Menggambar Teknik Dusel

Teknik Dusel – Teknik dusel adalah metode menggambar yang bisa menentukan terang dan gelapnya objek foto yang memakai pensil gambar yang digoreskan di dalam posisi miring atau rebah.

Sejarah teknik lukis dusel ini memakai alat bantu kapas, tisu atau perlengkapan khusus yang lain dan berbentuk gulungan kertas “wujudnya sama dengan pensil” bisa juga memakai jari tangan.

Pada metode ini garis atau stroke hendak dihilangkan ataupun diperluas dengan metode digosok-gosok “dusel”.

Apa Yang Dimaksud Teknik Dusel ?

Teknik dussel adalah teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan yang tebal-tipis atau gelap-terang. Alat yang bisa digunakan, antara lain adalah krayon, pensil dan konten. Teknik dussel memerlukan kapas atau alat khusus untuk menghaluskan gari-garis yang sudah ada.

Pengertian Teknik Dusel

Pengertian Teknik Dusel

Definisi metode dusel atau sikat adalah suatu teknik menggambar dengan metode menyikat kesekian kalinya, sampai menghasilkan suatu bayangan atau gradasi yang cocok. Tidak hanya itu saja, foto yang dihasilkan dari metode dusel sangatlah halus.

Apabila hendak membuat suatu bayangan hitam, Kita bisa mengulangi arsiran dan menyikat dengan kesekian kalinya, sampai menciptakan corak hitam yang kita mau.

Bila kita mau memperoleh corak yang cerah, cukup untuk arsir tipis dan digosok dengan jari kita.

Baca Juga : Teknik Menggambar

Cara Menggambar Teknik Dusel

  1. Gambar sebuah objek menggunakan pensil.
  2. Arsirlah di bagian objek.
  3. Kemudian gosok menggunakan jari supaya terlihat seperti bayangan, cara menggosok jangan sembarangan, karena menggosoknya harus satu arah atau mengikuti bentuk dari objek.
  4. Di bagian background objek atau latar belakang gambar harus di dusel juga supaya gambar tersebut terlihat menonjol.
  5. Usahakan dusel background gambar lebih redup atau lebih gelap.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Langkah-Langkah Teknik Dusel

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Langkah-Langkah Teknik Dusel

Sebelum masuk ketahap cara menggambar dengan menggunakan tekni menggambar dusel, terlebih dahulu Kita harus memperharikan alat dan bahan apa saja yang kita butuhkan di teknik menggambar dusel ini. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

  • Yang pertama adalah siapkanlah buku gambar atau kertas gambar.
  • Yang kedua siapkan penggaris, yang digunakan untuk membuat gambar yang lebih bagus, teratur dan bisa digunakan untuk mengukur gambar.
  • Siapkanlah pensil 2B atau 4B “bisa memakai pensil apa saja yang terpenting adalah tebal, tetapi penulisan disarankan menggunakan pensil 4B.
  • Jangan lupa, siapkanlah juga penghapus atau stip, yang bisa kita gunakan untuk menghapus jika ada kesalahan di dalam proses menggambar.

Usahakan jika menggambar, janganlah terlalu tebal, karena jika ada kesalahan dalam menggambarnya, maka mudah untuk dihapus dan tidak merusak media.

 2. Langkah-Langkah Menggambar Dengan Teknik Dusel

    • Yang pertama adalah kita harus menyiapkan alat dan bahan yang sudah kita beli tadi.
    • Buatlah garis tepi atau outline pada kertas gambar yang sudah di siapkan.
    • Sesudah membuat garis tepi, buatlah sketsa objek yang akan digambar sesuai dengan yang kita inginkan, misalkan menggambar sebuah wajah manusia, pemandangan, pohon atau dengan objek yang lainnya.
    • Langkah selanjutnya, goreskan pensil dengan cara direbahkan atau dimiringkan pada semua objek gambar.
    • Yang terakhir adalah berikan efek gradasi dengan menggunakan penghapus, di objek yang sudah di gambar dengan teknik menggambar dusel.

Cara Menggambar Mata Dengan Teknik Dusel

Cara Menggambar Mata Dengan Teknik Dusel

Adapun menggambar mata dengan teknik menggambar dusel yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah  untuk membuat gambar mata di bawah ini, berikut ini adalah penjelasannya :

1. Buatlah Sketsa Bentuk Mata

Cara yang pertama adalah buatkanlah sketsa bentuk mata, jika Kita menginginkan yang lain, Kita bisa membuat bentuk hidung, bibir, tangan dan lain-lain. Disini penulis hanya saja memberikan contoh pembuatan mata, yang tentunya akan bisa menghasilkan sebuah gambaran teknik dusel 2 Dimensi.

Baca Juga : Teknik Plakat

2. Tahap Membuat di Bagian Tengan Mata

  • Buatlah lingkaran mata di bagian luar, dengan digoreskan berulang kali sampai menghasilkan warna hitam yang tebal. Tambahkan bentuk garis segitiga panjang arah kedalam, kemudian gambar lagi hingga sampai warna hitam.
  • Untuk membuat sebuah pupil mata, bisa Kita lakukan dengan terus digoreskan hingga berwarna hitam, sebagaiman pupil di mata kita. Pada bagian tepi pupil bisa ditambahkan garis hitam, untuk caranya sama ada yang diatas.
  • Di bagian atas pupil bentuk seperti kaca, yang nantinya tidak boleh terkena gosokkan tangan, kemudian goreskan lagi dengan pensil, di sekitar gambar yang berbentu kacamata.
  • Yang terakhir gosokkan dengan satu jari di bagian tepi mata kearah dalam untuk menghasilkan warna yang tipis, jangan lupa gambar yang berbentuk seperti kaca mata tidak boleh terkena oleh goresan.

3. Tahap Membuat Bulu Mata

  • Tahap yang pertama, Kita bisa menebalkan kembali di bagian tepi mata, untuk di bagian ujung mata yang sebelah kanan bisa Kita gosok dengan jari dan ditebali kembali, begitu juga yang disebelah kiri mata.
  • Yang kedua buatlah bulu mata di bagian atas, seperti menggambar rumput yang melengkung, di gambar dengan tahapan dari panjang menuju ke pendek, untuk lebih jelas lagi bisa dilihat pada gambar di atas.
  • Kemudian tebalkan gambar bulu mata di bagian bawah seperti gambar yang ada di atas.
  • Setelah sudah selesai, buatlah bulu mata di bagian bawah.
  • Untuk bulu mata di bagian bawah bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti membuat bulu mata yang di atas, tetapi lebih pendek dan lebih melengkung, tahapannya sama dari lebih panjang hingga kecilm dan tebalkan lagi di bagian ujung dan bulunya, yang dirasakan sudah bagus.
  • Yang terakhir Kita bisa mengira-ngira untuk tebal dan tipisnya bulu mata, hapus dan rapikanlah bulu mata dengan menggunakan penghapus.

4. Tahap Membuat Bayangan dan Kelopak Mata

  • Goreskan pensil di bawah bulu mata, kemudian gosokkan dengan menggunakan tangan, hingga benar-benar membentuk lengkungan mata di bagian bawah.
  • Sesudah itu buatkan goreskan dengan cara yang sama, di bagian atas bulu mata.
  • Kemudian buatlah garis tebal di bagian ujung dan gosokkan dengan tangan dan gosokkan kembali ke arah atas dengan menggunakan dua jari.
  • Hal ini dilakukan untuk membentuk alis.
  • Jangan lupa untuk gambaran yang sudah membentuk seperti kacamata, bisa dibuat garis seperti bulu mata. Bertujuan untuk terlihat seperti ada bayangan bulu mata.

 5. Tahap Penyelesaian dan Hasil Akhir

Untuk tahapan penyelesaian Kita bisa menggosok dan merapikan kembali gambar yang sudah kita buat, dengan menggunakan penghapus, di bagian atas bulu mata “bawah” bisa dibersihkan dengan menggunakan pensil dan dirapikan lagi.

Cara Menggambar Wajah Dengan Teknik Dusel

teknik dusel menggambar wajah

Jika membuat sesuatu, usahakan untuk mengerjakan dengan semaksimal mungkin, supaya bisa menghasilkan gambaran yang maksimal dan tenaga yang kita keluarkan tidaklah sia-sia. Berikut ini ada beberapa tahap cara membuat teknik gambar dusel berserta contohnya :

1. Buatlah Sketsa Wajah

Tahapan yang pertama adalah Kita harus membuat sketsa wajah terlebih dahulu, dengan bentuk sesuai yang Kita inginkan. Bisa membuat sketsa wajah anak-anak, perempuan, remaja dan lain-lain. Tetapi disini penulis akan menggunakan contoh gambar wajah seorang laki-laki.

2. Membentuk Wajah

  • Terlebih Kita menggambar di bagian mata, yang pertama Kita bisa menebali bagian pupil mata yang berwarna hitam dan di bagian sisi kiri mata bisa dilihat pada gambar di atas.
  • Setelah itu, buatkan bagian alis dengan cara digambar berulang sampai menghasilkan warna yang tebal. Di bagian bibir dan rambut dilakukan dengan cara yang sama.
  • Kemudian goreskanlah pensil dengan cara miring, di bagian pipi wajah dan digosok dengan menggunakan jari tangan, untuk menghasilkan warna yang tipis dan merata, sesuaikan dengan teknik menggambar dusel.

3. Membentuk di Bagian Leher dan Kerah Baju

  • Yang pertama, goreskan pensil pada bagian tepi dengan tebal, tetapi jangan terlalu menekan pensilnya. Pertebal di bagian bawah dagu.
  • Kemudian gosok pada goresan tersebut dengan pelan-pelang arah ke bawah. Tebali lagi pada bagian janggut atau dagu dan digosokkan ke bawah untuk menghasilkan bayangan pada gambar.
  • Setelah itu, buatlah kerah baju seperti gambar di tas, kemudian di pertebal goresan di bagian kerah dalam “sebelah kiri”. Pada kerah bagian kanan, pertebal gambar di bagian bawah kerah, kemudian gosok secara halus, supaya bisa terlihat seperti gambar teknik gambar dusel 2 Dimensi.
  • Kerah di bagian atas, di gambar lagi sampai agak tebal untuk menghasilkan sedikit bayangan pada gambar.

4. Tahap Penyelesaian

  • Untuk tahap penyelesaian, kita bisa membuat telinga terlebih dahulu, dalam menggambar bentuk telinga, perlu kita perhatikan pada saat membuat garis yang kedua, harus ditebalkan. Di bagian tengah digoreskan tipis dan digosok dengan satu jari.
  • Intinya adalah di bagian telingan, di setiap lekuan telinga itu dibuat secara tebal, bisa Kita lihat contoh pada gambar di atas.
  • Jika telinga sudah berhasil kita buat, selanjutnya kita bisa membentuk rambut. Untuk teknik dussel. Bisa kita lakukan dengan dua cara. Cara yang pertama bisa dilakukan dengan cara menggoreskan tebal dan dilakukan secara berulang-ulang.
  • Yang kedua bisa dilakukan dengan cara diarsir kemudian digosok hingga menghasilkan warna hitam yang pekat. Sebagaimana yang sesuai dengan teknik menggambar dusel ini.

5. Hasil Akhir

Untuk hasik yang rapi dan bagus, hapuslah arsiran atau goresan pensil yang keluar dari garis dengan menggunakan penhapus. Selain itu jika pada tahapan pembuatan di atas, apabila ada yang kurang pas bisa Kita hapus dan dibuat lagi.

Baca Juga : Teknik Arsir

Contoh Gambar Teknik Dusel

Gambar Bungan Teknik Dusel

Gambar Bungan Teknik Dusel

Gambar Buah Teknik Dusel

Gambar Buah Teknik Dusel

Gambar Hewan Teknik Dusel

Gambar Hewan Teknik Dusel

Contoh Gambar Teknik Dusel Dua Dimesi

Contoh Gambar Teknik Dusel Dua Dimesi

Contoh Gambar Teknik Dusel Flora

Contoh Gambar Teknik Dusel Flora

Demikian artikel ini yang bisa di sampaikan, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply