Kumpulan Sketsa Masjid

Sketsa Masjid –  Masjid merupakan tempat sakral bagi umat muslim, tempat untuk bersujud atau beribadah bagi umat Islam.

Bangunan Masjid mudah sekali kita temukan khususnya di Negara Indonesia, karena mayoritas penduduknya merupakan umat Muslim. Masjid juga memiliki sebutan lain diantaranya yaitu musholla, surau atau langgar.

Sebutan tersebut digunakan untuk Masjid yang tidak digunakan shalat jum’at dan cenderung berbentuk lebih kecil.

Masjid merupakan pusat kehidupan umat Muslim, berbagai kegiatan agama berlangusung di tempat ini seperti perayaan hari besar, tempat belajar Al Qur’an, kajian agama, ceramah, dan berbagai acara lainnya  sering menggunakan tempat ini.

Selain itu masjid juga merupakan tempat umum yang terbuka untuk siapa saja tanpa membeda – bedakan usia, jabatan, golongan, dan lainnya.

Ketika mendengar kata Masjid, sebagian orang yang terlintas dipikirannya adalah gaya arsitekturnya yang otentik, warnanya, bentuk kubah, desain interior dan hiasan kaligrafinya bukan?

Masjid merupakan obyek yang menarik untuk di gambar atau dilukis. Nah, pada artikel ini kita akan menjelaskan tentang sketsa masjid secara lengkap.

Contoh Macam Macam Sketsa Masjid Lengkap

1. Gambar Sketsa Masjid Berwarna

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Gambar berwarna merupakan gambar yang sangat menarik pasalnya warna merupakan salah satu hal yang membuat gambar lebih bernyawa atau lebih hidup.

Selian itu warna mampu membuat seseorang yang melihat gambar atau lukisan tersebut  dapat lebih mudah mengerti dan memahami maksud yang disampaikan oleh pelukis.

Dalam proses pewarnaan juga terdapat teknik – teknik khusus tertentu yang harus dikuasai, tidak hanya sekedar mewarnai saja.

Warna sendiri dibagi menjadi beberapa macam warna primer, warna sekunder, warna tersier, dan warna netral serta memiliki hubungan tertentu antar warna satu dengan warna yang lain.

Namun perlu diketahui, untuk kalian yang masih proses belajar menggambar dan ingin menambahkan sentuhan warna supaya gambar terlihat lebih menarik.

Maka harus mempelajari teknik – teknik dasar mewarnai dan disarankan menggunakan crayon terlebih dahulu, pasalnya crayon merupakan warna yang mudah untuk dihapus.

Baca Juga : Kumpulan Sketsa Pemandangan

2. Sketsa Masjid 3D

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Masjid merupakan lambang kesucian bagi umat Muslim dan tempat yang disakralkan. Ciri khas pada umumnya bangunan masjid selalu terdapat kubah dan juga menara sebagai tempat untuk menaruh alat pengeras suara.

Dalam sejarah Islam, Masjid memiliki peran yang penting dalam bebagai aspek  seperti kegiatan sosial, masyarakat, ekonomi, dan bahkan militer.

Masjid pertama kali muncul sekitar abad ketujuh, dan yang paling terkenal adalah Masjidil Haram. Berada di Arab Saudi didirikan pada 638 AD yang merupakan bangunan Masjid tertua di dunia.

Membuat sketsa sekilas terlihat pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya alat dan bahan yang diperlukan tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan kertas dan pensil saja.

Akan tetapi dari bahan yang simple tersebut, ternyata mampu menghasilkan sebuah karya yang sangat menakjubkan.

Tidak semua orang dapat membuat sketsa atau lukisan, hanya orang – orang yang memiliki jiwa seni tinggi yang mampu menciptakan karya yang luar biasa.

Bagi kalian yang ingin membuat sketsa 3D, maka harus menguasai teknik – teknik dasarnya terlebih dahulu.

Sketsa 3D berbeda dengan sketsa atau gambar yang lain, pasalnya sketsa ini memiliki bentuk yang timbul gambar telihat seperti nyata atau hidup walaupun dibuat tanpa menggunakan warna.

3. Sketsa Masjid Sederhana

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Selain fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah untuk umat Muslim, Masjid juga sebagai pusat kegiatan umat Islam seperti pengajian dan pendidikan agama.

Banyak sekali berbagai kegiatan yang berlangsung di Masjid, oleh karena itu Masjid dibangun dengan bentuk yang indah, nyaman, dan besar.

Tujuannya tidak lain adalah agar Masjid mampu menampung banyaknya jama’ah serta dibuat senyaman mungkin supaya dapat beribadah dengan khusyu’.

Bagi kalian yang masih dalam proses belajar menggambar, tentu harus memahami tahap – tahap dasar dalam menggambar.

Untuk itulah kami memberikan beberapa contoh gambar sketsa masjid yang sederhana dan mudah untuk ditiru atau dipelajari.

4. Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Konstruksi bangunan menara – menara dan kubah Masjid yang begitu besar serta megah, seakan melambangkan betapa jayanya umat Islam pada kurun abad pertengahan.

Selama kurang lebih 1000 tahun pula, gaya arsitektu Masjid perlahan – lahan mulai menyesuaikan dengan gaya arsitektur yang lebih modern.

Pada masa Rasulullah selain merupakan tempat ibadah, Masjid juga digunakan sebagai tempat tinggal untuk para sahabat yang sudah masuk Islam dan tidak memiliki tempat tinggal atau rumah, mereka disebut dengan musafir.

Tak beda jauh pula dengan masa kini, Masjid merupakan tempat yang umum untuk siapa saja bahkan sering kita jumpai banyak orang  yang melakukan perjalaan singgah dan tidur untuk istirahat sementara, demi melanjutkan perjalanannya kembali.

Mereka menggunakan serambi masjid sebagai tempat tidur serta untuk istirahat. Namun, untuk Masjid yang berada di kota – kota besar jika ingin bermalam atau menginap maka harus melalui ijin dari ta’mir Masjid terlebih dahulu.

Masjid pertama berasal dari tanah Arab yang merupakan pusat penyebaran agama Islam pertama. Kemudian mulai berkembang di daerah luar Semenanjung Arab, seiring dengan kaum Muslim yang bermukim di luar Jazirah Arab.

Mesir merupakan daerah pertama yang dikuasi oleh kaum Muslim Arab pada tahun 640. Dan sejak saat itulah kota Mesir dipenuhi dengan bangunan Masjid, oleh karena itu kota Mesir dijuluki dengan kota seribu menara.

Pertama – tama hal perlu di perhatikan dalam membuat sketsa masjid adalah dengan mengamati detail bangunan tersebut seperti apa, kemudian memfisualisasikannya ke dalam bentuk gambar dengan teknik dan kreatifitas yang telah kita kuasai.

Maka akan lebih mudah dalam membuat sketsa masjid sesuai dengan ralita bangunan tersebut.

5. Gambar Masjid

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

6. Sketsa Masjid Nabawi

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Masjid Nabawi merupakan bangunan Masjid yang istimewa pasalnya, Masjid tersebut secara langsung didirikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Masjid ini berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Dan merupakan Masjid yang ketiga di dirikan dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu Masjid tersebesar di dunia.

Masjid Nabawi menjadi tempat paling suci kedua dalam Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Masjid ini aslinya merupakan bekas rumah Nabi Muhammad yang beliau tinggali setelah Hijrah ke Madinah pada tahun 622 M.

Pada awal didirikannya Masjid Nabawi tanpa menggunakan atap, dan digunakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat untuk berbagai kegiatan agama seperti majelis, kajian, dan sekolah agama.

Masjid Nabawi salah satu Masjid yang namanya diabadikan dalam Al Qur’an. Masjid ini merupakan Masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad. Setelah yang pertama yaitu masjid Quba yang dibangun dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

Pada awal didirikannya Masjid Nabawi tidak semegah dan sebesar sekarang, Masjid ini hanya berukuran kurang lebih 50 m x 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m.

Nabi Muhammad turut membangun Masjid ini dengan tanganya sendiri, bersama dengan para sahabat dan kaum Muslimin lainnya.

Tembok bangunan terbuat dari batu bata dan tanah, untuk bagian atapnya terbuat dari pelepah kurma dengan ditopang tiang – tiang yang terbuat dari batang kurma.

Sebagian atapnya ada yang sengaja dibuat terbuka begitu saja. Selama kurang lebih sembilan tahun pertama Majid ini tanpa penerangan pada malam hari, hanya pada waktu Isya’ diadakan sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Kemudian pada sekitar bangunan masjid terdapat kediaman Nabi dan keluarganya. Rumah Nabi tidak terlalu besar dan tidak terlalu mewah sangat sederhana.

Terdapat juga tempat untuk orang – orang fakir dan miskin yang tidak memiliki rumah,

Masjid Nabawi telah mengalami beberapa kali renovasi pada masa khulafaur rasyidin dan juga masa pemerintahan raja – raja modern. Sehingga terakhir bangunan masjid ini memiliki luas mencapai 100.000 m2  ditambah luas lantai atas mencapai 67.000 m2 .

7. Sketsa Gambar Masjid Istiqlal

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Masjid ini merupakan Masjid nasional Republik Indonesia yang dibangun di bekas Taman Wilhelmina di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka di pusat ibukota Jakarta, dan ditengahnya terdapat Monumen Nasional (Monas).

Pembangunan Masjid Istiqlal diprakarsai oleh presiden Republik Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.

Arsitek pembangunan Masjid ini adalah Frederich Silabah, yang merupakan seorang beragama non muslim Kristen Protestan.

Gaya arsitektur bangunan masjid sudah modern dimana dinding dan lantai berlapis marmer geometric dari baja yang antikarat.

Bangunan Masjid ini terdiri dari lima lantai dan lantai dasar bangunan dilengkapi dengan mahkota atau kubah yang merupakan ciri utama dari bangunan Masjid berdiameter 45 m dengan ditopang tiang penyangga berjumlah 12 tiang.

Menara tunggal masjid setinggi 96,66 meter menjulang tinggi terletak di sudut selatan Masjid. Masjid ini mampu menampung sekitar 200.000 jamaah.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim, Masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam, aktivitas sosial, serta berbagai kegiatan umum lainnya.

Pada hari – hari besar Islam Presiden Republik Indonesia selalu mengadakan berbagai kegiatan agama di Masjid ini dan disiarkan langsung oleh televise nasional  dan televise swasta secara langsung.

Proses pembangunan Masjid ini berjalan selama tujuh belas tahun dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kedua yaitu Soeharto pada tanggal 22 februari 1978, dengan ditandai prasasti yang dipasang di area tangga pintu masuk Masjid.

Pembangunan Masjid ini menghabiskan biaya sebesar 7.000.0000.000 (tujuh miliar rupiah) dan 12 juta dollar AS.

Masjid ini sangat menarik untuk dilihat mulai dari gaya arsitektur dan kemegahan bangunannya, maka tak heran banyak sekali wisatawan yang berkunjung di masjid ini mulai dari wisatawan domestik dan luar negeri yang beragama Muslim dan non muslim.

Untuk para wisatawan Muslim dapat langsung masuk ke dalam Masjid untuk menunaikan ibadah atau melihat kemegahan bangunan, namun untuk wisatawan non muslim maka harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dan didampingi oleh petugas.

8. Sketsa Gambar Masjid dan Pemandangan

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Seperti yang telah kita bahas diatas bahwasannya Masjid merupakan bangunan sakral sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim.

Dalam membuat sketsa Masjid anda juga dapat menambahkan dengan pemandangan agar tampilan gambar lebih menarik untuk dilihat.

Contohnya seperti menambahkan gambar taman di area sekitar Masjid dan pohon – pohon yang mengelilingi bangunan Masjid atau juga bisa menambahkan gambar yang lain sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi anda.

Semakin detail dan komplit gambar yang disajikan, maka akan semakin mudah dipahami maksud dan tujuan dari gambar tersebut.

9. Sketsa Majid Al Aqsa

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Masjid ini disebut juga dengan Baitulmaqdis, yang berlokasi di Yerusalem menjadi salah satu tempat yang disucikan oleh umat Islam, Kristen, dan Yahudi.

Tempat ini sering dikelirukan dengan Jami’ Al Aqsa atau Masjid Al Qibli. Jami’ Al Aqsa merupakan Masjid berkubah Biru yang menjadi salah satu bagian dari komplek Masjidil Aqsa berada di sebelah Selatan. Sedangkan yang di sebut Masjidil Aqsa adalah nama dari kompleks tersebut.

Masjidilaqsa sebelumnya merupakan kiblat bagi umat Islam generasi awal selama tujuh belas bulan setelah hijrah hingga kemudian dialihkan ke Ka’bah di Masjidilharam sampai saat ini menjadi  kiblat bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Tak hanya umat Islam saja yang mensakralkan tempat ini, menurut kepercayaan Yahudi dan Kristen tempat ini dipercaya menjadi tempat berdiirnya Bait Suci pada masa lalu.

Secara etimologi Masjidil aqsa berarti Masjid terjauh, sedangkan menurut istilah bermakna tempat sujud.

Dalam membuat sketsa Masjidilaqsa tentu harus melihat secara detail dari berbagai sisi bangunan. Nah, berikut kita sajikan beberapai contoh sketsa Masjid Al Aqsa.

10. Sketsa Masjid Agung Jawa Tegah

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Sesuai dengan namanya Masjid ini terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.

Dibangun diatas lahan seluas 10 hektare, tentu saja mampu menampung ribuan jamaah dan terlihat sangat megah.

Masjid ini sangat unik, pasalnya dirancang dengan gaya arsitektur campuran antara Jawa, Romawi, dan Islam. Diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani yang memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001.

Desain atap bangunan dibuat limas, yang merupakan ciri khas bangunan Jawa dengan dilengkapi kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah 4 tiang menara setinggi 62 meter di tiap penjuru atapnya.

Selain itu juga terdapat satu menara tunggal yang melambangkan bangunan masjid pada umumnya, dibuat terpisah dengan bangunan utama setinggi 99 meter.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim, masjid ini juga digunakan sebagai tempat wisata religius.

Salah satu daya tarik Masjid ini terletak pada menara Al Husna yang menjulang tinggi dan dilengkapi teropong yang dapat melihat keindahan kota Semarang dari atas menara.

Selain itu, didalam Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat koleksi Al Qur’an berukuran 145x 95 cm2  dan bedug raksasa berukuran 310 cm  dengan diameter 220 cm yang merupakan replika bedug Pendowo Purworejo.

Berikut kita sajikan contoh sketsa Masjid Agung Jawa Tengah,  merupakan Masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah dengan keindahan bangunan dan kemegahannya.

11. Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Masjid Baiturrahman merupakan ikon dari Provinsi Aceh. Masjid ini dibangun pada tahun 1612 M pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Merupakan bangunan Masjid termegah pada abad ke 18 dan menjadi salah satu bangunan yang selamat saat terjadi bencana tsunami di Aceh tahun 2004 silam.

Masjid ini memiliki 7 kubah dan 8 menara, termasuk  yang tertinggi di kota Banda Aceh. Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, Masjid ini juga digunakan sebagai tempat wisata religi dengan keindahan bangunan dan kemegahannya.

Berikut contoh sketsa Masjid Raya Baiturrahman yang sangat indah dan megah yang menjadi landmark Banda Aceh.

12. Sketsa Masjid Megah

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

 

Indonesia merupakan Negara mayoritas beragama Islam, maka tak heran jika sangat mudah dimana- mana kita menemukan bangunan Masjid.

Dan merupakan Negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia, maka tak heran banyak bangunan Masjid yang dibuat secara besar dan megah untuk menampung banyakknya jamaah.

Berikut adalah sketsa gambar masjid megah yang cukup mudah untuk dibuat dan popular di dunia maya.

13. Sketsa Masjid Minimalis

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Seiring dengan perkembangan zaman gaya arsitektur juga mengalami perkembangan, begitu juga dengan desain Masjid.

Berbagai perpaduan gaya arsitektur  di kolaborasikan dalam bentuk bangunan, namun tidak meninggalkan ciri khas bangunan utama Masjid yang memiliki kubah serta menara yang menjulang tinggi menjadi ciri utama pada bangunan Masjid.

Cara Membuat Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Sketsa Masjid

Seorang anak akan lebih mudah memahami sesuatu hal yang menyenangkan dan disukainya. Seperti, mengajah anak mengambar sesuatu yang berkaitan dengan apa yang ingin kita ajarkan kepada mereka.

Namun, ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan dalam mengajarkan anak belajar mengambar, contohnya menggambar Masjid.

Sebelum mengajarkan anak menggambar Masjid, sebaiknya anda mengajarkan anak tentang ilmu agama. Dengan seperti itu anak akan tertarik dengan hal – hal yang berbau Islam.

Anak akan terus mengigat dan menyukai yang berkaitan dengan tema tersebut, salah satunya tempat ibadah atau Masjid.

Ketika anak sudah menyukai hal – hal yang berbau islam, mulailah untuk mengajak anak mengenal beberapa gambar tempat ibadah, seperti kaligrafi, Masjid, kubah, menara dan berbagai gambar lainnya yang berkitan dengan agama.

Supaya gambar terlihat bagus diperlukan kreatifitas dan ilmu  seni  dalam menggambar, agar hasilnya terlihat realitas dengan pandangan mata dan tampak seperti hidup.

Setiap orang dapat menghasilakn sebuah karya, baik  dari tulisan, ukiran, ataupun lukisan. Dengan  tinggkat kesulitan yang berbeda – beda, termasuk karya membuat sketsa Masjid, yang menguji ketelitian, ketrampilan, dan kerapian dalam menggambar dan memilih warna.

Itulah penjelasan secara lengkap tentang tips bagaimana membuat sketsa Masjid, semoga ulasan ini  dapat menjadi bahan referensi untuk anak anda menggambar atau untuk menambah wawasan pengetahuan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply