Kumpulan Sketsa Ikan

Sketsa Gambar Ikan – siapa sih yang tidak pernah lihat ikan ? tentunya kita serting sekali melihat berbagai macam jenis ikan.

Ikan sendiri merupakah binatang yang hidup di air. Banyak jenis ikan yang bisa kita temui bahkan bisa kita pelihara contohnya lele, mujaer, cupang dan ikan – ikan lainya.

Iken mempunyai keunikan dan keindahan sendiri dibanding binatang lain. Ada ikan yang mempunyai berbagai warna serta keunikan tersendiri.

Bentuk ikan yang indah sering kali kita abadikan baik dalam sebuah foto atau gamaabar yang dijadikan hiasan dinding atau walpaper pada laptop atau handphone.

Kamu suka menggambar ? ikan bisa loh membuat sketsa ikan yang dipadukan dengan pemandangan laut atau pewarnaan lainya.

Kali ini telah kami siapkan rangkuman – rangkuman gambar ikan yang bisa anda tiru tentunya tidak kalah bagusnya dengan sketsa lainya. Ada banyak ikan yang bisa kalian buat. Untuk itu simak beberapa pembahasan berikut ini.

Cara Menggambar Ikan

Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang positif dengan beberapa keutamaan yang akan diperoleh seperti melatih fokus, target, serta ketelitian.

Namun menggambar membutuhkan beberapa teknik yang pas agar sketsa yang dibuat bisa mempunyai daya cipta yang bagus.

Untuk itu selain kita membahas tentah contoh sektsa kami sudah menyiapkan beberapa langkah yang bisa kamu lakukaan untuk membuat gambar ikan.

Lankah I

cara membuat sketsa ikan

Menggambar sketsa ikan merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat lingkaran yang mana kerangka ini nantinya akan dijadikan sebagai tubuh pada ikan.

Langkah II

cara membuat sketsa ikan

Setelah bagian atau tahapan pertama sudah dilaksanakn selanjutnyaa buatlah sketsa pada bagian depan atau mulut ikan.

Namun perlu diketahui setiap jenis ikan mempunyai ciri fisik yang berbeda – beda ya anda perlu menyesuaikan ikan apa yang ingin anda gambar.

Untuk jenis ikan kali ini adalah ikan yang mempunyai rahang bawah yang tumpang tindih dengan bagian rahang atas.

Langkah III

cara membuat sketsa ikan

Langkah selanjutnya adalah buatlah mata pada bagian kepala dengan bentuk lingkaran kecil pada bagian atas lingkaran yang sudah kita buat diawal tadi.

Langkah IV

Selanjutnya tambahkan ekor pada bagian belakang tubuh ikan atau lingkaran yang sudah anda buat diawal.

Langkah V

cara membuat sketsa ikan

Selanjutnya, lengkapilah anggota tubuh pada ikan. Buatlah sirip pada bagian atas atau punggung serta bagian dada ikaan. Ada banyak kreasi yang bisa anda gambarkan sesuai dengan keinginan tentunya.

Langkah VI

cara membuat sketsa ikan

Langkah terakhir adalah Lengkapilah sketsa yang sudah anda gambar dengan memberikan garis pada bagian sirip untuk mempercantik yang mana juga berfungsi sebagai tulang rusuk pada bagian ekor punggung dan juga sirip dada.

Contoh Sketsa Ikan Lengkap

1. Sketsa Ikan Mudah

Sketsa Ikan Mudah

Menggambar ikan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat selain menambah fokus, kesabaran dan beberapa hal yang sudah saya jelaskan di atas menggambar ikan juga cukup mudah.

Banyak yang bisa anda gambar dengan objek ikan contoh ikan nila, leele, paus atau ikan leengkap dengan aksesoris atau pemandangan.

Banyak contoh sketsa yang bisa anda contoh atau tiru seperti yang akan saya tampilkan di bawah ini. Namun perlu diingat menggambar memerlukan kesabaran yang ekstra agar hasil yang didapat juga bagus.

Sketsa Ikan Mudah

2. Sketa Ikan Hias

Sketa Ikan Hias

Mempunyai peliharaan ikan memang mengasikan selain untuk memperindah suasana rumah memelihara ikan juga bisa menghilangkan saat suntuk datang.

Meemelihara ikan hias dengan akuarium menjadi salah satu pilihan banyak orang. Banyak jenis akuarium dan ikan hias yang bisa anda pilih untuk menambah keindahan pada rumah anda.

Memelihara ikan hias juga mempunyai banyak manfaat. Yaitu menambah fresh otak saat suntuk datang selain itu juga bisa menambah hiburan dikala nganggur melanda.

Banyak yang beranggapan melihat aquarium yang berisikan ikan akan menambah ide dan inspirasi tersendiri. Gemercik air yang ada didalam aquarium juga membuat pikiran menjadi tenang.

Ada beberapa penelitian yang beranggapan bahwa orang yang sering berhubungan dengan ikan lebih mudah untuk mengendalikan emosinya.

Selain itu anggapan lain yang mengatakan bahwa panorama indah dalam aquarium yang dihiasi oleh beberapa terumbu karang dan lampu bisa menjadi terapi untuk jantung yang mana akan membuat otot dan jantung lebih lemas karena tekanan darah menjadi normal

Itu memang anggapan beberapa orang tidak salah jika kalian mulai mencoba.

Sketa Ikan Hias

3. Sketsa Ikan Koi

sketsa ikan koi

Koi merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Negara tirai bambu yaitu jepang. Dijepang, ikan koi dijadikan sebagai simbol cinta atu persahabatan.

Ikan koi sendiri merupakan ikan yang berada pada golongan ikan carp yang mana pertama kali dikenal pada masa dinasti Chin pada tahun 361 M.

Ikan koi sendiri merupakan ikan hasil penyilangan dari beberapa ikan strain mas yang menghasilakn silangan dengan warna merah dan putih.

Dengan begitu maka diberi nama ikan koi yang sampai ini kita bisa lihat keindahannya.

Ikan koi mempunyai keindahan tersendiri sehingga banyak yang menjadikan koi ini sebagai ikan untuk hiasan dirumah yang di taruh di aquarium.

Selain itu ikan ini dipercaya sebagai ikan yang abadi karena bisa hidup dengan umur 200 an tahun lamanya. Waww luar biasa ya bisa mengalahkan manusia umurnya.

Selain sebagai hewan yang dipelihara ikan koi juga mempunyai teksur yang indah dengan pewarnaan yang indah pula maka bagi seniman yang gemar menggambar hewan ini bisa dijadikan sebagai obejek untu mereka menghasilakn sebuah karya.

sketsa ikan koi

Baca Juga : Kumpulan Sketsa Kupu – Kupu

4. Sketsa Ikan Nemo

sketsa ikan nemo

Tahu tidak dengan ikan ini ? ikan dengan sebutan nama lain yaitu ikan badut atau ikan giru yang banyak digemari oleh masyarakta untuk dijadikan hewan peliharaan terutama bagi kalangan anak – anak.

Disebuah kartun karakter ikan nemo ini berperan dengan sangat lucu. Dengan begitu tidak jarang anak – anak sangat menyukainya.

Selain itu ikan nemo merupakan hewan yang mudah untuk di budidaya dengan penampilanya yang

Cantik dengan pewarnaan yang dimilikinya.

Ikan nemo ini memiliki tubuh yang lebar dengan mulut kecilnya.

Untuk itu tidak jarang banyak orang yang ingin bisa membut gambar ikan satu ini pasalnya mempunyai karakter dengan bentuk yang lucu dan unik.

sketsa ikan nemo

5. Sketsa Ikan Cupang

sketsa ikan cupang

ikan cupang merupakan ikan yang sering dijadikan untuk hewan peliharaan. Ikan ini merupakan hwan dengan jenis ikan air tawar yang tidak sulit untuk didapatkan di wilayah asia tenggara.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa memelihara ikan dengan aquarium bisa menghilangkan stress. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian akan kebenaranya.

Memelihara ikan cupang sendiri tidaklah menjadi hal yang sulit karena cukup membeli aquarium serta memberi makan setiap harinya ikan satu ini sudah bisa hidup dengan layak.

Ada banyak ikan cupang yang bisa anda gambar seperti ikan cupang Halfmoon, serit, slayer, doublee tail, fancy, plakat, giant dan beberapa jenis ikan cupang lainya.

sketsa ikan cupang

6. Sketsa Ikan Hiu

sketsa ikan hiu

Mendengan ikan hiu tentunya membuat bulu kudu merinding pasalnya ikan ini merupakan jenis ikan predator yang pastinya sangat ganas dan berbahaya.

Hiu sendiri mempunyai tubuh yang besar dengan gigi tajam yang menyerupai gergaji. Selain itu hiu mempunyai kemampuan mencium bau darah dari tempat yang jauh. Ketika hiu mencium bau darah ia akan cepat untuk menemukan dan memakanya. Hati hati yah kalau lagi berenang dilaut. Hehehe

Ada beberapa spesies yang bisa anda jadikan sketsa sepertei hiu goblin, great white shark, banteng, hiu harimau atau jenis hiu lainya.

Selain itu anda bisa menambahkan sedikit tambahan seperti rumput laut atau pemandangan laut agar sketsa yang anda buat bisa lebih hiidup.

sketsa ikan hiu

7. Sketsa Ikan Lumba Lumba

sketsa ikan lumba lumba

Lumba – lumba merupakan jenis ikan yang sering dijadikan pertunjukan di berbagai wahana atau kebun binatang.

Lumbu – lumba sendiri memiliki tubuh yang kencang serta ramping. Dengan hal itu sangat memungkinkan untuk lumba – lumba bergerak dengan cepat.

sketsa ikan lumba lumba

8. Sketsa Gambar Ikan Yang Mudah digambar

Sketsa Gambar Ikan Yang Mudah digambar

Ada banyak jenis ikan yang bisa anda jadikan sebagai objek membuat sketsa. Seperti ikan gurame, lele, emas atau jenis ikan lainya.

Membuat ikan pun tidak lah sulit karena bagian tubuh dari hewan ini tidaklah banyak serta mudah untuk digambarkan.

9. Sketsa Gambar Ikan Arwana

Sketsa Gambar Ikan Arwana

Untuk kalian pecinta hewan laut tentunya tidak asing lagi dengan nama ikan arwana, yang mana ikan arwana sendiri memilki daya tarik tersendiri ketimbang jenis ikan lainya.

Arwana sendiri memiliki nama ilmiah Osteoglossidae dengan ukuran yang beberda – beda setiap jenisnya serta tempat asal dan lingkungan yang berbeda – beda pula.

Ada banayak jenis ikan arwana didunia namun tidak semuanya bisa dipelihara, hanya saja arwana yang berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, Afrika, Papua dan Kalimantan.

Jika kamu ingin membuat sketsa ikan arwana bisa nih mulai dari ikan yang berasal dari mana dulu.

Sketsa Gambar Ikan Arwana

10. Sketsa Gambar Ikan Koki

Ikan koki merupakan jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas. Ikan ini pada awalnya sering dikenal dengan ikan hias di cina.

Namun bangsa jepang berhasil mempopulerkan jenis ikan ini sehingga sampai sekarang banyak yang mengenal jenis ikan yang satu ini.

Jenis ikan ini merupakan jenis ikan yang banyak diminati karena mempunyai keunikan serta kecantikan yang dimiliki dengan warna yang beragam.

Untuk itu anda bisa membuat sketsa dengan jenis ikan ini.. ada banyak jenis ikan yang bisa anda gambar seperti ikan koki orande, lionhead, ranchu, jumbo serta beberapa jenis ikan koki lainya.

Sketsa Gambar Ikan Koki

11. Sketsa Ikan Gupy

Sketsa Ikan Gupy

Ikan guppy merupakan ikan yang berukuran kecil. Namun ikan yang satu ini menjadi ikan yang terpopuler untuk dijadikan sebagai ikan hias bagi para pecinta ikan hias.

Ikan guppy mempunyai karakter dengan ekor yang berwarna indah serta mencolok. Dengan begitu banyak kolekor yang mencari ikan jenis ini.

Hal ini dikarenakan guppy mempunyai pola serta warna yang berbeda – beda dan tentunya bentuk serat warnanya ssangat cantik.

Ikan guppy sendiri mempunyai nama latin Poecilia Reticualate yang mana jenis ikan ini berasal dari wilayah Amerika Selatan.

Ikan guppy merupaan ikan yang bisa dengan cepat untuk beradaptasi dengan demikian penyebaran dari jenis ikan ini bisa meeluas keseluruh wilayah di dunia.

Jenis ikan ini sangat mudah ditemui di wilayah jawa tengah serta perairan.

Ada beberapa jenis ikan guppy yang bisa anda gambar contohnya blue moscow, black moscow, japan atau jenis – jenis ikan guppy lainya.

Sketsa Gambar Ikan Koki

12. Sketsa Ikan Louhan

Sketsa Ikan Louhan

ada lagi nih ikan yang bisa anda buat menjadi gambar yaitu ikan yang tidak asing lagi ditelinga yah terkenal dengan sebutan ikan louhan.

Ikan louhan merupakan jenis ikan yang sering di cari karena merupakan salah satu jenis yang di jadikan sebagai primadonanya ikan – ikan lainya.

Ikan louhan mempunyai ciri khusus yang tidak ada pada jenis ikan lainya yaitu benjolan yang besar pada bagian kepalanya.

Banyak orang yang mempercayai bahwa ikan ini merupakan ikan keberuntungan dan barang siapa yang mempunyai atau memeliharanya maka keberuntungan akan ada pada sang pemilik. Itu katanya ya kami pun tidak tahu kebenaranya.

Warna sisik yang dimilki oleh ikan louhan juga termasuk cantik karnea menyerupai bunga dengan warna yang cerah.

Ada beberapa jenis ikan hias louhan yang bisa anda gambar cukup pilih satu yang menurut anda gampang.

13. Sketsa Gambar Ikan Mas

Sketsa Gambar Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang gampang untuk di budidayakan. Selain itu banyak pulaa orang yang menjadikan ikan mas untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Namun masih banyak yang belum mengetahui tentang peluang bisnis ikan mas ini.

Ikan mas sendiri merupakan jenis ikan yang omnivora atau yang sering kita tahu hewan pemakan segalanya. Dengan begitu tentunya sangat mudah untuk budidaya ikan ini.

Selain itu ikan mas memiliki harga jual yang tinggi. Tidak heran jika orang yang berani budidaya ikan ini bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis.

Nah untuk kalian yang ingin membuat gambar atau sketsa bisa mulai dengan menggambar ikan mas pasalnya tidak terlalu sulit dan bisa dibuat untuk kalangan yang masih belajar.

Baca Juga : Kumpulan Sketsa Gambar Hewan

14. Sketsa Gambar Ikan Badut

Sketsa Gambar Ikan Badut

Tahukah kalian dengan film kartun Nemo dimana kisah cerita tentang seorang ayah yang mencari anaknya karena tertangkap penjual ikan ? tentunya tidak asing lagi ya film kartun itu.

Ciri fisik yang dimiliki oleh ikan ini adalah perpaduan warna orange dan putih dan tentunya ciri fisik ini sangatlah cantik dan menarik.

Ikan badut sendiri biasa disebut dengan ikan clown atau nemo yang sangat digemari oleh masyarakat terutama kalangan anak – anak.

15. Sketsa Ikan Paus

Sketsa Ikan Paus

Siapa sih yang tidak tahu tentang hewan yang memilki ukuran cukup besar dengan kehidupan yang berada dipealaman laut ini ? yah namanya ikanp paus.

Bagi para nelayan mungkin tidak asing untuk melihat ikan ini karena paus sering muncul dengan cara melompat keudara.

Untuk membuat sketsa ikan paus anda bisa menambahkan keadaan atau pemandangan laut. Selain itu anda bisa membuat ikan paus ketika melompat dari laut. Tentunya akan menambah cantik.

Sketsa Ikan Paus

16. Sketsa Ikan Mujair

Sketsa Ikan Mujair

Ikan mujaer adalah ikan yang sering kita temui karena banyak dijadikan untuk olahan makanan yang enak nan lezat.

Bahkan di Indonesia ikan ini merupakan ikan yang sangat disukai dan dijadikan ikan vaforit untuk di ternak pada kolam rumah meraka.

17. Sketsa Gambar Ikan Patin

Sketsa Gambar Ikan Patin

ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari perairan indonesia. Atau kata lain ikan ini merupakan ikan domestik yang dimiliki indonesia.

Ada banyak jenis ikan patin yang mempunyai keunikan dan juga vareasi.

Patin sendiri mempunyai ciri fisik yang panjang dengan warna putih peral, serta warna punggung kebiruan.

Selain itu patin mempunyai cri fisik kepala yang relatif kecil. Ikan patin sendiri merupakan golongan ikan cafish.

Selain itu ikan patin terkenal dengan ikan yang digadang – gadang mirip dengan ikan lele. Namun ikan patin tidak kalah jika diolah dengan benar mempunyai daging yang lembut serta gurih untuk di nikmati.

18. Sketsa Ikan Lele

Sketsa Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sering kita jumpai bbahkan hampir tidak jarang rumah – rumah makan yang menyediakan olahan ikan lele.

19. Sketsa Ikan Yang Sering Di Konsumsi

Sketsa Ikan Yang Sering Di Konsumsi

Sketsa ikan selanjutnya adalah ikaan yang sering dikonsumsi pada keseharian. Banyak jenis yang bisa kita gambar dari ikan yang sering dikonsumsi bisa dengan ikan lele, gurame atau jenis ikan lainya.

Baca Juga : Kumpulan Sketsa Gambar Burung

20. Sketsa Gambar Ikan Gurame

Sketsa Gambar Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan ikan yang sangat mudah untuk di budidayakan. Tidak jarang kita jumpai hampir disetiap wilayah di indonesia membuat pembudidayaan ikan gurame ini. Pasalnya tidak terlalu sulit dan mudah.

Ada banyak jenis gurame yang bisa anda buat menjadi gambar seperte gurame jepang, dan gureme angsa.

Selain itu ikan gurame terkenal dengan sebutan raja ikan di air tawar. Entah dari mana sebutan itu disematkan pada ikan ini namun memang sudah menjadi kepercayaan  bagi banyak orang.

Demikian tadi beberapa contoh gambar skestsa ikan yang bisa anda buat untuk menambah wawasan dan kecerdasan anda atau buah hati anda.

Menggambar sendiri merupakan aktivitas yang sangat produktif karena banyak sekali manfaat yang bisa anda atau buah hati anda dapatkan.

Terimakasih mudah – mudahan bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply