Sketsa Kelinci

Sketsa Kelinci –  kelinci merupakan salah satu hewan yang imut dan lucu, tak heran hewan ini sering dijadikan sebagai peliharaan dirumah.

Kelinci merupakan hewan mamalia dari family Leporidae, yang sangat mudah kita jumpai hampir di seluruh belahan di bumi.

Hewan ini berkembang biak dengan cara beranak atau yang disebut dengan vivipar. Menurut sejarah, dulunya kelinci merupakan hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga ke daratan Eropa.

Pada proses perkembangannya pada tahun 1912, hewan ini diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha. Yang dibedakan menjadi dua family, yakni Leporidae dan Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul).

Nama kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda “konijntje” yang berarti “anak kelinci”. Kelinci mulai masuk di wilayah nusantara dan mulai dikenal pada masa Kolonial.

Namun, diwilayah nusantara sendiri terdapat spesies kelinci asli nusantara, tepatnya di pulau Sumatera. Dengan nama ilmiah Nesolagus Netscher yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Hewan ini termasuk hewan berbulu yang sangat lucu dan menggemaskan tak jarang membuat banyak orang yang ingin mengabadikannya di kertas gambar terutama bagi anak – anak.

Untuk anda sebagai orang tua tentu saja mengiginkan anak kesayangan anda dapat menggambar kelinci dengan mudah dan bagus bukan ?

Nah, berikut saya sajikan berbagai kumpulan sketsa gambar kelinci lengkap dengan berbagai jenis dan juga bagaimana cara menggambar dengan mudah dan bagus.

Sketsa Gambar Kelinci Sederhana

Sketsa Kelinci

 

Pada masa kini kelinci selain sebagai hewan peliharaan juga sebagai hewan pedaging. Di berbagai kota – kota besar banyak sekali warung yang menyajikan makanan dengan menu utama daging kelinci.

Biasanya dijasikan dengan menu sate kelinci, sup kelinci, rica – rica daging kelinci, dan berbagi olahan yang lain. Namun ada juga orang yang phobia dengan hewan yang imut dan lucu ini.

Jenis kelinci terbesar di dunia yaitu Continental Giant yang biasanya cenderung dimanfaatkan dagingnya daripada hewan peliharaan.

Jenis ini merupakan spesies kelinci terbesar di dunia dengan panjang mencapai  4 inci (132 centimeter) dan tinggi mencapai 4 feet dan berat bisa mencapai 3,5 stones (22,2 kilogram).

Dilihat dari jenis bulunya, kelinci sendiri terbagi menjadi dua jenis, kelinci berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Pada musim dingin tiba warna bulu yang dulunya kekuningan akan berubah menjadi kelabu.

Sketsa Kelinci

Baca Juga : Sketsa Hewan

Berdasarkan jenis rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu Lyon, Angora, Dutch, English Sport, American Chinchilla, Himalayan, dan berbagai jenis yang lain.

Khusus jenis Lyon sebenarnya merupakan hasil persilangan luar antara Angora dengan jenis ras yang lainnya. Di kalangan peternak kelinci hias, hasil dari persilangan tersebut biasa disebut dengan Angora jadi – jadian atau Lyon.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis kelinci lokal, seperti kelinci Jawa (Lepus Negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus Netscherl).

Kelinci Jawa sendiri diperkirakan masih ada di pedalaman hutan di sekitar wilayah Jawa Barat. Bentuk yang menonjol dari kelinci ini yaitu berbulu cokelat perunggu kehitam – hitaman dengan ekor yang berwarna jingga dengan ujungnya berwarna hitam.

Berat kelinci Jawa dewasa dapat mencapai 4 kg. sedangkan kelinci Sumatera merupakan satu – satunya jenis kelinci yang asli Indonesia.

Dalam menggambar kelinci tentu diperlukan kreatifitas dan jiwa seni yang dimiliki, namun hal tersebut bisa diasah dan dipelajari. Nah, berikut saya sajikan  contoh sketsa kelinci sederhana yang mudah untuk di terapakan dan dibuat anak – anak.

Gambar Sketsa Kelinci Mudah

Sketsa Kelinci

Secara umum, kelinci dibagi menjadi dua jenis yaitu kelinci peliharaan dan kelinci liar. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar adalah Terwelu atau dalam nama ilmiahnya Lepus Curpaeums dan kelincir liar atau Oryctolagus Cuniculus.

Berdasarkan penelitian kelinci dapat hidup 5 sampai 10 tahun lamanya, masa produksi 1 hingga 3 tahun dengan masa mengandung 28 sampai 35 hari dan rata – rata 29 sampai 31 hari.

Menurut sejarah, kelinci pertama kali masuk di Indonesia dibawa oleh orang- orang dari Belanda pada masa penjajahan tahun 1835.

Di Indonesia kelinci banyak dibudidayakan atau diternak secara komersial oleh para peternak kelinci. Dimana kelinci hias menjadi primadona bagi para peternak kelinci, selain memiliki bentuk yang lucu dan imut juga mempunyai harga jual yang tinggi dan banyak diminati oleh para pembeli.

Memelihara kelinci itu gampang – gampang susah, jika salah dalam memelihara tentu saja kelinci akan mudah sakit, kurus, dan mati.

Tak ingin kan hewan kesayangan yang sudah kita beli mahal meninggal begitu saja ?. nah, berikut saya beri tips tentang bagaimana merawat kelinci agar tetap sehat  dan menggemaskan seperti hidup di alam liar.

Memberi makan sayuran segar lebih baik dan dianjurkan untuk kelinci daripada pelet atau pakan ternak. Seperti memberi makan rumput hijau, sayuran, buah – buahan dan makanan lain yang disukainya, serta bisa juga diberi pelet sebagai selingan.

Jika kelinci dipelihara di dalam kandang, maka sesekali perlu dilepaskan di alam liar agar kelinci bebas bergerak atau berlarian di alam liar. Hal tersebut bertujuan agar kelinci mendapat aktivitas fisik yang cukup dan membuatnya tidak bosan atau stres berada di dalam kandang.

Selanjutnya, jangan memelihara kelinci tunggal atau sendirian, kelinci termasuk salah satu hewan sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lain seperti halnya manusia. Selain itu, hal tersebut juga bertujuan untuk menghindari stress pada hewan.

Sketsa Kelinci

Sketsa Kelinci Makan Wortel

Sketsa Kelinci

Salah satu makanan favorit bagi kelinci adalah wortel. Wortel termasuk jenis sayuran yang banyak mengandung berbagai macam vitamin.

Salah satunya adalah vitamin (A) yang baik untuk kesehatan mata bagi manusia. Maka tak heran jika kelinci sangat menyukai wortel tersebut.

Kelinci termasuk jenis hewan herbivora, yakni hewan yang memakan tumbuh – tumbuhan seperti halnya sapi, kerbau, kambing, dan jenis hewan lainnya yang memakan tumbuh – tumbuhan.

Saat melihat kelinci sedang makan tentu merupakan pemandangan yang sangat menggemaskan bukan ? mulai dari cara mereka mengunyah makanan dengan gigi yang khas dari kelinci yakni dua gigi besar di bagian depan.

Momen tersebut merupakan pemandangan yang indah sehingga banyak yang ingin mengabadikannya dalam kertas gambar.

Nah, berikut saya sajikan gambar sketsa kelinci sedang memakan wortel dengan bentuk yang sangat lucu dan menggemaskan.

Sketsa Kelinci

Cara Menggambar Kelinci Dari Angka

Sketsa Kelinci

Tingkah dari hewan yang satu ini memang sangat lucu dan suka melompat – lompat dengan bulu yang menggemaskan, sangat cocok untuk menemani buah hati bermain dan sebagai salah satu hewan peliharaan dirumah.

Selain kucing, kelinci juga mempunyai bulu yang lembut dan lebat di seluruh bagian tubuhnya, bahkan ada yang bulunya sampai menutup wajahnya hingga tak terliahat.

Bulu kelinci dominan dengan warna putih, namun ada juga yang berwarna selain putih seperti agak kecoklat – coklatan dan ada yang kehitaman.

Kelinci adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, tak heran anak – anak sangat menyukainya hingga mengabadikan dalam buku gambar. Nah, berikut beberapa tips mudah menggambar kelinci dari angka dan langkah – langkahnya.

  1. Membuat gambar berbentuk angka 1
  2. Membuat angka 3 dengan bentuk miring untuk membuat kepala kelinci bagian atas
  3. Kemudian menggambar bagian telinga kelinci
  4. Yang terakhir, dengan menambahkan gambar hidung, mata, kaki, tangan, dan ekor kelinci.

Nah, simple bukan cara menggambar kelinci dari angka? Semoga dapat menjadi referensi bagi buah hati anda dirumah sebagai contoh yang mudah untuk diterapkan. 

Sketsa Kelinci

Cara Gambar Kelinci

Untuk menggambar kelinci sebenarnya cukup mudah, yang perlu diperhatikan pastikan anda telah mempunyai kelengkapan dan alat untuk menggambar, seperti pensil, buku gambar dan yang lainnya.

Langkah I

Sketsa Kelinci

Pertama – tama mulai untuk menggambar bagian muka dan hidung, dengan membuat lingkaran yang sedikit oval, dan untuk bagian hidungnya cukup menggambar bentuk segitiga terbalik dengan siku yang tidak runcing.

Langkah II

Sketsa Kelinci

Menggambar bagian mulut dan telingga kelinci, untuk bagian mulut  cukup dengan membuat huruf “W” dengan sudut yang tidak terlalu runcing.

Dan untuk bagian telinga gambarlah bentuk oval yang memanjang keatas dengan bentuk setengah lingkaran, pastikan kedua bentuk telinga proporsional.

Langkah III

Sketsa Kelinci

Menggambar gigi, mata, dan rambut kelinci, untuk membuat gigi kelinci kamu dapat menggambarnya seperti huruf “U” dengan di garis pada bagian tengahnya.

Kemudian untuk bagian mata, dapat menggambar dengan bentuk setengah lingkaran yang diisikan warna tebal. Dan untuk bagian rambut bisa membuatnya secara asal sesuai dengan kreasi dan imajinasi kalian sendiri.

Baca Juga : Sketsa Kupu – Kupu

Langkah IV

Sketsa Kelinci

Menggambar kaki dan rambut pada telinga kelinci, membuat bagian kaki dapat menggambar dengan cara menggaris berbentuk parabol meyesuaikan dengan bentuk wajah dan objek utama lainnya, begitu juga untuk menggambar rambut pada telinga kelinci.

Langkah V

Sketsa Kelinci

Menggambar tangan, paha, perut dan ekor kelinci, sebenarnya cara membuat semuanya cukup mudah, karena pada intinya bagian – bagian tersebut hanya menyesuaikan dari bentuk utama objek dan tinggal menyesuaikan agar gambar terlihat proporsional

Langkah VI

Sketsa Kelinci

Langkah terakhir yaitu penyempurnaan pada gambar, contohnya seperti menambahkan pemandangan atau backround pada gambar kelinci agar gambar terlihat lebih menarik

Gambar Kelinci Mudah

Sketsa Kelinci

Sketsa Kelinci

Kebanyakan anak menyukai kreativitas yang berkaitan dengan aneka hewan, salah satunya yaitu kelinci yang sudah menjadi primadona bagi kalangan anak – anak dengan bentuk yang lucu dan imut dengan tinggkah yang menggemaskan.

Dalam menggambar tentu perlu banyak latihan dan mencoba serta memahami langkah – langkah dasar dalam menggambar untuk mengasah skil dan kreatifitas.

Selian itu, jiwa seni dan ilmu juga tak kalah penting untuk menciptakan hasil karya yang indah dan menakjubkan.

Semua orang dapat berkarya, mulai dari menulis, menggambar, dan berbagai karya lainnya, hanya masing – masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda – beda

Itulah penjelasan secara lengkap tentang sketsa kelinci dilengkapi dengan cara – cara mudah dalam menggambar kelinci, yang dapat menjadi referensi untuk buah hati dirumah.

Kumpulan sketsa gambar kelinci bisa dianggap sebagai awal untuk nantinya anak dapat menjadi lebih mahir dalam menggambar bentuk hewan dan yang lainnya.

Agar mereka terbiasa dan tumbuh kembang menjadi seorang yang kreatif.  Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply