Sketsa Gambar Pohon

Sketsa Gambar Pohon –  semua orang tentu tahu arti penting pohon bagi dunia dan bagi kehidupan kita, namun berapa orang banyak orang yang sadar apa  sebenarnya arti pohon bagi kehidupan kita?

Fungsi utamanya seperti memberi oksigen, mencegah longsor, mencegah banjir, dan lain sebagainya. Definisi dari pohon adalah suatu organisme dari komponen ekosistem yang berinteraksi satu dengan yang lainnya, dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Pengertian pohon secara umum adalah tanaman yang mempunyai batang serta cabang yang terbuat dari kayu.

Oleh sebab itu, sering kita jumpai pohon yang tumbuh di satu tempat berbeda dengan tempat lain. Pohon sangatlah penting bagi kehidupan kita dan mempunyai berjuta manfaat bagi kelangsungan makhluk hidup lainnya.

Batang pohon yang berukuran paling besar berfungsi sebagai penghubung utama antara akar dengan tajuk pohon atau ranting – ranting pohon.

Dari akar pohon tersebut, batang pohon dengan lapisan sebuah kulit yang disebut kambium menyalurkan air dan mineral ke ranting – ranting pohon atau kanopi.

Selanjutnya, asupan air dan mineral yang diolah dari kanopi akan disebarkan ke seluruh bagian pohon melalui ranting – ranting pohon.

Sementara, daun pohon yang berisi klorofil bertugas menyerap sinar matahari untuk mengolah menjadi energy dan gula.

Ketika sebuah pohon berbunga lalu menjadi penyerbukan, hasil penyerbukan tersebut kemudian disimpan dalam buah. Dan buah – buah itulah yang kemudian dinikmati oleh manusia.

Namun, ada juga beberapa pohon yang tidak menghasilkan buah atau yang menghasilkan namun tidak bisa dinikmati oleh manusia (mengandung racun dan berbahaya bagi manusia).

Kumpulan bermacam pohon alami adalah hutan, di dalamnya dapat ditemukan berbagai macam jenis pohon dan hutan dianggap sebagai paru – paru dunia.

Pohon merupakan unsur yang harus ada, telebih jika anda menggambar sebuah pemandangan seperti gunung, pantai, atau hutan, Maka pohon merupakan unsur yang harus ada.

Nah, berikut kita bahas tentang beragam sketsa gambar pohon yang bisa menjadi referensi bagi anda.

Sketsa Pohon Kelapa

Sketsa Gambar Pohon

Pohon kelapa merupakan pohon yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia dan dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.

Pohon kelapa biasa tumbuh di daerah pesisir, pegunungan, dan dapat tumbuh subur di daerah dengan struktur tanah yang berpasir.

Pohon ini memiliki ciri berupa batang tunggal dengan akar serabut dan batang beruas  namun jika sudah tua ruas tersebut akan berkurang, berkerumun membentuk bonggol.

Pohon ini memiliki buah yang disebut dengan kelapa. Yang memiliki beragam manfaat dan kegunaan mulai dari makanan hingga kosmetik.

Kelapa sendiri terdiri dari beberapa lapisan, paling luarnya disebut dengan sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan seperti sapu dan lainnya.

Kemudian, bagian keduanya  yaitu tempurung kelapa atau masyarakat Jawa menyebutnya “batok” yang biasa dimanfaatkan sebagai kerajinan.

Di dalam tempurung kelapa terdapat daging kelapa, jika masih muda  disebut dengan “degan” yang dimanfaatkan sebagai campuran minuman, jika sudah tua atau mengeras dagingnya dimanfaatkan untuk diambil santannya sebagai bahan masakan.

Bagian terdalam kelapa mengandung sejumlah besar cairan bening, yang dimanfaatkan sebagai minuman yang mengandung bermacam manfaat untuk kesehatan manusia.

Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Bunga kelapa bersifat majemuk, dimana kelapa menghasilkan bunga jantan dan betina dalam satu pohon.

Sketsa Gambar Pohon

Baca Juga : Sketsa Pemandangan

Jumlah bunga yang dihasilkan dalam satu pohon bisa berjumlah sangat banyak, bunga yang telah dibuahi akan menjadi buah kelapa.

Pohon kelapa bisa tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan ketinggiannya ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Kelapa adalah pohon serba guna pada bagian akar dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bir dan zat pewarna.

Bagian batang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku bangunan seperti papan, perabot rumah, mebel, serta kayu bakar.

Pada bagian daun bisa digunakan sebagai bahan pembungkus makanan, anyaman, serta atap rumah, dan untuk lidinya dapat dimanfaatkan sebagai sapu.

Beragam olahan produk dengan bahan dasar kelapa telah dikembangkan di berbagai industri dan pabrik – pabrik besar di dunia.

Sketsa Pohon Cemara

Sketsa Gambar Pohon

Kebanyakan orang mengenal pohon ini sebagai pohon hiasan ketika natal. Selain itu pohon ini juga dianggap pohon yang tumbuh secara liar dan biasa dimanfaatkan untuk konservasi hutan.

Pohon cemara merupakan tumbuhan yang mudah dalam perawatan serta  memiliki daun yang tidak mudah rontok dan keriing.

Pohon cemara mampu hidup hingga  ratusan tahun dan termasuk pohon yang mudah beradaptasi, pohon ini dapat tumbuh di daerah dataran tinggi dan di pesisir pantai.

Pohon cemara memiliki beragam manfaat selain identik dengan perayaan natal, pohon ini juga sering digunakan sebagai dekorasi ruangan dan ornament hiasan.

Pohon ini sering  disamanakan dengan pohon tusam, pasalnya memiliki ranting beruas pada dahan besar yang terlihat seperti jarum dan berbuah mirip runjung kecil.

Namun, pohon cemara bukan termasuk dari anggota Gymnospermae, sehingga memiliki bunga jantan dan betina. Bunga betina pada cemara terlihat seperti berkas rambut, berbentuk kecil kemerahan.

Sketsa Gambar Pohon

Pohon cemara memiliki ciri khas yang unik, yaitu tumbuh tinggi berbentuk kerucut, daun berbentuk runcing dan ramping berguna untuk mengurangi penguapan.

Memiliki daun berwarna hujau gelap dengan batang pohon halus berwarna cokelat kehijauan pada masa muda dan jika dewasa kayu akan menebal disertai dengan retakan, berfungsi untuk bertahan di segala cuaca.

Pohon cemara tidak menghasilkan buah, melainkan runjing cemara atau pinecone pucuk berbiji sekaligus menjadi organ reproduksi untuk berkembang biak.

Pohon ini memiliki beragam manfaat bagi kehidupan dan kesehatan, seperti meredakan stress, pengharum ruangan serta mengobati batuk, dapat digunakan sebagai obat cacing, bumbu masakan, hiasan, mencegah abrasi, dan yang lainnya.

Pohon cemara sendiri memiliki beragam jenis diantaranya cemara kipas, cemara pensil, cemara udang, cemara angin, cemara lilin, cemara embun, cemara laut, cemara perak, cemara renthes, cemara pua pua dan berbagai jenis yang lain.

Sketsa Pohon Sakura

Sketsa Gambar Pohon

Pohon sakura memiliki keindahan yang menakjubkan ketika  mekar, terjadi  pada musim semi di Jepang sekitar akhir bulan maret hingga akhir Juni.

Sakura sangat mudah kita jumpai di Jepang, dan termasuk dalam anggota familia rosaceae, genus prunus sejenis dengan pohon persik, aprikot dan prem.

Bunga cantik ini identik dengan Jepang, padahal pohon sakura juga bisa kita temukan di Negara lain seperti Korea, Australia, Taiwan, Canada, India, bahkan di Indonesia.

Keindahan pohon sakura bukan semata – mata untuk menghiasi taman dan jalanan saja, tetapi juga memiliki manfaat lain seperti untuk kecantikan dan bumbu makanan.

Warna bunga sakura beragam tergantung dari spesiesnya, ada yang berwarna kuning muda, merah jambu, hijau muda, putih merahan, dan merah menyala.

Banyak yang mengira pohon sakura hanya memiliki satu jenis, padahal pohon ini memiliki banyak jenis sekitar 200 jenis di dunia.

Beberapa jenis pohon sakura diantaranya yamazakura, edohigan, somei yoshino, serta masih banyak lagi.

Diantara banyaknya jenis pohon sakura tersebut, yang paling mudah di temukan di Jepang adalah jenis somei yoshino dan yamazakura.

Untuk menikmati keindahan bunga sakura di Jepang, beberapa tempat terbaik yang dapat menjadi referensi diantaranya adalah kastil Himeji, gunung fuji, ueno park, takayama dan beragam tempat lainnya.

Terlebih jika menikmati bunga sakura ditemani dengan pasangan, berjalan sambil dihujani kelopak sakura yang berguguran tertiup angin, akan lebih romantis.

Di Indonesia sendiri juga ada bunga sakura yang bisa dinikmati dengan biaya yang terjangkau.

Kamu cukup berkunjung ke kebun raya Cibodas, disana ada banyak bunga sakura setidaknya terdapat 7 jenis pohon sakura yang tumbuh subur ditanam sejak tahun 1953.

Tempat ini cukup dingin bagaikan di Jepang. Perbedaan yang menonjol dari pohon sakura di Jepang dan Indonesia hanyalah waktu mekarnya.

Jika di Jepang pohon sakura hanya mekar sekali dalam setahun, di Indonesia bisa mekar dua kali dalam setahun antara bulan januari – februari dan juli – agustus.

Sketsa Pohon 3 Dimensi

Sketsa Gambar Pohon

Selain  sketsa gambar  pohon biasa anda juga bisa membuat kreatifitas lain seperti sketsa gambar pohon 3 dimensi.

Di masa sekarang seiring perkembangan teknologi, telah banyak perusahaan animasi atau film yang mengembangkan teknologi 3d seperti kartun untuk anak  dan yang lainnya.

Sketsa Gambar Pohon

Gambar Pohon Beringin

Sketsa Gambar Pohon

Sketsa gambar pohon beringin merupakan salah satu sketsa pohon yang mudah untuk dibuat dan tidak terlalu rumit. Pohon beringin dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot, serta sering digunakan sebagai objek bonsai.

Pohon ini sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Berbentuk pohon besar dan rindang ini sering dianggap sebagaian penduduk sebagai pohon suci dan dapat melindungi.

Para penduduk sering menaruh sesaji di bawah pohon beringin yang berusia tua dan berukuran besar.

Mereka menganggap sebagai tempat berkumpulnya kekuatan magis, namun ada juga yang menganggap pohon beringin sebagai tempat yang angker dan perlu dijauhi.

Berdasarkan teori pepohonan hijau, pohon beringin merupakan pohon yang baik, karena memiliki bentuk yang rindang dan lebat menghasilkan oksigen di siang hari.

Jika pada siang hari berada di bawah pohon beringin yang berukuran besar dijamin akan betah, banyaknya daun  pohon beringin akan menghalangi sinar matahari yang terik, dan udara akan terasa lebih segar dan sejuk.

Selain itu, pohon beringin juga memiliki manfaat lain untuk memperbaiki kondisi air dalam tanah. Hal ini karena pohon beringin mampu menyerap air secara ekstra sehingga simpanan air di dalam tanah akan bertambah banyak dan lebih bersih.

Pohon beringin juga mampu mencegah longsor dan genangan air. Pasalnya pohon ini memiliki bentuk yang unik, dimana pohon beringin mampu menyerap air secara berlebih, karena selain memiliki akar serabut juga memiliki akar gantung.

Pohon beringin dewasa memiliki bentuk yang sangat besar dan tinggi, bisa mencapai 30 meter bahkan bisa lebih.

Pohon ini termasuk jenis pohon yang susah untuk ditebang, pasalnya memiliki ukuran yang besar dan terkadang akar gantungnya juga menancap ke dalam tanah.

Beragam manfaat dan keunikan pohon beringin membuat kita ingin mengabadikannya ke dalam buku gambar, dalam menggambar pohon beringin harus menguasai teknik – teknik dasar terlebih dahulu.

Sketsa Pohon Mangga

Sketsa Gambar Pohon

Pohon ini merupakan pohon yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, hampir di setiap daerah  pohon manga bisa tumbuh, maka tak heran banyak di pekarangan dan kebun  bisa ditemukan pohon ini.

Pohon manga sendiri memiliki beragam jenis seperti mangga gadung, manalagi. Kopyor, dan beragam jenis lainnya.

Cara perawatan dan menanam pohon ini tidak terlalu sulit sehingga banyak dikembangkan oleh petani di Indonesia.

Sketsa Gambar Pohon

Pohon ini dimanfaatkan untuk buahnya, buah yang sudah masak dalam keadaan segar memiliki rasa manis dan menjadi buah favorit banyak orang.

Buah mangga biasa digunakan sebagai campuran es, makanan, serta juga bisa dinikmati secara langsung.

Daun pohon manga dimanfaatkan sebagai sayuran dan sebagai bahan pakan ternak.

Cara Menggambar Pohon Pinus

Sketsa Gambar Pohon

Pohon pinus dan cemara merupakan pohon dalam satu jenis yang sama, yakni conifereous evergreen. Merupakan jenis pohon yang tumbuh membentuk kerucut serta memiliki daun berwarna hijau sepanjang tahun yang tidak berubah warna mengikuti musim.

Namun sebenarnya, pohon pinus dan cemara tidaklah sama, karena berasal dari genus dan familia yang berbeda.

Di Indonesia pohon ini disebut juga dengan pohon tusam, pohon yang berasal dari familia sama dengan pohon fir dan pohon spruce, yakni famili pinaceae dengan genus pinus.

Pohon pinus sangat cocok tumbuh di daerah dataran tinggi dengan iklim yang dingin. Memiliki ciri batang retak – retak dan daun yang menyatu membentuk kumpulan jarum panjang.

Daun pohon pinus akan tumbuh berada pada bagian ranting atau dahan di bagian tengah batang. Pohon pinus tumbuh  secara bergerombol, dengan kondisi tanah yang  berpasir, tanah asam, serta memiliki daya serap yang baik.

Membuat sketsa pohon pinus sebenarnya hampir mirip dengan sketsa pohon cemara, namun jika diperhatikan secara detail memiliki bentuk yang berbeda.

Sketsa Pohon yang Mudah Digambar       

Sketsa Gambar Pohon

Sketsa Gambar Pohon

Sketsa Pohon Pisang

Sketsa Gambar Pohon

Pohon pisang merupakan salah satu pohon yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan, dengan cara  tunas.

Pohon ini termasuk dalam kingdom plantae atau tanaman, dan termasuk tumbuhan monokotil atau berkeping satu.

Pohon pisang merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat mulai dari batang, buah, hingga daunnya.

Daun pisang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan. Batang pohon biasa digunakan sebagai alat tancap dalam pagelaran seni wayang dan pohonnya juga sering digunakan dalam ritual adat perkawinan.

Sketsa Gambar Pohon

Buah pisang merupakan makanan favorit banyak orang dan memiliki banyak kandungan vitamin baik untuk orang dewasa maupun untuk bayi.

Buah pisang memiliki sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi buah pisang dua kali lipat lebih tinggi dari pada buah apel.

Buah pisang bisa dikonsumsi secara langsung dan juga bisa diolah dengan berbagai macam olahan makanan. Pohon pisang memiliki beragam jenis sesuai dengan spesiesnya.

Sketsa Pohon Pepaya

Sketsa Gambar Pohon

Sketsa gambar pohon pepaya bisa menjadi salah satu referensi dalam membuat sketsa pohon yang simpel. Pohon pepaya merupakan Tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara, yang kini banyak ditanam di daerah tropis dan menyebar luas di seluruh dunia.

Pohon pepaya memiliki beragam manfaat selain untuk makanan juga untuk kesehatan.

Sketsa Gambar Pohon

Daun pohon pepaya biasa digunakan sebagai sayuran dan untuk pakan ternak. Buah pepaya merupakan buah yang banyak mengandung vitamin, salah satunya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Pepaya juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan juga digunakan untuk produk kecantikan.

Selain buahnya, biji pepaya juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah, karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan bermacam penyakit lainnya.

Baca Juga : Sketsa Masjid

Sketsa Pohon Palem

Sketsa Gambar Pohon

Pohon palem salah satu tanaman yang sangat mudah kita jumpai. Pohon ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan sebagai hiasan di halaman.

Pohon palem sendiri memiliki beragam jenis, diantaranya palem rotan, palem ekor ikan, palem bambu, palem ekor ikan kerdil, palem ekor ikan serai midi, palem kuning, palem merah, palem drymophloeus, palem palas payung, palem kipas, dan berbagi jenis yang lain.

Sketsa Gambar Pohon

Sketsa Pohon Bambu

Sketsa Gambar Pohon

Sebenarnya bambu termasuk tanaman jenis rumput – rumputan dengan rongga serta ruas pada batangnya.

Bagi masyarakat Indonesia bambu merupakan tumbuhan yang tidak asing lagi, dan banyak kita jumpai di berbagi dilayah.

Di dunia pohon bambu memiliki 75 genus yang terdiri dari 1500 jenis dan 125 jenis diantaranya terdapat di Indonesia dan tumbuh dengan berbagai tipe iklim.

Pohon bambu merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air dan berfungsi untuk mencegah erosi dan banjir.

Sketsa Gambar Pohon

Pohon bambu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seperti akarnya berfungsi mencegah banjir dan menangani limbah beracun akibat keracunan merkuri.

Selain itu, batang pohon bambu biasa digunakan untuk bermacam bahan bangunan, kerajinan, alat musik, dan juga kayu bakar.

Bahkan, bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas pada anak, pasalnya bambu mempunyai kandungan zat yang bersifat mendinginkan.

Selain itu, bambu muda atau biasa disebut dengan rebung biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi

Dalam membuat sketsa pohon bambu harus diperhatikan detail gambar dari objek sehingga menghasilkan gambar yang indah.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply