Menggambar Dengan Teknik Aquarel

Teknik Aquarel – Aquarel atau cat air merupakan salah satu jenis seni lukis yang sudah dikenal masyarakat umum dan paling populer teknik ini. Karya gambar aquarel sangatlah mudah sekali untuk dicari karena banyak pelukis yang menjual karyanya lewat aquarel.

Lantas bagaimana teknik aquarel, jenis-jenis dan seperti apa contoh gambar Aquarel ? Simak penjelasan berikut ini ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Teknik Aquarel ?

Teknik Aquarel adalah teknik melukis dengan menggunakan car air “aquarel” dam sapuan warna yang tipis, sehingga lukisannya yang dihasilkan terkesan transparan dan tembus pandang.

Untuk teknik ini digunakan cat yang cenderung encer, supaya dihasilkan sapuan yang ringan dan tipis. Media yang digunakan dalam teknik ini adalah kertas lukis.

Teknik aquarel pada umumnya diterapkan pada kegiatan melukis di sekolaha dengan menggunakan kertas gambar dan cat air.

Pengertian Teknik Aquarel

pengertian teknik aquarel

Teknik Aquarel adalah salah satu jenis teknik menggambar atau melukis yang memanfaatkan cat air sebagai bahan lukis dengan cara mengoleskan warna secara tipis dengan cara menggunakan sapuan kuas.

Hal ini tujuannya adalah supaya memperoleh hasil suatu lukisan yang terlihat transparan, paduan warna yang tipis dan tembus pandang.

Untuk menghasilkan sapuan sapuan yang ringan dan tipis, alahkah baiknya kita menggunakan cat yang sedikit lebih encer.

Macam-Macam Teknik Aquarel

Macam-Macam Teknik Aquarel

  • Wet On Dry

Wet On Dry adalah suatu teknik melukis dengan cara menumpukkan cat yang sudah kering dengan cat warna yang lainnya atau warna yang lebih gelap, sehingga menghasilkan tepi kuasan cat yang tajam.

  • Wet On Wet

Sedangkan Wet On Wet adalah suatu teknik melukis dengan cara menumpukkan cat yang masih basah dengan cat warna yang lain atau warna yang lebih gelap, sehingga warna tersebut menjadi tercampur atau bergradasi “bernuansa”.

Media dan Peralatan Teknik Aquarel

bahan membuat gambar teknik aquarel

Media dan perlatan lukis yang di sini diantaranya adalah :

  • Kertas Gambar
  • Cat Air
  • Palet Cat Air
  • Kuas Cat
  • Kain lap dan Air

Baca Juga : Teknik Pointilis

Langkah-Langkah Melukis Teknik Aquarel

Langkah-Langkah Melukis Teknik Aquarel

Tentukan Tema Gambar

Pilihlah dan tentukan konsep gambar yang akan kita inginkan untuk dilukis. Pastikan objek gambar yang akan kita lukis sudah ada di pikiran kita dan didepan mata yang berupa model, sehingga jelas apa yang hendak dilukis.

Sebenarnya untuk objek gambar kita tidak harus yang muluk-muluk, objek yang sederhana jika diberikan warna dan teknis yang benar-benar pasti juga akan memberikan hasil lukisan yang bagus dan indah.

Membuat Sketsa Gambar

Buatlah sketsa objek dengan pensil secara tipis-tipis di kertas. Hal ini dilakukan supaya bisa memperbaiki jika terjadi ketidaktepatan dalam menggambar sketsa.

Membasahi Kertas Dengan Air

Pada teknik ini sebelumnya mewarnai diharuskan membasahi media gambar yaitu kanvas dan kertas dengan air yang secukupnya dengan menggunakan kuas. Karena berguna untuk memberikan efek tipis pewarnaan pada lukisan, namun jangan sampai terlalu basah.

Pewarnaan

  • Bubuhkan cat air yang sudah kita siapkan di media kertas yang sudah dibasahi dengan kuas cat air.
  • Untuk arah sapuan kuas dari arah kiri menuju ke kanan, atau bisa dari atas menuju ke bawah dengan cara menyasuaikan bidang gambar yang hendak diwarnainya.
  • Di usahakan tidak menyapu kuas secara menyilang, menggulung-gulung ataupun ke berbagai arah dan tidak mengulang-ulang. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada media gambar, selain itu kita tidak bisa mendapatkan intensitas warna yang kita inginkannya.

Oleh karena itu sapukan warna sekali dan persiapkanlah cat air dengan perolehan warna yang matang.

 Drying “Pengeringan”

Sentuhan yang terakhir bisa kita lakukan dengan menjemur atau mengangin-anginkan medi gambar dibawah sinar matahari, supaya catnya bisa kering secara sempurna.

Sebaiknya tidak menggunakan alat-alat pengering, karena dikhawatirkan bisa merusak media gambar “catnya tercecer, menggulung dan lain-lain”.

Baca Juga : Teknik Menggambar

Contoh Lukisan Teknik Aquarel

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

Gambar aquarel bisa dikatakan mempunyai tingkat kesulitannya sangatlah rumit. Tersusun dari berbagai objek gambar yang masing-masing mempunyai beragam ukuran. Sebagian besar terdiri dari objek gambar yang berukuran kecil dan warnanya bervariasi.

 Contoh Lukisan Aquarel Sederhana

 Contoh Lukisan Aquarel Sederhana

Gambar aquarel di atas bisa dikatakan sangatlah sederhana. Namun dengan perpaduan warna yang cocok membuat hasil lukisan yang lebih cantik dan indah. Membuat gambar sederhana menjadikan sebuah lukisan yang mempunyai nilai seni yang sangatlah tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

Bagi pemula yang berkeinginan melukis dengan teknik ini, gambar di atas bisa menjadi referensi bahwa sebuah objek gambar tidaklah harus muluk-muluk dan yang rumit. Gambar yang sedarhana dengan goresan warna yang tidak terlalu banyak. Tetapi gambar di atas tetaplah menunjukkan nilai estetika yang tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel Buah-Buahan

Contoh Lukisan Aquarel Buah-Buahan

Gambar aquarel yang satu ini tidak kalah bagus dan indah. Berbagai buah lengkap dengan teko dan keranjang sehingga gambar ini tersusun dari objek yang banyak dengan beragam warna. Di tambah pelukis memberikan efek 3 dimensi yang membuat lukisan tambah indah.

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

Walaupun hanya satu objek gambar saja, tetapi gambar aquarel di atas memerlukan keahlihan yang profesional. Dengan gradasi warna yang tepat membuat bunga di atas kelihatan hidup dan cantik.

Selain itu pelukis telah memperhitungkan pencahayaan yang tepat sehingga si pelukis bisa mampu menggoreskan kuas supaya bisa menghasilkan bunga yang terlihat sangatlah nyata.

Contoh Lukisan Aquarel 6

Contoh Lukisan Aquarel 6

Untuk menghasilkan lukisan yang ada di tas, dibutuhkan pelukis yang profesional. Lukisan di atas melibatkan banyaknya objek dengan tingkat kerumitannya yang cukup. Warna yang tepat membuat lukisan ini berhasil memberikan nilai seni.

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan

Contoh Lukisan Aquarel Benda

Contoh Lukisan Aquarel Benda

Baca Juga : Teknik Arsir

Tips Melukis Aquarel

Biar melukisnya bagus dan terlihat indah, maka butuh yang namanya tips, mari kita bahasa tips supaya lukisannya bagus :

  • Untuk cat air pilihlah yang kualitasnya bagus, cat yang kualitasnya baik memang harganya relatif mahal, namun harga dan kualitasnya biasanya berjalan seiringan.
  • Untuk media kertas yang paling disenangi dan bagus menggunakan kertas aquarel. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan sesuai dengan teknik yang ini, gunakanlah kertas aquarel.

Namun jika harganya dirasakan cenderung mahal, kita bisa menggunakan kertas gambar biasa tetapi untuk kualitasnya standar.

  • Gunakanlah kuas yang sesuai, ada banyak sekali, berbagai merk kuas yang ada di toko-toko peralatan sekolah dan sesuaikan dengan uang yang pas.

Kelebihan Cat Air

  • Tidak berbau.
  • Mudah mengering.
  • Warnanya yang lebih tajam.
  • Mudah untuk dibersihkan.
  • Mudah untuk digunakan.
  • Teksturnya yang halus.
  • Tahan lama sampai puluhan tahun.

Demikian sekilas tentang teknik aquarel yang bisa kita praktikkan dan bisa menjadi ilmu dan wawasan baru. Dalam membuat teknik ini, janganlah mudah untuk putus asa, dan selalu teruslah berlatih.

Karena untuk mendapatkan karya seni lukisan yang bagus dan indah, membutuhkan keterampilan dan kerja keras yang tinggi.

Pelajari juga teknik pointilis itu apa saja dan teknik arsir dalam menggambar. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkannya.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply