√ 13+ Contoh Surat Pribadi Lengkap, Pengertian, Ciri, bagian, Keluarga

Surat Pribadi – Zaman dulu dan sekarang tentunya sangat familiar dengan yang dinamakan surat, terlebih zaman dulu surat ini sering digunakan untuk memberi kabar kepada teman, sahabat, keluarga, saudara dan kerabat atau yang lainya.

Namun berbeda dengan sekarang banyak yang meninggalakan surat ini karena semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat sekarang ini. Tak lagi perlu menulis dengan memakai kertas karena membutuhkan waktu namun hanya perlu smartphone dan internet sudah bisa berkirim kabar.

Namun dengan begitu penggunaan surat ini dihilangan, kadang sangat diperlukan juga penggunaan surat ini seperti membuat surat kuasa, surat lamaran kerja dan lain sebagainya. Bahkan dikirim untuk keluarga pacar dan lainya sebagainya, karena dengan menggunakan surat keberadaan akan dihargai.

Tidak usah bingung membuat surat pribadi ini, berikut adalah penjelasan dan beberapa contoh yang bisa anda praktekan untuk memberi kabar ke keluarga dan lain sebagainya.

Pengertian Surat Pribadi

pengertian surat pribadi

Surat pribadi adalah jenis yang dibuat hanya untuk keperluan pribadi dimana fungsinya sama dengan surat pada umumnya yaitu memberikan informasi, atau keperluan kepada orang lain, perusahaan, organisasi dan lain sebagainya.

Surat pribadi tidak melulu harus menggunakan bahsa yang baku karena isi pada surat tersebut dapat disesuaikan dengan keperluan yang diinginkan.

Bagian Bagian Surat Pribadi

bagian surat pribadi

Surat pribadi memang bukan surat resmi, namun harus perhatikan juga bagian – bagianya agar ketika surat dikirim bisa dilihat dan dibaca dengan enak oleh penerima surat. Berikut ini adaah bagian pada surat pribadi :

  • Tempat dan tanggal pembuatan

Sama dengan surat jenis lainya, surat pribadi juga memerlukan tempat serta tanggal pembuatanya. Dalam menuliskan ini biasanya ditulis di bagian atas kanan atau kiri dimana dalam penulisan harus diawali dengan huruf kapital.

Contoh : Surabaya, 10 juni 2017 Atau juga bisa ditulis, Bandung 10-7-2017 atau bisa juga Bandung, 10/7/2017

  • Alamat Penerima

Bagian ini juga tidak kalah penting, biasanya penuisan ini dibarengi dnegan nama penerima surat  karena sebelum menuliskan alamat penerima juga wajib diawali dengan nama yang akan menerima. Dalam menulis surat ini juga bisa menggunakan tambahan seperti sahabat, sayang dan lain – lain.

Contoh :

Kepada Sahabat seperjuanganku Linda
Di Surabaya

  • Kata Sapaan

Bagian selanjutnya adalah kata sapaaa, sepereti diawal dijelaskan bahwa surat ini memang berbeda dengan surat resmi pada umumnya maka menggunakan kata sapaan sangat dianjurkan.

Contoh :

Assalamualaikum Bero, Salam kangen dari Kota Sejuta Bunga, sahabatku yang imut – imut kayak dora, manis kayak gula aren, ganteng kayak si dia dan yang paling ahoy pokoknya

  • Paragraf Pembuka

Sama seperti jenis surat pada umumnya, penulisan surat pribadi juga di awali dengan paragraf pembua. Paragraf pembuka bisa berisi luapan rasa rindu atau menanyakan kabar dan lain sebagainya. Untuk menuliskan bagian paragraf ini tidak wajib menggunakan bahaasa yang formal.

Dengan menggunakan bahasa yang sering dipakai sehari – hari yang pada intinya membuat si penerima surat paham dengan yang kita sampaikan.

  • Bagian isi

Bagian ini adalah bagian yang paling penting atau bagian inti pada surat. Didalam bagian ini terdapat tujuan dari pengirim mengirimkan surat kepada penerima surat.

Bisa tentang curhatan, masalah penting dan lain sebagainya. Sama seperti bagian paragraf peembuka pada bagian ini juga tidak mewajibkan menggunakan bahasa yang formal namun cukup menggunakan bahasa yang mampu dipahami.

  • Paragraf Penutup

Seperti pada umunya pada pribadi menggunakan juga penutup, biasanya pada bagian ini berisi tentang ucapan permohonan maaf, terima kasi atau sebuah harapan. Penulisan bagian ini tidak perlu panjang – panjang.

  • Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Untuk penulisan ini bisa ditulis pada bagian bawah kanan pada surat. Namun tidak wajib anda juga bisa menuliskan pada bagian kiri.

Baca Juga : Surat Pengunduran Diri

Ciri – Ciri Surat Pribadi

ciri surat pribadi

  • Surat pribadi tidak dilengkapi dengan KOP SURAT sepereti pada umunya surat resmi
  • Tidak memiliki nomor surat
  • Sifat surat pribadi ini non formal jadi untuk salam pembuka dan juga penutup sifatnya santai atau tidak harus seperti surat resmi
  • Bahasa yang digunakan tiak wajib baku, namun bisa menggunakan bahassa sehari – hari yang digunakan
  • Menggunakan sapaan
  • Tidak formal dan sifatnya bebas.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

contoh surat pribadi untuk teman

Surabaya, 21 Mei 2017

Untuk Temanku
DI Surabaya

Salam pertemanan selamanya

Halo apakabar dengan mu? Kuharap baik – baik saja kamu di surabaya, dan tentunya selalu bahagia ya. Amiiin

Sudah lama tidak betemu dan aku ingin sekali bertemu dengan kamu sinta, pastinya banyak perkembangan dari kamu ya, semakin cantik? Semakin nambah yang Plus – plus pokoknya deh pastinya.

Sinta, temen terbaiku, aku memberi kabar dari tempat yang dulu sempat menjadi kesukaan kita, sekarang dengan perkembangnya teknoli dan gedung –  gedung yang menjulang tinggi sekarang tempat kesukaan kita sudah tidak ada, tidak ada lagi ayunan yang pernah kita mainakn bersama. Kuharap kamu kapan – kapan bisa menemuiku di rumah, aku kangen kamu teman.

Sekian dulu ya temenku, jangan lupa balas yaa, aku tunggu balasan kamu. Sampaikan salamku kepada Ibu dan Bapak kamu disana yahh. Sampai jumpa kapan – kapan teman, aku tunggu kedatanganmu di rumah.

Sampai jumpa.

Sahabatmu

Merlin Andanita

2. Surat Pribadi Bahasa inggris Untuk Teman

contoh surat pribadi bahasa inggris

Jakarta, 26 Agustus 2016

Dear Juminten

How are things in Wicklow? I Have not seen you for ages so I decided to write and give you all the news from Glentown.

The Football team is doing really well this season. We have reacted the semi-final of the cup. The new goalkepeer we got after you left is great he has not in a goal in the last three matches.

My sister, sandra, has just had a baby girl so I am now an uncle. Maybe I will be able to make some money from baby sitting and then I can come down on the train to visit you.

Write soon and let me know all the news

Your Friend

Merlin

3. Surat Pribadi Untuk Teman Sebangku

contoh surat pribad untuk teman sebangku

Bajarnegara, 07 September 2019

Untuk Mas Indra
Di Tempat.

Salam Kangen

Gimana kabar kamu di Singapura Mas? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah selesai sekolah kemaren di SMA dan Kita sebangku sekarang kabar saya baik –baik saja. Namun sementara ini beberapa bulan ini baru ada yang saya kangenin yaitu mas indra yang mana teman akrab sebangku dulu di SMA.

Aku kirim surat ini untuk memberitahukan kepada mas Indra bahwa saya InsyaAllah akan pergi juga ke Singapura untuk mengambil Beasiswa yang kemarin aku usahakan mas. Mau minta tolong mas Indra nanti pandu saya di sana ya mas, sekalian kita reuni bangku kita yang dulu. Hehe

Baca Juga : Surat Undangan

Cukup itu saja mas yang bisa aku sampaikan. Salam kangen dari Indonesia dan semoga mas Indra sehat terus disana dan kita bisa bertemu dangan keadaan sehat serta bahagia.

Salam Kangen Teman sebangku

Randi Setiawan

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Tentang Liburan

contoh surat pribad tentang liburan

Yogyakarta, 16 Januari 2017

Untuk Teman Dekat ku

Merlin
Di Lumajang

Hai Merlin? Apa kabar kamu? Aku harap kamu dalam keadaan sehat yaa. Aku mengirimkan surat ini karena aku sedang liburan ke Yogyakarta bersama kelas dan teman kuliahku. Oh iya Mer, sudah terlalu lama kita jarang ketemu udah hampir 3 tahun kita gag bersama atau sekedar ketemu. Pastinya kamu tambah imut dengan pipi tembemu itu ya? Hehe. Aku harap kita bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama untuk melukis kenangan yang sudah lama hilang.

Oh iya ini aku baru pertama jalan – jalan ke Jogja. Tertnyata tidak sesuai dengan prediksiku yang selama ini aku kira jogja hanya kota biasa ternyata jogja banyak sekali loh mer wisata alamnya. Mulai dari pantai, goa, gunung dan lain sebagainya. Tentunya kamu bakal betah lama deh kalu berlibur kesini. Sudah hampir 3 hari aku disini tapi tidak merasa bosan sama sekali loh lin dengan keindahan alam dan suasana yang masih asri tentunya.

Itu tadi singkat cerita tentang liburanku di Jogja. Aku harap kamu juga menceritakan liburanmu. Bagaimana dengan agendamu yang ingin main ke Semarang? Apa sudah terlakasana kalau belum boleh deh kita agendakan kapan – kapan.

Semoga liburanmu menyenangkan dan terimakasish sudah membaca suratku ini merlin.

Salam dari Sahabatmu

Risa

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

contoh surat pribad untuk ibu

Terutuk Mama Tersayang

Di tempat

Halo mama? Apa kabar mama dirumah? Hani harap mama baik saja di rumah dan tetap selalu dalam keadan sehat serta dalam lindungan Allah SWT. Amiin.

Sudah 3 bulan Hani tidak pulang kerumah dan bekerja keras di tanah orang mah. Doain semoga apa yang sedang Hani lakukan di Surabaya tetap dalam lindungan Allah dan selalu lancar sampai bisa bawa mamah tinggal bersama di Surabaya.

Hani mau memberi kabar ke mama, kalau Hani baru membuka usaha baru jualan alat Musik mama tidak perlu kuawatir di rumah Hani baik – baik saja dirumah, doakan saja semoga selalu diberikan kelancaran dalam berwirausaha ini.

Salam kangen dari Anakmu

Hani

6. Contoh Surat Pribadi Singkat Ucapan Terima Kasih

contoh surat pribad ungkapan terima kasih

Yogyakarta, 16 Januari 2017

Untuk Teman Dekat ku

Merlin
Di Lumajang

Hai Merlin? Apa kabar kamu? Aku harap kamu dalam keadaan sehat yaa. Lama tak pernah bertemu setalah kamu membantu aku saat aku kesusahan dulu dan kamu lah orang yang pertama dan yang selalu ada saat aku berada dalam kesusahan,

Melalui surat ini aku ingin mengucapkan banyak terima kasih dengan hati ku yang paling dalam, aku ingat banget waktu itu ketika kamu rela mengorbankan hartamu untuk aku yang bukan siapa – siapamu.

Dan maaf sekali kalau belum bisa mengembalikan bantuan atau hanya sekedar membalas jasa – jasamu yang begitu berarti buat aku, mudah – mudahan kamu disana sehat dan selalu dilebarkan hartanya.

Mungkkin itu saja surat dari saya sekaligus permintaan maaf dan juga kangen ingin ketemu, semoga secepatnya bisa membalas budi dan juga bisa bertemu untuk menghilangkan rasa kangenku.

Salam dari Sahabatmu

Risa

7. Contoh Surat Bahasa Jawa Singkat Untuk Teman

contoh surat pribadi untuk teman

Surabaya, 15 Mei 2019

Kanggo
Rita Andita
Jl Subroto Magelang

Assalamualaikum Wr.Wb

Kabar keslametan kang dadi pawitan penulisan layang niki. Muga kowe wonten Magelang uga tansah dateng lindungane Gusti ingkang Maha Agung.

Kejaba iku, nganggo layang iki aku bade menehi kabar menawa wonten preinan semester iki aku bade ten Magelang, wonten magelang bade sowan wonten daleme rencang engkang sue dereng kepanggeh.

Aku menyang daleme rencang kulo kira – kira tanggal 26 Mei 2019 nganti tanggal 01 Juni. Sesok ojo nganti lali kowe dolen nggone griyane rencang kulo ya! Kanca – kanca sek ten Magelang kandanono lan aku iki nunggu balesanmu.

Wes cukup semene mbok menawi ana tembung – tembung aku jaluk sak gedene pengapuro lan aturno sungkemanku kanggo bapak lan ibumu.

Wassalamualaikum Wr. Wb

8. Contoh Surat Bahasa Jawa Singkat Untuk Pacar

contoh surat pribadi untuk pacar

Kanggo

Sayangku Aninda Ten Griyo

Gak eroh opo sek kudu tak deleh neng kertas suci kertas puteh iki, goresan tinta sek uapik panggah gag iso dadi wakile atiku.

Ono akeh hal sek mungkin gak mok reteni teko atiku, akeh sek kesimpen teko kekuranganku sek durung mbok reteni, lan ugo tresnoku sek tak simpen neng jero atiku.

Matursuwun sayangku, sek wis dadekne tambah warno neng uripku lan tiap dino pas karo kowe.

Aku reti, mungkin aku dudu sek siji  – sijine sek pernah nang atimu, nanging aku yakin, kowe bakal dadi sek terakhir neng urepku lan aku dadi sek terakhir neng urepku.

Aku pengen neng saben dinoku ambek kowe.

Dilok mesemu.

Krungu suaramu, guyumu, lan guyonanmu.

Aku pengen kowe iso dadi wong wedok sek iso ngancani aku tekan tuwoku.

Matur suwun sayang.

( Kekasihmu Rinkos)

9. Cotoh Surat Bahasa jawa Singkat Untuk Orang Tua

contoh surat pribadi untuk orang tua

Yogyakarata, 1 April 2018
Bapak Soho Ibu
Ing Dalem

Assalamualiakum Wr. Wb

Apak saha ibu ingkang kulo hormati lan sayangi. Ngaturi kawuning bilih ngantos ing dinten puniko engkang putra wonten Gunungkidul tansah pinaringan kanugrahaning Gusti ingkang murbeng Dumadi. Pangajab kulo inggih mekaten, mugi bapak saha ibu wonten ing dalem tansah jinangkung dening Gusti ingkang Maha Agung.

Bapak saha ibu ngaturi priksa bilih meniko ngenjang minggu ingkang purta bapak badhe nderek Ujian Akhir Semester. Awit sangking puniko amrih lancar lan ugo saget pikantuk nilai ingkang sae ugo. Kulo nyumun donganipun dumateng Bapak soho ibu ingkang linangkung. Awit kulo pitados bilih mboten wonten engkag sanget nanding donganipun tiyang sepah.

Bapak saha ibu, ndadosaken kawuningan bilih syarat kangge nderek ujian punika kadah sampun bayar SPP ngantos wulan September. Lan ugi kadah mbayar pendaftaran anggenipun Rp.10.000.

Matur suwun kulo aturaken dumateng Bapak lan Ibu

10. Contoh Surat Untuk Sahabat Kecil

contoh surat pribadi untuk sahabat kecil

Surabaya, 21 Mei 2017

Untuk Sabatku
DI Makasar

Salam sahabat sejati

Halo apakabar dengan mu? Kuharap baik – baik saja kamu di surabaya, dan tentunya selalu bahagia ya. Amiiin

Sudah lama tidak betemu dan aku ingin sekali bertemu dengan kamu sinta, pastinya banyak perkembangan dari kamu ya, semakin cantik? Semakin nambah yang Plus – plus pokoknya deh pastinya.

Sinta, temen terbaiku, aku memberi kabar dari tempat yang dulu sempat menjadi kesukaan kita, sekarang dengan perkembangnya teknoli dan gedung –  gedung yang menjulang tinggi sekarang tempat kesukaan kita sudah tidak ada, tidak ada lagi ayunan yang pernah kita mainakn bersama. Kuharap kamu kapan – kapan bisa menemuiku di rumah, aku kangen kamu teman.

Sekian dulu ya temenku, jangan lupa balas yaa, aku tunggu balasan kamu. Sampaikan salamku kepada Ibu dan Bapak kamu disana yahh. Sampai jumpa kapan – kapan teman, aku tunggu kedatanganmu di rumah.

Sampai jumpa.

Sahabatmu

Merlin Andanita

11. Contoh Surat Pribadi Lengkap Untuk Kakak

contoh surat pribadi untuk kakak

Rembang, 15 April 2017

Untuk Kakak Intan
Di Amerika Serikat

Salam kangen,

Gimana kabarmu di Amerka Serikat Kak? Semoga dalam lindungan – Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini di Indonesia baik – baik saja. Hanya saja seperti ada yang kurang dala keluarga yaitu kehadiran kakak di rumah. Gimana dengan kuliahnya kakak disana? Ibu ingin tahu perkembangan terbaru dari kakak.

Aku kriim surat ini untuk memberi kabar untuk kakaka di sana, akhir tahun ini kakak pertama kakak Roni ingin menikah. Pastinya bakal kurang banget dengan ketidak hadirnya kakak dalam acara pernikahan ini. Kapan kaka bisa pulang ?

Oh iya, aku juga ingin minta pendapat dari kakak Intan , adik kan sudah kelas 3 SMA dan sebenetar lagi akan melakukan ujian kira – kira kalau adik ikut kuliah sama kakak disana gimana? Aku hanya bingung saja banyak tawaran dan juga bingung ibu bapak dirumah sama siapa kalau udah tak tinggal sedangkan kakak pertama sudah beristri dan bakal pindah. Aku tunggu balasan suratmu kak, dan jangan lupa oleh – oleh untuk adik dan keluarga kalau pulang dari amerika nanti. Hihihi

Adik tercintamu

Sinta

Baca Juga : Surat Pemberitahuan

12. Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

contoh surat pribadi untuk keluarga

Surabaya, 21 Mei 2017

Untuk Keluargaku Tercinta
DI Magelang

Salam Kangen Dari Tanah Orang

Halo mama, papa dan seluruh anggota keluarga di rumah? Apa kabar dirumah? Hani harap mama papa dan kaluarga baik – baik saja di rumah dan tetap selalu dalam keadan sehat serta dalam lindungan Allah SWT. Amiin.

Sudah 3 bulan Hani tidak pulang kerumah dan bekerja keras di tanah orang. Doain semoga apa yang sedang Hani lakukan di Surabaya tetap dalam lindungan Allah dan selalu lancar sampai bisa bawa mamah tinggal bersama di Surabaya.

Hani mau memberi kabar ke mama, kalau Hani baru membuka usaha baru jualan alat Musik mama tidak perlu kuawatir di rumah Hani baik – baik saja dirumah, doakan saja semoga selalu diberikan kelancaran dalam berwirausaha ini.

Salam kangen dari Anakmu

Hani

13. Contoh Surat Pribadi Singkat

contoh surat pribadi singkat

Yogyakarta, , 12 April 2017

Teruntuk teman baiku

Aris

Di Jakarta

Hai aris, apa kabarmu? Aku selalu berharap semoga kamu dalam keadaan sehat. Amin. Sekedar hanya membeli kabar saja kepadamu aku disini seehat, dan jujur aku sangat rindu dengan kamu aris. Sudah lama kita tidak bertemu.

Kita sudah lama tidak bertemu sjeak dulu seingatku perpisahan SMA terakhir kita bersama setelah itu aku pindah ke makasar dan sepertinya kamu sibuk dengan dirimu yang sekarng dengan pekerjaan mu dan lain – lain aktifitasmu.

Sebenearnya kau ingin mengunjungi dirimu di jogja karena kebetulan minggu in aku ada acara sama teman buat liburan keasana sekaligus menyembuhkan rasa kangenku kepadamu. Namun karena ada kadaan mendadak dan tidak mungkin ditinggalkan rencana itu aku undur jadi bulan depan.

Kamu tahu gak teman kita yang dulu sangat cupu dan terbilang orang yang bodoh di kelas? Si Dodot , dia sekarang menjadi pengusaha yang sukses loh, punya perusahaan besar yang bergerak di bidang ekspedisi dan juga Vidiografers, photohrapher lohh , keren kan?

Sekian dulu surat dari ku ya, aku sangat menunggu balasanmu ini, semoga kedepan kita bisa sering bertemu dan juga bisa liburan bareng.

Salam hangat dari sahabatmu

Anggit

Baca Juga : Surat Permohonan

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply