20 + Unsur Seni Rupa Lengkap Beserta Pengertian dan Penjelasan

Unsur – unsur seni rupa dan penjelasannya– Pengertian seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan alat yang dapat ditangkap mata serta dirasakan dengan rabaan.

Hal – hal yang termasuk seni rupa misalnya yaitu seni lukis, seni pahat, seni film, seni grafis, arsitektur, desain grafis, desain interior, kriya kulit, kriya bambu dan sebagainya.

Ada beberapa tipe seni rupa yaitu seni rupa murni serta seni rupa terapan.

Seni rupa murni hanya menitikberatkan estetika serta keindahan, sedangkan seni rupa terapan lebih mementingkan fungsi serta kegunaannya.

Terdapat juga pembagian seni rupa berdasarkan dimensinya, seperti seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Terdapat juga unsur- unsur seni rupa. Pengertian unsur- unsur seni rupa merupakan unsur- unsur yang membentuk kesatuan yang padu sehingga sebuah karya seni bisa dinikmati secara utuh.

Adanya unsur – unsur ini membuat sebuah seni rupa bisa dilihat serta diamati dan dinikmati serta diapresiasi oleh orang lain. Secara umum ada 8 unsur- unsur seni rupa.

Unsur – unsur tersebut yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur serta gelap terang. Apa saja pengertian serta ciri – ciri setiap unsur – unsur dalam seni rupa itu? Kami akan jelaskan pada ulasan berikut ini.

Pengertian Seni Rupa

pengertian seni rupa

Seni Rupa merupakan suatu cabang seni yang menciptakan karya seni dimana bentuk serta kualitasnya bisa dirasakan oleh indera manusia, khususnya indera penglihatan serta indera peraba.

Ada juga yang mengatakan pengertian seni rupa merupakan cabang kesenian yang menciptakan suat karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum karena dapat mempunyai bentuk serta wujud nyata dan bisa dilihat.

Seni rupa juga dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi 2 yakni seni rupa murni serta seni rupa terapan. Dengan kata lain, fine art merupakan suatu karya seni yang fokus pada keindahan visual serta juga sentuhan.

Untuk orang- orang tertentu, karya seni ini bisa menjadi suatu hiburan tersendiri hanya dengan melihat ataupun menyentuhnya saja.

Melalui cabang seni ini seorang bisa memperlihatkan ekspresi dalam dirinya terhadap orang lain. Berdasarkan bentuknya, seni rupa bisa dibagi menjadi 2, yaitu :

Seni 2 Dimensi, adalah karya seni yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja serta memiliki dimensi panjang dan lebar. Contoh: seni lukisan, seni relief, seni grafis, dan yang lain.

Seni 3 Dimensi, adalah karya seni yang berupa seperti bangun ruang serta mempunyai volume dimana dimensinya terdiri dari panjang, lebar, serta tinggi. Contoh: seni patung, seni arsitektur, seni kriya, seni keramik, dan yang lain.

Unsur Unsur Seni Rupa : Titik

unsur seni rupa

Titik merupakan unsur dari dasar karya seni rupa yang terkecil. Segala bentuk serta ukuranya yang dihasilkan dari titik. Sehingga titik juga menjadi pusat perhatian dan jika terdiri dari beberapa titik serta dengan warna yang berbeda dengan warna yang lainya.

Unsur Unsur Seni Rupa : Garis

unsur seni rupa garis

Garis ialah merupakan batas limit dari suatu bidang, benda, texture, ruang, warna dan lain – lain. Garis juga mempunyai dimensi yang dapat memanjang dengan arah tertentu.

Garis juga dapat berupa panjang, pendek, halus, tebal, lurus, melengkung, berombak, diagonal, patah patah, vertikal, horizontal, dan sebagainya. Macam- macam garis diatas tentunya memberikan sifat serta kesannya yang berbeda – beda pada karya seni rupa.

Kesan yang diberikan oleh unsur garis yakni adalah megah, kekar, agung, sederhana, kuat, elastis, keras, kaku serta tentunya masih banyak lagi pastinya.

2 Tipe Garis

2 tipe garis menurut wujudnya yaitu :

  • Garis Nyata : adalah garis yang dihasilkan melalui coretan serta goresan secara langsung.
  • Garis Semu : adalah garis yang muncul dengan adanya kesan batas (konter) dari suatu bidang, ruang, serta warna.

Sama halnya dengan unsur titik, garis juga dapat dijadikan teknik mengambar serta melukis.

Unsur Unsur Seni Rupa : Bidang

unsur seni rupa bidang

Unsur bidang dalam seni rupa terbentuk karena adanya pertautan garis yang membatasi suatu bentuk, diperoleh dengan mengabungkan dari beberapa garis sampai membentuk ukuran lebar serta panjang. Contoh bidang misalnya segitiga, segi 4, trepesium, dan lain- lain.

Misalnya bidang segi 4 dapat dihasilkan dari 4 garis yang disambung langsung menjadi satu. Dapat juga muncul dari luasnya warna misalnya bidang hijau, bidang merah, serta bidang biru.

Bidang ataupun garis mempunyai kesan filosofis. Misalnya saja bidang rata dan lebar yang berkesan luas, bidang horizontal yang berkesan tenang, bidang vertikal yang berkesan besar serta stabil, bidang diagonal yang berkesan labil.

Baca Juga : Seni Rupa Murni

Unsur Unsur Seni Rupa : Bentuk

unsur seni rupa bentuk

Unsur bentuk ini berfungsi membuat sebuah seni rupa jadi lebih hidup serta mudah diamati sebagai karya seni yang utuh. Bentuknya sendiri terdiri dari beberapa bidang.

Terdapat beberapa jenis bentuk yaitu bentuk geomitris semacam, balok, kubus, tabung ataupun bentuk non geometris semacam alam, hewan serta manusia.

Bentuk dalam seni rupa 3 dimensi. Terdapat 3 jenis bentuk seni rupa tiga dimensi yaitu :

  • Bentuk Figuratif : adalah bentuk yang bisa meniru wujud yang berasal dari alam semacam halnya manusia, hewan, tanaman, serta benda.
  • Bentuk Abstraktif : adalah bentuk figuratif yang dapat digayakan ataupun diubah bentuknya (stalasi). contohnya yaitu wayang kulit atau golek, dekorasi batik, topeng dan sebagainya.
  • Bentuk Abstrak : adalah bentuk yang menyimpang dari bentuk aslinya seperti benda – benda ataupun bisa juga makhluk lain yang di alam. Bentuk geometris semacam botol, balok, piramid, kerucut serta bola.

Bila melihat dari bentuk abstrak sendiri kita belum tentu dapat mengenali bentuk dari benda ataupun makhluk yang dimaksud oleh perupa. Karya abstrak yaitu merupakan hasil eksplorasi lebih lanjut dari bentuk yang bisa kita lihat, sehingga nilai idenya lebih tinggi.

Unsur Unsur Seni Rupa : Ruang

unsur seni rupa ruang

Ruang yaitu merupakan unsur seni rupa yang mempunyai 2 sifat yakni nyata dan semu. Dalam karya 2 dimensi, ruang bersifat semu di karenakan hanya berupa penggambaran saja. Sedangkan dalam karya 3 dimensi, ruang sendiri bersifat nyata bisa dirasakan secara langsung.

Pengetahuan mengenai ruang berfungsi pada saat merancang desain interior rumah. Ruang yang ditempati oelh wujud bentuk disebut ruang positif. Ruang yang mendekati wujud bentuk di sebut ruang negatif.

Ruang memiliki sifat relatif. Semakin besar ruang negatif, wujud dari bentuk tampak semakin kecil, dan begitu juga sebaliknya.

Unsur Unsur Seni Rupa : Warna

unsur seni rupa warna

Warna merupakan salah satu unsur seni rupa. Warna membuat karya seni menjadi sangat lebih hidup serta eksresif. Berdasarkan teori warna terhadap yaitu cahaya ada 7 spectrum warna. Dalam teori warna dari seni rupa ada teori warna pigmen yakni pengelompokan warna sebagai berikut.

  • Warna Primer : merupakan warna dasar ataupun warna pokok yang tidak bisa dihasilkan dari warna lain, contohnya yaitu warna merah, biru serta kuning.
  • Warna Sekunder : merupakan warna yang bisa dihasilkan dengan menggabungkan 2 warna dasar dalam takaran khusus, contohnya yaitu hijau, ungu serta oranye.
  • Warna Tersier : merupakan warna yang diperoleh yakni melalui pencampuran warna sekunder.
  • Warna Analogus : merupakan deretan warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna, contoh misalnya oranye ke merah – merahan atau kuning kehijau – hijauhan.
  • Warna komplementer : merupakan warna kontras yang letaknya yakni bersebrangan dalam lingkaran warna, contohnya misalnya kuning dengan ungu, merah dengan hijau, dan lain-lain.
  • Warna Monokromotik : merupakan peyusunan yang berdasarkan tingkaat kombinasi dengan warna hitam serta putih.

Unsur Unsur Seni Rupa : Tekstur

unsur seni rupa tekstur

Tekstur merupakan termasuk salah satu unsur seni rupa 3 dimensi. Pengertian tekstur pada seni rupa adalah sifat serta keadaan permukaan bidang pada suatu karya, bisa halus, kasar, licin, dan lain – lain.

Masing – masing benda tentunya mempunyai tekstur yang berbeda – beda, meski begitu ada juga yang hampir sama. Berdasarkan ikatannya dengan indera penghliatan, tekstur terdiri atas 2 jenis yaitu nyata dan semu. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Tekstur Nyata : merupakan pada saat diraba ataupun dilihat, secara fisik terasa kasar serta halus.
  • Tekstur Semu : merupakan tidak memiliki kesan yang sama antara pengelihatan dan perabaan. Tekstur semu ini dapat terwujud karena kesan perspektif serta gelap terang.

Unsur Unsur Seni Rupa : Gelap Terang

unsur seni rupa gelap terang

Unsur gelap terang yakni terjadi akibat adanya perbedaan intensitas cahaya yang didapat oleh suatu objek.

Artinya semakin besar intensitas cahaya maka akan semakin terang. Begitu sebaliknya semakin kecil intensitas cahayanya maka akan semakin gelap. Suatu gambar akan tercipta akibat adanya gelap terang.

Gelap terang akan menyebabkan kesan tekstur serta kedalaman. Dalam hal karya 2 dimensi, unsur gelap terang sendiri dibuat berdasarkan gradiensi serta pemilihan warna.

Unsur Seni Rupa Kesatuan

unsur seni rupa kesatuan

Unsur kesatuan adalah salah satu bagian seni rupa yang bisa menyatukan komposisi dari karya seni rupa. Unsur kesatuan dapat menciptakan bentuk karya seni rupa yang dinamis harmonis dan mempunyai estetika yang tinggi.

Unsur kesatuan ini bisa juga didapatkan dari kombinasi beberapa unsur dalam sebuah karya seni rupa yang mudah dipadukan dengan garis, gradasi, gelap terang serta bentuk pada karya seni rupa.

Unsur Seni Rupa Keselarasan

unsur seni rupa keselarasan

Unsur keselarasan adalah unsur pada suatu karya seni rupa yang berkaitan kedekatannya dengan unsur bentuk serta warna. Unsur keselarasan bisa menghasilakan tampilan pada karya seni, sehingga dapat mempunyai nilai keindahan serta estetika.

Unsur Seni Rupa Penekanan

unsur seni rupa penekanan

Unsur penekanan adalah unsur pada karya seni rupa dapat dihasilkan dari 2 unsur yang berlawanan. Misalnya saja yaitu suatu karya seni yang memiliki perbedaan dalam unsur ukuran, bentuk serta warna.

Unsur penekanan ini di buat supaya suatu karya seni rupa memberikan kesan yang tidak diangap serba sama serta bisa memastikan satu sama lainya antara unsur – unsur yang ada.

Unsur Seni Rupa Irama

unsur seni rupa irama

Unsur irama adalah bisa juga disebut sebagai rhyme. Unsur irama dalam karya seni rupa adalah pengulangan satu ataupun lebih unsur yang ada pada karya seni rupa secara terus menerus serta teratur.

Kesan yang bisa diberikan oleh unsur irama di dalam karya seni rupa yakni menciptakan karya seni yang dibuat menjadi bergerak sehingga memberikan nilai estetika yang lebih baik.

Pengulangan dalam unsur irama pada karya seni rupa yakni bisa berupa pengulangan, garis, bentuk, dapat juga dengan pengulangan warna.

Bila pengulangan bentuk diletakkan ditempat yang sama maka pastinya akan menciptakan kesan statis pada karya seni rupa. Seorang kreator karya seni rupa harus sangat pandai dalam melakukan pengulangan unsur – unsur ini untuk bisa menciptakan irama harmonis.

Unsur Karya Seni Rupa Gradasi

unsur seni rupa gradasi

Unsur gradasi didalam karya seni rupa merupakan unsur yang bisa diperoleh dengan mengombinasikan susunan warna berdasarkan perpaduan yang akan digunakan.

Gradasi adalah dibuat dengan menyusun warna yang cocok dengan tingkatnya berdasarkan kecerahan yang lebih rendah sampai kecerahan yang lebih tinggi. Dapat juga dilakukan dengan cara sebaliknya dari tingkat warna dengan kecerahan yang lebih tinggi ke kecerahan yang rendah.

Gradasi adalah merupakan unsur karya seni rupa yang sangat penting dalam menciptakan karya seni rupa menawan serta terlihat nyata. Unsur gradasi biasanya dipakai dalam pembuatan karya seni rupa 2 dimensi semacam, mozaik, lukisan, serta karikatur.

Unsur ini sesuai di gunakan untuk karya seni rupa 2 dimensi karna bisa menghidupkan karya seni rupa tersebut.

Baca Juga : Seni Rupa Terapan

Unsur Seni Rupa Proporsi

unsur seni rupa proporsi

Unsur proporsi adalah unsur yang ada pada karya seni rupa yang dipakai buat membandingkan bagian yang satu dengan bagian yang yang lain. Unsur ini bisa menghasilkan suatu karya seni rupa

yang menjadi sangat terlihat selaras sehingga nyaman dipandang. Unsur proporsi terdiri dari kecil, besar, sempit, luas, pendek, panjang, rendah serta tinggi yang harus sangat diperhatikan dalam proses – proses pembuatanya supaya terlihat seimbang bila dilihat.

Unsur Seni Rupa Keserasian

unsur seni rupa keserasian

Unsur keserasian yakni bisa dihasilkan dari persatuan bermacam macam unsur- unsur seni rupa yang lainya seperti garis, bentuk serta bidang yang berbeda.

Unsur keserasian bisa menciptakan karya seni rupa yang sangat terlihat serasi dalam berbagai sisi semacam komposisi, tekstur, gradasi, dan lain sebagainya.

Unsur Seni Rupa Keseimbangan

unsur seni rupa keseimbangan

Unsur keseimbangan yakni bisa disebut balance yaitu unsur yang sangat berhubungan dengan berat ringganya suatu karya seni rupa.

Faktor penyeimbang ini bisa di dapatkan dengan cara membuat karya seni rupa dengan susunan khusus yang diatur sebaik mungkin sampai menciptakan suatu keteraturan serta keseimbangan pada masing- masing sisinya.

Unsur ini juga dapat dibuat dengan cara formal atau simetris, asimetris atau informal, serta radial.

Unsur keseimbangan pada karya seni rupa terdiri dari 4 macam yakni keseimbangan simetris,  keseimbangan diagonal, kesimbangan sentral (pusat) serta keseimbangan asimetris.

Unsur Seni Rupa Komposisi

unsur seni rupa komposisi

Unsur komposisi ialah unsur seni rupa yang dapat menentukan dasar keindahan suatu karya seni rupa. Unsur komposisi ini berkaitan dengan unsur – unsur seni rupa yang lain yang disusun secara teratur serta serasi.

Dengan memperhatikan unsur komposisi dalam pembuatan karya seni rupa yang sangat ekspresif serta memberikan nilai estetika yang sangat tinggi.

Unsur Seni Rupa Aksuentasi

unsur seni rupa aksuentasi

Unsur aksuentasi adalah unsur yang ada pada suatu karya seni rupa yang berkaitan dengan posisi.

Unsur ini juga dapat ditemukan dengan mengatur posisi suatu obyek dari karya seni rupa yang dipadukan dengan unsur – unsur seni rupa lainya seperti , garis, bentuk, warna dan lingkungan sekitar dimana obyek itu berada.

Unsur ini bisa juga membantu suatu obyek karya seni rupa menjadi lebih mencolok dari lingkungan yang lain.

Unsur Seni Rupa Perhatian

unsur seni rupa perhatian

Unsur seni rupa perhatian adalah pusat perhatian( center of interest) merupakan unsur yang sangat penting untuk membuat obyek yang ada pada suatu karya seni rupa menjadi lebih menarik lagi.

Unsur ini bisa dibuat dengan usaha untuk menampilkan bagian tertentu dari karya seni rupa supaya kelihatan lebih mencolok dari bagian lainya.

Pusat perhatian (center of interest) ini biasa dipakai oleh kreator suatu jenis karya seni rupa untuk menyampaikan inti pesan yang hendak di informasikan suatu karya seni rupa.

Pusat perhatian ini juga biasa dipakai oleh kreator suatu buatan seni rupa untuk menyampaikan inti pesan yang hendak disampaikan suatu karya seni rupa.

Pusat perhatian (center of interest) bisa dibilang sebagai salah satu obyek penting yang ada diantara obyek-obyek pendukung serta penunjang dalam suatu karya seni rupa.

Unsur Seni Rupa Imajinasi

unsur seni rupa imajinasi

Seni rupa imajinasi adalah suatu karya seni rupa diciptakan tidak jauh dari imajinasi si pencipta. Imajinasi ini yang nantinya kemudian direalisasikan menjadi suatu karya seni rupa yang sangat baik. Kempuan imajinasi dari kreator suatu karya seni akan menentukan hasil dari karya seni rupa yang nantinya dihasilkan.

Semakin baik kemampuan khayalan kreator karya seeni rupa maka hasil karya seni rupa yang diciptakan juga akan menjadi semakin baik.

Unsur unsur diatas merupakan unsur yang nantinya harus ada dalam setiap pembuatan karya seni rupa. Unsur-unsur seni rupa ini nantinya bisa menciptakan suatu karya seni rupa menjadi lebih baik serta mempunyai nilai estetika yang lebih tinggi.

Dengan begitu karya seni rupa tersebut bisa menjadikan berkualitas serta bisa dinikmati oleh orang lain yang melihatnya.

Fungsi Seni Rupa

fungsi seni rupa

Fungsi seni rupa secara umum adalah untuk memberitahukan nilai – nilai dari budaya serta ungkapan seniman. Sabagai sarana media ataupun alat untuk memeringati suatu peristiwa. Tentunya untuk melampiaskan batin seniman penciptanya ataupun memberikan kepuasan tertentu.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply