buah apel memiliki manfaat  yang baik untuk tubuh mulai dari kulitnya hingga dagingnya kaya akan nutrisi dan vitamin.

Sketsa gambar Apel 3D

Sketsa Gambar Apel

Buah apel berwarna merah, jika sudah masak dan siap untuk dukonsumsi, namun bisa berwarna hijau atau kuning tergantung dari jenisnya.

Buah apel memiliki kulit yang agak lembek dan daging yang keras, serta memiliki beberapa biji di bagian dalamnya.

Nama latin dari buah apel adalah malus domestica. Orang pertama kali menanam apel di Asia Tengah, kini apel banyak dikembangkan dan dibudidaya di daerah yang memiliki suhu udara dingin.

Apel sangat baik untuk dikonsumsi mentah – mentah tanpa dimasak dan juga sering digunakan untuk berbagai jenis makanan dalam pesta.

Biasanya apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus, dan dibuat menjadi minuman seperti jus atau sari buah apel.

Pohon apel termasuk jenis pohon kecil dan berdaun gugur, yang dapat tumbuh dengan ketinggian 3 hingga 12 meter, dengan tajuk lebar dan beranting.

Daunnya berbentuk lonjong dengan panjang 5 hingga 12 cm dengan lebar 3 sampai 6 cm. pohon apel berbunga dimusim semi bersamaan dengan percambahan daun.

Sketsa Gambar Apel

Bentuk bunganya putih dengan baur merah jambu yang berangsur pudar, terdapat 5 kelopak berdiameter 2.5 – 3.5 cm.

Buah apel akan masak dan bisa dikonsumsi pada musim gugur, berukuran diameter 5 – 9 cm. pada inti buah apel terdapat lima gynoecium yang tersusun menyerupai bintang lima mata, dimana masing – masing berisi 1 – 3 biji.

Pernah hidup dan ditemukan apel terbesar dengan berat 1.849 kg yang ditanam di kota Hirosaki, Jepang pada tahun 2005.

Sebuah penelitian dari konsorsium pimpinan Italia pada tahun 2010, mengumumkan bahwa mereka telah menafsirkan semua genom apel (varietas golden delicious).

Apel mempunyai sekitar 57.000 gen, dan merupakan genom tumbuhan dengan jumah tertinggi yang telah dikaji sejauh ini, serta melebihi gen dari genom manusia yang hanya sekitar 30.000.

Nah, dalam menggambar apel kita bisa membuatnya dengan cara atau metode 3d, sehingga gambar akan terlihat lebih nyata dan hasil yang menakjubkan.

Baca Juga : Sketsa Pemandangan

Sketsa Gambar Apel Berwarna

Sketsa Gambar Apel

Sketsa Gambar Apel

Sketsa Gambar Apel Hijau

Sketsa Gambar Apel

Terdapat 2 jenis apel yang umum kita temukan yakni apel hijau dan apel merah. Apel hijau sendiri sangat berkhasiat untuk menanggulangi berbagai masalah kesehatan.

Apel hijau kaya akan vitamin A, C, dan K merupakan sumber baik dari antioksidan, zat besi, kalium, kalsium, dan flavonoid. Serta memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Sketsa Gambar Apel

Diantara manfaat mengkonsumsi apel hijau untuk kesehatan antara lain :

  • Meningkatkan kesehatan paru – paru
  • Mencegah terjadinya pembekuan darah
  • Meningkatkan metabolism pada tubuh
  • Meningkatkan kesehatan pada tulang dan mencegah osteoporosis
  • Mampu melawan penuaan pada kulit
  • Baik untuk mata
  • Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
  • Mencegah kardiovaskular
  • Mengontrol berat badan
  • Menyuburkan rambut
  • Menjaga kesehatan pernapasan
  • Membantu menyembuhkan luka
  • Membantu detoks pada tubuh

Nah, begitu kaya nya manfaat mengkonsumsi apel hijau untuk kesehatan, dan dianjurkan paling tidak sehari 1 butir apel hijau untuk dikonsumsi.

Sketsa Gambar Apel Merah

Sketsa Gambar Apel

Kebanyakan orang hanya mengenal apel merah dan apel hijau saja, namun sebenarnya terdapat beragam jenis apel yang mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Apel merah sendiri terdapat beberapa jenis diantaranya :

  • Apel Fuji

Apel jenis ini memiliki warna kombinasi kuning kemerahan dengan rasa manis segar yang dominan. Apel ini mulai dikembangbiakan sejak tahun 1930, dan namanya diambil dari nama gunung terbesar di Jepang yaitu gunung Fuji.

  • Apel Red Delicious

Apel ini mulai populer dan dikembangkan sejak tahun 1800-an. Memiliki warna khas merah menyala menjadi ikon dari apel red delicious.

  • Apel Royal Gala

Apel ini cenderung berukuran kecil hingga sedang, dengan warna kulit kuning disertai garis – garis pink dan merah (tergantung dari tingkat kematangannya). Apel ini dikembangkan sejak tahun 1934, berasal dari New Zealand.

  • Apel Envy

Apel envy memiliki warna merah menyala dengan ukuran yang cukup besar dari jenis apel lainnya, dan memiliki daging yang lembut namun renyah.

Apel ini memiliki keunggulan dari jenis apel lain yaitu tidak berubah warnanya meskipun sudah dipotong cukup lama. Hal ini dikarenakan mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat memperlambat proses pencoklatan, yang sering terjadi pada buah apel.

  • Apel Honeycrisp

Apel jenis ini tergolong baru sekitar 20 tahun lalu dan mulai digemari oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang manis, renyah, dan juicy. Apel ini berwarna hujau dengan serat kemerahan.

Sketsa Gambar Apel

Baik apel merah maupun apel hijau sama – sama mengandung jumlah serat dan vitamin yang sama, namun pada apel merah lebih banyak mengandung beta karoten dibanding dengan apel hijau.

Kandungan beta karoten disebabkan, karena warna merah pada jenis apel ini. Beta karoten berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, antioksidan pada apel merah juga ditemukan dari pigmen antosianin yang memberikan warna merah pada kulit apel. Memiliki manfaat mencegah antivirus, radang, dan mengurangi risiko serangan kanker.

Baca Juga : Sketsa Gambar Bunga

Sketsa Gambar Apel Untuk Kolase

Sketsa Gambar Apel

Menurut sejarah apel dibawa masuk ke Amerika Utara bersama kolonis pada abad ke 17,  abad ke 20 proyek irigasi di Washington dilancarkan untuk memacu pembangunan industri pertanian buah bernilai tinggi yang dipelopori oleh spesies apel.

Sampai abad ke 20, petani menyimpan apel dalam bilik – bilik antibeku pada musim dingin untuk mereka jual.

Transportasi pengangkutan menggunakan kereta dan terus berkembang mampu menghilangkan kebutuhan untuk penyimpanan. Hingga berkembang ke berbagai Negara dan menjadi makanan vaforit banyak orang.

Sketsa Gambar Apel

Tak hanya digunakan sebagai makanan, buah apel juga digunakan sebagai obat kesehatan. Karena kaya akan manfaat hingga sebuah perusahaan elektronik terkenal dunia menggunakan logo  apel, yang sekarang terkenal dan populer menjadi produk primadona bagi banyak orang.

Selian itu, anda juga bisa menggunakan gambar apel untuk kolase, sebagai  furniture atau hiasan rumah.

Bisa dengan menggunakan biji-bijian, kertas, kaca, logam, dan berbagai bahan unik lainnya yang nanti ditempelkan pada bidang permukaan gambar.

Sketsa Gambar Pohon Apel

Sketsa Gambar Apel

Di alam liar, pohon apel tumbuh  dengan mudah dari benih, namun seperti banyak tanaman tahunan, apel biasa dikembangkan dengan aseksual secara okulasi.

Karena kecambah apel merupakan sejenis heterozigot ekstrem (tidak mewarisi DNA dan sifat – sifat dari induk untuk menghasilkan apel baru).

Kebanyakan kultivar apel memulai siklus hidup sebagai kecambah yang terjadi secara kebetulan atau dikembang biakkan dengan menyilangkan kultivar mempunyai ciri yang diinginkan.

Pohon apel juga dapat mengalami mutasi genetik di tiap cabang pohonnya. Beberapa cabang yang mengalami mutasi bisa berkembang menjadi varian yang lebih baik dari batang induknya.

Dan beberapa diantaranya bahkan sering disebut sebagai jenis pohon apel baru. Proses pengembang biakkan apel akan lebih kuat melalui penyilangan.

Pohon apel dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di dataran yang memiliki ketinggian 700 – 1200 m dpl dan  ketinggian optimal 1.000 – 1.200 m dpl.

Di Indonesia sendiri, pohon apel dapat tumbuh dan  berbuah dengan baik di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Seperti di daerah malang, pasuruan, bali (buleleng dan tabanan), dan beberapa daerah lainnya.

Apel harus dilakukan penyerbukan silang untuk dapat berbuah, hal ini bisa menggunakan bantuan seperti lebah untuk mengangkut serbuk sari.

Pada umumnya buah apel  dipanen pada umur 4 – 5 bulan setelah bunga mekar dan tergantung juga pada iklim dan varietesnya.

Sketsa Gambar Apel

Pemanenan yang baik dilakukan  saat tanaman mencapai tingkat masak fisiologis, yaitu dimana buah memiliki kemampuan menjadi masak normal setelah di panen.

Hama dan penyakit yang sering menyerang pohon apel diantaranya adalah kutu hijau (aphis pomi geer), cambuk merah / spinder mite (panonyhus ulmi), trips, ulat daun (spodopteralitura), serangga penghisap daun (helopelthis sp), ulat daun hitam (dasychira inclusa walker), lalat buah (rhagloletis pomonella).

Namun, hal tersebut dapat di antisipasi dengan beberapa cara seperti penyemprotan insektisida, membuat perangkat jebakan, memotong bagian yang sakit, dan yang lainnya.

Sketsa Gambar Daun Apel

Sketsa Gambar Apel

Kultivar apel bisa bervariasi dalam hasil dan ukuran pohonnya, meskipun tumbuh dalam batang bawah yang sama.

Beberapa kultivar yang dibiarkan tanpa dipotong, pohonnya akan tumbuh menjadi sangat besar dan berbuah lebih banyak, akan tetapi menyulitkan saat pemetikan.

Pohon apel yang telah matang mampu berbuah 40 – 200 kg buah apel setiap tahun. Buah apel biasa dipetik menggunakan tangga yang telah dirancang secara khusus untuk bagian yang tinggi tidak terjangkau oleh manusia.

Buah apel untuk tujuan komersial bisa disimpan selama beberapa bulan dalam ruangan beratmosfer terkontrol dan bersuhu dingin, untuk menunda pematangan oleh etilena.

Baca Juga : Sketsa Gambar Hello Kitty

Sketsa Gambar Apel

Dapat disimpan dalam ruangan yang mempunyai karbon dioksida lebih kental dengan pengembangan udara yang tinggi untuk mencegah peningkatan konsentrasi etilena serta memperlambat pematangan.

Meskipun telah dipetik buah apel masih melanjutkan proses pematangan. Untuk penyimpanan di rumah buah apel disimpan dalam kulkas di bagian paling dingin bersuhu dibawah 5 0C, mampu bertahan sekitar 2 minggu.

Selain itu, ada juga jenis apel lain yang mampu bertahan lebih lama seperti jenis granny smith dan apel fuji.

Daun apel termasuk jenis daun kecil berbentuk menyirip.

Daun apel memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah untuk kesehatan tulang, untuk kecantikan (mengatasi jerawat dan memudarkan noda hitam pada wajah), penyakit asma, kolesterol, mengobati diare, kanker pankreas, dan menurunkan berat badan.

Nah, itu tadi ulasan tentang sketsa gambar apel secara lengkap yang bisa menjadi referensi untuk anda dirumah, semoga bisa manambah wawasan dan bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply