Keindahan Sketsa Pemandangan

Sketsa Gambar Pemandangan – Pemandangan alam memang sering kali kita lihat dan bahkan banyak yang berbondong – bondong pergi kepegunungan atau yang berkaitan dengan alam hanya untuk melihat pemandangan.

Hijau perbukitan dengan tamparan angin yang menyerang menambah kesegaran suasana apalagi bagi orang kota yang tidak pernah merasakan suasana segar tentunya akan betah berlama – lama untuk melihat pemandangan.

Tidak jarang banyak orang berhasil membuat gambar atau lukisan pemandangan yang indah bila di lihat.

Ada banyak kota di Indonesia yang masih mempunyai pemandangan alam yang indah seperti Malang, Batu, Yogyakarta, Bandung dan masih banyak lagi kota – kota di Indonesia lainya.

Nah berikut ini akan kami sajikan beberapa sketsa gambar pemandangan yang indah beserta tips menggambar sketsa yang baik dan benar. Beriktu ulasanya.

Sketsa Gambar Pemandangan

Sketsa Gambar Pemandangan

Banyak sekarang yang sedang tergila – gila dengan seni menggambar salah satunya menggambar sketsa pemandangan. Jadi tidak jarang banyak yang mencari bahan sebagai referensi untuk menghasilkan gambar pemandangan yang memuaskan.

Ada banyak cara untuk menghasilkan gambar diatas, salah satunya dengan pergi berlibur ke alam atau cari spot yang berhubungan dengna keindahan alam dan setelah itu anda bisa jadikan sebagai bahan untuk menghasilkan karya.

Para pelukis profesional tentunya membutuhkan lokasi yang pas dengan keindahan alam yang mendukung juga guna mendapatkan hasil maksimal saat menggambar.

Bahkan hasil lukisan yang digambar bisa bernilai jual yang tinggi.

Melukis sendiri merupakan kegiatan yang cukup produktif untuk mengisi waktu atau hanya ingin mengasah ketermpilan dalam membuat gambar.

Dengan melukis imajinasi anda akan dilatih serta menambah daya kreatifitas yang tinggi.

Tidak harus menggunakan peralatan yang mewah atau mahal anda cukup menggunakan kertas dengan pensil berwarna saja sudah cukup.

Dulu saat masih kecil atau baru menginjak sekolah SD atau TK tentunya kita sudah terbiasa dengan gambar pemandangan. Seperti halnya pemandangan Gunung, Jalan, Sawah atau yang lebih sering digambar adalah  2 gunung dengan jalan membelah gunung serta matahari di tengah antar gunung.

Ada banyak objek yang bisa di jadikan sebagai contoh untuk membuat sketsa pemandangan, bisa gunung, hutan, sawah atau pemandangna lainya.

Cara Menggambar Pemandangan

cara menggambar sketsa

Untuk membuat gambar sketsa pemandangan yang baik diperlukan cara – cara yang jitu agar menghasilkan gambar yang indah dan layak jual.

Ada banyak tahapan yang harus kita lalui. Apa saja sih tahapan untuk membuat sketsa pemandangan yang baik dan benar ? berikut ini akan kami jelaskan.

1. Cari Inspirasi Untuk Mulai Menggambar

Salah satu tahapan yang tidak boleh terlewati adalah mencari inspirasi terlebih dahulu. Setiap seniman tentunya memerlukan yang namanya inspirasi agar goresan di atas kertas atau kanvas nantinya menghasilkan maha karya yang nyata dan layak.

Seperti halnya dengan menggambar sketsa. Sangat diperlukan sekali sebuah inspirasi karena tanpa adanya inspirasi hasil yang didapat tidak akan maksimal serta gambar yang di hasilkan tidak mempunyai makna yang berarti.

Cara untuk mendapatkan inspirasi pun sangat beragam, bisa keluar rumah, mencari insformasi di sosial media atau website.

Untuk anda yang suka bepergian ke alam sangat cocok untuk bisa menghasilkan karya dari seni menggambar.

2. Buatlah Sketsa Dasar

Cara kedua untuk bisa membuat sketsa pemandangan adalah dengan membuat sketsa dasar. Jika anda sudah mempunyai inspirasi apa yang akan di buat langkah selanjutnya adalah membuat pola dasar.

Fungsi dari membuat pola sketsa dasar ini adalah agar menjadi pengatur komposisi gambar yang akan dibuat.

Namun ada yang perlu diketahui untuk membuat sketsa dasar ini yaitu dengan menggunakan pensil. Mengapa menggunakan pensil terlebih dahulu?? Jawabanya karena mudah untuk di hapus jadi akan membuat dasar gambar menjadi mudah dan menghasilkan hasil karya yang sempurna.

Karena pada dasarnya jika anda menggunakan spidol langsung akan membuat kerumitan tersendiri pasalnya spidol tidak bisa untuk di hapus dan akan membuat pemborosan pada penggunaan kertas.

3. Menggambar Sesuai Aslinya

Trik terakhir adalah dengan membuat gambar sesuai dengan aslinya atau inspirasi yang sudah didapatkan pada awal menggambar.

Namun, menggambar tidaklah mudah, karena membutuhkan keterampilan yang baik, maka dari itu mengasah skill dan jam terbang sangat diperlukan agar gambar sketsa pemandangan bisa dilihat layak dan anda menjadi pelukis yang handal.

Tahap menggambar pada bagian ini tentu membutuhkan keterampilan dan kesabaran yang ekstra. Jika anda kurang sabar maka hasilnya pun tidak akan maksimal dan tidak akan mirip dengan obyek aslinya.

4. Pemberian Warna

Tahap terakhir dalam pembuatan sketsa pemandangan adalah dengan memilih pewarnaan yang sesuai dengan obyek yang dipilih.

Pada tahapan ini semua pelukis pasti memiliki selera warna yang berbeda ada yang suka dengan kecerahan dan adapula yang lebih menyukai pewarnaan gelap.

Untuk pemberian warna pun anda bisa menggunakan media crayon, pensil warna atau jika anda sudah pro bisa menggunakan cat air.

Namun untuk anda yang masih pemula atau tahap belajar kami sarankan untuk menggunakan crayon terlebih dahulu. Selain lebih mudah crayon juga bisa dihapus jadi jika ada kesalahan anda lebih mudah untuk memperbaikinya.

Sebagai seniman pelukis anda juga harus mengetahui bahwa lukisan yang memiliki nilai jual yang tinggi adalah lukisan yang memiliki nilai estetika dan bisa membuat orang yang melihatnya terpana atau terkagum – kagum.

Lukisan yang dibuat memilki nyawa tersendiri jadi jika ada yang melihat lukisan yang anda buat bisa masuk kedalam lukisan anda.

Baca Juga : Sketsa Kupu – Kupu

Kumpulan Sketsa Gambar Pemandangan Lengkap

Banyak sekali sketsa pemandangan yang bisa kita pilih dengan gaya yang berbeda – beda tentunya. Dibawah ini akan kita sajikan beberapa contoh sketsa pemandanagan yang bisa anda lihat mulai dari pemandangan alam, hutan, atau pegunungan.

Yuk kita simak pembahasan berikut ini :

1. Sketsa Gambar Pemandangan Alam

 

Untuk menambah kesan bagus pada gambar yang akan anda buat kami sarankan untuk menambahkan beberapa orang, kerbau atau apalah yang bisa menambah kesan komplit pada karya yang akan anda lukis.

Ada beberapa contoh di bawah ini yang bisa anda jadikan referensi dan dipilih.

Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Sketsa Gambar Pemandangan Alam

2. Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna

Memberikan pewarnaan pada lukisan akan membuat nyawa dari sketsa anda lebih terasa. Banyak media yang bisa anda gunakan untuk manambahkan warna pada lukisan anda, bisa menggunakan crayon, cat ari atau spidol.

Beda dengan sketsa yang tidak memilki warna. Sketsa dengan gambar ini akan menambah kesan nyata pada gambar anda. Jadi biasakan untuk menggunakan warna yang cerah agar orang yang melihat bisa suka dan terpana.

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna

3. Sketsa Gambar Pemandangan Bawah laut

Bukan hanya pemandnagna seperti gunung, hutan, perdesaan saja yang bisa anda gambar melainkan pemandangan bawah laut juga bisa di ekspor dan digambar.

Bawah laut merupakan pemandangan yang cukup unik serta sangat jarang orang yang melukis atau membuat sketsa ini dikarenakan memang cukup sulit untuk di eksplore jadi jika anda bisa mengeksplore bawah laut bisa untuk anda bagikan dengan menggunakan sketsa.

Dalam membuat sketsa bawah laut ini anda bisa menambahkan rerumputan dan jenis ikan yang ada dilaut.

Sketsa Gambar Pemandangan Bawah laut Sketsa Gambar Pemandangan Bawah laut

4. Sketsa Gambar Pemandangan Laut

Banyak dari kita yang suka untuk pergi ke laut hanya untuk melihat terbenamnya matahari.

Laut sendiri sangat identik dengan pantai yang mana pada pantai sendiri mempunyai ada pohon kelapa yang tumbuh.

Untuk membuat gambar pemandangan laut ini anda bisa menambahkan pepohonan kelapa yang digambung dengan matahari terbenam yang mana semuanya itu akan menambah keindahan tersendiri.

Bukan hanya menambahkan pohon kelapa saja, anda juga bisa menambahkan sedikit sentuhan hewan – hewan atau rerumputan yang diletakan pada bagian pantai.

Sketsa Gambar Pemandangan Laut Sketsa Gambar Pemandangan Laut

5. Sketsa Gambar Pemandangan Desa

Pedesaan sangat identik dengan keindahan dan keasrian alamnya.

Untuk itu anda juga bisa membuat sketsa pemandangan pedesaan untuk di eksplore dan dituankan pada kertas menggunakan pensil atau spidol.

Anda bisa menambahkan banyak sekali ornamen – ornamen atau icon seperti sungai yang mengalir atau pepohonan dengna tanaman lain yang ada disamping rumah – rumah warga.

Buatlah sketsa yang bisa menceritakan tentang keindahan dan keasrian dari perdesaan.

Sketsa Gambar Pemandangan Desa Sketsa Gambar Pemandangan Desa

6. Sketsa Gambar Pemandangan Gunung

Siapa sih yang tidak pernah menggambar gunung pada masa lalunya ? Hampir semua orang dan bahkan kita sering menggambar pemandangan gunung ala kita seperti gunung dua yang ditambah belahan tengah di beri jalan raya serta matahari pada bagian tengahnya.

Gunung memang memiliki daya tarik tersendiri untuk banyak orang diIndonesia pun banyak komunitas  komunitas yang menggunakan gunung sebagai target wisata.

Banyak ornamen yang bisa anda gunakan untuk melengkapi sketsa gunung yang anda bikin seperti menambahkan persawahan, pohon disamping kanan kiri gunung dan bahkan bisa diambah dengan mobil yang sedang berjalan.

Sketsa Gambar Pemandangan Gunung Sketsa Gambar Pemandangan Gunung

7. Sketsa Gambar Pemandangan Sederhana

Membuat sketsa pun tidak harus dengan yang rumit, melainkan bisa dengan gambar yang sederhana. Bisa hanya dengan membuat sketsa pemandangan gunung, laut atau lainya atau bisa seperti gambar di bawah ini.

Sketsa Gambar Pemandangan Sederhana Sketsa Gambar Pemandangan Sederhana

8. Sketsa Gambar Pohon

Pemandangan bisa berupa apa saja yang berkaitan dengan alam, selain gunung, laut atau pedesaan anda juga bisa membuat sketsa dengan tema pepohonan.

Untuk inspirasi membuat pohon anda bisa mulai dengan mencari inspirasi terlebih dahulu didekat anda bisa pohon pisang, pohon mangga pohon jambu atau pohon lainya yang bisa anda buat menjadi hasil seni yang bernilai jual.

Untuk membuat sketsa pohon ini perlu inspiratif yang sangat, terkhusus untuk anda yang masih awal membuat.

Namun jika anda sudah mahir dalam membaut lukisan anda bisa menambahkan ide – ide kreatif lainya sebagai penambah sentuhan sentuhan pada sketsa yang dibikin.

Sketsa Gambar Pohon Sketsa Gambar Pohon

9. Sketsa Gambar Pemandangan Hutan

Membuat sketsa pemandangan hutan adalah pengembangan dari membuat gambar pohon diatas. Namun menggambar hutan diperlukan ketelitian yang lebih pasalnya banyak segi – segi yang harus dibuat dengan baik dan benar.

Menggambar sketsa ini memang bisa dibilang sulit dikarenakan tekstur dan detail gambar harus lebih disesuaikan.

Namun jika anda sudah mahir hasil yang akan didapatkan juga tidak akan kalah dengan aslinya dan bahkan bisa membuat orang yang melihat akan terpana.

Sketsa Gambar Pemandangan Hutan Sketsa Gambar Pemandangan Hutan

10. Sketsa Gambar Pemandangan Pantai

Pantai memang pemandangan yang indah apalagi bila kita mengunjungi pas waktu matahari terbenam suasana syahdu akan sangat terasa.

Nah untuk kalian yang sedang mencari inspirasi untuk membuat sketsa ini anda bisa menambhakan sedikit sentuhan seperti matahari dan juga pohon kelapa.

Tidak jarang hal yang paling sering kita lihat di pantai adalah pohon kelapa maka dari itu jangan sampai di tinggalakan gambar ini.

Penambahan lain yang bisa anda gunakan adalah dengan manambahkan nelayan atau kapal yang sedang berlayar.

Tentunya dengan penambahan di atas akan menambak eskosit pada sketsa anda.

Sketsa Gambar Pemandangan Pantai Sketsa Gambar Pemandangan Pantai

11. Gambar Sketsa Pemaandangan Laut Yang Mudah di Buat

Untuk kalian yang sedang latiahan menggambar anda bisa membuat laut dengan cara yang mudah namun tidak meninggalakan kesan cantik dan nyata.

Banyak yang bisa anda tambahkan didalam sketsa anda, karena pada laut banyak ide – ide yang bisa di kembangkan.

Gambar Sketsa Pemaandangan Laut Yang Mudah di Buat

12. Gambar Sketsa Pemandangan Sawah

Sawah merupakan pemandangan yang banyak kita temui di pedesaan atau pegunungan. Hamparan sawah dengan gambar tanaman padi yang baru di tanam serta background gunung di belakang sawah membuat keindahan tersendiri.

Selain itu anda juga bisa menambahkan “Gubug” atau tempat berteduh bagi para petani di samping persawahan.

Gambar Sketsa Pemandangan Sawah

13. Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun

Tidak semua orang rumahnya berdekatan dengan Air terjun. Mereka yang berada di perkotaan harus membutuhkan waktu pergi ke Air terjun.

Beda lagi dengan kalian yang berada di dekat air terjun anda bisa datang langsung dan mencari inspirai untuk membuat sketsa air terjun.

Membuat sketsa pemandangan air terjun tentunya membutuhkan skill yang lebih. Jika anda ingin sudah terbiasa dengan menggambar bisa menambahkan gambar dengan arsiran gelap terang atau gradien warna.

Namun untuk anda yang pemula tidak harus membuat gradient warna cukud engan menggambar air terjun dengan simpel.

Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun

14. Sketsa Gambar Pemandangan Indah

Jangan cukup hanya dengan satu bidang saja. Selain membuat sketsa anda juga bisa mengembangkan dengan melukis.

Memang melukis mempunyai tingkat kesulitan yang lebih dibanding dengan membuat sketsa namun dengan begitu anda akan tebiasa dengan kesulitan.

Tidak harus membuat lukisan yang rumit, anda bisa mulai dengan membuat lukisan pemandangan yang ada di sekitar kamu terlebih dahulu.

Tidak ada semua yang instan belajra terus menerus adalah salah satu kunci agar anda bisa menjadi profesional.

Sketsa Gambar Pemandangan Indah

15. Sketsa Alam Dengan Binatang

Alam tidak bisa dipisahkan dengan hewan didalamnya di mana ada hutan pasti didalamnya ada hewan yang menghuni. Ya pasti iya dong. Hehehe

Anda bisa membuat perpaduan hewan dan alam agar membuat sketsa lebih hidup. Untuk hewan tidak harus sama seperti yang dibawah namun bisa menambah hewan yang anda mau terlebih dahulu.

Sketsa Alam Dengan Binatang

16. Gambar Sketsa Yang Gampang di Buat

Gambar Sketsa Yang Gampang di Buat

17. Sketsa Pemandangan Kota

Sejatinya pemandangan bukan hanya di miliki oleh pedesaan atau alam saja melainkan pemandangan kota terkadang juga menakjubkan dan tidak kalah dengan pemandangan alam yang sudah biasa kita temui.

Yang membedakan adalah sketsa yang dibuat objeknya bukan lagi gunung atau alam melainkan gedung – gedung perkotaan yang biasanya menjulang tinggi.

Sketsa Pemandangan Kota

18. Gambar Sketsa Suasana Perkampungan

Tadi sudah kita bahas mengenai sketsa pemandangan perdesaan.

Perdesaan dan perkampungan memang mempunyai kemiripan oleh karena itu suasana desa dan perkampungan memang agak sama.

Namun yang menjadi pembeda biasanya rumah pada perkampungan lebih ramai di banding dengan pedesaan, pasalnya pedesaan rumah di perkampungan agak berdempetan beda dengan pedesaan yang jarak antar rumah lebih jauh – jauh.

Gambar Sketsa Suasana Perkampungan

19. Gambar Pemandangan Bunga

Bunga merupakan tumbuhan dengan tingkat keindahan yang tinggi. Ada banyak bunga yang bisa di buat menjadi sketsa.

Bisa bunga anggrek, sakura, mawar atau bunga yang lainya.

Menggambar bunga tidak lah sulit karena struktur pada bunga hampir sama dengan detail yang sama pula.

Untuk itu membuat sketsa bunga cocok untuk kalian yang sedang belajar karena mudah untuk dibuat.

Namun yang jelas setiap struktur bunga harus dibuat dengan detail yang baik karena jika anda kurang teliti maka bunga yang akan dihasilkan pun akan kuran memuasakan.

Gambar Pemandangan Bunga

Tips Dalam Menggambar Sketsa

Tips Dalam Menggambar Sketsa

Yang terpenting dalam membuat suatu karya seni seperti sketsa pemandangan adalah dengan mengasah terus menerus skil menggambar.

Dengan kebiasaan yang terus menerus dijalankan akan menjadikan pembiasaan dengan menggambar.

Belajar terus menerusa atau melihat gambar – gambar yang sudah dihasilkan oleh seniman – seniman profesional.

demikian tadi beberapa ulasan mengenai sketsa pemandangan yang sudah kami ulas dengan detail dan rinci.

Ada banyak sketsa seperti pemandangan gunung, pantai, pedesaan, perkotaan, sawah, air terjun dan juga lainya.

Yang jelas anda harus sering berlatih agar kemampuan menggambar anda semakin baik dan mudah – mudahan artikel yang saya sajikan ini bisa menambah referensi untuk anda.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply