Menggambar Teknik Plakat

Teknik Plakat – Salah satu teknik menggambar yang juga mampu menghasilkan hasil lukisan yang mengagumkan adalah teknik plakat. Teknik ini bisa menghasilkan lukisan yang sangatlah colourfull dengan sapuat cat.

Hasil  lukisan ini lebih profesional yang berbagai perpaduan warna. Namun bagaimana sebenarnya pengertian dan apa contohnya dari teknik ini.

Pengertian Teknik Plakat

Teknik Plakat adalah salah satu teknik melukis atau menggambar yang menggunakan dasar cat akrilik, cat air atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang kental dan tebal.

Teknik menggambar jenis ini jauh berbeda dengan teknik aquarel yang dimana menggunakan cat yang encer dengan goresannya tipis, sehingga teknik ini menghasilkan lukisan yang lebih pekat dan menutupi semua media.

Teknik ini mampu menghasilkan lukisan dengan nilai komersil tinggi dan biasanya dilakukan oleh para pelukis profesional di bidangnya.

Medium yang biasanya digunakan dengan teknik ini bisa berupa kanvas, kertas lukis dan beberapa jenis medium yang lainnya.

Baca Juga : Teknik Menggambar

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Plakat

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik Plakat

Teknik melukis plakat juga memiliki kelebihan dan kekuranganya. Berikut ini adalah penjelasannya :

Kelebihan Teknik Melukis Plakat :

  • Di dalam teknik melukis atau menggambar dengan teknik ini, bisa mengaplikasikan banyaknya warna, dan akan dikombinasikan warna yang banyak.
  • Hasilnya bisa sangat memuaskan dan sangatlah bagus.

Kekurangan Teknik Melukis Plakat :

  • Dari segi harga, relatif mahal lukisan ini, namun lukisan tersebut hasilnya akan memuaskan.
  • Harus mempunyai cat dan kuas yang cocok.
  • Teknik menggambar dan melukis ini sangatlah sulit, meskipun sebagian ada yang mudah.

Ciri-Ciri Teknik Plakat

  • Teknik sapuan warna cat yang lebih tebal dan lebih kental.
  • Hasil dari lukisan menutupi semua bagian mendianya seperti media kanvas dan kertas.
  • Mempunyai kombinasi dan perpeduan warna yang bervariasi.
  • Hasil lukisannya terlihat pakat.

Langkah-Langkah Teknik Plakat

Langkah-Langkah Teknik Plakat

Supaya bisa menghasilkan lukisan yang indah ini dengan menggunakan teknik plakat, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu bahan dan alat-alat yang berkualitas dan baik.

Bahan-Bahan yang harus dipersiapkan :

  • Cat minyak
  • Cat akrilik
  • Car air
  • Car poster

Alat-Alat yang harus dipersiapkan :

  • Kanvas
  • Kuas

Cara Melukis Teknik Plakat

Cara Melukis Teknik Plakat

Pada dasarnya teknik ini tidak jauh berbeda dengan teknik melukis yang lainnya. Hanya saja untuk teknik ini sapuan warna catnya yang kental dan tebal di medianya. Sehingga sapuan tersebut bisa menghasilkan lukisan yang pekat dan menutupi semua medianya.

Pastika kita sudah menentukan tema lukisan yang semenarik mungkin dan se kreativitas yang mungkin sebelum melukisnya.

Kemudian bisa langsung memulai mencampur dengan warna yang disukai. Biasannya teknik ini menggunakan tiga paduan warna dasar, diantarnya adalah warna kuning, merah dan biru.

Lantas warna-warna tersebut akan dipadukan sampai menjadi warna-warna baru yang sesuai keinginan pelukis tersebut.

Tahap selanjutnya kita bisa mengekspresikan di setiap ide dan gagasan yang dimiliki yang mana bisa menghasilkan hasil lukisan yang bagus dan indah.

Baca Juga : Teknik Aquarel

Unsur-Unsur Dalam Teknik Plakat

Unsur-Unsur Dalam Teknik Plakat

  • Garis

Garis adalah langkah yang paling dasar dari lukisan. Garis merupakan sebuah gambar yang terbentuk melalui goresan atau tarikan dari satu titik menjunu ke titik lainnya. Macam-macam garis pun sangat beragam bentuknya.

Mulai dari garis lurus, garis putus-putus, garis lengkung, garis yang tidak beraturan dan lain-lain. Di setiap garis yang kita gambar juga mempunyai arti tersendiri sesuai dengan garis tersebut, misalkan saja jika kita menggambar dengan garis lurus, maka garis lurus akan mempunyai arti tegas, kaku dan keras.

  • Bidang

Bidang adalah sebuah permukaan yang datar. Bidang yang bisa terbentuk melalui pertemuan antara ujung pangkal garis satu dengan ujung pangkal garis yang lainnya yang menutup.

Bidang bisa berbentuk berbagai macam misalkan saja seperti :

  • Bidang organik adalah berupa garis lengkung bebas.
  • Sedangkan bidang geometrik adalah berupa segitiga, persegi dan persegi panjang.

Bidang juga mempunyai sifat tertentu dan beragam sesuai dengan bentuk dari bidang.

  • Bentuk

Bentuk adalah sebuah hasil dari penggabungan unsur bidang, misalkan pada empat sisi bidang akan digambungkan, tentunya akan bisa menghasilkan sebuah bentuk kotak.

Ada beberapa faktor yang sifatnya dari sebuah benda itu melalui nada gelap- terangnya, warnya dan tekstur pada suatu benda.

Misalkan saja pada benda yang bertekstur kasar akan menghasilkan kesan yang lebih berat dibandingkan dengan yang teksturnya halus.

  • Warna

Warna adalah unsur yang terpenting dalam teknik ini. Terdapat tiga warna dasar yang bisa digunakan dalam melukis dengan menggunakan teknik ini adalah warna kuning, biru dan merah.

Dari ketiga warna tersebut kita bisa melakukan pencampuran warna sehingga bisa menghasilkan warna baru, misalkan ketika warna kuning dipadukan dengan warna merah maka akan menghasilkan warna orange.

Misalkan saja kita melukis dengan warna terang maka lukisan tersebut akan menghasilkan kesan yang ringan, begitu juga sebaliknya dengan lukisan warna gelap maka menghasilkan kesan warna yang berat.

  • Tekstur

Tekstur bisa diartikan dengan permukaan yang ada pada suatu benda. Tekstur tersebut bisa berupa halus dan kasar.

Tekstur halus adalah tekstur yang mempunyai permukaan yang halus dan lembut atau rata ketika diraba. Misalkan bisa kita jumpai dalam beberapa benda seperti kaca, kertas, keramik dan lain-lainnya.

Sedangkan tekstur kasar adalah tekstur yang mempunyai permukaan yang tidak rata sehingga permukaan tersebut akan berasa kasar ketika dirabah. Misalkan tekstur kasar bisa ditemukan pada daun, ranting pohon dan batu.

Dalam penggambaran di suatu benda, tekstur juga dapat dalam kategori berat dan kategori ringan.

  • Ruang

Di dalam seni bangunan, sebuah ruangan bisa terbentuk dari dua atau beberapa dinding yang mempunyai jarak satu sama lain. Begitu juga dengan pantung, di dalam seni patung ada ruangan yang berupa rongga.

Ruangan yang berada di alam nyata bisa dinamakan sebagai ruangan nyata. Kemudian ruang yang diciptakan di dalam sebuah gambar atau lukisan maka bisa juga dinamakan sebagi ruang imajiner atau ruang khayalan.

  • Nada Gelap dan Terang

Pada saat benda tertimpa cahaya yang baik secara tidak langsung ataupun secara langsung, maka akan muncul dua efek warna yang berdampak pada benda tersebut.

Bayangan dari sisi lain yang tidak terkena sinar atau cahaya. Di sisi benda yang terkena sinar atau cahaya. Atau bisa dikatakan juga terdapat di sisi gelap dan sisi terang pada objek benda.

Maka dari itu, untuk menghasilkan bentuk gambar yang baik, sangat dibutuhkan yang namanya kelihaian dalam penentuan sisi gelap dan terang pada suatu benda sehingga akan bisa menghasilkan gambar yang indah dan berseni.

Baca Juga : Teknik Arsir

Contoh Lukisan Teknik Plakat

Contoh Gambar Lukisan Plakat Sederhana-Buah

Contoh Gambar Lukisan Plakat Sederhana-Buah

Lukisan gambar buah alpukat, sudah sangat jelas dengan menggunakan sapuan yang tebal, sehingga lukisan buah semakin jelas dan lukisannya menutupi semua media kanvas atau kertas. Orang yang melihat, akan semakin tertarik dengan keunikan lukisannya.

Contoh Gambar Lukisan Plakat 2 Dimensi-Pemandangan

Contoh Gambar Lukisan Plakat 2 Dimensi-Pemandangan

Pada gambar di atas terlihat tiga orang petani yang sedang merawat padinya, sungai yang mengalir, pepohonan, gunung yang tentunya semua itu akan membuat kita merasa segar dan sejuk, apa lagi jika benar-benar ada di sana.

Selain untuk hiasan, lukisan ini bisa digunakan untuk mengembalikan kepenatan sesudah melakukan aktifitas atau pekerjaan, apalagi kita yang menyukai alam, lukisan ini bisa membantu Kita untuk kembali semangat lagi.

Seperti pembahasannya, gambar yang ada di atas dilukis dengan menggunakan teknik lukis plakat, sehingga gambarannya lebih jelas dan kelihatannya seperti nyata. Segera di coba di rumah iya.

Contoh Gambar Lukisan Plakat Unik-Pohon

Contoh Gambar Lukisan Plakat Unik-Pohon

Gambar pohon dengan menggunakan teknik ini, terlihat mempunyai nilai seni yang kreatif dan unik. Lukisan pohon ini, mengaplikasikan lingkaran sebagi daun, yang mempunyai ukuran dan warnanya yang berbeda-beda.

Contoh Gambar Lukisan Plakat Sederhana-Burung

Contoh Gambar Lukisan Plakat Sederhana-Burung

Gambar lukisan yang ini adalah gambar sekumpulan burung yang sedang bertengkar, seperti yang sedang mengamati sesuatu dan menunggu. Selain itu, berkesan mempunyai nilai seni yang tinggi.

Jika kita amati lebih detail lagi, gambaran tersebut tidak hanya beberapa burung saja, melainkan ada hewan yang lain hanya nampak berwarna hitam. Seperti itu merupakan gambar manusia yang sedang menunggangi burung.

Contoh Gambar Lukisan Plakat Hewan-Ikan

Contoh Gambar Lukisan Plakat Hewan-Ikan

Untuk gambar ikan cupang dengan teknik lukis plakat di atas, bisa kita lihat, cat warna yang memenuhi semua media untuk melukis. Hasilnya sangatlah unik dan bagus, jika Kita punya anak kecil lukisan ini, bisa direkomendasikan untuk hiasan di rumah Kita.

Perkembangan Menggambar Dengan Teknik Plakat Di Indonesia

Perkembangan seni melukis dengan menggunakan teknik ini di Indonesia juga semakin berkembang dan mempunyai minat tersendiri di sebagian masyarakat Indonesia.

Untuk para pemula yang berkeinginan menekuni seni lukis dengan menggunakan teknik seni lukis plakat ini, bisa menemui beberapa sanggar seni lukis yang ada di sekitar kita.

Tahap pembelajaran sangatlah sederhana, dengan cara memulai dari penggunaan warna dasar dan perpaduan warna pada lukisan, sehingga kita bisa melukis sesuai dengan daya krativitasnya masing-masing.

Ada beberapa sanggar seni lukis yang bisa membina dan menghasilkan lukisan-lukisan yang bagus dan indah dengan menggunakan berbagai macam teknik yang salah satunya adalah teknik lukis plakat ini.

Salah satu wujud dari perkembangan seni melukis dengan menggunakan teknik ini bisa kita temui di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Sanggar Ruang Seni (Merdeka) yang berlokasi di daerah Garut.

Penelitian yang dilakukan Inne Maulani yang berjudul Sanggar Seni Rupa (Merdeka) di daerah Garut menjelaskan bahwa tempat tersebut adalah sanggar seni lukisa yang mewadahi masyarakat baik anak-anak sampai orang dewasa yang ingin memiliki bakat dan mempelajari dalam dunia seni melukis.

Hingga sekarang sudah ada puluhan orang yang sedang belajar melukis di sanggar seni. Melalui penelitian, bisa dihasilkan beberapa hasil lukisan bahwa ada 13 anak yang melakukan kegiatan melukis dengan tema bebas, diantaranya adalah ada yang memili tema dengan konsep keseharian, alam dan fotografi.

Di samping itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan melukis dengan teknik torehan dan plakat. Untuk menggunakan teknik ini, medium yang mereka gunakan untuk melukis adalah dengan menggunakan kain lukis atau sponge.

Melalui kegiatan ini, anak-anak bisa menyalurkan bakat dan minat mereka di seni menggambar atau melukis terutama dengan menggunakan teknik tersebut.

Demikian penjelasan dari teknik menggambar plakat yang bisa kita ulas secara medalam, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita. Bagi yang penggemar lukisan, artikel ini bisa memberikan rekomendasi lukisan yang bagus dan menarik.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply